Friday, 27 March 2015

Sesi Curhat Blogger : 6 Things Nobody Told Me About Blogging

Saya memulai ngeblog sejak tahun 2011 lalu, tapi sayang beberapa bulan setelah itu saya tidak aktif lagi di blog saya ini. Entah kenapa hobi-nya teralihkan dengan sesuatu yang lain pada waktu itu. Dan saya pun tidak pernah lagi login blogspot, satu tahun di 2012 saya tidak memposting satu hal pun di blog. Sampai akhirnya mood ngeblog muncul lagi di Bulan November 2014, sejak saat itu saya kembali lagi semangat menulis di blog dan aktif sampai sekarang. Pada awal saya ngeblog tidak ada satu orang pun yang mengajari saya, bahwa saya harus gimana atau apa yang harus saya lakukan to raise my blog.

6 Things Nobody Told Me About Blogging
Nah sekarang beda cerita, akhir-akhir ini seorang teman yang baik hatinya mengajari saya soal blog termasuk Do and Don't tentang blogging. Mulai dari teknik SEO, apa yang baik dan tidak baik dilakukan sebagai blogger dan making money with blog. Cool, right?

Tetapi kali ini bukan tentang yang teman saya ajarkan kepada saya yang akan saya tulis, melainkan tentang apa yang tidak orang lain ajarkan kepada saya dan akhir-akhir ini baru saya sadari. It's all about 6 Things Nobody Told Me About Blogging:

Menulis itu membutuhkan waktu. Mungkin bagi sebagian orang menulis di blog itu sangat mudah semudah membalikan telapak tangan (#lebay). Tetapi, bagi saya menulis sesuatu diblog itu membutuhkan waktu. Saya harus berfikir kira-kira apa ya yang harus saya posting besok? Temanya apa, gambar apa yang harus saya sertakan, saya harus mencari referensi dimana. Kemudian editing foto supaya saya banget. Membaca dan membaca lagi apa yang sudah saya tulis, kemudian mem-preview postingan saya dan ketika saya telah yakin saya baru akan click publish.

Dalam menulis itu ada istilah writer's block. Semakin kesini saya semakin bingung, apa lagi yang harus saya tulis di blog. Sampai akhirnya ketika saya blogwalking, blogger tetangga sebelah bercerita tentang writer's block. Dan dari situ saya sadar ternyata selama ini yang saya alami ketika bingung dan bosan menulis di blog itu namanya writer's block.

Baca Juga : 10 Tips Cara Mengatasi Writer's Block Dalam Menulis Postingan di Blog | 10 Tips to Beat Writer's Block on Blog Post

Saya menulis tidak hanya untuk diri saya sendiri. Yap, saya termasuk blogger yang menganut kepercayaan bahwa menulis sesuatu di blog tidak hanya dikonsumsi untuk diri saya sendiri. Tetapi juga untuk orang lain yang berkunjung ke blog saya, jadi saya fikir menuliskan sesuatu di blog itu harus bermanfaat dan memberikan informasi bagi orang lain. But, saya tidak men-judge bahwa blogger lain yang menjadikan blognya sebagai personal diary (curhat) itu tidak baik ya. Kadang sebagian besar cerita mereka seru untuk dibaca seperti baca novel ato cerita pendek dimajalah-majalah lho. Ini sih kembali lagi ke tujuan awal kita ngeblog sebenarnya. Kalau memang ada yang suka Alhamdulillah, kalau tidak ya kita berusaha lagi menulis dan terus menulis biar nanti dikoreksi bersama-sama.

Finding niche is not easy.  Menurut saya pribadi, menemukan niche dalam dunia blogging lumayan sulit. Karena apa? karena mungkin saya belum menyadari benar hobi dan minat saya yang spesifik itu apa. So far, saya ngeblog random sekali. Tapi jujur, kalau gak tentang foto saya lebih menyukai menulis soal blogging tips (akhir-akhir ini). Makanya, postingan saya akhir-akhir ini lebih banyak soal blogging. Selain itu juga karena saya seorang newbie dan sedang asyik belajar hehe...Mudah-mudahan apa yang saya share dan saya tulis bisa bermanfaat dan menjadi sumber informasi baru bagi kamu yang membacanya. Amin...

