Sunday, 21 February 2016

Review ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL : Kamera Dengan Laser Autofocus

Review ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL

Review ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL - Another Zenfone 2, yeay! Ya, kali ini saya mau review smartphone yang saya fikir kekinian banget. Yaitu ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL! Kenapa saya bilang kekinian? Karena siapa sih anak jaman sekarang ini yang gak doyan foto baik selfie atau foto untuk mengabadikan moment. Kali ini ASUS melengkapi smartphone-nya dengan yang namanya laser auto fokus yang dapat menangkap fokus pada objek foto dalam waktu yang sangat cepat oleh karena itu kenapa dinamakan Zenfone 2 Laser.

Di Indonesia sendiri Zenfone 2 Laser ZE550KL ini sudah di launching Bulan November 2015 tahun kemarin bertepapan dengan acara Zen Festival 2015. Dan baru akan beredar di pasaran Indonesia sekitar akhir Februari 2016 tahun ini. Baiklah tanpa berpanjang lebar, pada penasaran kan seperti apa ASUS Zenfone 2 Laser dengan seri ZE550KL ini? Yuk langsung saja disimak!

Review ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL

1| Spesifikasi

spesifikasi asus zenfone 2 laser ze550kl
Sumber : Website Asus Indonesia


2| Paket Penjualan

paket penjualan asus zenfone 2 laser


Paket Penjualan ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL terdiri dari :
  • Smartphone ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL,
  • Adapter,
  • Kabel USB,
  • Buku Panduan, dan 
  • Kartu Garansi
Seperti biasa saya masih belum menemukan alasan kenapa ASUS sekarang tidak menyertakan earphone dalam paket penjualannya. Tapi saya kira gak terlalu jadi problem lah ya karena kita masih bisa menggunakan earphone dari merk yang lain ataupun membeli earphone original (ZenEar) dari ASUS yang kece badai itu.

3| Desain Body Berkesan Mewah dan Ergonomis
Masih sama seperti Zenfone 2 Selfie yang sebelumnya pernah saya review, Zenfone 2 Laser ini pun mempunyai desain body yang terkesan mewah. Dengan layar 5,5 inch kita akan menemukan desain yang terkesan mewah dengan plat metal concentric circle khas ASUS Zenfone dan dengan desain body belakang yang melengkung menyesuaikan dengan kontur telapak tangan kita sehingga nyaman dan mudah untuk digenggam. Tapi suer lebih enak digenggam sama kamu sih #gaknyambung XD.

desain asus zenfone 2 laser menu standar android

desain asus zenfone dua laser

Di atas plat metal concentric circle ada 3 buah tombol yang terdiri dari back, home dan application switcher. Ya, standar android masa kinilah ya. Kemudian di bagian atasnya juga ada logo ASUS dan earpiece. Disamping kanannya ada kamera depan 5MP, proximity dan light sensor serta lampu LED sebagai notifikasi.

desain asus zenfone dua laser ze550kl

Tombol volume dipindahkan ke bagian belakang dengan alasan untuk mengurangi ketebalan Zenfone 2 Laser ini, sehingga tebalnya hanya sekitar 3,5mm. Mungkin bagi yang belum terbiasa dengan tombol volume dibagian belakang akan terasa agak aneh ya, tapi yang saya rasakan selama memakai Zenfone 2 Selfie yang desainnya hampir sama dengan Laser ini sih enak-enak saja kok karena gak perlu repot-repot untuk menjauhkan smartphone dari telinga ketika akan mengecilkan atau memperbesar volume suara pada saat telepon. Oiya, tombol volume ini juga berfungsi sebagai shutter camera.

desain asus zenfone dua laser ze550kl

Tombol power terletak dibagian atas berdampingan dengan port jack audio. Karena mungkin bagi sebagian orang yang tangannya mungil kayak saya dengan layar yang 5,5 inch ini mungkin agak susah ya menjangkau tombol power di bagian atas. Tapi, tenang saja kalau cuma mau mengaktifkan layar yang terkunci ada fitur yang namanya Zen Motion. Zen Motion adalah fitur yang memungkinkan kita si pengguna mengetuk atau melukiskan kode huruf untuk membuka kunci atau aplikasi. Jadi, untuk menyalakan layar yang terkunci atau sleep kita hanya tinggal mengetuk layar sebanyak dua kali maka secara otomatis layar akan menyala.

Oiya, Zen Motion ini juga memungkinkan kita untuk melukiskan 6 huruf (W, S, e, C, Z dan V) dilayar untuk menjalankan perintah cepat (membuka aplikasi) tanpa harus repot-repot mengaktifkan layar atau menggunakan tombol power.


zen motion desain asus zenfone dua laser ze550kl

Keterangan:

-          W            : Untuk membuka Browser,
-          S              : Untuk membuka Kamera Depan,
-          e             : Untuk membuka Email,
-          C             : Untuk membuka Camera (Belakang),
-          Z             : Untuk menjalankan ASUS Boost,
-          V             : Untuk membuka Phone.


zen motion desain asus zenfone dua laser ze550kl

Kemudian untuk port USB/ charger sendiri terletak dibagian bawah. Disebelah belakangnya ada speaker dan logo Zenfone.

