Thursday, 26 February 2015

10 Tips Cara Mengatasi Writer's Block Dalam Menulis Postingan di Blog

10 Tips Cara Mengatasi Writer's Block Dalam Menulis Postingan di Blog

Sebenarnya hari ini saya bingung mau menulis apa. Tapi tiba-tiba jadi teringat postingan mba noni khairani dalam blognya nonikhairani.com dan mba evi indra dalam blognya eviindrawanto.com soal Writer's Block. Nah, saya jadi punya ide cling cling cling untuk membuat postingan senada juga yang berjudul "10 Tips Cara Mengatasi Writer's Block Dalam Menulis Postingan di Blog" atau dalam bahasa planet luarnya "10 Tips to Beat Writer's Block on Blog Post".

Widiiihhh judulnya saja sudah overwhelming gimanaaa gitu ya hahaha...Bukan lagi sok tahu nih, tapi setelah membaca ulang tulisan mbak-mbak tersebut saya jadi searching sebenernya apa sih writer's block? Lalu bagaimana tips cara mengatasinya. Nah, dari yang saya baca tersebut saya mau sedikit sharing dalam postingan saya kali ini. 

Diantara kalian para blogger pasti suka mengalami kan bingung mau nulis apaan, mentok sampai akhirnya udahlah gak usah posting aja hari ini. Atau posting blognya nunggu ada ide saja. Ini saya banget nih, sering saya mengalami hal demikian. Welcome Writer's Block!

Jangan dulu sedih, jangan dulu nangis apalagi banting gadget. Mendingan buat saya aja sini kalau mau dibanting haha...Nah, hasil dari searching saya menemukan artikel yang bagus (menurut saya) terkait hal demikian dengan judul "23 Ways To Counter Writer's Block" disini. Kalau bahasa saya nya itu 23 Cara Melawan Writer's Block. Ini 10 versi saya (banyak sedikitnya nyontek wkwkwk...) :

1. Review Buku
Kamu bisa me-review buku kesukaan kamu atau buku yang pernah kamu baca, baik dari penulis indo ataupun penulis asing. Ini bisa jadi inspirasi buat kamu untuk menuliskan opini kamu terkait buku tersebut, ataupun hanya sekedar menuliskan quote dari buku tersebut dan memberinya judul quote of the day. Seperti salah satu teman saya yang rajin baca buku mbak Innayah.

2. Review Produk
Nah ini sepertinya sudah ada blogger-blogger yang menspesialisasikan diri ke dalam kategori beauty blogger, food blogger, atau blogger yang fokus pada review gadget. Saya banyak tertarik ma food blogger soalnya foto makanannya bikin cacing diperut menari-nari hahaha...

3. Adopsi Ide dan Tema
Kamu bisa mengadopsi ide atau tema dari blogger-blogger lain dan menjadikannya tulisan kamu yang ala kamu banget. Misal : Kalau food blogger memposting soal makanannya kamu bisa tuliskan ide kamu melalui cara membuatnya, atau strategi marketing restoran tersebut, atau bisa juga dari segi design interiornya.

4.Tontonlah film
Dengan sukanya kamu menonton film, biasanya akan menemukan ide-ide baru baik dari ceritanya ataupun pesan-pesan yang disampaikan lewat film tersebut. Atau bisa juga kamu menuliskan review di blog kamu dari film tersebut. Film apa saja sih, baik dokumenter, film kekinian atau film jadul. Yang penting jangan blue film ya. #eh hahaha...

5. Intip Social Media
Biasanya di sosmed itu banyak sekali kabar berita kekinian sampai gosip artis terbaru bahkan gosipnya tetangga sebelah haha...Ini bisa jadi bahan postingan di blog kamu bukan? Tentu saja dengan menyaring informasinya ya, jangan diterima mentah-mentah tanpa tahu kebenarannya.

6. Biografi
Tulis biografi idolamu, orang-orang sukses disekitarmu, atau bahkan cerita suksesmu. Ini juga bisa jadi artikel yang menarik bukan? Atau kamu bisa melakukan interview dengan blogger sukses favorit kamu dan tulis kisah mereka.

7. Tulis sesuatu yang berbeda
Kalau biasanya kamu menulis soal makanan apa salahnya sekali-kali kamu menulis soal travelling, atau kalau biasanya kamu menulis soal kosmetik apa salahnya sekali-kali kamu nulis soal blogging tips. Keluar dari comfort zone memang susah, tapi keep fighting bibeh! Jangan kayak saya yang blognya gado-gado semua ada hahaha...Akh gak papa blog pribadi juga wkkwkwk...*ngeles

8. Gabung di beberapa group sosmed
Biasanya di grup-grup sosmed itu banyak sekali bahasan mulai yang nyambung ma tema sampai yang gak nyambung sama sekali haha...Nah, kamu bisa ambil ide dari sini dan sesuaikan dengan judulmu.

9.Dokumentasikan moment
Dokumentasikan moment-moment indah kamu dalam sebuah gambar, foto atau video. Siapa tahu suatu hari nanti bisa jadi ide menulis di blog untuk menceritakan moment tersebut.

10. Whislist
Kamu bisa juga menuliskan whislist kamu tiap bulannya di blog, siapa tahu kalau salah satunya ada yang tercapai bisa kamu jadikan bahan cerita.

Nah, itulah 10 tips cara mengatasi writer's block ala saya (nyontek juga sih haha...). Walaupun kadang saya juga sering sekali mengalami hal mentok dimana gak ada ide buat nulis apaan di blog. Marilah kita belajar bersama-sama mengatasi writer's block tersebut.

Image Source: www.stokpic.com

Jika ada cara lain tentang cara mengatasi writer's block ala kamu, boleh banget loh di share dimari... :)

13 comments:

  1. Uwaw makasihhh ada nama akuhh. Heheh...
    Iya, dulu pernah niat ngeblog dg satu tema. Eh malah yang ada block dan nulisin yg nggak sesuai jati diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha...iya saya juga mba...dulu niatnya blog buat show off hasil jepretan...eh apa daya semuanya tumpah ruah dr mulai yang penting sampe gak penting...gado-gado deh jadinya hahaha....

      Delete
  2. Dengerin orang cerita Mbak. Saya sering menjadikannya bahan tulisan. Gara-gara itu, teman-teman curiga hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha...iya ya, cerita orang itu bisa jadi sumber inspirasi...

      Delete
  3. Kalo lagi writers block biasanya saya bw aja mbaak

    ReplyDelete
  4. Lihatin notes di ponsel, biasanya cukup ampuh usir writer's block.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. boleh mbak...
      tapi saran saja besok lg kalau memang mau copas, bisa dirubah dikit2 supaya performa blognya mbak tetep kece :)

      Delete
  6. kalau aku sendiri ngapain yakkk.
    hmmmmm.
    sek tak pikir dulu..

    ohh iyaa kalau aku lihat ebbok di laptop aja.
    siapa tahu ada ide bacaan yang bisa di posting.

    tapi kadang-kadang liat gogole trends juga deng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jarang liat google trend, jadinya malah bingung gitu kadangan trend saat ini aku gak menguasai ahahaha...

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)