Monday, 18 May 2015

Ini Dia Situs Penyedia Gambar Gratis dan Legal Untuk Blog

Situs Penyedia Gambar Gratis dan Legal Untuk Blog

Ini Dia Situs Penyedia Gambar Gratis dan Legal Untuk Blog. Gambar di dalam postingan blog memiliki arti penting, tidak sekedar menjadi penghias mata supaya menarik hati pembaca tetapi juga sebagai media yang dapat mewakili isi konten. Oleh karenanya gambar tidak bisa kita anggap sepele.

Memproduksi sebuah gambar yang ciamik sesuai dengan keinginan itu bukan hal yang mudah, apalagi jika kita tidak punya waktu atau tidak mempunyai selera photography yang cukup baik. Solusinya adalah dengan mengambil gambar melalui internet, kebanyakan orang mencari dan menggunakan gambar dari google image. Tetapi, tunggu dulu tidak semua gambar yang ada di google image bisa digunakan begitu saja. Semua mempunyai hak cipta, salah-salah malah terkena pelanggaran hak cipta.


Salah satu solusi terbaik untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan free stok photo, masih banyak situs penyedia gambar gratis diluaran sana yang bisa digunakan secara cuma-cuma dengan kualitas yang sangat baik tanpa kita harus meminta ijin terhadap si author-nya.

Jika kamu belum merasa yakin terhadap foto yang bisa digunakan sebagai pelengkap postingan blog, mungkin sedikit tips kali ini bisa membantu untuk meyakinkan kamu bagaimana cara menemukan foto yang aman untuk kita gunakan kembali secara gratis.

Ada 3 pertanyaan yang dapat kita gunakan sebagai bahan acuan dalam penggunaan free stock photo, diantaranya:

1| Kenapa free stock photo? Bolehkah?
Jika kamu tidak mempunyai waktu untuk menghasilkan foto yang cukup baik untuk di-publish atau kamu bukan seorang visual person yang baik. Kenapa tidak mencoba untuk mengunduh foto dari situs penyedia foto gratis? Untuk lebih memaknai atau memberikan kesan yang kuat terhadap isi konten yang kamu tuliskan. Hampir semua situs penyedia foto gratis berada dibawah naungan Creative Commons Zero License (CC0). Ini berarti kamu dapat menggunakan dan mendistribusikannya secara gratis tanpa harus meminta ijin terhadap si photographer-nya. Untuk amannya saran saya sih teliti terlebih dahulu bahwa situs tersebut termasuk dibawah naungan Creative Commons Zero License (CC0) atau bukan dan bagaimana term & condition-nya.

Baca Juga: Pentingnya Sebuah Image Dalam Postingan Blog
 
2| Apa itu Creative Commons Zero License (CC0)?
Secara singkat Creative Commons Zero License (CC0) adalah organisasi nirlaba global yang menaungi berbagai macam sumber kreativitas di dunia seperti foto, video, tulisan, dll. Dalam artian semua kreativitas yang berada di bawah naungan CC0 dapat digunakan secara gratis. Untuk lebih jelasnya bagaimana penggunaan foto yang berada dibawah naungan CC0, silakan kunjungi situs creativecommons.org.

3| Dimana mendapatkan foto gratis yang aman untuk blog?
Sebenarnya tidak menjadi masalah kalaupun kamu mencari file image di Google Image Search, asalkan foto yang kita ambil berada dibawah naungan CC0 atau memang boleh digunakan dan disebarluaskan secara gratis. Ada beberapa situs yang termasuk dibawah naungan Creative Commons Zero License (CC0), yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi yang fotonya bisa digunakan secara gratis untuk memperkuat isi konten blog:

Baca Juga : Cara Aman Download Foto Lewat Google Image Search

UNSPLASH (https://unsplash.com/)
Adalah salah satu situs free stock photo yang menyediakan high quality resolution photo, dengan berbagai macam kebutuhan yang kamu inginkan. Dengan 10 photo baru setiap 10 hari , unsplash adalah salah satu situs free stock photo yang bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

PEXELS (http://www.pexels.com/)
Pexels adalah salah satu situs free stock photo favorit saya, disini menyediakan berbagai macam pilihan poto berdasarkan kategori seperti business, building, people, dll. Pexels merupakan salah satu pilihan tepat bagi kamu yang mencari poto dengan high quality resolution.

GRATISOGRAPHY (http://www.gratisography.com/)
Pilihan situs free stock photo lainnya adalah gratisography, menyediakan berbagai macam poto yang menarik bagus dan tentunya high quality resolution dengan weekly update.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Infografis

Sebuah artikel yang memuat foto yang eye catchying akan lebih menarik hati pembaca apalagi jika di share di social media seperti twitter ataupun facebook. Dan beberapa situs di atas saya dapatkan dari berbagai sumber yang dapat digunakan secara gratis. Jika masih ragu, kamu bisa menuju ke bagian terms & condition nya.

