A Beginners Guide to Starting a Blog

Cara Mudah Membangun Sebuah Blog Untuk Pemula

A Beginners Guide to Starting a Blog. Judulnya berasa gimana gitu ya? Bukan, saya bukan lagi ngajarin. Ini cuma sekedar sharing saja apa yang saya alami dan sedikit demi sedikit menjadi pengetahuan bagi saya kalau ternyata ada hal yang harus kita persiapkan untuk memulai sebuah blog. Tidak hanya sekedar menulis sebuah cerita saja, tetapi ini simple tapi berarti. Penasaran? Hopefully postingan kali ini bisa membantu teman-teman yang lagi pengen membangun sebuah blog.

1| Pilih Platform
Pilih platform yang sesuai dengan keinginan hati (blogspot, wordpress, tumblr, dll), karena apa? Biasanya sih masalahnya seberapa friendly kah platform tersebut untuk penggunanya. Kan biasanya si pemakai hobby ngutak-ngatik agar blognya kelihatan lebih cetar badai. Kebanyakan blogger mengawalinya dengan blogspot, karena blogspot easy to use, ini bukan berarti platform lain tidak mudah tapi kembali lagi tergantung penggunanya.

2| Tentukan Niche
Tentukan niche untuk blog, supaya blog kita lebih terarah mau dibawa kemana. Saya tidak akan membahas panjang lebar soal niche karena itu pilihan masing-masing ya.

3| Pilih Domain Sekece Mungkin
Sebenarnya tanpa harus membeli domain jika kita membuat sebuah blog sudah langsung mendapatkan domain, misal xxx.blogspot.com, dll. Tapi yaitu masih ada embel-embelnya. Saran saya jika memang blog kita akan digunakan untuk branding atau supaya lebih terlihat serius dan terawat maka pilih dan belilah sebuah domain dari awal yang sekece mungkin. Supaya mudah diingat dan dicari. Karena akan terasa sedikit ribetnya jika kita mengganti domain di tengah perjalanan blog, terutama jika kita mendaftar adsense. Alexa Rank dan peringkat blog kita di google pun akan terjun bebas kedasar samudera. Tetapi, jika kita tidak memikirkan itu semua it's your choice.

Baca Juga : Tips Memilih Domain

4| Daftarkan Google Webmaster Tool
Secara singkat Google Webmaster Tool adalah sebuah tool google yang digunakan untuk membantu kita mendapatkan informasi tentang bagaimana google merayapi situs kita ini. Mengindex blog kita di google dan juga dapat memberikan notifikasi apa saja problem dari blog kita. Jika kita punya akun google maka otomatis kita bisa login ke webmaster tool.

5| Set Up Google Analytics
Secara singkat fungsi google analytics adalah untuk mengetahui jumlah pengunjung kita setiap waktunya, mengetahui dari mana datangnya, browser apa yang digunakan atau keyword apa yang sering nyangkut di blog kita, artikel mana yang sering dikunjungi, dll. Biasanya divisualisasikan secara statistik. Lalu bagaimana cara set up google analytic? Kamu bisa coba mencarinya di google dengan keyword "cara memasang google analytics di blog"

6| Research, Research dan Research
Beruntungnya kita sebagai blogger (bolehkan ya saya menyebut kita ini sebagai blogger yang menjalankan sebuah blog?hihi...) kita dapat mencari dan membaca apaaa saja yang kita perlukan yang kita inginkan hanya tinggal menghadap layar komputer dan memasang sambungan data. Banyak informasi yang bisa kita dapatkan didalamnya. Jangan ragu untuk meniru dan memodifikasi, bukannya saya mengajari yang tidak benar. Karena apa? Jaman sekarang jarang sekali yang original, mulai dari tulisan, desain, dll. Banyak juga yang ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) sehingga tidak tampak identik, sesuaikan dengan karakter masing-masing. Bayangkan saja food blog, fashion blog, lifestyle blog didunia ini tidak cuma satukan? Tetapi banyak. So, be creatif walaupun harus dengan meniru. Seperti postingan kali ini, mungkin banyak sekali diluar sana yang membahas tentang apa yang saya bahas kali ini, tapi belum tentukan kalian membacanya? Bisa jadi hanya membaca punya saya ini hehehe...

7| Optimasi Blog
Optimasi blog adalah sesuatu yang bisa kamu lakukan untuk membantu search engine menemukan blog kamu. Optimasi blog caranya bermacam-macam bisa melalui media sosial, daftarkan ke search engine, ataupun melalui teman dekat dari mulut ke mulut untuk mengakses blog kita. Berbagai cara bisa kita lakukan untuk mengoptimasi blog.

8| Have Fun
Lalukanlah blogging sesuai dengan apa yang kita inginkan. Itu pilihanmu. Have Fun!

