Sunday, 28 June 2015

Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan

Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan

Sahuuurrr.....Sahuuuurrr......Sahuuurrrr.....!!!

Nah, mumpung lagi bulan Ramadhan jadi bahasan kita kali ini juga tentang apa-apa aja yang kita lakuin di bulan Ramandhan dong ya. OK, mumpung saya lagi mood untuk membahas soal Ramadhan marilah bersama-sama kita mengetahui apa saja sih keutamaan sahur di bulan Ramadhan? Yuk dibaca sama-sama siapa tahu dengan membaca postingan saya kali ini, kita semua berbondong-bondong mendapatkan pahala dan semakin semangat sahurnya...Amin!

Sudah pada tahu belum nih keutamaan sahur di bulan Ramadhan itu apa saja?

"Belum nih kakak...Apa saja sih?"

Okey, saya kasih tahu ya...Sudah pada tahukan kalau sahur itu berasal dari kata Sahar? Yang artinya menjelang subuh. Jadi gak boleh bangetkan kalau sahur itu disiang hari bolong? Kalau disiang bolong itu namanya anak SD yang belajar puasa. Masa udah gede gini puasanya masih setengah hari sih kayak anak SD? Malu dong...malu ya? Ya kan ya kan hahaha....

Dari Abu Sa'id Al-Khudri Rhadiyallahu 'Anhu, Rasulullah SAW bersabda:

Hadits Keutamaan Sahur di Bulan Puasa

Nah, jadi kata siapa sahur itu harus makan 2 piring nasi 2 mangkok bakso dan 5 gelas sirup buah. Salah besar tuh lapar apa lapar hahaha...Minum seteguk air atau satu gelas air saja itu sudah termasuk sahur lho. Boleh banget makan, tapi jangan berlebihan. Tahukan kalau yang berlebihan itu tidak baik?

OK, kalau sudah tahu saatnya sekarang kita membahas apa saja keutamaan sahur di bulan Ramadhan:

1| Dalam Sahur Terdapat Berkah
Karena makan sahur itu mengikuti perintah Nabi Muhammad SAW, jika kita niat dan ikhlas menjalankan sahur maka itu sahur kita akan menjadi ibadah dan tentunya berkah. Betul?

2| Malaikat Bershalawat Untuk Orang Yang Sahur
Kapan lagi coba kita dapat do'a dari para malaikat hanya dengan makan sahur. Do'a ibu aja manjurnya kebangetan apalagi do'a malaikatkan ya? Jadi yuk sahur supaya dapet do'a dari malaikat. Gak susah kok, cuma bangun trus makan sahur.

3| Mengakhirkan Waktu Sahur

Keutamaan Sahur di Bulan Puasa

Nah, dari QS. Al-Baqarah tersebut secara tidak langsung mengakhirkan sahur itu baik dan diperintahkan oleh Allah. Karena apa? Supaya kita tidak tidur kebablasan trus meninggalkan solat subuh. Karena jarak selesai makan sahur dan waktu untuk solat subuh itu sebentaaaar banget. Kan solat itu lebih baik daripada tidur. Jadi sebelum tidur lagi yuk subuhan dulu.

4| Menambah Tenaga
Selain keberkahan dan dido'akan malaikat sahur itu juga menambah tenaga untuk bekal cacing dalam perut kita selama kita menjalankan ibadah puasa dari fajar sampai waktu berbuka puasa tiba. Kebayangkan kalau gak sahur trus baru jam 10 pagi sudah lemes lemah letih lesu. Waaahhh....perjalanan masih panjang mbak bro hehehe....

Jadi yang males-malesan sahur kayak saya sekarang ini, yuklah kita semangat sahur berdasarkan 4 poin diatas. Semoga Allah SWT memberikan kita pahala, kenikmatan, kemudahan, kesehatan dan rezeki yang melimpah di bulan Ramadhan ini. Amin!

Design Image by me
Icon Design : Freepik.com

Hayooo, sudah pada bangun untuk sahur belum nih?


23 comments:

  1. Aku kalo sahur makannya dikit banget, kadangan cuma pake sosis sebiji. Tapi kok gak kurus-kurus yaa :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa...aku puasa turun 2 kilo nih...
      sama kalau sahur juga dikit yang penting kemasukan makanan biar gak kosong banget hehe...

      Delete
  2. Sahur memang banyak keutamaannya ya mbak. Jelas sungguh mulia orang-orang yang sahur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas defi, sahur memang banyak banget keutamaannya selain yg saya sebutkan di atas jg masih banyak lagi :)

      Delete
  3. Point yang nomor 3 wajib banget buat sy...biar gak cepat lapar heeehehehhe

    ReplyDelete
  4. Point yang nomor 3 wajib banget buat sy...biar gak cepat lapar heeehehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa...sama banget dong hahha...

      Delete
  5. Banyak kelebihan yang terdapat pada sahur ramadhan ya, Selama ini saya cuma berfikir berdasarkan logika aja, supaya nggak lapar di keesokan hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa...Iya mas, pasti ada alasan-alasan yang kita gak tahu.... :)

      Delete
  6. Walau sedikit makannya selalu usahakan sahur karena katanya ada berkah ya :)
    nice sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba indah hehe...yang penting makan walaupun sedikit... :)

      Delete
  7. Sekarang g pernah dapet pertamax nih. Yang komen rameee. Aku udah daftr Keb blm masuk2. Hahaha
    Soal saur,,,selalu semangattttt...karena nyiapin sendiri, pas di rumah dimasakin jadi lesu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mba hehe...sabar mba ntar juga di approve kok...
      iya kl diperantauan kudu semangat, kalau ga semangat ga sahur alhasil lemes hahha...

      Delete
  8. Aku suka sahur mefet imsak Mbak :D, sesuai sunah, mengakhirkan makan sahur hihi

    ReplyDelete
  9. Niat sahur sih mmebuncah mak, cuma mata ini looohh kayak di dudukin gajah..susah meleknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa...iya banget...walau sudah cuci muka tetep rapet matanya :D

      Delete
  10. Sekarang habis sahur mbak, wah keren blognya ada iklan dari google . sip mbak?

    ReplyDelete
  11. Ayo semangat sahur, walau kadang-kadang makan sambil merem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa...sama...yang penting masuk makanan... :D

      Delete
  12. Kadang aku sahur hanya dengan segelas air dan sebutir kurma. Udah difolbek ya mak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)