Image Source: via Gratisography with graphics added by handdriati

Sudah tidak bingung lagi kan mencari foto dengan kualitas yang bagus dan aman untuk digunakan?

61 comments:

  1. Ohh jadi disini tempatnya nyari gambar yang kecihhh yah Hand... mantapp
    Thanks Hand infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...iya mbak keke...sama2 :)

      Delete
  2. saya biasanya ambil di google tapi tetap disebutkan alamat linknya. kaya gitu boleh juga kan mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh sih mak, tapi lebih amannya coba pake penelusuran berdasarkan hak penggunaan. Aku biasanya milih berdasarkan label "Dilabeli untuk digunakan ulang secara non komersial dengan modifikasi".
      Takutnya kalau di filter tidak berdasarkan lisensi ada yang keberatan, tapi mudah2an jangan sampai seperti itu deh hehe...

      Delete
  3. tengkyuu... abis klo punya gambar sendiri ssh produksi. Ngambil juga harus teliti juga yaks. Tapi klo menurut aq klo gambar udah diaplot, kita hrus rela ga rela klo suatu saat gmbr kita diambil orang (pernah ngalamin) jadi memang kewajiban klo ga mau diambil orang hrus pke watermark. Jadi klo ga diwatermark menurut aq loh ya ini, seakan-akan gmbr itu mengatakan 'silakan digunakan' cmiiw yaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seakan begitu sih Mbak. Tapi lebih baik kitanya hati2 saja. Imho. Karena walau gimana itu kan hasil karya orang. Btw salam kenal ya Mbak.
      Febriyanlukito.com

      Delete
    2. Iya sih mbak, seakan2 memang begitu hihi...tapi kembali lagi biasanya tergantung si empunya. Kalau si empunya-nya legowo "monggo2 aja" sih gak papa hehe...Kalo nuntut itu yang repot :D

      Delete
  4. Ah akhirnya keluar juga sumber foto ciamiknya Mbak dari mana saja. Hahaha. Susah cari gambar. Setelah nulis soal hak cipta kmrn saya jadi lebih suka pakai foto pribadi sendiri. Febriyanlukito.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ryan...
      berhubung stok fotoku dikit dan tidak banyak berhubungan dengan apa yang aku tulis, jalan satu2nya yang aman ya lewat situs free stok foto itu...Coz gak tiap hari aku fotoin sesuatu soalnya... :D

      Delete
  5. kalau saya,pilih pakai foto sendiri hehehe....
    makasih ya mbk,saya baru tahu free stok photography dll....^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak enak pake foto sendiri lebih aman tentram dan damai hihihi...

      Delete
  6. Wah, ini bisa jadi wawasan baru buat saya. Terima kasih mbak buat infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas, kalau pengen tahu lebih detailnya apa saja yang bisa dilakukan dg free foto ini silakan kunjungi websitenya creative common :)

      Delete
  7. aku kadang-kadang suka pake foto dari unsplash, fotonya bagus-bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak indah bagus2 di unsplash :)

      Delete
  8. Aku biasanya lebih suka untuk make foto pribadi daripada nyari di internet. Paling2 kalo udah mentok gapunya baru nyari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...iya mas rosiy, lebih baik tuh pakai koleksi foto pribadi...

      Delete
  9. Terima kasih ya infonya. Aku juga paling suka baca blog yang ada gambarnya. Makanya maunya di tiap post diusahakan ada gambarnya. Cuma kadang aku suka bingung pake gambar apa kalo gak punya fotonya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak lia, sma aku juga senengnya baca postingan yang bergambar. Nah, sudah gak bingung lagikan skrg nyari gambar dimana? :D

      Delete
  10. Mantap kak, langsung bookmark itu rekomendasi stock photonya hehe, makasih ya kak. eh salah deh manggilnya harusnya mbak/ibu soalnya bukan kelahiran 95 wkwk.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaaahhhh....jitak sini jitak hahha...
      sama2, semoga membantu ya...

      Delete
  11. ohhhh.... gituuu. Baru tahu aku soal freestock ini. Meski aku selalu menguapayakan pake foto sendiri dalam blog, tapi sesekali perlu juga foto dari luar kalo gak punya yang sesuai. Thanks for sharing yaaa. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba donna, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  12. Untuk2 blog komersil, aku dibuatin websmaster dan pakai freestock photos, biar keliatan profesional katanya sih. Tapi kalau personal blog semua foto sendiri, jelek pun heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...iya mbak biar lebih kelihatan pro ya hehe...Aku juga kalau postingan beauty or resep pake poto sendiri...:D

      Delete
  13. Informasi yang bermanfaat sekali nih, terutama kalau lagi bingung cari foto buat ilustrasi blog :D