4| Layar Tajam dan Tangguh Dilengkapi dengan Gorilla Glass 4
Seperti biasa ya, salah satu yang saya suka dari ASUS Zenfone 2 ini layarnya yang tajam dan jernih. Dengan ukuran layar 5,5 inch dan resolusi HD 1280 x 720 p dan dilengkapi dengan Gorilla Glass 4 yang dapat menahan benturan dan dapat dijadikan talenan, lho kok talenan? Iya, karena layar Gorilla Glass 4 ini juga tahan terhadap goresan. Konon katanya sih ketahanan layar Zenfone 2 Laser lebih baik sebanyak 2 kali lipat ketika terjatuh dan 2,5 lebih kuat dan 85% lebih tahan terhadap goresan jika digunakan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama. Gak percaya? Silakan beli dan coba sendiri di rumah! Kalau saya mah ogah coba-coba wkwkwk...

Oiya, Zenfone 2 Laser ini juga sudah dibekali dengan teknologi glove mode yang bisa mengoperasikan layar sentuh smartphone meskipun kita sedang menggunakan sarung tangan ketika sedang naik motor ataupun pekerjaan yang lainnya. Anak motor mana suaranyaaaa?


asus splendid



Hampir sama seperti perangkat ASUS yang sebelumnya, Zenfone 2 Laser ini juga dilengkapi dengan layar Splendid yang berfungsi untuk mengatur temperature/ kecerahan layar sesuai dengan selera atau kebutuhan kita.

5| Performa Tangguh dengan Prosesor 64-bit
Zenfone 2 Laser ini mempunyai prosesor Qualcomm Snapdragon 410 (seri MSM8916), sudah barang tentu mempunyai performa yang tergolong cepat. Untuk aktifitas multimedia, gaming ataupun mobile sehari-hari juga OK. Urusan buka tutup aplikasi ataupun pindah dari aplikasi yang satu ke aplikasi yang lain juga saya coba mulus tanpa delay. Ya, pokoknya urusan multitasking buka app secara bersamaan dengan telepon ataupun hal yang lainnya sejauh yang saya coba sih masih OK saja ya.

Konon katanya sih Zenfone 2 Laser ini cocok buat kamu para pecinta game, karena saya anaknya kurang suka main game jadi ya seperti biasa saya gak bisa review terlalu jauh soal ini hihihi... :P

Dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB sejauh ini saya pakai untuk keperluan saya pribadi seperti sosial media, online, blogging, foto, telepon, chatting, tethering yang terkadang secara bersamaan saya gunakan masih cukup OK baik-baik saja tanpa hambatan.

6| Kamera Dengan Laser Autofocus
Ini nih yang saya suka dari smartphone, kameraaaa! Hahaha... Secara ya saya kan anaknya sok kekinian gitu jadi harus foto kapanpun dimanapun. Yang membuat Zenfone 2 Laser berbeda dari yang lainnya adalah smartphone ini dilengkapi dengan yang namanya Laser Autofocus yang dapat menangkap fokus pada objek foto dalam waktu kurang dari 0,03 detik saja.

Entah kenapa ya saya itu dari awal pakai Zenfone 2 itu jatuh hati sama hasil jepretannya. Jerniiih, kalau gak percaya foto-foto blog dan instagram (@handdriati) saya kebanyakan hasil jepretan dari ASUS Zenfone 2 Selfie. Dan sekarang ditambah lagi di Zenfone 2 Laser ada yang namanya laser autofocus, sehingga saya gak perlu mengatur dan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan fokus dari sebuah objek foto.

Oiya, kamera belakangnya sendiri beresolusi 13MP dan kamera depan beresolusi 5MP. Konon katanya cara kerja laser autofocus ini cukup rumit, karena pada bagian hitam disamping kamera belakang itu akan menembakkan sinar laser inframerah yang tidak tampak oleh kasat mata dengan cepat. Kemudian cahaya tersebut akan dipantulkan kembali untuk menghitung jarak objek yang akan kita foto dengan kecepatan cahaya. Bla bla bla...Bingung? Sama saya juga bingung, pegangan sama kamu aja deh biar gak bingung. #gagalfokus XD

Tapi yang jelas kalau saya boleh bilang, memang hasil jepretan Zenfone 2 Laser ini kece badai dah hihihi...