Update blog itu penting. Nah, terkadang karena saya malas dan terkadang getting writer's block dalam sehari pengunjung blog saya menurun lumayan banyak. Dari situ saya sadar bahwa update untuk tetap eksis itu penting. Meskipun banyak orang bilang bahwa blogging itu bukan hanya tentang pengunjung atau soal angka, tapi ya dari yang saya alami kalau blog saya mau tetap dikunjungi orang selain blogwalking yang harus saya lakukan adalah keep update posting. Tapi saya tegaskan sekali lagi blogging it's not about the money, blogging it's all about having fun, hobby and existence. Kalau dari eksis kita bisa menghasilkan uang itu adalah bonus yang patut disyukuri. Tetapi beda cerita kalau memang kamu seorang fulltime blogger yang mencurahkan seluruh waktunya untuk ngeblog, making money from blog is a must. Menurut saya lho ya, See? :)

Baca Juga : Tips for Post in Weekend : Cara Membuat Postingan Terjadwal di Blog

You don't need to be expert to start a blog. Last but not least, yang akan saya sampaikan adalah tidak perlu jago coding html atau php untuk memulai ngeblog. Tidak perlu pintar nulis dan bertata bahasa kalau cuma mau nulis diblog. Yang penting buat dulu blognya, karena itu semua bisa di dapat dengan gratis dan tuliskan apa saja semaumu walaupun itu hanya satu kata. Sampai nantinya kamu pasti akan menyadari kalau "Oiya, saya fikir harus menulis "A" supaya orang lain bisa comfort dan suka dengan tulisan saya atau supaya tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain yang membaca". Tapi kembali lagi ke poin pertama, bahwa menulis itu membutuhkan waktu bagi saya hahaha...

Baca Juga : You don't need to be expert to star a blog

Mungkin 6 saja dulu, saya yakin sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya.

Image Source : gratisography with graphic added by handdriati

Saya mau tahu juga dong, apa saja yang kamu pelajari dari ngeblog?

8 comments:

  1. Nice tips. Kadang nulis soal blog sendiri justru lbh menyenangkan ya.

    Ryanfile.wordpress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas ryan, nulis soal blog sendiri memang lebih menyenangkan karena ngalamin sendiri :)

      Delete
  2. Hai Hand..

    Menulis bukti waktu, itu bener banget. Aku, kita, mungkin sama yah Hand kalau berfikir menulis itu butuh waktu, karena kembali ke tujuan kita menulis yg bukan cuma menulis layaknya nulis diary. Tapi agar tulisan kita enak dibaca dan bermanfaat bagi pembaca. So butuh waktu memikirkan konsep s/d review kata-kata lagi.

    Tapi nih dari hasil berkeliling tetangga, justru lebih rame komentar di blog yg memiliki konsep dan gaya tulisan menulis diary loh hehhee. Dan kalau aku pribadi sih ramai komentar bukan yang utama, yang penting ramai pengunjung karena tulisan dan judul yang eksis di search engine :))

    btw, konsep tulisan ini juga jadi postingan aku diminggu depan loh hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeum mba keke, aku juga sering keliling ke blog tetangga sebelah...Rata-rata yang rame komentar justru yang tulisanya ala-ala diary gitu, mungkin lebih ringan dan berasa ikut ngerasain kali ya hehe...Aku juga ikut2an komentar kadangan, soalnya suka lucu ato gemes aja gitu pengen ikut nimbrung hihihi...

      siplah, aku tunggu postingannya mba biar aku ikutan nimbrung juga hehe...

      Delete
    2. Iya Hand karena ringan dibacanya dan jadi hiburan tersendiri,, aku juga sering kok ikutan nimbrung, gatel tangan mau komen hehehe..

      sipp sipp ditunggu ajah yaah :)

      Delete
    3. Siap mba, kalau aku belum nongol boleh banget aku dicolek mba hehe.. :)

      Delete
  3. Ada yang salah tulis deh mbak kayaknya, di kalimat ini: "You don't need to be expert to star a blog."
    Star = start? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya...makasih koreksinya mas...segera dibenahi :)
      baru nyadar saya hehe...

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)