Saturday, 5 September 2015

Kenapa Blogspot.Com Berubah Menjadi Blogspot.Co.Id

Kenapa Blogspot.Com Berubah Menjadi Blogspot.Co.Id

2 Hari kebelakang, saya ada baca beberapa status teman-teman blogger ataupun pertanyaan teman-teman blogger yang dilontarkan di grup terkait dengan "Kenapa Blogspot.Com Berubah Menjadi Blogspot.Co.Id?". Tepatnya tanggal 3 September 2015 untuk waktunya sendiri saya kurang tahu, bahwa google sedang melakukan pengalihan atau redirect domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id. Sebenarnya hal ini saya sudah menyadari sejak lama, tapi tidak begitu memperhatikan pengaruhnya ataupun kenapa kok bisa jadi berakhiran domain bukan dot com. Waktu itu sih saya melihat dari akun adsense saya, kok alamat blog saya berakhiran macem-macem kebetulan waktu itu masih pakai akun non-hosted yaitu handdriati.blogspot.com.

Nah, kali ini saya penasaran dong kok bisa seheboh itu dan perubahannya masal. Soalnya saya gak begitu menyadari perubahan itu. Yaiyalah secara domainnya sudah mandiri gak pake gretongan lagi kan cyiiiin hahaha...Jadilah saya surfing kesana kemari dan mendapatkan beberapa pencerahan tentang apa, kenapa dan pengaruhnya perubahan blogspot.com menjadi blogspot.co.id tersebut terhadap blog kita semua.

Sebenarnya isu perubahan ini sudah ada sejak tahun 2012-2013, bahkan ini sudah diberlakukan beberapa negara. Blogspot.com untuk Amerika, Blogspot.jp untuk Jepang, Blogspot.sg untuk Singapura, Blogspot.de untuk Jerman, dll. Tapi mungkin di Indonesia baru diberlakukan tanggal 3 September 2015 kemarin kali ya.

Apa tujuan pengalihan domain tersebut?
Tujuan dari pengalihan domain ini untuk mengontrol kebijakan bahwa blog tidak boleh melanggar kebijakan dari suatu negara. Jadi, kalau misal blog kita melanggar kebijakan dari negara Jerman maka domain blogspot kita untuk negara tersebut akan dihapus. Tapi hanya di Jerman saja, kalau negara lain tidak dihapus. See?
Untuk lebih memastikan tentang apa yang saya sampaikan kamu bisa baca kebijakan google terkait perubahan tersebut disini.

Apa efek pengalihan domain tersebut untuk blog kamu?
Yang namanya pengalihan sebuah sistem dimana-mana pasti menimbulkan sebuah efek samping ya, baik positif negatif, besar maupun kecil. Nah, untuk efek pengalihan domain blogspot ini rupanya cukup membuat para blogger nangis bombay. Alhamdulillah ya saya sudah ganti domain jadi tidak menyadari dan tidak ada perubahan yang berarti. Karena support google bilang, "if you have a custome domain, you will not be affected by this change". Bebahagialah kalian yang punya domain sendiri, tidak perlu repot mikirin adsense yang tiba-tiba tidak muncul. Lho kok bisa? Nah ini, simak beberapa efek pengalihan domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id dibawah ini!

1| Iklan Google AdSense tidak tampil
Nah, buat kamu para publisher google adsense pasti hal ini yang paling kerasa bikin nangis bombay karena seketika itu pendapatan adsense kamu terhenti. Tapi tenang, konon katanya adsense kamu akan muncul kembali setelah 2x24 jam. Dan jangan lupa untuk melakukan klaim kembali namablog.blogspot.co.id kamu di adsense supaya setiap klik yang dilakukan akan diakui oleh adsense.

2| Page Rank, Alexa Rank, Domain Authorithy terjun bebas ke dasar samudera
Agak berlebihan ya? Hahahaha...Tapi iya...PA, DA dan AR blog kamu nilainya membengkak. Jadi, karena domainnya berubah maka dianggap sebagai domain baru/ blog baru. Fighting!

3| Kemungkinan Duplikat Konten
Hmmm....Tapi seharusnya sih enggak ya, karena walaupun domainnya bermacam-macam tapikan tetap nge-direct ke halaman yang sama. Google udah canggihlah ya, pasti bisa mengantisipasi hal-hal semacam ini. Be calm bibeh! XD

Nah, demikianlah sedikit informasi yang bisa saya tuliskan terkait Kenapa Blogspot.Com Berubah Menjadi Blogspot.Co.Id. Semoga bisa mencerahkan ya kakak. Kalau ada yang mau nambahin tentang topik ini, silakan tulis dikolom komentar ya. 
 

