Saturday, 4 April 2015

Siapa Peduli Dengan Blog Kita Yang Sepi Pengunjung

Content is a king, Title is a Queen


Siapa peduli dengan blog kita yang sepi pengunjung?
Mungkin kedengarannya seperti menyakitkan hati ya jika ada orang yang bilang begitu. Tapi, pada kenyataannya ya seperti itu. Akhir-akhir ini saya sering melakukan blogwalking, maklum saya kan newbie jadi harus sering-sering blogwalking supaya dapat teman baru. Tapi dari situ ada sedikit banyaknya yang saya pelajari. Saya bukan sedang riset, tetapi hanya menyimpulkan dari apa yang saya lihat dan saya alami.

"Why the traffic isn't coming in? It could be your content!"

Sudah rajin posting tiap hari? Tapi tidak ada yang baca? Why the traffic isn't coming in? Masalahnya apa? Terkait hal ini sebenarnya banyak sekali penyebab dan kemungkinannya sih. Tapi kemungkinan yang saya mau bahas disini adalah "it could be your content". Pengunjung blog tidak melihat blogmu sebagai blog baru atau blog lama. Ketika mereka mencari topik yang spesifik di search engine, maka judul yang muncul dihalaman pertama dan menarik perhatian merekalah yang akan dikunjungi. Eits, tapi jangan senang dulu. Mereka cenderung akan melihat isi konten kita, apakah sesuai dengan yang mereka cari atau tidak. Maka dari itulah Content is a King itu benar adanya. Jika tidak maka tidak sampai satu menit mereka akan langsung close tab.

Saya pernah menuliskan ini di postingan saya sebelumnya sebagai salah satu hal yang menyebalkan saat blogging. Tapi coba deh fikirkan ulang, blog kita di dominasi oleh tulisan tentang apa? Seperti yang saya bilang tadi "it could be your content". Karena percaya gak percaya selama apapun kita ngeblog jika tulisan kita tidak fokus dalam artian tidak menargetkan niche tertentu maka akan jauh tertinggal dengan blog baru yang lebih mapan dan lebih fokus. But finding niche is not easy for me. How about you?
Dua hal yang menurut saya menarik untuk disimak.

Satu | Blog kamu berisi personal journal? Orang-orang biasanya sering menyebutnya Lifestyle Blog. Mungkin blog saya termasuk kategori ini kali ya. Sebenarnya blog-blog seperti ini yang sulit untuk di promote. Kenapa? Karena biasanya berisi konten-konten yang menceritakan personal diary. Bahkan sulit buat orang asing untuk mengikuti, karena pembaca harus lebih dulu memahami cerita kita atau mungkin mereka tidak peduli sama sekali dengan apa yang kita ceritakan.Yang tahu eksistensi keberadaan blog tersebut paling hanya teman, atau teman dari teman. Karena apa? Karena terkadang postingan mereka tidak terindex di halaman pertama google. Karena seperti kita tahu bahwa sebagian orang terkadang malas untuk click next page.

Tapi, percaya gak percaya lifestyle blog ini ada juga lho yang ramai komentar dan ramai pengunjung. Karena apa?
  1. Rajin blogwalking dan meninggalkan komentar,
  2. Gabung di komunitas blog,
  3. Gencar promosi antar teman dan social media,
  4. Pembaca tertarik dengan cerita dan kehidupan mereka,
  5. Konten dari cerita yang mereka usung nge-hits, unik dan menarik,
  6. dll.

Dua | Blog yang memang konsen pada niche tertentu. Misal, akhir-akhir ini lagi booming batu akik. Maka blog baru yang mengkhususkan konten mereka pada batu akik, tidak jarang dalam sehari bisa dikunjungi puluhan ribu viewers. Seorang fashion blogger yang sudah punya penggemar setia, beauty blogger atau food blogger yang sudah punya pembaca setia.

Tidak perlu blogwalking pun sudah banyak pengunjung. Tidak usah disuruh pun orang akan balik lagi ke blog tersebut. Karena apa? Konten!
  1. Konten yang ditawarkan banyak di cari/ SEO friendly,
  2. Konten yang ditawarkan bermanfaat dan informatif,
  3. Menawarkan hal yang spesifik dan berbeda dari yang lain,
  4. Postingannya banyak di share,
  5. Foto-fotonya cantik dan menarik untuk dilihat,
  6. Postingan berisi tips & trik yang pembaca belum ketahui sebelumnya,
  7. dll.
Masih banyak hal lain sebenarnya kalau mau di jabarkan. Tetapi, dari sini kita bisa lihat bahwa kontenlah yang membuat orang tertarik dan secara sukarela bisa balik lagi, lagi dan lagi.

"Content is a King.
Title is a Queen."

Sebenarnya tergantung niatan awal kita blogging sih. Untuk mencari teman, untuk mencari trafik atau bahkan ke dua-duanya. Tapi yang harus diingat adalah pembaca itu pasti sebagian besar adalah orang yang melek internet kalau gak melek internet gak bakal connect internet hahhaha...Pasti mereka juga pintar memilah dan memilih. Jadi, konten itu sangat penting tapi judul juga gak kalah penting lho. Orang pasti pertama lihat judul terlebih dahulu sebelum konten, judul yang indah dan menarik hati pasti itu yang akan mendapat klik pertama. Kalau kontennya bagus/ nyeleneh/ unik maka worth it to bookmark, tapi kalau kontennya kurang diminati siap-siap untuk turun tahta dan say goodbye. Jadi, terkadang sebelum click publish saya suka make sure terlebih dahulu kira-kira posting gak ya, posting gak ya kayak lagi ngitung kancing.

