Thursday, 17 September 2015

5 Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Infografis

Why infographics are important

5 Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Infografis. Nampaknya akhir-akhir ini infografis sedang digandrungi ya? Ya, bagaimana tidak? Seiring dengan berkembangnya era digital, konten visual memang menjadi favorit para netizen saat ini. Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang pentingnya konten visual ini. Artikelnya bisa dibaca DISINI. Jadi, apa sih infografis itu? Dan kenapa perlu? Yuk, baca artikel ini sampai habis karena saya akan memperkenalkan infografis ini secara sederhana namun tetap bermakna. *tsaaaaaahhh...kibas-kibas poni ma rok mini* HAHAHA....

What is Infographics?
Infografis berasal dari kata Infographics (bahasa inggris) yang merupakan kependekan dari Information + Graphics. Penulisan infografis yang BENAR adalah dengan menggunakan s yaitu infografis, BUKAN dengan k alias infografik. Jadi, apa sih Infografis? Secara sederhana Infografis ini adalah suatu bentuk visualisasi dari sebuah informasi ataupun data. Ya, karena visualisasi tentu saja segala informasi yang disampaikan dalam bentuk visual/ gambar dan teks/ tulisan tidak lagi monoton dalam bentuk teks/ tulisan saja. Coba lihat contoh Infografis dibawah ini! Klik salah satu gambar yang diinginkan untuk melihat lebih detail!




Apa yang divisualisasikan lewat infografis kemungkinan besar akan lebih cepat dimengerti dan ditangkap oleh otak kita. Karena 90% informasi yang disampaikan ke otak kita adalah dalam bentuk visual. Tapi yang menimbulkan kontroversi dikalangan pengguna internet biasanya adalah soal koneksi. "Kebanyakan gambar menyebabkan loading lambat, dan cenderung membuat pembaca tidak mau menunggu". Kalau menurut saya sih itu pilihan ya, tergantung juga apa yang disampaikan. Food blogger atau fashion blogger tanpa foto dan sesuatu yang berbau visual kan hoax namanya ya? Hahaha...Nah, jadi menurut saya pribadi mau insert gambar atau tidak dalam sebuah artikel itu adalah pilihan tentunya sesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi, kenapa sih penggunaan Infografis itu perlu?
Nah ini dia 5 alasan mengapa infografis ini menjadi salah satu trik marketing ataupun blogging yang harus kita ketahui :

1| Infografis Dapat Menarik Pehatian Lebih
Ya, masyarakat kita saat ini cenderung menyukai konten yang berbau visual alasannya karena dianggap lebih menarik, mudah dipahami dan tentunya menghibur. Menurut sebuah penelitian, pemilihan warna-warna yang menarik, kesesuaian tema dengan grafis akan menarik lebih banyak orang hingga 80% untuk membaca apa yang kita informasikan.

2| Infografis Lebih Mudah Dimengerti
Karena infografis merupakan informasi yang disederhanakan dalam bentuk grafis maka akan lebih mudah dimengerti dan dipahami. Menurut penelitian sekitar 95% orang akan lebih memahami apa yang disampaikan dengan gambar dan teks daripada hanya teks saja.

3| Infografis Memiliki Kesempatan Untuk Berkembang Secara Viral
Dapat berkembang secara viral karena jika informasi yang disampaikan ini dikemas secara menarik dan tepat sasaran, maka orang tidak perlu repot-repot lagi untuk mengetik ulang beratus bahkan berjuta kata dari informasi tersebut. Namun tinggal share ataupun like saja, untuk memudahkan orang lain juga yang ingin mengetahui tentang informasi tersebut.

4| Infografis Lebih Memorable
Penggunaan warna-warna yang cerah dan grafis yang menarik ini memungkinkan infografis untuk diingat oleh banyak orang. Itulah mengapa iklan ditelevisi lebih mudah diingat dan efektif karena menggunakan presentasi visual. Sama halnya dengan infografis. Karena persentase orang dalam mengingat akan sesuatu hal adalah sebagai berikut : 10% dari yang mereka dengar, 20% dari yang mereka baca, dan 80% dari apa yang mereka lihat dan lakukan secara visual.

