Thursday, 9 April 2015

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Pemula?

Making Money With Blog
Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula? Yap, kalau dilihat dari judulnya mungkin rada WOW ya. Kemarin ada seorang teman bertanya ke saya tentang gimana saya menghasilkan uang dari blog (monetize). Hmmm...Saya jadi bingung jawabnya, jujur aja sih saya belum sehebat itu bisa menghasilkan uang dari blog. Tapi pernah satu dua kali saya make money from blog, ga besar juga sih jumlahnya cuma lumayanlah kalau buat beli bakso hehehe...Tapi bukan itu yang akan saya bahas disini, saya ingin berbagi saja dengan teman-teman blogger pemula seperti saya ini yang mungkin belum tahu. Bahwa dengan ngeblog kita bisa juga lho making money. Gak salahkan? Gak dosakan? Why not? Kenapa tidak dicoba? Yuk sama-sama kita coba.

Sekalipun hobi, tapi siapa sih yang nolak kalau tiba-tiba pembahasan mengarah ke arah sesuatu yang berbayar? Iyakan ya? *maksa :D

Nah, setelah saya kesana kemari mencari referensi saya menemukan 8 cara menghasilkan uang dari blog. Sebenarnya mungkin lebih dari 8 sih, tapi mari kita bahas 8 dulu saja. Ilmu saya soal ini juga masih ceteeeeekkkk banget. So, maaf saja ya nanti jika ada yang bertanya saya gak bisa jawab hehe...(make sure with google aja :P) or tanya kepada para suhu yang sudah ahlinya.

Tapi sebelumnya saya mau jelaskan dulu apa sih monetize itu? Ternyata dalam istilah perbloggeran itu ada yang namanya monetize (monetize blog), jadi pada intinya monetize blog itu adalah segala sesuatu yang kita lakukan di blog dan menghasilkan uang (make money from blog).

Jadi, apa saja 8 cara yang dapat kita lakukan supaya bisa menghasilkan uang dari blog? Check this out!

1. Google Adsense
Google Adsense adalah cara yang dipakai kebanyakan blogger untuk menghasilkan uang dari blog. Google Adsense ini termasuk ke dalam model PPC (Pay Per Click) atau kita dapat menghasilkan pundi-pundi dollar berdasarkan jumlah klik pengunjung terhadap iklan adsense yang kita pasang di blog. Enaknya cara seperti ini kita tidak usah repot-repot mencari pengiklan, karena google akan menyediakannya untuk kita. Semakin banyak klik semakin banyak dollar yang kita dapatkan. Yang perlu diperhatikan adalah kita hanya perlu meningkatkan traffic, mengoptimasi tampilan dan meletakan iklan adsense ditempat-tempat yang strategis di blog kita. Misal, di awal di tengah atau di akhir postingan. Dari cerita teman saya bahkan ada lho blogger yang penghasilannya $1000 per bulan. WOW banget kan ya? *lap iler

Baca Juga : Cara Mudah Daftar Google Adsense

2. Menyediakan Spot Iklan Mandiri
Iklan mandiri adalah kita menyediakan spot iklan sendiri di blog kita. Biasanya berbentuk banner, ukurannya bisa macam-macam, misal 125x125, 300x250, 780x90, dll tergantung kebutuhan dan kesepakatan. Enaknya kita menyediakan tempat iklan mandiri yaitu kita bisa melakukan kesepakatan sendiri langsung dengan pihak pengiklan, mulai dari pembayaran dan ukuran banner. Sependek pengetahuan saya, biasanya harga iklan mandiri itu tergantung pada, jumlah pengunjung perhari, page rank blog kita dan ukuran banner yang akan dipasang. Semakin besar ukuran banner biasanya semakin mahal. Dari sisi pembayaran relatif mudah, karena uang akan masuk ke kantong kita segera setelah kesepakatan diperoleh.

3. Affiliate Programs
Afiliasi adalah model menghasilkan uang melalui bagi hasil dengan cara review produk atau memasang banner di blog kita. Afiliasi ini menurut saya tidak jauh berbeda dengan Google Adsense, uang yang kita peroleh biasanya bagi hasil dari produk yang orang lain beli melalui blog kita. Baik melalui klik link atau klik banner. Link atau banner yang tentunya sudah mengandung tracking ID kita yang disediakan oleh penyedia afiliasi. Seperti halnya adsense bahwa afiliasi ini juga sangat bergantung kepada jumlah klik pengunjung di blog kita, semakin banyak pengunjung blog kesempatan mendapatkan klik semakin besar.