Baca Juga : 7 SEO Basic Untuk Bloggers

Jadi, siapa yang peduli dengan blog kita yang sepi pengunjung? Diri kita sendiri kan sebagai yang empunya blog? Sejauh mana kita bisa mengemas cerita kita supaya menjadi konten yang hits dan menarik untuk disimak. Oiya, jangan lupa di setiap postingan kamu sertakan internal lingking untuk postingan-postingan kamu sebelumnya yang terkait ya. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan trafik. Happy Blogging!

Image Source : Stokpic with graphic added by handdriati

So, what do you think to makes GREAT CONTENT?

    20 comments:

    1. Setuju. Kalau kayak saya yang gado2 memang akan lebih lama dapat traffic. Tapi balik lagi, traffic bukan tujuan saya ngeblog dari awal. Jadi mulai lupakan saja. Dapat yang banyak ya syukur pada Tuhan. Saya juga nulis soal Content is the king ini. Dah beberapa puluh tahun lalu ternyata tapi masih cocok hingga sekarang. Salut sama Bill Gates.

      Ryanfilewordpresscom

      ReplyDelete
      Replies
      1. Heeum mas rian, memang kata-kata bill gates yg satu ini melegenda hahaha...

        Delete
    2. Kalau kata sesepuh, ngeblog dengan hati :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Siap Mba Linda, mar ngeblog dengan hati riang hehhe...Happy Blogging :)

        Delete
    3. hallo Hand..
      Setujuuhh, lagi lagi mengenai ramai komentar yah.
      Bukan komentar yang menjadi tujuan utama ngeblog kan hand :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gak juga sih Mba Keke, kalau saya mah ada yang baca aja sudah senang banget hehe...Apa lagi kalau dapet temen baru...Tapi gak nolak juga kok kalau ramai komentar hihihii...

        Delete
    4. Ngacung - sebagai yg punya blog tp sepi pengunjung - hihihihihi. Tapi buat aku ngga ngaruh juga sih, soalnya niat ngeblog awalnya iseng mencurahkan isi hati, trus buat dokumentasi cerita-cerita tentang anak. Kalau ada yg komen hepi kalau sepi komen ya rapopo :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha...Iya ya Mba Sandra, kembali lagi ke niatan awal ngeblog sih sebenarnya... :)
        Semangat ngeblognya ya mba, Happy Blogging! :)

        Delete
    5. Kalok sepi, rasanya pasti sedih banget.. :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahha...iya ya beby...seperti putri yang tertukar... *lho, malah sinetron* hahhaa...

        Delete
    6. Saya baru ngeblog sebulan lebih ! Pengunjung baru 20-30 perhari itu juga mungkin cuma robot google yang ngecek blog saya hahaha ! Intinya tekun dan konsisten yaa !

      ReplyDelete
      Replies
      1. yippi, tetep semangat...happy blogging :)

        Delete
    7. Maunya dilinking ke postingan sebelumnya yang terkait, tapi ada juga agensi yang nggak mau ada link lain selain link webnya. :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Nah itu brarti lihat sikonnya ya mba...Kl memang itu postingan berbayar ya jelas agensi gak mau...Tapi kalau postingan pribadi atau suka2 tidak terkait agensi atau postingan berbayar sepertinya gak papa banget ya kalau disisipkan internal linking :)

        Delete
    8. bener banget, kalau kita udah niat pasti segala rintangan Insya Allah bisa teratasi. Hehehehe yang penting konsisten.

      ReplyDelete
    9. kalau aku mikirin traffic malah stres/terbebani. Jadinya aku biarin aja ceu, tapi kalo ga ngarep apa2 justru trafik malah naik, ah intinya mah mening ngeblog jujur apa adanya aku mah.. haha

      ReplyDelete
    10. Masalahnya itu kalau kontennya udah dibikin sebaik mungkin, unik, menarik, SEO friendly, ada gambarnya, udah sering blogwalking dan ninggalin komentar, tapi blognya masih sepi pengunjung.

      ReplyDelete
    11. Ngacung deh yang blognya sepi. Saya saja gak peduli gimana orang lain. Pusing mikirin traffic. Saya sih happy blogging aja.

      ReplyDelete
    12. nice artikelnya...kayak yang punyanya...terimakasih sangat bermanfaat...tetep SE MA NGAAAAATTT...!!!

      ReplyDelete
    13. Hallo kak, udah lama banget ya gue gak main di mari. Masih ingat sama gue kan, kak? Hehe

      Oke, belakangan ini blog gue lagi sepi yang komen. Kalau trafik sih mendatar, hanya di hari sabtu sama minggu yang membludak. Hm, perasaan udah bikin konten yang menarik. Tapi pengunjungnya gak membludak. Apa ada yang salah, ya? Atau pemilihan judulnya yang gak tepat? Ah, bingung gue :'D

      ReplyDelete

    Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)