Malam hari menggunakan kamera belakang dengan mode auto
Malam hari dengan menggunakan kamera belakang mode low light
 
Malam hari dengan menggunakan kamera belakang mode manual settingan auto

Malam hari dengan menggunakan kamera belakang mode night

Menggunakan kamera belakang dengan mode panorama (klik untuk melihat detail)
Siang hari menggunakan kamera belakang mode auto

Siang hari menggunakan kamera belakang mode HDR
Siang hari menggunakan kamera belakang mode Depth of Field
Kemudian kamera depan juga dilengkapi dengan mode beautification yang seperti biasa dapat membuat selfie tanpa makeup tebal pun bisa jadi halus mulus kulitnya hihihi...

Kamera depan dengan mode beautification

7| Ketahanan Baterai
Kapasitas baterainya sendiri yaitu 3000 mAh, tidak unibodi jadi bisa dilepas-lepas. Setelah saya mencoba-coba untuk daya baterai-nya sendiri lumayanlah ya kalau saya bilang, tergantung pemakaian juga. Kalau buat nge-game terus ya sudah barang tentu boros. Kalau saya bilang charger zenfone 2 laser kali ini agak lama untuk mengisi daya baterai, sekitar 3 jam lebih baru full 100% dari 20%an. Kemudian dengan pemakaian social media, chatting dan menonton youtube ya pagi di charge sore di charge lagi. Ya seperti yang saya bilang tergantung pemakaianlah ya. 

8| Suara Jernih
Saya suka dengan output suara yang dihasilkan oleh smarphone ASUS, karena jernih. Zenfone 2 Laser pun dilengkapi dengan software Audio Wizard yang dapat menyesuaikan mode suara sesuai dengan kebutuhan. Diantaranya mode smart mode, music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode. Jadi, bisa dipilih suka-suka lah ya sesuai dengan kebutuhan.

9| Kids Mode


kids mode asus zenfone 2 laser ze550kl

Oiya, bagi ayah bunda sekalian nih Zenfone 2 Laser ini juga dilengkapi dengan yang namanya Kids Mode. Dimana Kids Mode adalah fitur yang sudah pre-install di dalam Zenfone 2 Laser ini dengan ekosistem yang dirancang khusus untuk anak-anak. Jadi fitur ini dapat membatasi penggunaan aplikasi yang memang boleh digunakan untuk anak-anak. Jadi, ketika anak meminjam smartphone kita tinggal langsung aktifkan saja fitu Kids Mode ini.

Terakhir, harga untuk ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL sekitar 3jutaan. Bisa lebih dari itu mungkin kalau di pasaran, tergantung kamu belinya dimana. Terakhir saya lihat di lazada 3juta koma. Menurut saya sih worth it to buy ya dengan spesifikasi seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Kesimpulannya sih Zenfone 2 Laser ini cocok buat kamu pecinta fotographi, kamu yang aktifitas sehari-harinya mobile, ataupun kamu yang suka main game. Tinggal sesuaikan saja isi budget dengan spesifikasi smartphone yang dibutuhkan. Tapi yang jelas, saya recommended untuk kamera belakangnya #lagilagikamera XD.

WOW, rupanya sudah panjang saja tulisan review saya kali ini. Dicukupkan sekian dulu ya, mudah-mudahan apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat dan menjadi referensi buat kamu kamu yang sedang mencari smartphone yang kekinian.

Semua foto di atas diambil menggunakan kamera ASUS Zenfone 2 Selfieterkecuali hasil foto pada nomor 6.

------------------------------------------
*Sponsor Post, ditulis berdasarkan pengalaman pribadi.

 

57 comments:

  1. Wanna try asus,, tp ga budget buat gadget baru, hikss
    Nanti ikut selfie lagi yah kalo maen: *

    ReplyDelete
  2. nah..nah..insyaAllah minggu depan mau beli hape (pamer banget yakk) hehehe..peace. pertimbanganku, Oppo F1, samsung J7, atau ini. pengalaman pakai zenpad kemarin, suaranya kurang cliinggg..
    tapi harganya menggoda sekalii

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik asik asik...jangan lupa diintip ya untuk gadget yang satu ini hihihi...suaranya kurang cling gmn mba?

      Delete
  3. mantabz hsl jepretannya. Yg menggunakan kamera belakang mode low light in the night, so cool. Jadi gak repot bawa kamera, asus zenfone cukup memuaskan yah :)
    Buat selfie an juga kereeen, plus senyumnyaaaa maaaak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, buat foto-foto keren pokoknya hihihi...

      Delete
  4. Lengkap banget ya mbak fitur di dalamnya, aku tadi sempat nebak harganya 4 jutaan eh ternyata dibawah itu. Jadi pengen deh, apalagi udah Gorilla Glass ya, layarnya terang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah gorilla glass 4...ayooo beliii riska hihihi....