Nah, demikianlah cerita pengalaman yang bisa saya sampaikan. Sekali lagi bukan lagi mengajari tetapi sekedar sharing siapa tahu bermanfaat. Mudah-mudahan bisa membantu kamu to starting a blog. Seperti biasanya, feel free untuk meninggalkan komentar disini ya.

45 comments

  1. Bye bye Niche *bingung lah blog aku mah. Apa adanya aja* hihi :)

    ReplyDelete
  2. Dulu punya blog berniche, tapi karna harus itu aja temanya jadi kehabisan ide lama-lama gak keurus deh hehehe, jadi sekarang blognya campur-campur dulu deh biar sering update :D

    ReplyDelete
  3. Google Webmaster sama anlytic udah punya sihhhh tapi tetep gak paham kalo ada problem ngefix-in nya gimana -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih aku juga suka gak paham kadang suka googling kl nemu di benerin kl ga dibiarin #eh haha...

      Delete
  4. ini yang wajib kita coba y mbak, memang awal memulai dunia blog itu perlu perjuangan yang keras dan butuh kedisiplinan, jika kita bisa menerapkan prinsip yang sudah dijabarkan diatas pasti kita bisa berhasil, nice info mbak

    ReplyDelete
  5. Kalau saya masih mau beli domain yang kece mbak hihi, tapi belum kesampaian...

    ReplyDelete
  6. Aku gak punya niche juga hahaha. Paling bilangnya personal blog aja hihihi.

    ReplyDelete
  7. Masih pemula dalam dunia blogging, jadi masih harus memahami dulu satu persatu apa yang di jabarin di atas.

    Terima kasih untuk ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok mas, saya juga masih pemula...tapi katanya para mastah2 seperti itu...semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  8. Mendingan nulis blog pribadi atao gado gado , lebih mudah dan gak kehabisan ide.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...iya ya, lebih bebas mau menuliskan apa saja soalnya hehe...

      Delete
  9. Aku kalo ditanya niche, cuma bisa jawab: "Percaya deh, gak ada blogger yang lebih random dari akooh". muahahahaha :D

    ReplyDelete
  10. Gak usah mikir niche dulu. yang penting nulisnya dari hati, ya kan emak-emak? :D lama2 juga ketemu bahasan yg cocok apa. IMHO sih gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...betul betul betul...yang penting nemu feel-nya dulu ya mba? :D

      Delete
  11. Niche? Ah, saya masih pemula, ga ngerti gitu2an, Yg penting ngeblog, hahaha *ditimpuk pembaca*

    Tfs, Mak

    ReplyDelete
  12. Aku belum daftar ke google web master niih, masih binguuung >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. googling mba kalau bingung hihihi...

      Delete
    2. Siap membantu saya mbak kalau masih bingung

      Delete
  13. Poin yang ke 8 yang ngebuat saya bertahan......

    Nice..lanjutkan berkreasi

    ReplyDelete
  14. wah penting banget nih biar blognya makin ketjehh
    makaci jeng handriati :3
    selama ini aku mah banyak-banyakin have fun nya aja dulu
    sambil nabung buat beli self domain & hosted :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 jeng DAN :)
      akh aku mah domain aja dulu belum cukup dompetnya kalau sekalian ma hosted hehehe...
      Happy blogging ya!

      Delete
  15. Saya setuju, platform saya blogspot, domain berbayar dengan .us, tema campuran karena konsep majalah, dan alhamdulillah semua yang disebutkan sudah saya lakukan. Tinggal terus menjaga kualitas luar dalamnya, makasih ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih...sama2 mas adam hussein, mesti kece nih blognya...meluncuuurrr... :D

      Delete
  16. kalo saya setuju banget soal websmatertools, terlepas dari itu semua pokoknya ngelakonin ngeblog sesuai pasion dengan hepi2lah....setuju3x kan ;)

    ReplyDelete
  17. No 6 kayaknya jarang banget karena mood selalu menang dr research hehehee.... No 7, iya tapi mungkin dikiiiit banget krn udah lemot sesuai umur, ngandelin pertemanan doang.

    ReplyDelete
  18. Aku niche yang gado2 masih --"
    Tapi ttp aku arahin ke kecantikan, kesehatan sama parenting baby gt...walau ttp aja terus curhat... Apalagi kadang keseringan curhatnya .____.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa mba icha yang penting menambah informasi disela2 curhatannya hehe...
      aku juga masih gado2 kok ini :D

      Delete
  19. Sing paling penting yang terakhir tuh. Fun. Blogging is for fun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ryan ngeblog buat seneng2 aja ya jgan dibikin pusing XD

      Delete
  20. Salah satu blogger yang saya jadikan panutan ya Mbak Handdriati ini. Makasih mbak guidance nya.

    ReplyDelete
  21. tulisan mbak handriati selalu well banget.. hihihihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)