4. Job Review
Job Review adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog dengan cara mereview produk dengan menyertakan link site dari apa yang kita review. Biasanya kita harus menuliskan berupa artikel menyebarkan edukasi atau promosi terhadap produk yang kita review. Produk disini bisa bermaca-macam bentuknya, bisa jasa, blog, produk kecantikan, dll. Tidak harus membeli atau menggunakan jasa terlebih dahulu biasanya, karena secara tidak langsung kita hanya disuruh mempromosikan apa yang mereka jual/ suguhkan. Untuk bayarannya bermacam-macam tergantung kesepakatan biasanya. Mulai dari $1 per artikel bahkan sampai ratusan dolar.

Monetize Blog? Why Not?

5. Menawarkan Jasa 
Menawarkan jasa bisa menjadi salah satu cara jitu bagi kita untuk menghasilkan uang dari blog. Jika kamu mempunyai keahlian tertentu, kenapa tidak untuk menjadikan itu sebagai sumber penghasilan lain. Betul? Lalu jasa apa saja yang bisa kita jual atau kita tawarkan? Banyak sekali, diantaranya jasa pembuatan blog, jasa mendesign logo, jasa menulis artikel/ konten, jasa penerjemahan, jasa foto, dll. Gak ada salahnya kan kalau hobi atau kemampuan yang kamu punya bisa menghasilkan? Semangat!
 

6. Menjual Produk/ Online Shopping
Nah, bagi kamu yang punya online shopping, sosial media khusunya blog merupakan salah satu media yang mumpuni dan sangat berpotensi sekali untuk menjual produk kamu supaya cepat terjual. Siapa sih sekarang yang tidak kenal internet? Hanya tinggal mengetikan keyword yang kita cari di search engine dengan sekali klik saja bisa memunculkan ribuan informasi. Penghasilan yang didapat tentunya dari jumlah pembelian dan harga produk yang kamu tawarkan tentunya ya. Tapi balik lagi semakin banyak pengunjung maka kemungkinan yang akan membeli semakin banyak juga.

7. Ad Agencies
Semakin canggihnya jaman, semakin berkembangnya teknologi, dan semakin hobinya orang menulis terutama di blog ternyata ada juga lho Ad Agencies untuk blogger. Jadi kita hanya tinggal mendaftar sebagai anggota dari ad agencies tersebut sebagai talent. Maka nanti kita bisa mendapat job untuk menulis di blog. Jobnya bisa macem-macem, salah satu diantaranya adalah review produk. Untuk ketentuan-ketentuannya sendiri biasanya tergantung dari term & cond ad agencies nya sendiri. Saya kurang banyak tahu kalau soal ad agencies ini, tapi sepertinya BBlog salah satu ad agencies Indonesia punya. Bisa make sure di google sendiri ya soal BBlog. :) Ada yang tahu ad agencies di Indonesia untuk kita para blogger? Boleh lho di share.

8. Menulis E-Book
Selain ke-7 cara yang saya sebutkan di atas. Kita juga bisa menulis e-book lalu kemudian menjualnya. Apapun format e-book dan bagaimanapun cara penjualannya yang pasti e-book yang kita jual haruslah berkualitas dan bisa menjadi sumber informasi bagi orang lain.

Mungkin 8 dulu yang bisa saya ceritakan disini, perlu di garis bawahi bahwa 8 cara yang saya sebutkan di atas hanya sharing tentang apa yang saya baca dan saya tahu disambi saya juga belajar. Saya juga belum begitu berpengalaman menghasilkan uang dari blog. Jadi, adakah yang mau nambahin? Hehehe...

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, making money from blog bukan suatu keharusan. Tergantung tujuan awal kita ngeblog. Hanya sebagai personal diary atau memang dari awal dimaksudkan untuk monetize blog. Itu sih tergantung pilihan masing-masing ya. Tapi kalau dari hobi bisa menghasilkan seperti teman-teman blogger yang lain kenapa tidak, iya toh? Hehehe... *maksa dikiiiitttt

Image Source : Stokpic with graphics added by handdriati

Hey, ada yang punya pengalaman menghasilkan uang dari blog? Share dong kakak :)

62 comments:

  1. wah, makasih infonya...beberapa udah saya terapkan..sebagian lg belum...masih belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama mba saya juga masih belajar, yuk akh sama-sama belajar mba kania... :)

      Delete
  2. Aku baru dari job review sama affiliate program, yang lain belum coba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat...
      bagi tips soal job review dong mba fenny hehe...
      makasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Blognya asyiiiiiiik sekali, saya masih ngimpi aja nih punya yang kayaa gini. Persis dengan kutipan dari Guy Kawasaki, ideas are easy, implentation is hard

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...makasih mba nur fauziah :)
      ayo ayo diniatin yang semangat bloggingnya biar tambah asyiiik lagi hehe...
      happy blogging! :)

      Delete
  4. Selama ini cuman tau dari blog review aja sih :) tapi yah gitu tergantung rejeki jadinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh hebaattt...bagi tips sini mba noni soal blog reviewnya hehhe...

