Saturday, 6 December 2014

Waspadai Bahaya Paraben dan Bahan Kimia di dalam Produk Kosmetik !


courtesy www.google.com

Pernah mendengar berita tentang bahaya paraben yang terdapat di dalam kosmetik yang kita pakai sehari-hari? Akhir-akhir ini aku sering baca artikel dan beberapa diantaranya membahas tentang paraben paraben dan paraben, terutama dalam kosmetik yang kita pakai. Setelah membaca beberapa artikel ternyata oh ternyata, kandungan paraben bahaya juga ya buat kesehatan kita diantaranya konon katanya bisa jadi penyebab kanker payudara karena paraben memiliki sifat yang mirip dengan hormon estrogen. OMG! Padahal beberapa kosmetik seperti toner yang aku pakai ternyata setelah menilik ingredients di dalam kemasannya ada kandungan parabennya. Jadi sedikit parno juga sih hhhmmm...

Apakah paraben itu?

Paraben adalah senyawa kimia alami dan dapat pula dibuat secara sintetis yang mengandung asam para-hidroksibenzoat. Paraben sintetik telah digunakan sebagai pengawet dalam obat-obatan sejak tahun 1924. Saat ini, paraben juga banyak digunakan sebagai pengawet kosmetik serta makanan dalam batas tertentu. Tidak hanya di produk kosmetik tetapi juga dalam makanan, deterjen, lem, obat, dll.

Terdapat beberapa jenis paraben yang digunakan dalam berbagai produk, berikut beberapa diantaranya:

1. Butil Paraben
Butil paraben digunakan untuk memerangi jamur dan bakteri dalam berbagai produk farmasi, kosmetik, makanan dan produk lainnya. Butil paraben terbukti tidak beracun bila digunakan pada konsentrasi 0,05 persen. Larutan yang lebih pekat dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

2. Metil dan Etil Paraben
Metil paraben digunakan untuk mengontrol pertumbuhan jamur pada obat-obatan, kosmetik dan beberapa produk makanan. Penelitian menunjukkan subtansi ini tidak beracun. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 oleh Meijo University di Jepang menunjukkan bahwa ketika terkena sinar ultraviolet, kulit yang diobati dengan produk yang mengandung metil paraben akan menjadi rusak. Etil Paraben mirip dengan Metil Paraben. Namun, beberapa studi terbaru menyimpulkan Etil Paraben berpotensi  mempertinggi resiko berbagai penyakit termasuk kanker, masalah reproduksi, alergi dan malah kesehatan lainnya.

3. Propil Paraben
Propil Paraben diproduksi secara alami pada beberapa serangga dan tanaman. Namun, Propil Paraben sintetislah yang digunakan sebagai pengawet dalam obat-obatan. Propil Paraben terutama digunakan dalam produk-produk berbasis air karena sifatnya yang mudah larut. Konon katanya Propil Paraben dapat mempengaruhi sistem reproduksi laki-laki.

Walaupun mungkin takarannya sedikit di dalam kosmetik, tapi kalau kita pakai setiap hari apa tidak terakumulasi tuh? hahaha...Kayak apa aja akumulasi.

Selain paraben ternyata ada juga beberapa zat berbahaya di dalam kosmetik kita, seperti:

1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Ammonium Lauryl Sulfate (ALS)
Zat ini sering digunakan sebagai campuran shampoo, pasta gigi, sabun pembersih wajah dan sabun mandi. SLS dan ALS dapat menyebabkan iritasi kulit. Yang lebih bahaya lagi zat ini dapat dengan mudah diserap tubuh sehingga dapat mengganggu kesehatan mata dan menyebabkan katarak.

2. Propylene Glycol
Zat ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak. Selain itu juga dapat merusak ginjal dan hati.

3. Isopropyl Alcohol
Zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak lapisan asam kulit sehingga bakteri dapat tumbuh dengan subur.

Dan mungkin masih banyak bahan kimia lainnya yang terkandung dalam kosmetik kita. OMG! Terus kosmetik apa dong yang aman dipakai? Huhuhu...

Kudu mulai searching kosmetik yang aman nih, hmmm....Lebih amannya sih dari bahan-bahan alami ya, harus rajin oprek-oprek bahan dapur buat jadi kosmetik. Tapi apakah? hahhaa...

So, ladies mulai sekarang mari kita bersama-sama bijak memilih kosmetik yang minim bahan kimianya. Walaupun tidak bisa dipungkiri setiap kosmetik yang ada di Indonesia ini tidak luput dari bahan-bahan kimia berbahaya, setidaknya pemakaiannya tidak berlebihan-lah ya. Bismillah.....

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, sekedar info untuk menambah pengetahuan kita. CMIIW!


XOXO

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)