5| Infografis Lebih Persuasif
Karena uniknya data yang disajikan itulah mengapa infografis akan lebih persuasif dan kelihatan lebih profesional dan terpercaya. Hal ini dapat dengan mudah meyakinkan, mempengaruhi dan membujuk khalayak. Apalagi kalau sedang jualan ya, membujuk orang untuk membeli itu sangat penting. Itu dia kenapa infografis juga penting untuk marketing.

Dan itulah 5 alasan kenapa perlu menggunakan infografis dari sekian banyak manfaat lainnya, karena pentingnya sebuah infografis itulah sebabnya mengapa kita harus sangat hati-hati dan teliti dalam membuat infografis agar tidak menyebabkan salah tafsir. Karena infografis itu harus mudah dicerna, menarik dan fun to share.

source : http://neomam.com/interactive/13reasons/

Yuk, sama-sama kita belajar infografis!


70 comments:

  1. udah donlot beberapa yang gratisan..udah nyoba utak atik..tp habis itu nyerah karena rumit dan harusn telaten yaa..
    *nangis guling2*
    selalu naksir sama blog2 dengan infografik yang ciamika kayak punyamu mak...tapi tetep gigit jari karena kok susah yaa emak2 yg satu ini mau practice #gaptekdipiara

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku sih sering2 aja coba2 mba...ntar lama2 jg bisa hehe...

      Delete
  2. Blum bisa bikin ginian hikssss

    Memang perlu bgt sih palagi buat review brand buat lomba yg butuh keterangan detail tanpa penjabaran panjang lebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo belajar, aku juga blm bisa kl bikin kyak contoh diatas mah XD

      Delete
  3. akuuuh juga merasakan manfaatnya infografis persis kayak di siniii.. makanya cukup sering juga bikin di blog :)

    ReplyDelete
  4. lebih enak aja rasanya kalo nemu infografis...lebih mudah dipahami^^

    ReplyDelete
  5. Ajarin donk Mak bikin infografis kece :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu nanti sama mba annisa saja di KEB mba :D

      Delete
  6. Harus belajar infografis nih, biar kekinian :D

    ReplyDelete
  7. klo dari teorinya.. emang pesan gambar lebih diingat ketimbang pesan verbal.. aku suka bikin-bikin beginian.. walau capek ya kadang-kadang,, ekekekek

    ReplyDelete
  8. hehe...bacanya aja udah ribet bener kayaknya ya...apalagi buat emak-emak gaptek macam aku ni....ajarin doong dek say.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kok ga ribet...*sok tahu*
      aku jg masih meraba2 mba, msh belajar dan mengamati yg lain :D

      Delete
  9. Aku lagi belajar nih bikin infografis hehe

    ReplyDelete
  10. semoga makin bnyk yg bikin infografis keren pakai bahasa Indonesia ya mbak. biar kita juga kekinian gitu.

    ReplyDelete
  11. Memang tampilan bikin orang sreg atau gak ya Mbak. Saya masih gak bisa bikin infografis. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga masih belajar mas hehe...

      Delete
  12. Mau nyoba Mbak, Ada tutorial cara buatnya Mbak? Hiksss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nih mba, bisa dicoba utk googling mungkin.
      Saya masih belajar juga mba :)

      Delete
  13. Mudah2an belajar infografis di KEB nanti secara online. Jadi yg tinggal dipelosok spt saya bisa ikutan.
    Infografis emang mempercantik tampilan blog. Lebih enak dilihat dan pesan lebih nyampe. Saya suka mupeng liat blog yg bertaburab infografis. Kapan blog sy bisa begitu?

