Wednesday, 19 November 2014

Tips & Trik Cara Memesan Tiket Kereta Api Online Murah

Sebagai pengguna setia Moda Transportasi Kereta Api Indonesia dari jaman SMA sampai sekarang kebayangkan uda berapa ratus kali aku naik kereta api hahaha...Kereta Api Indonesia saat ini memang mengalami perkembangan yang sangat baik dan bermanfaat. Lebih baik dalam hal pelayanan ataupun kondisi keretanya sendiri. Salah satu yang paling mencolok adalah pelayanan dalam hal pembelian tiket, terutama pembelian tiket secara online. Untuk sekarang ini kita sebagai customer tidak perlu repot-repot lagi untuk mengantri di loket ataupun membeli tiket lewat calo. Semua jadwal kereta, harga bahkan sampai alternatif kereta pilihan ke kota tujuan kita, semuanya sangat mudah kita ketahui.

Sekarang beda, ada tips dan triknya loh bagaimana cara membeli tiket kereta api biar gak ngantri syukur-syukur bisa dapet tiket eksekutif dengan harga murah. Bisa dilakukan sambil rebahan ataupun tiduran :D

1. Reservasi Online Web KAI
Yang harus disiapkan diantaranya adalah KTPmu atau KTP orang yang akan kamu pesankan tiket. Minimal No. KTP-nya lah.
  • Buka website resmi untuk pemesanan tiket kereta api berikut https://tiket.kereta-api.co.id/
  • Pada bagian Info Tanggal & Reservasi isikan jadwal dan kota tujuan keberangkatan kamu.
 
  • Kemudian akan ditampilkan harga dan jadwal tiket ketersediaan untuk tanggal yang kamu pilih. Nah, sampai sini jangan sampai terkecoh dengan harga tiket kereta yang bermacam-macam ya. Saranku sih pilih harga terendah, itulah harga yang paling murah. untuk kualitas pelayanan di keretanya sama aja kok. Karena untuk saat ini harga kereta mulai dari terendah sampai tertinggi ada untuk masing-masing kereta, memakai sistem kuota. Jika kuota dengan harga murah habis maka kamu harus rela membeli dengan harga yang lebih mahal. See?!


  • OK, setelah mantap dengan kereta pilihanmu klik tombol Booking, lalu isikan data-data yang harus diinputkan untuk keperluan reservasi.


  • Setelah semua data reservasi diinputkan, kemudian kamu akan menuju halaman berikutnya yaitu metode pembayaran. Pembayaran disini bermaca-macam ada yang melalui ATM, Credit Card ataupun Minimarket terdekat (misal: Indomart/ Alfamart). Berdasarkan pengalamanku kalau pembayarannya pakai Credit Card biasanya dapat potongan (diskon chanel) sebesar Rp 7.500,- atau tidak dikenakan biaya tambahan Rp 7.500,-. Kalau lewat ATM atau Minimarket biasanya ada biaya tambahan sebesar Rp 7.500,-
  • Setelah melakukan pemesanan online biasanya kamu bakal dapat e-mail konfirmasi yang berisi kode booking dll. Biasanya kode booking ini digunakan untuk validasi kalau kamu melakukan pembayaran melalui ATM ataupun minimarket. Atau bisa juga digunakan untuk cetak tiket sendiri di stasiun, seperti di Stasiun Tugu (Yogyakarta) atapun Gambir (Jakarta).
  • Oiya, kelebihan kalau beli tiket online bisa milih tempat duduk sendiri. Asik bukan?
Pembelian tiket online biasanya hanya bisa dilakukan 2 hari sebelum keberangkatan. Kalau H-1 atau pas hari H beli biasanya tombol Booking-nya gak muncul. Nah, lebih mudah bukan pembelian tiket lewat online. Lewat HP juga bisa, sekarang banyak tersedia aplikasi untuk pemesanan tiket kereta.

2. Contact Center (021-121)
Pembelian melalui Contact Center ini bisa dilakukan kapan saja. Terutama kalau pesan tiketnya pas H-1 dan kebetulan jauh kalau ke stasiun. Data-data yang harus disiapkan diantaranya Nama Lengkap penumpang dan Nomor ID KTP penumpang yang mau naik kereta. Nanti biasanya dapat SMS yang berisi kode booking. Untuk pembayarannya sendiri bisa dilakukan di ATM ataupun Minimarket.

3. Minimarket (Alfamart/ Indomart)
Untuk pembelian lewat minimarket ini biasanya ada biaya tambahan sebesar Rp 7.500,-. Untuk data-data yang harus disiapkan sih sama saja Nama Lengkap penumpang dan Nomor ID KTP penumpang yang mau naik kereta. Nanti kan pasti dikasih struk, nah struk ini yang ditukarkan di loket stasiun dengan tiket kereta kita.

4. Loket Stasiun
Nah, kalau kamu langsung beli tiket kereta ke Loket di Stasiun jangan lupa bawa KTPmu atau KTP orang yang akan kamu belikan tiketnya. Saranku selalu tanyakan ini ke CS-nya "Mba/ Mas/ Pak/ Bu harga terendahnya berapa?". Karena sebelum membeli tiket ke loket aku selalu lihat di web KAInya dulu, kebetulan tempat kerjaku dekat dengan stasiun. Oiya, untuk lansia biasanya ada diskon sebesar 20%...lumayankan? Dengan syarat membawa fotocopy KTP.

Semoga informasi kali ini bermanfaat ya, jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung komen saja. Aku akan coba untuk membalas as soon as possible. Enjoy!

8 comments:

  1. Hari H aku bisa ko mba, tapi lewat tiket.com . Iya kalau pakai mobile banking dapat potongan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di web kereta-api.com gbs mba, gak muncul tombol bookingnya huhuhuu...

      Delete
  2. Kalo aku sukanya pake tiketkai.com . Daftar aja jadi member, tiap transaksi bisa dipotong 500-1000 rupiah. Truss setiap kita beli tiket, kita dapet voucher Rp 1000 buat pembelian berikutnya. Asik...

    Sama aku juga penyuka kereta api.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik informasi baru nih dhika...besok lagi dicoba dicoba hehe...
      iya enakan pake kereta daripada pake bus, gak capek bisa jalan2 dalam kereta hehe...

      Delete
  3. Pesan tiket online ternyata gampang
    terima kasih banyak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba diah, gampang banget...Sama2 :)

      Delete
  4. Aku belum pernah naik kereta lagi sejak 4 tahun lalu, jadi otomatis belum pernah booking kereta api..

    Tips nya membantu.. trims

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)