64 comments:

  1. Iya, akhir bulan Agustus kemarin pas bikin CV, hasil copas URL blog masih menunjukkan [dot]blogspot[dot]com. Sejak kapan berubah? Nggak ngerti. Semalam mungkin atau kemarin. Nggak tahu dan nggak memperhatikan. Pas baca artikel ini, iseng-iseng ngecek, dari situlah saya ngeh bahwa alamat blog saya berubah.

    Kira-kira, kalau orang tahunya masih [dot]com, bakal nyasar nggak ya? Atau sudah diberi rambu baru sama Google. Kalau Google mau kabar-kabari soal perubahan alamat ke para blogger pemilik akun blogger tolong kabari saya ya, Mbak. Mau banget ikut sosialisasinya, biar paham... paham... dan paham... Hehehe.

    Terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bakal nyasar kok mba ratri, tetep menuju ke halaman yang sama...Kan google udah canggih hehe...

      Delete
  2. Kebetulan aku gak begitu memperhatikan efek ke google adsense, tp ketika cek dasbor adsense terlihat url yg versi co.id. apakah masih perlu klaim ulang? Iklannya masih tampil sih meski relod ke yg co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl yg domain berbayar kayak saya sih enggak perlu klaim mba, tapi kalau domain non hosted yg pakai blogspot coba deh lihat sehari ini penghasilannya selama perubahan ini...kl mandeg brarti perlu diklaim ulang.

      Delete
    2. sejak tanggal 3 September aku lihat masih ada sih penghasilannya. Kalo hari ini (Sabtu 5 September 2015) aku lihat memang masih ada tapi turun banget (tp biasanya emang kalo sabtu-minggu hasil adsense dikit, mungkin pembaca blognya kebanyakan orang kantoran yang masuk senin-jumat). Brarti gak perlu klaim ulang gak apa2 ya mb

      Delete
    3. Aku sejak beli domain (tanpa hosting) adsensenya jadi ga keluar. Huhuhu. Gmn dong mbak?

      Delete
    4. @Mbak Widha : Sepertinya gak papa mbak kalau gak ada masalah mah :)

      @Mbak Ratu : Coba di klaim ulang mba URL blognya di adsense...

      Delete
  3. Oh..iya mb...saya mlh br ngeh klo alamat blkg saya jd co.id setelah mbaca postingan ini....

    ReplyDelete
  4. Ooh...begitu ya? aku lagi utak atik blog parentingku nih....berubah semua alamat blognya juga. hehe...ga papa llah...
    TFS dear.. ;)

    ReplyDelete
  5. Aku kalau buka di jepang emang jadinya blogspot.jp, udah dari dulu begitu, ternyata di indonesia udah ya
    Untung udah ganti domain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh...untung uda ganti domain ya mba dona :D

      Delete
  6. Adsense saya dari awal belum keluar mbak, masih menunggu evaluasi kedua ga di approve2... Hiks, mslh perubahan domain, mungkin google ingin membagi-bagi hostingan untuk masing2 negara. Hehehe asal ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mas, mungkin yg evaluasi lagi sibuk mas hehe...

      Delete
  7. makasih nih infonya. kalo menurut sudut pandang saya, google termasuk perusahaan yang patuh pada aturan negara kita. beberapa waktu yg lalu kominfo menginstruksikan agar menggunakan domain id (untuk perusahaan .co.id) salut deh....

    ReplyDelete
  8. masih lebih sreg dgn .com nya.. makanya udh di redirect lagi ke .com

    ReplyDelete
  9. Emang gk berasa kalo domain sendiri. Aku aja baru ngeh gara2 postinganmu ini mak.jdi kebijakan google ke blogspot ini sama dgn kebijakan ke youtube dong ya.. ada video yg bsa jdi diblok di negara tertentu tp masih bsa ditonton di negera lain. Kek video buatanku diblock di Korea 😁😁😁 melanggar hak cipta katanya. Ya lah aku kan buat video klip ost drama korea sendiri gitu 😦😦 .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...Iya mak mirip2 gitulah ma yutub...Aku jarang bkin video sih jadi gak begitu mantengin yutub...mantengin yutubnya kalau drama korea kesayangan sudah keluar #eh :D

      Delete
  10. punya saya kok masih dot in ya mbak. dampaknya apa ya?

    eh maksudnya contoh tadi, suatu blog dihapus di negara yg bersangkutan tp kl dilihat di negara lain masih bisa, gitu kah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba diah kurang lebih seperti itu...di negara A dihapus tp di negara B tidak...

      Delete
  11. huwaaa...pantesan iklannya ilang,,,

    btw, gimana cara klaim nya mak? asli belum ngerti nih...
    makasih sebelumnya ya...salam kenal...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke aku adsense mba, trus setting > pengelolaan situs mba...