    ReplyDelete
  14. Iya, kalo pake infografis, pesan jadi mudah dimengerti. Ingin sekali bisa buat infografis... mudah-mudahan kelas tutorial di KEB-nya cepat terlaksana ya Mak :)

    ReplyDelete
  15. aku suka banget mbak sama infografis, cuma ga tau cara buatnya biar good looking, bisanya cuma sekedar corat-coret di kertas buram hihihi
    kira-kira ada aplikasi khususnya ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl khusus gtw mba mer, aku biasanya pake photoshop hehe...

      Delete
  16. Pinginnya sih bikin beginian, tapi apa daya, saiah bukan seseorang yang kreatif aka pemalas wakakakak << malah bangga #laluditendang

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  17. Pengen belajar....
    Tpi ttp ya mak kreatifitas itu modal utamanya...

    ReplyDelete
  18. Saya suka baca-baca infografis di Pinterest. Dan mmg lebih mengena di ingatan sih daripada harus baca artikel panjang. Cm mmg, kuota cepat habis. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga suka liatin dipinterest mba kece2 hehe...

      Delete
  19. Dari dulu penasaran sama yang namanya infografis ini, Mak. Sebelumnya malah nggak tahu istilahnya itu infografis. Tapi sudah lumayan sering lihat infografis wara-wiri di sosmed dan surat kabar. Makasih udah bikin aku tahu Mak say :)

    ReplyDelete
  20. Pengen belajar infografis juga...

    ReplyDelete
  21. Benar mbak, dalam penggunaan infografis itu nggak boleh sembarangan. Karena akan menyebabkan salah tafsir.. Bisa bahaya kan? hehe

    ReplyDelete
  22. Infografis membuat informasi lebih hidup ya mbakkk

    ReplyDelete
  23. Dari kemarin pada heboh infografis.Tengkyu infonya Mak..

    ReplyDelete
  24. Dari kemarin pada heboh infografis.Tengkyu infonya Mak..

    ReplyDelete
  25. Bagus yah pake giniaaan.. Pembaca jadi lebih cepet nangkepp..
    tapi akumah malesan anaknya, jadi boro-boro bikin infografis begini.. Foto buat blog aja seadanya. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. akh mba pungky bisa aja, foto dipostingannya kece2 gitu kok...flaylay bok :D

      Delete
  26. Iya bener tuh orang memang akan lebih memahami apa yang disampaikan dengan gambar dan teks daripada hanya teks saja

    ReplyDelete
  27. AKu suka banget blog yg ada infografis atau fotonya. Sudah buka2 aplikasi infografis tp selalu on the run jadi foto dulu aja deh. Kapan2 pengin pakai infografis. Soal koneksi sih aku rasa nggak perlu terlalu ditakutkan. Jaman skrg sdh nggak sesulit dulu, dlm artian byk pilihan & byk tempat2 yg sdh free wifi juga, jd nggak akan terlalu pengaruh. Gimanapun blog tanpa visualisasi itu boring, jadi go for inforgrafis & foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul setuju mba lusi...hayyuk semangat belajar grafisnya :)

      Delete
  28. Mau donk mak di ajarain bikin inforgrafis,,

    ReplyDelete
  29. Pengen bisa bikin juga, tapi kadang males :D

    ReplyDelete
  30. ahh jdi pengen dalamin lgi ni dunia grafis ...

    ReplyDelete
  31. Aku lagi rajin belajar infografiss dong biar kekinian juga hehe

    ReplyDelete
  32. Bikin infografis setahu saya nggak segampang yang dikira dan ketika jadi. Butuh kreativitas yang hebat untuk menghasilkan infografis yang memenuhi kriteria seperti yang mbak tuliskan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuulll banget...
      infografis itu justru malah lebih sulit daripada sekedar menuliskan kalimat demi kalimat ya mas hahha...

      Delete
  33. waa, iya sih, infografis itu penting, tapi ya itu bikinnya lumayan susah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan susah mas fahmi, kudu kreatif hihihi :D

      Delete
  34. Ayooo ke Jakarta lagi mak, bikin workshop infografis :p

    ReplyDelete
  35. Keren ya kalau blognya pakai infografis

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)