Tuesday, 30 June 2015

Tips Menabung Hanya Dengan 5 Langkah Sederhana

Tips Menabung Hanya Dengan  5 Langkah Sederhana

Bing beng bang, yok kita ke bank
Bang bing bung, yok kita nabung
Tang ting tung hey jangan dihitung
tahu tahu kita nanti dapat untung

Masih ada yang ingat lagu tersebut? Itu lagu waktu saya masih kecil heits banget. Bicara soal menabung. Kalian suka nabung gak nih?

"Suka kakak, aku suka nabung di bank persis kayak lagu itu."

Bagus kalau kalian suka nabung, karena menurut saya nabung itu bagian dari budaya dan sesuatu yang berbudaya. Baik dan patut untuk ditiru dan dilakukan. Menabung itu sebenarnya artinya apa sih?
Menurut KBBI, Menabung adalah menyimpan uang (dicelengan, pos, bank, dsb.).
Nah, kalau saya pribadi menabung itu sama dengan hemat. Lho kok bisa? Bisa dong, karena hemat itu hanya menghabiskan uang seperlunya untuk hal-hal yang sifatnya kebutuhan saja. Dalam hal menabung saya biasanya melakukan langkah-langkah sederhana.

Okey, kali ini mari kita bahas tentang tips menabung ala saya, hanya dengan 5 langkah sederhana kita bisa menabung dan menyisihkan uang untuk hal yang sifatnya primer. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Betul?

Nah, bagi yang malas baca niih saya kasih Infografisnya:

Infografis Tips Menabung Hanya Dengan  5 Langkah Sederhana

Gimana? Masih bingung?
Kalau masih bingung, tenang saya bakal kasih penjelasan se-sederhana mungkin supaya kita semua sukses menabungnya.

1| Buat Tabungan
Saya rasa setiap orang perlu yang mempunyai tabungan, dimana saja tidak harus dibank. Yang penting aman nyaman dan memudahkan. Tapi kalau saya, saya lebih memilih untuk menabung dibank. Ini berfungsi untuk menyimpan uang dengan aman dan nyaman. Tetapi juga harus memudahkan, bagi saya definisi mudah itu mencakup beberapa hal, diantaranya:
  1. Potongannya kecil,
  2. Dapat fasilitas e-banking,
  3. Saldo minimal kecil, bahkan kalau bisa Rp 0,-,
  4. Tidak harus dengan bunga yang besar.
Nah, karena ini sifatnya tabungan maka saya tidak terlalu memikirkan bunga. Yang penting potongannya kecil saja sudah cukup. Tapi kenapa saldo minimal harus Rp 0,- kan tabungan? Iya dong, karena saya gak mau rugi jadi kalau diambil semua tabungannya, saya gak mau juga nyisain banyak-banyak misal Rp 100.000,- kan lumayan buat beli bensin. Ini irit apa hemat ya? Beda tipislah :D.

2| Hemat Listrik
Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa nabung itu sama dengan hemat. Salah satunya dengan menghemat listrik. Misal, matikan lampu ataupun AC jika tidak dipakai. Dari hal-hal kecil seperti ini kita bisa menghemat dan menambah pundi-pundi tabungan kita. Kan dananya bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lainnya. Apalagi akhir-akhir ini harga bayar listrik naik.

3| Jangan Bawa Credit Card Kalau Shopping
Bagi saya BIG NO banget membawa kartu kredit ketika shopping. Emang punya kartu kredit? Gak sih, tapi si doi yang punya. Jadi, menurut saya shopping itu dalam artian membeli barang yang sifatnya belum terlalu perlu seperti membeli baju, sepatu, tas, dll. Gak deh kalau pakai CC, kenapa? Kalau tiba-tiba kita gak bisa bayar tagihan (amit amit jabang bayi, jangan sampe deh) yang namanya barang seperti itu kalau dijual lagi belum tentu juga ada yang mau.

4| Masak + Bekal
Hey, bagi penikmat restauran mari beralihlah ke dapur sendiri untuk memasak. Karena apa? Bayangkan kalau sekali makan Rp 30.000,- sehari makan 3x jadi total biaya makan sehari Rp 90.000,-. Tapi kalau Rp 90.000 itu dibeliin ayam dipasar bayangkan seiisi rumah bisa makan dengan lauk ayam dalam sehari. Nah, bagi kamu yang kerja kantoran usahakan bangun pagi untuk memasak bekal, kan lumayan gak perlu jajan makan siang lagi dikantor. Jangan lupa minum mending bawa sendiri dari rumah. Air putih lebih baik daripada air berwarna loh, selain sehat hemat pula kan? Bukannya saya melarang jajan, jajan/ makan diluar boleh tapi tidak setiap hari jugakan?

