Wednesday, 29 April 2015

Resep Sederhana Bagaimana Cara Mudah Membuat Brownies Kukus Dalam Waktu Setengah Jam


#CurhatanRasa Koepoe-Koepoe,  Resep sederhana bagaimana cara mudah membuat brownies kukus dalam waktu setengah jam. Sebenarnya saya tipe orang yang pemalas dalam hal masak memasak dan membuat kue, apalagi kalau memakan waktu yang lama, pengennya sih beli jadi aja trus tinggal makan. Nah, bermula dari kepinginnya saya makan brownies dan karena ini akhir bulan maka otomatis jatah jajan saya sudah berkurang dong ya. Muter otak, gimana caranya bisa makan brownies yang murah, cepat dan enak. Dan kebetulan, beruntungnya saya pas lagi buka timeline Facebook sepupu saya upload foto brownies hasil buatannya sendiri. Langsung deh kepoin resepnya.

Dan di hari Minggu kemarin bingung gulang guling di atas kasur, saya jadi kepikiran resep ini. Dengan penuh semangat saya langsung kumpulkan bahan-bahannya yang terdiri dari gula, tepung terigu, milo bubuk, soda kue, cokelat bubuk, dll. Tapi ternyata setelah bongkar-bongkar lemari, soda kue-nya sudah expired. Sedikit kecewa sih, tapi tidak patah semangat. Saya segera lari ke depan rumah yang kebetulan ada warung khusus menjual bahan-bahan kue. Dan belilah saya soda kue Koepoe-Koepoe, soda kue koepoe-koepoe ini adalah favorit Ibu saya dari dulu. Walaupun kemasannya sudah berbeda, tapi tetap koepoe-koepoe andalannya. Dan inilah #CurhatanRasa Koepoe-Koepoe saya dalam judul : Resep sederhana bagaimana cara mudah membuat brownies kukus dalam waktu setengah jam.


Setelah bahan terkumpul semuanya, saya menuju ke dapur dan mempersiapkan semua alat tempur dalam membuat brownies ini. Kemudian. saya langsung semangat menakar bahan dan mengolahnya menjadi adonan, tidak lupa saya masukkan 1sdt soda kue koepoe-koepoe ini. Nah, spesial buat kamu saya bagi resepnya yang super duper gampang, yang bisa kamu temukan di warung dekat rumah.Check this out!


Bahan-bahan:
1| 200gr Tepung Terigu
2| 200gr Gula Pasir
3| 3sdm Cokelat Bubuk
4| 1sachet Susu Bubuk Milo (saya pakai 2sachet), larutkan dalam 200ml air hangat
5| 200ml minyak goreng (bisa juga pakai margarine cair)
6| 2 Butir Telur
7| 1sdt Soda Kue Koepoe-Koepoe
8| 1/2sdt Garam

Cara membuatnya juga sangat praktis dan gampang, karena saya malas bikin yang lama-lama. Brownies kukus ini hanya butuh waktu kurang lebih setengah jam dari pembuatan adonan sampai matang dan bisa disantap. Yuk disimak cara pembuatannya, mudah banget lho.

Cara Membuat:
1| Kocok gula & telur sampai larut secara manual menggunakan whisk, karena saya tidak punya whisk saya menggunakan alat pengocok pada mixer yaitu baloon whisk.
2| Kemudian campurkan terigu, cokelat bubuk, milo yang sudah dilarutkan, soda kue koepoe-koepoe dan garam. Lalu aduk sampai rata.
3| Terakhir masukkan minyak goreng, dan aduk sampai tercampur rata.
4| Tuangkan ke dalam cetakan, lalu kukus dengan api sedang kurang lebih sekitar 15 menit.

Jika ingin menggunakan toping seperti chococip, keju atau taburan lain di atasnya maka setelah kurang lebih 5 menit dalam kukusan taburkan topingnya.

15 menit sudah berlalu brownies kukus saya pun jadi, kemudian saya dan Ibu mencicipi perdana. Beneran ini rasanya enak dan teksture-nya empuk banget, gak perlu lagi Jelajah Rasa dengan membeli brownies kukus mahal-mahal. Tinggal bikin saja dirumah, gak mahal dan gak memakan waktu yang lama. Saya senang banget dong, apalagi brownies yang saya buat mengembang dengan sempurna berkat soda kue koepoe-koepoe. Ternyata saya bisa juga ya bikin brownies dengan rasa yang enak hihi...*senyum senang*

Buat kamu, selamat mencoba!

25 comments:

  1. Ngebaca cara membuatnya.....jadi penasaran mau ngerasain

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisalah nanti delivery mas hahha...

      Delete
    2. Saya juga mau dong mbak di delivery.. Kayaknya enak kue nya...

      Delete
    3. wah...boleh juga mas david...nanti mampir kerumah aja ya...saya buatkan khusus spesial buat kamu :*

      Delete
    4. Oke mbak, ditunggu ya masakannya... :*

      Delete
  2. Anu, hmmm, gimana ya...
    Aku nggak jago masak. Padahal muka udah mirip chef Juna, cuma bisa obok-obok air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha...yauda itu airnya yg uda di obok2 trus dimasak mas... :P

      Delete
  3. waah.. pas nih buat saya yg gak punya mixer dan oven hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, gak ribet pokoknya...ayooo dicobain hihi...

      Delete
  4. waah tipsnya boleh juga nih,,hehe nnati dicoba ya :)

    ReplyDelete
  5. Asik nih dapet rahasianya, nanti adik saya yang coba buat eksperimennya, makasih mbak.

    Salam kenal baru datang kesini, soalnya.

    Dan ditunggu juga kedatangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas, selamat mencoba :)
      makasih ya sudah mampir...

      Delete
  6. uwaaa,bias dicoba nih..makasih mbk resepnya

    ReplyDelete
  7. Wah saya tidak pandai memasak. Tapi ini mudah sekali ya. Ingin coba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah banget mbak, pasti bisalah...selamat mencoba :)

      Delete
  8. Waaaa.. Keliatannya enak banget, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong beb, siapa dulu yang buat wkwkwkwk...*kaboorr

      Delete
  9. Keliatannya enak. Baca aja sambil bayangin tekstur lembutnya. Deliv satu mbak....

    ReplyDelete
  10. aku mau dikirimin ajah hasilnya Hand :)
    Ke Bekasi yahh, pake pesawat jet biar cepet nyampenya hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap nanti tak turunin di atas langit bekasi mba hahah....

      Delete
  11. aduhhh keliatannya enak *ngencess

    Saya mah gak terlalu pinter masak2 mbak :(
    tapi pengen nyobain buatnya karena baca postingan ini
    :D hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak rahayu dicobain, gampang banget kok bikinnya :)

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)