Wednesday, 25 February 2015

Why Blogger?! | Blogging Impact Life! | Efek Positif Menjadi Seorang Blogger!

Efek Positif Menjadi Seorang Blogger!

Why Blogger?!
Mungkin beberapa diantara kamu ada yang bertanya, kenapa harus blogger? Atau Should I Blog?
Baru-baru ini saya menyadari bahwa ngeblog menjadi salah satu hobi saya dan itu sudah menjadi rutinitas. Sejak saya membuat blog di tahun 2011 lalu saya tidak cukup produktif untuk menuliskan sesuatu di blog. Paling hanya sekedar upload foto. Pertamanya sih bingung mau nulis apaan di blog, sampai akhirnya di akhir tahun 2014 kemarin saya memutuskan untuk aktif lagi menulis di blog.

Pokoknya cita-cita saya pengen jadi blogger yang sukses sukur-sukur bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri atau setidaknya bisa beli bakso dari hasil ngeblog haha...Akh, itu hanya sebatas mimpi dan cita-cita. Tapi why not?!

Mantra ajaib saya dalam dunia perbloggeran adalah "One Day One Post", dan benar saja ketika sehari saja saya tidak posting sesuatu di blog sepertinya seperti berminggu-minggu saya gak posting. *lebay

Nah, sampai akhirnya saya menemukan artikel yang cukup bagus disini tentang "15 Thoughts on How Blogging Impact Life". Diantaranya (terjemahan versi saya) : 

1. Kamu akan menjadi penulis yang lebih baik.
Kalau bisa aku bilang disini mungkin, dengan seringnya kita membuat postingan di blog atau dengan seringnya kita melakukan blogwalking bisa menginspirasi postingan kita baik kata demi kata ataupun tema yang akan kita angkat menjadi tulisan yang menarik renyah untuk disimak. Kalau kata kamus tatang suratang bilang "Bisa karena biasa".

2. Kamu akan menjadi seorang pemikir yang baik.
Dengan semakin seringnya kamu menulis sebuah postingan atau artikel kamu akan menjadi pemikir yang lebih baik, kenapa? Karena setidaknya kamu akan melakukan riset atau mendalami apa yang akan kamu tulis. Tidak semata-mata menuliskan sesuatu yang tidak berdasar. 

3. Kamu akan lebih memaknai/ mendalami hidup.
Ketika kamu akan menuliskan tentang true story tentang hidupmu, mesti kamu akan memulai dengan 5W + 1H dan lebih mendalaminya lagi. Tanpa disadari nantinya akan menimbulkan perasaan "Oh iya, harusnya aku gini...Harusnya aku gitu" atau "Aku bangga dan bersyukur tentang aku yang bla bla bla...". Alhasil kamu akan memaknai hidup kamu secara lebih mendalam.

4. Keep your eyes watching hal-hal yang bermakna disetiap peristiwa sekecil apapun.
Kamu akan selalu menemukan hal-hal yang menarik disuatu peristiwa sekecil apapun itu. Atau hal-hal kecil yang mungkin orang bilang tidak menarik tapi kamu bisa membuatnya menjadi sebuah cerita yang menarik dan eye catching.

5. Dengan ngeblog dapat menimbulkan postitif habits.
Nah, ini...Jika kita memaknai ngeblog pada tempatnya. Maka kita akan mendapatkan hasil yang maksimal dan positif. Tentu saja semua itu perlu waktu, komitmen, disiplin dan fokus. Seperti mantra saya "One Day One Post", sangat memerlukan waktu, komitmen, disiplin dan fokus.

6. Akan bertemu dengan teman baru.
Yap, blog adalah salah satu sosial media. Tempat dimana kita bisa bertemu/ berkenalan/ mengobrol/ berdiskusi bahkan berdebat dengan teman baru dari berbagai belahan dunia tanpa harus bertatap muka. *ngirit ongkos cyintt :D

7. Menghasilkan pundi-pundi rezeki.
Nah ini nih, yang salah satunya menarik hati saya haha...Dengan hobi ngeblog dapat menghasilkan lagi. Why not?!  Manissss sekali rasanya hahaha...Sekali dayung dua tiga pulau terlampui.

8. Menjadi inspirasi bagi orang lain.
Nah, makna yang paling mendalam dari ngeblog sebenarnya ini. Ketika kita menjadi inspirasi bagi orang lain wah...keren banget kalau saya bilang. Misalnya : Saya sedang bingung mau posting apa di blog, lalu saya blogwalking ke blog teman-teman sekalian lalu saya tertarik dengan tulisan blogger yang lain dan alhasil saya menemukan ide untuk menuliskan sesuatu di blog. Atau dari tulisan yang saya buat, bisa memotivasi orang lain untuk hidup lebih baik. Luarrr biasa bukan?! 