      Delete
  5. Kenapa oh kenapa baru keluar review ini setelah aku beli hp baruuu T_T...kameranya nggak nahan. Tukeran mau nggak? *laaah XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkwkwk...ogah tukeren :P jual lagi aja hape lamanya terus beliin ini XD

      Delete
  6. Akhirnya suamiku punya asus...eykeh mupeng, ngiri berat sama dia...hihi
    mau minta dibeliin juga, bikin proposal dulu wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooo bikin proposal, nabung juga dari sekarang hihihi...

      Delete
  7. Asus emang keren kameranya yah, temenku pake yang tipe ini dan setiap kali selfie emang keren hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kamera sama display layarnya keren mba tian :)

      Delete
  8. Ini henpon emang keren banget buat selfie, haha. saya punya zenfone 1 dan pengen upgrade gara2 temen punya hp ini.


    http://bit.ly/1TpJBRu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba monica di upgrade atuh hpnya hihihi...

      Delete
  9. Secara keseluruhan menarik. Sayangnya mesti ngumpulin dana dulu deh. Tadinya udah senang dan rencana mau beli awal januari, tapi hasil karya (Desain Sekolah) gak dibayar. Akhirnya, mau gak mau harus di tunda lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah....sabar ya mas arif...ayo semangat nabung lagi :)

      Delete
  10. Review macam ini yang selalu bikin laper mata dan pegang dompet erat-erat. >,<

    #gak boleh kegoda

    ReplyDelete
  11. Waduuh... Reviewnya bikin mupeng :/

    ReplyDelete
  12. beuh, kece sekali! mauuu...
    mba, artikelnya bagus.. :D

    ReplyDelete
  13. Tukeran ama ZenPad ku yuk.. Wkwkwkwkwk :p

    ReplyDelete
  14. Kece badai hapenya.. hasil fotonya kinclong

    ReplyDelete
  15. Pokoknya kalau review IT, dirimulah blogger cewek paling keren. Bagus Asusnya, aku punya 1 udah jadul tp entah seri apa. Dasar mamah2, taunya make aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh makasih aku terharu :*
      ayo di upgrade mba lusi asusnya hehehe... *kompor*

      Delete
  16. Hasil fotonya kok bikin mupeng ya T_T
    Huaaaaaa jadi kangen sama smartphone aku nih :(


    main-main ke blog aku yuk http://dhe-ujha.blogspot.co.id
    if you mind let's follow back my blog :D

    ReplyDelete
  17. Dua hal yang bikin tambah mupeng kebangetan : Gorilla Glass + Batrenya. *nangis mupeng di pojokan*

    ReplyDelete
  18. kak saya udah lama bgt baca cari tau ttg laser 550kl ini, tapi yang saya bingung sampe skrg kalo mau belinya dimana ya kak? kok ada yang bilang zen2 laser 550kl ni nggak dijual di indonesia? makanya harus lewat distributor gitu, mmg iya kak? kalo kakak belinya lewat mana? kebetulan saya di aceh, lebih tambah bingung buat belinya kak. tolong respon cepatnya kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya memang blm bnyak yg jual, denger kabar sih baru beredar di pasaran indo kmaren akhir februari... Di lazada apa blibli gt sepertinya ada...

      Delete
    2. Sepertinya memang blm bnyak yg jual, denger kabar sih baru beredar di pasaran indo kmaren akhir februari... Di lazada apa blibli gt sepertinya ada...

      Delete
  19. terus harganya gimana kak yang setau kakak sampe hari ini thanks

    ReplyDelete
  20. bedanya 550kl dengan 500kl apaan kak?

    ReplyDelete
  21. wah mantap nih, salah satu incaran saya

    ReplyDelete
  22. mantap de salam kenal ya ?de dari mana ya?

    ReplyDelete
  23. mbak, nanya, apa ze550kl nya masih ada, trus apa masih baik2 aja sampai dengan hr ini, thxs b4

    ReplyDelete
  24. mbak, nanya, apa ze550kl nya masih ada, trus apa masih baik2 aja sampai dengan hr ini, thxs b4

    ReplyDelete
  25. Asus ze550kl baterai daya 3000mah tahan berapa hari? mohon balaz. aku pgn beli hp ze550kl, tapi masih ragu2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pemakaian, yg jelas kalau dipakai untuk online tetus ya pasti boros... Kecuali misal layarnya diredupkan, atau off notification... Tp kl pemakaian standar aja sih ya sehari skali cas lah pagi cas sore ato malam br cas lg...

      Delete
  26. Hp ini dah bisa pake 4g nya Smartfren belum?

    ReplyDelete
  27. Hp ini dah bisa pake 4g nya Smartfren belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Sepertinya tdk bisa untuk 4G smartfren, krn 4G smartfren menggunakan frekwensi 2300MHz, sedangkan Asus ze550kl ini tdk support frekwensi 2300MHz...

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)