Sunday, 22 March 2015

You Don't Need to be Expert to Start a Blog

You don't need to be expert to start a blog.
Abaikan judulnya yang rada overwhelming haha...Menurut saya bahwa kita tidak harus menunggu menjadi expert untuk memulai menjadi seorang blogger, kita tidak harus mengerti teknis untuk membuat blog. Dari yang selama ini saya lihat, saya amati dan saya ikuti. Bahwa banyak para blogger di luaran sana yang memulai ngeblog dan menjadi sukses berawal dari hobi.



Dari hasil pengamatan saya (tsaaahhh...gaya berasa jadi pengamat politik :D) berikut beberapa yang saya simpulkan bahwa you don't need to be expert to start a blog:

Create your own content. Ini nih yang terkadang gampang-gampang susah. Jujur masih belum bisa menentukan topik konten yang tetap untuk blog saya, tapi balik lagi create your own content gimanapun tulisanmu itu adalah kamu. Buatlah semenarik mungkin, tapi ingat jangan terlalu sibuk memikirkan orang lain suka atau tidak yang penting tulis tulis dan tulis dulu!

Jangan takut salah. Nah, kadang juga saya kalau mau posting sesuatu takut salah. Tapi ternyata blogger diluaran sana tidak seperti itu, yang penting tulis dulu apa yang mau di tulis di blog perkara salah atau gak mari dikoreksi bersama-sama. Don't be affraid to share your mistakes!

Fokus. Ini yang mengganjal di fikiran saya selama ngeblog, bingung mau fokus di niche yang seperti apa. Tapi tahukah kamu, blog-blog yang fokus di niche tertentu rata-rata lebih dan mudah untuk sukses dan dikenal lho. Misal, food blogger atau fashion blogger.

Optimasi Konten dan Foto. Bagi saya pribadi memang benar adanya, bahwa blog yang optimal dalam menyajikan konten dan foto itu lebih menarik untuk dilihat dan dikunjungi lagi lagi dan lagi.

Baca Juga : 3 Alasan Pentingnya Sebuah Foto atau Gambar di dalam Postingan Blog

Optimasi Social Media. Hampir tidak ada seorang blogger yang tidak mengoptimalkan penggunaan social media yang mereka punya untuk mempromosikan dan share apa yang mereka posting di blog. Tapi sepertinya yang lagi booming dan erat kaitannya dengan blog terutama lifestyle itu Pinterest.

Baca Juga : Social Media dan Blogging

Be your self. Dan yang terakhir yang saya bisa sampaikan adalah be your self. Karena apa yang kamu tulis itu menggambarkan siapa dirimu, terutama kalau sifatnya blog pribadi loh ya.

Jadi menurut saya, tidak perlu expert kalau hanya mau ngeblog. Karena pada dasarnya ngeblog itu erat kaitannya dengan dunia tulis menulis. Budayakan senang nulis dulu sih inti sebenarnya, karena kalau sudah senang nulis, semuanya akan mengalir begitu saja.

So, you don't need to be expert to start a blog.

Sepertinya segitu dulu, ada lagi yang mau nambahin?

7 comments:

  1. Kalau memang mau bikin ya bikin aja. Gitu ya Mbak? Makasih sharingnya.

    Btw Mbak kalau klik logo twitter di atas utk share lgs kok susah ya. Harus edit2 lg. Gak ada linknya juga.

    Ryan
    Ryanfile.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe...iya mas, lagi pula kan gratis ini hehe...manfaatkanlah selagi gratis :D

      Logo share twitter untuk artikel ini kan mas? Bisa kok mas, ntar kebuka windows baru, gak harus edit2 juga, linknya juga ada...saya sudah coba share lewat twitter saya (@handdriati)

      btw, makasih perhatiannya utk itu Mas Ryan :)

      Delete
  2. blognya bagus banget mba, aku sukaaaaa.. secara visual tampilannya keceeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...makasih ya mba dee :)
      sering2 mampir ya :)

      Delete
  3. hmmm bener banget nih mbak.... kyk temenku untuk menjadi seorang blogger dia di awalnya gk tau apa-apa ... dari brljar dan terus belajar kini temenku bisa bikin blog sendiri keren lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bnyak belajar sama latihan nanti lama2 juga bisa sendiri :)

      Delete
  4. hmmm iya bener banget nih kak :) sangat memotivasiku lagi untuk belajar ngblog *_*9

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)