9. Postingan sebelumnya akan menginspirasi postingan berikutnya.
Misalnya, kamu menuliskan sebuah artikel dan menjadi viral di sosial media. Pasti ada pro dan kontra atas tulisanmu itu. Nah, tiba-tiba kamu punya ide untuk menuliskan apa sih penyebabnya tulisan kamu bisa jadi viral sebegitu hebatnya. 

10. Gratis tis tis, It's free dude!
Yang paling penting itu ini, ngeblog itu gratis kapanpun dimanapun. Kecuali paket internetnya ya yang bayar hahaha...So, buruan bikin blog kamu sendiri! Bisa di blogspot, wordpress ataupun tumblr nyamannya saja ngeblog dimana.

11. Bisa bikin terkenal.
Nah, salah satu efek positifnya seorang blogger adalah bisa jadi terkenal. Kamu tahukan Diana Rikasari dengan blognya Hot Chocolate & Mint pemilik brand sepatu UP Shoes? Atau Dian Pelangi fashion designer yang sekarang lagi getol fashion show di luar negri dengan blognya Brand Beauty Belief. Mereka semua berawal dari ngeblog loh. Dan tentunya blogger-blogger kece lainnya. Siapa tau next time saya. Amiiinnn.....

12. Personal Journal.
Blog bisa jadi personal jurnal buat kita, karena disini kita bisa menyimpan artikel atau tulisan ataupun curhatan apa saja yang disimpan secara cloud. Jadi gak bakalan ilang, atau sobek kertasnya gara-gara kehujanan hehehe... (digital record of your life) 

13. Menambah rasa percaya diri.
Karena kamu bisa menampilkan sesuatu yang berbeda yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi orang lain, ini bisa saja membuat kamu semakin percaya diri.

14. Dapat memberikan saran mengenai apapun melalui tulisan.
Kamu dapat memberikan saran apapun melalui tulisan kamu dan sharing sesuatu yang informatif karena kamu telah mengalaminya. Misalnya pengalaman saya terkait klaim kacamata melalui BPJS.

baca juga : Pengalaman Periksa Mata di RSU Banjar Sampai Klaim Pembelian Kacamata Di Optik Menggunakan BPJS Kesehatan

15. Feedback positif melalui sosial media.
Kamu bisa saja mendapatkan feedback yang positif dengan kamu share postingan kamu ke sosial media seperti facebook, twitter, sosbook, dll. Dan ini bisa menjadi viral yang sangat cepat. Seperti saya yang suka share artikel yang saya postingkan di blog melalui facebook atau sosial media saya yang lain. Walaupun responnya belum menimbulkan WOW effect tapi setidaknya bisa membuat orang lain tahu eksistensi blog ini hahaha...

Nah, ternyata untuk menjadi blogger yang sukses itu perlu waktu, komitmen, disiplin dan fokus. Keep posting, keep fighting and keep blogging!

Seperti yang saya sampaikan pada poin no.2 pada postingan kali ini saya menjadi seorang pemikir dibanding postingan saya yang sebelumnya. Sudah mulai kelihatan kan blogging impact life dari ngeblognya? Hehehe...Oiya, karena mastah-mastah blogger sudah berkeliaran di dunia ini cmiww ya kalau ada tulisan saya yang dirasa kurang pas.

Image Source: Stokpic

Kalau kamu sudah merasakan efek positif dari ngeblog belum nih?

20 comments:

  1. yang nambah temen udah berasa sih apalagi kalau abis kopdar

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau juga ikutan kopdar dong mba noni...hehhe...

      Delete
  2. manfaatnya memang banyak, dulu ngeblog awalnya cuma iseng buat nulis catatan pribadi aja, akhirnya sekarang bisa menghasilkan. thanks sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kangazis...makasih sudah mampir.
      wah sudah menghasilkan ya? saya di ajarin juga dong hehe...

      Delete
  3. Blog juga bisa membangun personal branding tersendiri untuk pribadi kita, hmm kita akan dikenal orang lain sebagai "orang yang gimana" menurut orang lain. Poin yang paling penting dalam ngeblog sih harus konsisten dan semangat dalam menulis, insya Allah bisa bermanfaat bagi orang lain jika dilakukan dengan ikhlas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas jefry betul banget konsisten dan semangat dalam menulis yang akhirnya bakal ketahuan tuh personal branding kita... :)

      Delete
  4. pokoknya ngeblog itu menyenangkan... ^_^
    sukaaa tulisannyaa

    ReplyDelete
  5. Sampai saat ini yang paling saya rasakam manfaat dari ngeblog adalah poin pertama. Saya terus belajar dalam hal tulis menulis. Keren mbk tulisannya.
    Salam hangat dari Bondowoso.

    ReplyDelete
  6. Tercerahkan banget baca ini,thanks ya mba..salim.

    ReplyDelete
  7. Ketika menulis adalah sebuah kebiasaan maka kebahagiaan pasti kan datang....huehehehe.....

    ReplyDelete
  8. Ngeblog sekarang jadi sumber penghasilan #ehh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)