Wednesday, 12 November 2014

Manfaat & Khasiat Buah Sawo (Acrhras Zapota) bagi Kesehatan

Pernah mencicipi Buah Sawo? Pasti pernah kan?
Ya, Buah Sawo dengan nama latin Acrhras Zapota ini memang cukup banyak terdapat di negara kita ini. Sebagai salah satu yang beriklim tropis, Indonesia! Buah Sawo berbentuk oval dengan tekstur kulit yang kasar, warna kulit yang cokelat, dengan getahnya yang khas dan susah sekali dihilangkan kalau sudah terkena baju, serta rasanya yang khas manis dan daging buahnya yang halus kasar. Kali ini Buah Sawo jadi one of my favorit hehehe...Alasannya karena mudah didapat aja sih, cukup banyak pohonnya di kebun belakang rumah :D

Pernah lihat Buah Sawo ini kan? Ini dia penampakannya!



Buah Sawo mempunyai kandungan mineral yang cukup baik, buah ini juga mengandung Vitamin E yang sama-sama kita tahu baik untuk kulit. Konon katanya Buah Sawo ini tidak diperkenankan untuk bayi karena getahnya ini lho, takutnya akan mengganggu proses pencernaannya.

Selain itu Manfaat & Khasiat Buah Sawo bagi Kesehatan juga cukup banyak lho, berikut diantaranya:
  1. Baik untuk Tulang, karena mengandung senyawa fosfor dan kalsium.
  2. Baik untuk Kulit, karena mengandung Vitamin E.
  3. Baik untuk Kesehatan Mata, karena selain Vitamin E buah yang satu ini juga ternyata mengandung Vitamin A.
  4. Baik untuk Pertumbuhan Anak, karena buah sawo ini mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan si buah hati.
  5. Menyembuhkan Wasir dan Diare, karena memiliki kandungan antioksidan dan senyawa poli-fenolik dan mengandung tannin yang cukup tinggi. Semua kandungan tersebut cukup efektik menyembuhkan wasir dan diare.
  6. Mengobati radang pada mulut, dengan cara merebus buah sawo lalu air rebusannya dipakai untuk kumur-kumur.
  7. Mencegah terjadinya infeksi, selatin vitamin A dan E buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat melawan serangan radikal bebas dan mencegah terjadinya infeksi.
  8. Mencegah kanker usus, karena mengandung serat yang tinggi.
Kalau mau makan buah sawo ini mendingan dikupas terlebih dahulu kemudian dipotong jadi 4 bagian biar gak terlalu besar. Ini dia penampakannya!


Nah, sudah tau kan manfaat & khasiat buah sawo bagi kesehatan kita? Karena sesungguhnya tidak ada ciptaan-Nya yang tidak mengandung manfaat sedikitpun, tinggal bagaimana kita saja menghadapinya. #halah :D



Oiya, kalau ada yang nanya kok getol banget sekarang nulis artikel tentang buah-buahan?
Lagi pengen aja sih, kebetulan lagi hobby makan buah hehe...Jadi aku foto-fotoin aku googling manfaatnya kemudian apa salahnya aku share disini. Betuuulll? :D

Baiklah, kita akhiri postingan kali ini sampai disini. Semoga bermanfaat and hope you enjoy it! :)

2 comments:

  1. Aku suka banget sawo,,tapi kok gda ya olahannya (jus sawo, sop buah sawo,,) jadinya harus beli buahnya langsung, kendalanya aku gtau cara milihnya ahahhaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di cafe mirota mba kalo ke jogja, jus sawo. dulu aku suka beli disitu.
      kl milih buah sawo kata mamaku pilih yg kecil dan bentuknya agak lonjong, itu lbh enak ktanya. kayak yg di gambarku itu hehe...
      kl masih mentah tunggu aja 2-3hari br mateng hehe...

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)