    ReplyDelete
  14. Aaaah, makasih mbaak.. Sangat bermanfaat. Saya sering bingung ngambil foto kalau pas tema tertentu yg saya nggak punya fotonya. Kadang sampai bikin sendiri pake tulisan doang.. :v Dikasih tau suami, pakai flickr juga bisa, tapi difilter CC dulu. Kalau ngambil dari flickr saya biasanya tetap tulis sumber. Kalau di situs2 yg mbak rekom di atas, apakah perlu pakai tulis sumber atau nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung situsnya sih mbak, kadangan ada yang minta nyantumin kadangan gak...tapi kalau saranku sih baiknya cantumin aja sumbernya, soalnya namanya juga pakai gambar orang ya utk mencegah hal2 yg tidak diinginkan hehe...Oiya, coba baca dulu aja term & cond dari situs penyedia fotonya untuk lebih meyakinkan lagi mba...selain flickr biasanya ngambil dari mana lagi mba yanet?

      Delete
    2. baru di flickr aja mainnya, mbak. klo nggak ya pake foto sendiri atau bikin jpeg sendiri. hehe. soalnya bingung sih. klo di flickr kan ada filternya, jadi nggak khawatir salah ambil gambar, tinggal kasih link aja ke orangnya sebagai ucapan terima kasih, jadi deh. tapi jadinya terbatas sih... :(

      eh, tapi ini udah nambah referensi, makasih yaa. ntar saya cek kalau sempat.. ;)

      Delete
    3. sama2 mba yanet, semoga membantu ya :)

      Delete
  15. hi..hi info yang sangat bermanfaat..terimakasih mak.semoga berkah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin amin amin...sama2 mba fitria semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  16. makasih infonya..bermanfaat banget buat nyari gambar bagus kak

    ReplyDelete
  17. tak kira, foto2 yg ada di blog ini hasil jepretan sendiri, bak =D

    btw..penambahan grafiknya (editannya) pakai apa, bak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal review kecantikan saya foto sendiri mbak, tapi kalau soal blogging tips saya pake yang free foto...editnya seperti yg lainnya mba sama pake photoshop...

      Delete
  18. Wih mantep mbak, nih saya kasih lagi yang gratis juga :D http://hiresstock.com/ koleksinya cukup lengkap. Xoxo

    ReplyDelete
  19. Wahh keren2..makasih infonya mak...

    ReplyDelete
  20. Baru tau juga... makasih banyak infonya mba, dan salam kenal ya

    ReplyDelete
  21. Wah mba han trims infonya..aq biasanya kbnykn pke hasil jepretn sendiri..tp klo lg mentok kdg binun jg nyarinya..trims mba handriati ;)

    ReplyDelete
  22. Wah mba han trims infonya..aq biasanya kbnykn pke hasil jepretn sendiri..tp klo lg mentok kdg binun jg nyarinya..trims mba handriati ;)

    ReplyDelete
  23. boleh dicoba lainkali...
    kalo saya masih suka ngulik galerix flickr, dapet referensi dr beberapa web n katanya boleh dipake sih, kalo yg ga boleh dicopas emang ada keteranganx.... :D

    ReplyDelete
  24. keren mba. makasih sharingnya yaa :)

    ReplyDelete
  25. Salam kenal Mba...

    Terimakasih Infonya.. bermanfaat sekali. selama ini saya masih asal-asalan pasang image di blog :)

    ReplyDelete
  26. Setelah selama ini aku cuma mbatin, "foto2 unt blogging monetize mu kok kinclong2 banget gitu." akhirnyaaaah..
    Han, Tfs ya.

    ReplyDelete
  27. Ini penting banget, catett... Dulu sempat galau nyari tempat unduh gambar yang aman. Makasih banyak sharingnya :).

    ReplyDelete
  28. Waahhh makasih mak artikelnya berguna nih, aku biasanya kalo poto ngunduh dr free images di pixabay,itu termasuk yg gratis dan dilindungi gak ya? Oh ya kalo foto gratisan itu kita unduh, selanjutnya bisa kita kasih perlakuan sendiri ngga? Contoh dikasi teks ato jadi meme apa melanggar hak cipta juga?

    ReplyDelete
  29. makasih banget tipsnya! aku share yaaa

    ReplyDelete
  30. makasih tipsnya mak berkat blog mbak saya bisa bikin link ptofile di blog heheheh kapan kapan bikin cara edit foto dengan tulisan dong mak ( sok request ;)

    ReplyDelete
  31. yang unsplash sama pexels sudah pernah pake, kalo gratisography belum pernah nyoba sih, tapi tadi saya buka bagus-bagus fotonya. makasih mbak infonya, nambah bookmark lagi deh :)

    ReplyDelete
  32. Cocok nih info nya buat saya yang baru aja mulai ngeblog..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)