      Delete
  5. Tengkyuuu yah artikelnya bagusss bingiit.. sekarang baru jadi freelancer content writer aja siii.. Masih receh-receh dapet penghasilannya, tapi barusan dapet suntikan semangat dari blog iniii.. *yeeaahhh* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba tetty, kl mba suka sama artikelnya aku seneng pake banget hehe...:)
      waahhh hebaatt nih, ayo ayo dibagi tips jadi freelance content writernya mba hihihii...

      Delete
  6. Aku google adsense aja msh bingung menggunakannya apalagi dapet uangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...jangan bingung2 mba...kalau bingung mari ditanyakan siapa tahu aku bisa bantu hehe...aku juga masih belajar kok mba, hayuklah sama2 belajar :)

      Happy blogging!

      Delete
  7. Aku udh give up ditolak mulu google adsense. Tapi affiliate & job review udh nyoba, meski baru pemula bgt... Belum byk menghasilkan pula, hihi... Tapi sedari awal ngeblog ya ingin nulis aja, jadi gak apa2 klo blm rejeki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, mungkin belum rejekinya...ayooo jangan menyerah mba euisry noor...semangat semangat :)

      Delete
  8. Kayaknya saya tahu deh itu yang nanya siapa. Hahahaha. Nice share Mbak. Keren. Hahaha. Lg mikir yang banner sih. Cuma kalau di wordpresscom gak bisa utk yang ini ataupun affiliate ataupun yang adsense.

    Ryanfilewordpresscom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wordpress bisa kok kak, aku pernah main ke Wordpress ada adsense dan affiliatenya tu, coba main ke www.kartunet.or.id

      Delete
    2. oh ya
      mungkin tulisanku bisa bantu untuk pssang banner afiliate yg html

      untuk pasang banner di.Wordpress bisa ke sini kk -> http://new.hatiputih.blogdetik.com/2015/04/06/memasang-banner-di-wordpress

      Delete
    3. Hahaha...Halo Mas Ryan...Untuk adsense maupun affiliate setahu saya bisa kok mas di wordpress...Temen saya pakai wordpress bisa pasang adsense...Bisa dilihat disini edokautsar.com.

      Untuk pasang banner nah itu sarannya mba tyaseta siapa tahu bisa mencerahkan, kalau gak tanya mbah google juga pasti banyak yg sharing soal itu mas hehe...

      Semangat semangat Mas Ryan! :)

      Delete
    4. Makasih ya Mbak Hand and Mbak Tya. Saya cek dl ah linknya.

      Delete
  9. aku ngecek Google adsense ada saldonya dala dolar walaupun kecil tapi syukurnya ternyata masuk otomatis ke nomor rekening mak padahal aku awalnya ga niat klaim, yah walau dikit lumayanlah Rp.113.000 alhamdulillah ^_^

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh...alhamdulillah bgt ya mak...
      oiya, kok baru seratusan ribu uda bs di cairkan mak?
      setau aku malah minimal itu $100 baru bisa cair lho kl adsense hehe... *cmiiw*

      Delete
  10. ad agenties saya baru tahu mbak,makasih ya shaingnya..
    salam kenal^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak, semoga bermanfaat ya :)
      Saya juga baru tahu sbenarnya soal ad agenties itu, karena baca2 artikel blog luar. Ternyata dia itu ikutan ad agenties buat dapetin dolar...Kalau di indo aku kurang tahu juga sih mbak...Tapi pastinya adalah keknya hehe...

      salam kenal juga :)

      Delete
  11. Aku pernah pasang adsens ttp sekarang gak lagi krn blogku jadi berat... wkt itu blm tahu sdh menghasilkan apa blm...skrg ini nyoba yg lain alhamdulillah baru dpt job review kecil2an.. mngkin ini langkah awal yg baik ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin Mba Rita, semangat!
      Happy Blogging! :)

      Delete
  12. yeeiiyyy blogger newbie inih dpt tambahan ilmu.. semoga tar bs jg dpt tambhan uang jajan dr blog.. thanks mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, semoga bisa membantu mba...Happy Blogging! :)

      Delete
  13. Gimana cara bikin add banner kayak gitu ya? Keren euuyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal pasang saja mba, bisa juga pake widget. Bisa juga pake koding sendiri. Tinggal pilih saja hehe... :)

      Delete
  14. Wah sangat informatif mbak....ijin menyimak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba yuni, monggo2, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  15. thanks infonya Mak..... *sambil tetep nyimak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak...saya juga lagi nyimak :)

      Delete
  16. Dapet suntikan semangat nih, baca tulisan ini. Thanks ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihiiirrr...sama-sama mak...semangat2 :)

      Delete
  17. Baru 2 yang dicoba. Yang lain masih perlu belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiikkk...kalau boleh tahu apa aja itu yang 2 mba rizka?

