Tuesday, 10 March 2015

Gagal Melakukan Pembayaran BPJS Lewat ATM? Ini Solusinya!

Gagal Melakukan Pembayaran BPJS Lewat ATM? Ini Solusinya!
Nah, ceritanya hari ini saya membayar tagihan BPJS. Yap rutinlah tiap bulan saya bayar premi tagihan BPJS, kali ini saya bayar tanggal 10. Dimana setiap bulannya pembayaran premi BPJS dapat di bayarkan dari tanggal 1-10, jika lebih dari tanggal 10 maka akan dikenakan denda sebesar 2%. Setiap bulannya saya selalu membayarkan tepat waktu, paling gak sebelum tanggal 5 saya sudah membayar tagihan BPJS. Tapi, ndilalahnya hari ini tepat tanggal 10 Maret 2015 saya belum bayar tuh tagihan BPJS.


OK, saya menluncurlah ke ATM BRI terdekat sesegera mungkin. Tapi ternyata setelah saya mencoba melakukan pembayaran muncul notifikasi "Maaf transaksi Anda tidak bisa kami proses". OMG! Itu berkali-kali. Kemudian saya ke Bank BRI tadinya mau bayar lewat teller tapi katanya tidak bisa, "suka error mba" kata tellernya. Grrrr...males bangetkan? Pas, tanya-tanya ma satpamnya ternyata iya, "memang sudah dua hari ini lelet mbak jaringannya, bukan atmnya tapi jaringan BPJS nya".


Usut punya usut, setelah saya menganalisa #halah hahaha....Pembayaran BPJS setiap tanggal 8 ke atas setiap bulannya pasti selalu begini di semua bank kerjasama BPJS (BNI, BRI, Mandiri). Kenapa? Mungkin karena tanggal 10 adalah batas maksimal tenggang pembayaran setiap bulannya, kalau lewat tanggal 10 didenda sebesar 2%. Maka dari itu orang-orang pada sibuk bayar BPJS hehehe...Alhasil jaringan BPJS sibuk.

Lalu bagaimana solusinya?
1. Usahakan bayar BPJS sebelum tanggal 7 setiap bulannya.
2. Kalau bisa bayarlah BPJS untuk beberapa bulan ke depan, supaya tidak setiap bulan bayar.
3. Kalau kamu pakai internet banking, coba bayar lewat internet banking.
4. Jika dengan sangat terpaksa membayar BPJS di atas tanggal 7, maka lakukanlah di malam hari. Biasanya jaringannya tidak terlalu sibuk di malam hari.


Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi, kita kan sudah berusaha tepat waktu untuk membayar tagihan BPJS. Kok malah tidak nyaman jadinya? Nah beginilah kalau sudah berhubungan dengan program pemerintah. #ups Marilah kita dukung BPJS untuk Indonesia yang lebih baik, untuk masyarakat Indonesia yang lebih sehat, MERDEKA! :D #lho

Intinya bayar BPJS itu jangan mepet-mepet ya, soalnya suka gangguan.

Image Source: Google Image (labeled for noncommercial reuse with modification)

Punya pengalaman yang sama seperti saya juga? Share dong!

18 comments:

  1. Enak klo posting dari laptop bisa leluasa nambahin link hahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...iya mba...leluasa banget...

      Delete
  2. Jadi intinya, jangan telat! hahaha

    ReplyDelete
  3. Jadinya mba bayarnya pakai apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu tetep pkai ATM tapi agak malam bayarnya...

      Delete
  4. Bayar BPJS lwt ATM Mandiri dr bln kemarin tidak bisa. Saya coba setiap hri semenjak tgl 10 Agustus. Minimal coba di 3 ATM berbeda setiap hari sebanyak 3 kali di tiap atm jd saya coba 9 kali setiap hari selama nyaris satu bulan. Kalo dihitung2 sudah lebih dr seratus kali saya coba bayar, to ttp tidak bisa n ttp kena denda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau kayak gitu coba kontak BPJSnya saja...Soalnya pengalaman saya pada tanggal 10 malam membayar bisa...

      Delete
  5. Saya coba dari bln kemarin...awal agustus..akhir agustus...awal sept..lwt atm mandiri gagal...internet banking gagal...terpaksa ke bank langsung...kenapa? Kalo akhir bln jg ga bs...masa sibuk trs tu sistem..

    ReplyDelete
  6. Saya coba dari bln kemarin...awal agustus..akhir agustus...awal sept..lwt atm mandiri gagal...internet banking gagal...terpaksa ke bank langsung...kenapa? Kalo akhir bln jg ga bs...masa sibuk trs tu sistem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh...kalau itu coba tanyakan ke pihak bpjsnya langsung mba...saya belum pernah kayak gitu soalnya...

      Delete
  7. sekarang semakin mudah
    dapat bayar bpjs kesehatan online
    informasi bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Galau juga ini skrng, mau bayar bpjs gagal terus. Biasanya ga gagal... Mana udah tanggal 7 lagi.

    http://linkstudiodesign.com

    ReplyDelete
  9. Wah... brarti BPJS perlu invest lebih bagus unt maintenance sistemnya. Btw sukses terus untuk BPJS membangun negeri...

    ReplyDelete
  10. Hehehe..kirain cm saya aja, seneng nemu teman2 senasib. Bberapa hari kmrn (tgl 5 Sept. '16) pake ATM jg gagal terus, trus hari ini (tgl 6 Sept. '16) cb langsung ke 2 bank ternyta offfline semua, cb SMS ke no kontak BPJS jg gak ada jawaban, smpe skrg masih mikir cara praktisny gmn alternatif pembyaran biar gak bolak balik terus, capek maksud hati pingin tertib tapiii ....
    Telat bayar kena denda kalo sistemnya kayak begini saya gantian minta denda bisa gak ya ... :)

    ===
    www.dijual-rumah123.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. saya bayar sebelum tgl 10 eh tertulis tunggakan 4 bulan.lah gimana ini wong tiap bulan rutin.resinya aja masih disimpan.error banget dah bpjs.

    eh pas mau bayar bpjs anak katanya ngga terdaftar.tiap hari nyiba ke beberapa atm dan berkali2 dan malam hari belum juga hasil.males bgt deh urus ke bpjsnya antriii.bpjs oooh bpjs

    ReplyDelete
  12. hari ini tg 3 mau byr bpjs via provider bank2, alfamart dll pada gk bisa. apa karena ada perubahan tampilan isi di systemnya ya. krn biasanya "perorangan" tp skrg "keluarga" or Perusahaan, atau krn ramai yg byr, tp ini baru tgl 3. bs bantu sharing Mb Handriati..thx

    ReplyDelete
  13. Sama kasusnya saya juga ga bisa bayar bpjs di atm mandiri kemanggisan , tampilanya sekarang jadi keluargabukan perorangan, tapi di klik gak bisa ini gimana bpjs......

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)