5| Stop Updating Gadget
Bagi saya, gadget seperti handphone adalah kebutuhan sekunder. Bayangkan kalau tidak ada HP kita mau komunikasinya gimana? Nah, alangkah bijaknya kalau memilih HP itu sesuai kebutuhan bukan trend. Jadi selama HP yang lama masih bisa digunakan ngapain harus beli HP yang baru? Toh juga digunainnya buat keperluan yang samakan? HP saya sudah 3 tahun belum ganti dong, karena mikir-mikir kalau mau beli yang baru. Toh juga makenya cuma gitu-gitu aja. Kalau dikasih yang baru sih gak nolak kok :D. Ingat dikasih lho ya hahha...

Jadi intinya, semua hasil kita menghemat uangnya bisa disisihkan untuk keperluan lainnya dan untuk ditabung. Walaupun sisanya sedikit tapikan sedikit demi sedikit lama-lama bisa menjadi bukit. Apalagi kan sebentar lagi lebaran nih? Yang dapet THR ayo jangan lupa sedekahnya biar rezekinya tambah berkah dan sisanya tabungkan untuk hal-hal yang memang diperlukan seperti modal nikah *eh malah curcol* :D. Syukur-syukur hasil dari hemat bisa juga buat menambah jatah membeli gadget baru.


Sudahkah kamu menabung hari ini?


Design Image by me with Icon Design by Freepik.com


31 comments:

  1. Bawa bekaalll kalau ke sekolah jadi salah satu cara saya untuk menghemat Mak. Lah iya meskipun sekali makan 10.000 kan misal ditabung sebulan dah dapat berapa tuh.

    ReplyDelete
  2. Bawa bekaalll kalau ke sekolah jadi salah satu cara saya untuk menghemat Mak. Lah iya meskipun sekali makan 10.000 kan misal ditabung sebulan dah dapat berapa tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuuuu....kan lumayan ya mak buat ditabung untuk kebutuhan yang lainnya :)

      Delete
  3. Yang suka males nabung di Bank kalo nabungnya 100.000 ntar bulan berikutnya jadi 95.000 . Seandainya ada yang gak pake biaya admin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaaaaa banget mba, namanya TABUNGANKU...setiap bank punya produk tabunganku...gak pake biaya admin...dpet butab ma ATM, maksimal 4x ngambil sebulan di ATM tp gbs dipake debit dan gak dapet fasilitas e-banking hehehe...#duh kayak marketing bank aja nih aku :D

      Delete
    2. Oya? Baru tauuu haha. Tapi udah terlanjur punya debit. :D

      Delete
    3. Gak papa mba hilda, bikin lagi aja :P

      Delete
  4. tips yang sangat bermanfaat sekali nih terimakasih :) semoga aku bisa bisa menabung dengan tips yang di atas ....

    ReplyDelete
  5. baca ini sambil cengar cengir....bolehlah tipsnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa...wah cengar cengir kenapa mba hanna? ini tips ala ala mba ala saya :D

      Delete
  6. Buka tabungan yang ngga bisa diambil ambil dan auto debet tiap bulan, jadi ngelatih disiplin nabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget mba nurul, tp utk saat ini masih bisa diambil nih walaupun dibatasi batas pengambilan sebulan lewat ATM cuma bisa 4x hahhaa...

      Delete
  7. duh gak pertamax :')
    setuju banget sama nomer 4 kalo bisa bikin ngapain beli? >.<
    heuheu gadget aku sering nyelonong ngupdate-ngupdate sendiri padahal udah ku atur sedemikian rupa kalo mau ngupdet musti pake ijinkuuu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok lagi mba pertamaxnya sekarang premium aja dulu yang penting jalan ehhee....

      Delete
  8. Komplit banget, Mak, menabung memang perlu untuk masa depan yaa... Makasih tipsnya :-)

    ReplyDelete
  9. Tips yang bagus untuk kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang... hehe :)

    ReplyDelete
  10. aku kalo shopping gak bawa kartu kredit tapi kartu debit, hehehe sama aja dong ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja banget mba dona hahhaa...

      Delete
  11. Beneeeer.. Apdet gadget mesti diilangin kayaknya, kalok mau nabung. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa banget...pemborosan dipakenya jg cuma buat foto ma sosmed aja wkwkwkkw...

      Delete
  12. Yeay! Alhamdulillah dari dulu sampai sekarang aku selalu menabung. Sudah diajarkan dari waktu kecil sama orang tua sehingga menjadi sebuah kebiasaan hehehe...

    Nomor empat paling sering aku terapin. Pagi-pagi harus sarapan supaya disekolah gak beli jajanan lagi. Kan uangnya bisa buat ditabung wkwkwk

    Dan kemarin baru aja buka tabungan baru di salah satu bank dengan tujuan kemudahan dalam bertranksaksi dan tabungan satu lagi khusus buat nabung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...semangat terus ya reza nabungnya...hihihi....
      bener kadangan jajanan disekolah suka gak sehat mending bekal dari rumahkan ya? :D

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. wah nice article mba, kalo aku sebelum gajian pokoknya harus uda alokasikan buat menabung, jadi di awal, bukan di akhir

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)