      Delete
  18. Aduuh keren2 amat ya mak(s) semua. Saya belum pernah satu pun nih. Blog nya juga masih jelek banget ga menarik hiks
    Makasih infonya mak, luar biasaa.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya mak lulu juga keren kok...semangat2 mak...Happy Blogging! :)

      Delete
  19. infonya keren mak.. ajarin layout kayak gini dong.. hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak, semoga bermanfaat ya...
      layoutnya donlod aja mak banyak kok yg gretongan hehe...

      Delete
  20. Google adsense ditolak mulu huhuu. Tapi alhamdulillah tergantikan sama job review :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha...belum berjodoh berarti mbak rahmi...try again! :D

      Delete
  21. aku pernah ditawarin kerjasama sama Laz*da tapi aku tolak, mungkin bentuknya semacam banner yang terpampang di blog mu ini yah Hand..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh...sayang sekali...knapa ditolak mba ke?

      Delete
  22. Pengennya sih iklan mandiri, tapi lebih banyak advertiser yang jualannya ngga aku sreg.. Hahah.. Padahal tawarannya lumayan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa...iya biasanya pengalaman dari temen aku, ada yang nawarin hal-hal yang tidak senonoh gitu *ups* hahhaa....

      Delete
  23. mantap sekali info nya mbak
    semoga blog saya bisa menghasilkan uang dengan petunjuk diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiinnnn....sama2 mas...good luck ya :)

      Delete
  24. Memang banyak cara untuk menghasilkan uang dari sebuah blog. Namun apapupun caranya, menghasilkan uang tidak semudah yang dibayangkan. Perlu kesabaran dan ketekunan dalam mengupayakan semua itu mbak, termasuk menjadi publisher adsense untuk blog personal...Nice share, mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, harus sabar, fokus dan tekun terutama kalau sifatnya blog personal seperti saya ini :D

      Delete
  25. mbak kalo ad agencies ini sistemnya kayak jasa penulisan artikel kah, atau berbeda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sendiri juga kurang jelas sih soal ini, tapi yg aku baca dari blog luar ad agencies itu yg nyariin iklan buat kita, atau bisa juga iklan tp dijadikan job review gitu. jadi mereka yg nyari event kita tinggal tulis. kurang lebihnya seperti itu. *cmiiw

      Delete
    2. kalau affiliate program kayak di blog mbak ini gimana cara nawarin blog kita ke pengiklan mbak? atau orang itu yang menawarkan memasang iklan di blog kita?

      Delete
    3. kl dari pengalaman saya sih pengiklan yg melakukan penawaran, kita tinggal pasang harga saja. tapi kalau bisa kita nawarin pengiklan untuk iklan di blog kita aku pikir itu bisa lebih bagus, toh lebih cepat lebih baik kan? asal sesuai saja...

      Delete
    4. bisa minta alamatnya pengklan yang siap memasang iklanya di blog kita mbak?

      Delete
    5. wah, kurang tahu dan kurang informasi ewh saya kalau soal itu...

      Delete
  26. Untuk agan-agan yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang cukup lumayan, mungkin bisa mencoba AdOptimal.
    saya sendiri sudah membuktikan, bahkan penghasilan dari AdsOptimal, dapat melebihi Google AdSense.
    Ingin mengetahui lebih lanjut, dapat membacanya disini:
    `
    http://www.e-jurnal.com/2015/05/punya-blog-dapatkan-dollar-dari.html

    ReplyDelete
  27. Informatif bingits makk.. Sementara ini aku masih berkutat dengan point 3 dan 4 aja, maklum, agak gaptek nih.. Hehehe.. Thanks for sharing

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. Infonya bermanfaat banget makk.. yang baru aku jalanin baru poin 5 & 6 masih bingung cara kerja poin2 lainnya x_x thanks infonya :)

    http://edithyastika.blogspot.com/

    ReplyDelete
  29. masih baru membangun blog dan cari-cari metode monetize yang tepat..
    kayaknya yang menawarkan jasa itu bisa dicoba deh..
    thx mbak inspirasinya.. :D

    ReplyDelete
  30. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)