Tuesday, 28 July 2015

Cara Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman dan Hemat

Cara Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman dan Hemat

Ayo ayo yang suka belanja ngaku deh ngaku, yang THRnya habis buat beli baju lebaran ngaku ngaku hahaha...
 
Ngomong-ngomong soal belanja, belanja kini bukan hanya sekedar pergi ke pasar ataupun pergi ke mall untuk mencari dan membeli barang yang diinginkan. Belanja kini menjadi trend baru didunia maya, ya belanja didunia maya ini biasa dikenal dengan Online Shopping. Teknologi kini telah berkembang bayangin saja hanya dengan duduk manis dikursi empuk kemudian menatap layar gadget atau PC, kamu bisa berbelanja dan mendapatkan barang yang kamu suka. Hayoooo siapa disini yang demen belanja online?

Saya suka belanja online, terutama untuk barang-barang bagus yang susah saya dapatkan didaerah saya. Misal seperti flashdisk dengan kualitas bagus namun harga bersahabat ataupun modem dengan kualitas bagus namun tetep ramah dikantong, dll. Tapi belanja online itu terkadang menimbulkan rasa khawatir, saya pribadi sering banget merasakannya. Kekhawatiran itu diantaranya:
  1. Menjadi korban penipuan, masih ingat beberapa waktu lalu tentang iphone sabun nuvo? Cukup mengkhawatirkan bukan?
  2. Produk yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditampilkan diwebsite, saya pernah mengalami ini ketika membeli baju. Sampai sekarang bajunya masih utuh enggak saya colek sedikitpun.
  3. Informasi kartu kredit disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  4. Barang yang tidak kunjung sampai.
  5. dll.
Nah, kekhawatiran diatas sering sekali saya rasakan. Kamu juga suka merasakannya bukan? Alhasil gak jadi beli barang yang diinginkan deh karena khawatir ini dan itu. Tapi karena belanja online itu mempunyai seninya sendiri dan sedang digandrungi saat ini, jadi kalau kamu belum pernah belanja online berarti kamu gak kekinian *LOL* hahha....Dan mungkin beberapa tips dibawah ini bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa khawatir ketika akan berbelanja online supaya tetap aman, nyaman dan hemat tentunya.

1| Cari Online Shop Yang Terpercaya
Ini penting banget, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum belanja online itu cari seller atau market place yang terpercaya. Saya sering tanya-tanya temen dulu sebelum belanja online atau cari reviewnya diinternet. Dan saya jarang mau belanja online diwebsite yang sekiranya tidak meyakinkan. Mendingan yang pasti-pasti aja deh ya? Mahal dikit enggak apa yang penting bukan tipu-tipu :D.


2| Be Secure
Ini berkaitan dengan keamanan laman situs belanja online. Mungkin beberapa diantara kamu belum mengetahuinya, ya karena setelah browsing-browsing saya juga baru tahu bahwa ternyata keamanan laman situs belanja online ini sangat penting. Hal sederhana yang bisa kita lihat adalah pastikan situs belanja online pilihanmu sudah diamankan menggunakan metode SSL (Secure Socket Layer) singkat katanya sih website belanja online pilihan kamu diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure) ada huruf s setelah http. Kemudian juga situs belanja online dinyatakan aman apabila ada simbol gembok tertutup sebelum https://. Tapi jujur terkadang juga saya kurang memperhatikan soal ini karena memang tidak tahu hehehe...Ok, tapi sekarang sudah tahukan ya? Noted! :D

3| Teliti Detail Produk Sebelum Membeli
Sebelum membeli sebuah barang yang diinginkan alangkah baiknya memeriksa detail produknya. Karena kalau hanya melihat gambar belum tentu detail produknya sesuai dengan apa yang kita bayangkan. Periksa dengan seksama jangan sampai kita kecewa ketika barang sudah sampai rumah ternyata tidak sesuai dengan gambar. Oiya, yang paling penting jangan dulu tergoda dengan barang murah.

4| Komparasikan Harga Barang Dengan Seller Lain
Ketika melakukan belanja online saya sering sekali membandingkan antara seller satu dengan seller yang lainnya dengan barang yang sama. Karena biasanya ada kekurangan dan kelebihannya, bisa saja dengan kualitas barang yang sama namun harga lebih terjangkau. Atau dengan tampilan yang sama namun bahan yang berbeda.

5| Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi
Ketika berbelanja online, jika akan melakukan pembayaran biasanya diharuskan untuk login terlebih dahulu. Ini patut diwaspadai, jika sekiranya mengharuskan kita untuk menginputkan data-data yang sifatnya pribadi yang kita fikir tidak diperlukan seperti gaya hidup atau penghasilan bulanan maka segeralah tinggalkan mendingan cari toko online yang lainnya saja.

6| Follow Akun Official Social Media Online Shop (Facebook Fan Page, Twitter, LINE, dll)
Media sosial sekarang banyak sekali manfaatnya lho, salah satunya sebagai marketing media. Contoh simplenya adalah untuk menyebarkan postingan blog kita supaya diketahui oleh lebih banyak orang. Ya, saya banget kalau ini, habis posting langsung share ke sosmed hehe...Nah, para online shop juga demikian, mereka menggunakan social media sebagai media promosi. Bahkan biasanya banyak promo dan kupon diskon bertebaran disana. Ini bisa banget bikin kita hemat dalam membeli barang yang kita incar kan ya? Lumayanlah dapat potongan harga. Secara gue calon emak-emak yang irit hahhaa...Oiya, jika dirasa perlu kamu juga bisa submit email kamu untuk berlangganan newsletter-nya.