      Delete
  12. Gue tertarik buat nulis tentang ini kak. Ada yang ingin gue bagi. Tapi mungkin besok lah ya gue tulisnya. Perubahan dari blogspot.com ke blogspot.co.id ini sebenarnya menggunakan redirect 301. Jadi, gak akan berdampak buruk sama seo blog. Google sudah semakin canggih ya :)

    Kunjungi balik ya kak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya canggih banget...Wah kurang begitu ngerti nih saya soal teknisnya...Ditunggu postingannya reza :)

      Delete
  13. saya baru ngeh tadi siang mak.. sempet kaget,watermark foto2 di blog udah terlanjur dotcom semua huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mba...walapun dibuka pakai .com jg tetep kebukanya halaman blog mba desni kok...

      Delete
  14. Aku nyadar kalau berubah pas lagi jalan2 di IGnya crafter eropa. Rata2 mereka pakak blogspot dam belakangnya ngga lagi .com tp berdasar negara masing2. Misalnya crafter rusia pakai .ru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, negara lain sudah duluan ganti soalnya... :)

      Delete
  15. Saya juga baru ngeuh. Iseng searching ternyata sampai ke blog ini. dan hal yang ingin ku katakan adalah, ini adalah sebuah blog yang bagus. ^_^

    ReplyDelete
  16. Nyimak. Dan aku mau bilang : ini pasti ada di halaman pertama gugel dgn kata kunci sprti judulnya. *tepuk tangan* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahha...iyakah? tingkiu mba win inpohnya :*

      Delete
  17. wuhu! Ininih yang semept bikin heboh beberapa komunitas blogger yang aku ikutin hehehe. Tapi untungnya, gak ganggu blog aku sama sekali sih.. berhubung aku gak pake adsense dan gaptek soal alexa dkk hehehe :D

    ReplyDelete
  18. untung sudah berdomain hehehe. Dan gak ngeh juga, kalau perubahan transisi gitu hehhee

    ReplyDelete
  19. Makasih mbak ats pencerahannya...jadi ngerti skrng :)

    ReplyDelete
  20. untung saya gak make blogspot wkwkkw :v
    ada sih blog adsense akhirnya ya itu tadi yang diblang mbak handdriati :3 hilang kabeh , visitor ludes wkkww ..
    tapi ya itulah seorang blogger ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat...gak asik ya kalau blogger blm merasakan adsense-nya bleng hahhaa... *pengalaman galau karna adsense* wkwkwkk....

      Delete
  21. Oooh gitu. Aku punya sih yang gretongan sekedar utk bersenang-senang. Nggak merhatiin pengaruhnya juga, sepertinya nggak terpengaruh byk, alexa cuma turun sejuta, mungkin krn nggak byk optimasi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga mba lusi hehe...tapi gpp kl buat senang2 mah santai aja ya...

      Delete
  22. Loh..iya kah blogspot berubah? Aih aku baru tau ini, Mbak..haha kurang update :D

    ReplyDelete
  23. Baru tauuuu...
    Jd pgn punya domain..

    ReplyDelete
  24. Kyaaa, untung udah punya domainn. Hihihi

    ReplyDelete
  25. ba gimana ya saya kan lagi dalam tahap ke 2 dalam pendaftaran adsense nah tau tau ganti manjadi blogspot.co.id kira kira apa ya dampaknya dan apa yang harus saya lakukan ?
    mohon mimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhmmmm...saya kurang tahu ya kalau soal itu...maaf...
      tapi harusnya sih gak jadi masalah soalnya msh dlm tahap review jg, kan tetep pakai punya google gak ganti pakai hosted sendiri...

      Delete
    2. Kan itu blogger juga punya Google sendiri, pasti dia udah ngerti kok. :D

      Delete
  26. Punya saya malah masih utuh, .blogspot.com. hehehehe

    ReplyDelete
  27. Ya,,, sempat syock juga saat terjadi pergantian nama url pada saat itu, kaget, resah, gelisah dan sebagainya campur aduk jadi satu. Tapi untunglah karena saya merasa tidak melakukan kesalahan apa apa saya yakin tidak ada masalah berarti yang terjadi pada blog saya. Semakin ringan beban resah ini saat mengetahui ada beberapa kawan yang juga merasakan hal yang sama. Ok every body, thanks

    ReplyDelete
  28. oh gittu ya, aku malah baru tau nih, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  29. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    I like this blog, good job.
    bandar poker online indonesia

    ReplyDelete
  30. dulu daftar adsensenya saat masih blogspot.com dan blm di terima karena blog masih baru, terus saat ini mau coba lagi mengajukan adsense lagi, bagaimana cara edit URLnya di adsense menjadi blogspot.co.id, apa tidak perlu di edit urlnya ? Terimakasih atas tanggapannya

    ReplyDelete
  31. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great, I like this blog.
    raja poker

    ReplyDelete
  32. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great, I like this blog.
    raja poker

    ReplyDelete
  33. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great, I like this blog.
    mgmdomino

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)