7| Pilih Cara Pembayaran Yang Dirasa Aman
Ini lebih penting nih, pilih cara pembayaran yang kamu rasa aman. Dan balik lagi pada poin nomor dua pilih toko online yang secure. Jangan sampai kita menyumbangkan uang kita kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika menggunakan kartu kredit, pastikan benar-benar memilih market place yang memang valid. Gak mau kan kalau kartu kredit kita dijebol sama penjahat online yang nakal, duuuh jangan sampai deh ya.

8| Simpan Bukti Pembayaran
Setelah melakukan pembayaran biasanya kita mendapatkan email transaksi ataupun bukti transaksi. Maka, simpanlah bukti transaksi pembayaran kamu. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti barang yang tidak kunjung sampai. Nah, bukti transaksi atau pembayaran tersebut bisa digunakan sebagai barang bukti untuk menuntut pertanggung jawaban kepada seller. Karena teman saya pernah, barang yang dia beli sudah 2 bulan tidak sampai akhirnya dia menuntut pertanggung jawaban seller dan jasa pengirimannya. Alhamdulillah uangnya dikembalikan.

Nah, mungkin 8 cara berbelanja online yang aman, nyaman dan hemat diatas bisa meminimalisir rasa khawatir kamu dan rasa khawatir saya juga. Karena terkadang kalau kita salah milih seller itu akan merusak citra seller yang lainnya dan kadang ada juga yang men-generalisir bahwa belanja online itu tidak aman. Padahal enggak, tergantung sellernya jujur atau tidak dan tergantung kitanya smart dalam memilih seller atau tidak. So, Be a smart buyer ya!

Image Source : via Pexels with graphics added by handdriati

Kalau kamu suka belanja online juga gak?
 

30 comments:

  1. aq juga suka takut klo beli online barang ga sesuai ekspektasi.. makanya kalo jualan online aq suka kasih tau detail barang spya konsumen ga kecewa..

    ReplyDelete
  2. aq juga suka takut klo beli online barang ga sesuai ekspektasi.. makanya kalo jualan online aq suka kasih tau detail barang spya konsumen ga kecewa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba tetty betul banget, mendingan kasih tahu detail barangnya...soalnya yang namanya customer kl uda kecewa kadang gmw balik lagi ya...

      Delete
  3. Habis baca artikel diatas kayaknya udah gak ragu lagi untuk nyoba online shop...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wohooo...yang mau belanja hihihii....

      Delete
  4. jadi inget nih mba, punya voucher belanja di salah satu olshop tp mau belanja barang g diinginkan kurangnya masih banyak ternyata hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe...Biasanya kalau voucher itu jadi sifatnya kayak memaksa untuk belanja ya mba kania...Niatnya gak mau belanja tapi karena punya voucher jadi belanja *aku banget* hahaha....

      Delete
  5. pernah belanja baju... ternyata barangnya nggak sesuai sama yg di gambar. Katanya XL...ternyata nggak muat dipake. Akhirnya bajunya dihibahkan..., sakitnya tuh disiniii *tunjuk dompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu banget mba ika, samaan kita...karena biasanya agak ragu soal bahan dan ukuran...

      Delete
  6. penasarn itu masukin buka lapaknya gmn ya mb hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya masukin buka lapak gmn mba? hehe...

      Delete
  7. Aku masih suka off-line ya mb blnjanya...bisa dilihat, disentuh lsngsung. Klo on-line, kdng efek fotografi aja, terutama baju. Pas di modelnya...tp blm tentu pantes buat tak pake...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mba sulis...Fotografi memang bisa mengubah segalanya *halah* :D

      Delete
  8. aku aku aku....rata2 onlensop hahahaha maklum kalau ga onlensop susah waktunya..sambil disambi malam nidurin anak.. --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya itu mbaku juga gitu, sambil nenenin anaknya sambil lihatin online shop ya mba echa :D

      Delete
  9. Dari dulu udah suka belanja online, tapi sih seringnya beli benang sama alat rajut, soalnya di tempatku masih jarang
    Biasanya toko onlinenya rekomendasi teman-teman yang udah sering belanja
    Tapi tokonya bukan website, masih facebook :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya mba aku kadang suka nyari di IG tapi harus ati2 juga sih... :D

      Delete
  10. Jd inget pengalaman teman kalo berbicara tentang belanja online, dia ketipu ampe kehilangan uang 700 ribu, tp barang gak nyampe jg.. memang harus hati2 dlm hal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini nih, jangan sampai deh ya uda kehilangan uang banyak barang malah gak nyampe...

      Delete
  11. suami yang sering belanja di olshop, syukurlah sampe sekarang semua lancar nggak ada masalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah mba hehe...kl olshop sudah langganan mah biasanya lancar :)

      Delete
  12. benar bnget mba,cari toko yg terpercaya dan aman,misalkan ada jaminan,jadi nggak takut lagi belanja online :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kudu cari yang memang benar2 aman...biar kitanya juga nyaman :D

      Delete
  13. Pengalaman saya beberapa kali belanja online, alhamdulillah semuanya baik-baik aja. Yang penting hati-hati dan telit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, iya mas nurudin yang penting hati-hati dan teliti :)

      Delete
  14. Betul sekali mba hati2 itu perlu. Jarang beli online adapun yg nilainya kecil2

    ReplyDelete
  15. aku sih kalo online cuma buat liat2 barang aja dan cuma banding2 in sama harga yg lain.dan sewaktu membeli saya cuma cari yang se kota aja hehhehe maklum kalo beli barang pengennya langsung di tangan, bisa mati kaku ane kalo beli online harus nunggu beberapa hari nungguin kiriman.wkakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih aku juga kadang cm buat bandingin harga XD

      Delete
  16. Sepertinya sekarang sudah tidak semenakutkan dulu ya rasanya untuk berbelanja online, sudah banyak marketplace online yang trusted, tapi tetap harus teliti sebelum membeli biar ga kecolongan :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)