Wednesday, 29 June 2016

Bisnis Tradisional Memanfaatkan Sistem ERP


Bisnis Tradisional Memanfaatkan Sistem ERP - Pada kesempatan kali ini mari kita bicara sedikit banyak soal bisnis! Tumben? Iya, memang akhir-akhir ini saya sedang memikirkan untuk membangun sebuah bisnis keluarga. Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena saya dan suami saat ini menjalani Long Distance Marriage. *tarik nafas* Mau sampai kapan kami akan seperti ini? Maka dari itu saya dan suami pun mulai memikirkan kira-kira peluang bisnis apa yang dapat kami bangun di kampung halaman saat ini?

Suami saya adalah seorang IT Konsultan untuk salah satu perusahaan retail ternama di Jakarta. Begitupun dengan saya, sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja saya adalah seorang Application Support di salah satu software house di Yogyakarta yang mana job description-nya hampir mirip dengan IT Konsultan. Jadi, memang background kami sama-sama dalam dunia IT. Dengan latar belakang kami berdua, lalu apa kira-kira peluang bisnis yang bisa saya jalankan bersama suami dirumah?

Sampai akhirnya terbersit untuk membuka sebuah toko sparepart kendaraan bermotor dirumah, sebenarnya kakak lelaki saya sudah terlebih dahulu membuka bisnis seperti ini. Nah, saya dan suami lalu terfikir untuk menjalani usaha sebagai distributor sparepart kendaraan bermotor nantinya. Berbekal ilmu dari kakak saya tentang sparepart kendaraan bermotor dan suami saya sebagai IT Konsultan yang menangani sistem ERP untuk beberapa klien dari perusahaan tempatnya bekerja, maka kami pun yakin bisa membuat sebuah industri tradisional ini tertata rapi dengan menggunakan sistem IT.

Toko onderdil motor punya kakak saya

Apa salahnya kan jika sebuah industri tradisional atau bisnis kecil-kecilan semuanya bisa tersistem dan terintegrasi dengan teknologi? Siapa tahu nantinya bisa go online atau mungkin go international? Iya sih, saat ini semua masih mimpi kami saja. XD

Kami bercita-cita walaupun memulai bisnis dengan skala kecil, namun dari hal kecil ini dapat terorganisir serapi mungkin untuk management dan struktur kerjanya sehingga cita-cita kami untuk menjadi distributor sparepart kendaraan bermotor nantinya pun akan tercapai dengan mudah. Mungkin alur sistemnya akan dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu seperti Purchasing, Sales, Gudang dan Finance.

Kamipun sudah mulai prepare saat ini, menyicil dari mempersiapkan tempat terlebih dahulu. Strukturnya pun sudah mulai kami fikirkan, lalu berikutnya adalah persiapan tool, stasionery ataupun penunjang pekerjaan supaya lebih tertata dan terdokumentasi dengan  rapi dan up to date. Seperti yang sudah saya katakan diawal, bahwa kami ingin membangun sebuah bisnis tradisional ini dengan cara yang konvensional. Ini artinya membangun sistem yang baik sejak awal dengan tujuan agar bisnis yang akan kami bangun ini dapat berkembang semakin besar kedepannya. Nah, untuk menunjang hal tersebut maka setidaknya kami membutuhkan teknologi sebagai pendamping untuk mencapai tujuan tersebut.

Dan suami saya pun rupanya telah sigap memikirkan hal itu. Tentang teknologi apa yang kira-kira tepat yang bisa kami gunakan untuk menunjang kelangsungan bisnis kami tidak hanya jangka pendek namun jangka panjang. Suami saya sudah me-listing beberapa kebutuhan untuk menunjang sistem bisnis kami supaya berjalan dengan baik. Diantaranya:

  • ERP Sistem,
  • Beserta tools kelengkapannya yaitu Komputer.

Bicara soal ERP Sistem, ada yang sudah tahu apa itu ERP? Sekilas tentang ERP, ERP adalah akronim dari Enterprise Resource Planning. Sebuah sistem informasi yang dirancang untuk perusahaan yang dapat mengintegrasikan semua proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Dapat di akses secara online maupun offline, dimanapun dan kapanpun sehingga memudahkan stakeholder perusahaan untuk melihat berbagai macam laporan bisnis perusahaan dengan mudah dan real time.


Seperti apa yang tertera pada ilustrasi gambar di atas, kurang lebih seperti itulah gambaran sederhana ERP yang akan kami bangun untuk bisnis kecil kami nantinya.

Karena memang kami sudah terbiasa dengan sistem ERP tersebut, apalagi suami saya yang memang bisa dibilang makanan sehari-hari. Jadi kami sedikit banyak tahu mana sistem yang pas untuk kebutuhan bisnis perusahaan kecil kami nantinya.

Namun, suami saya agak sedikit bingung mengenai hardware yang pas untuk digunakan sebagai komputer server dan komputer klien. Karena budgeting untuk kebutuhan IT ini sangat lumayan nilai investasinya. Suami saya berkata, kita-kira hardware apa yang mumpuni tetapi dengan cost yang tidak begitu mahal. Maklum prinsip ekonomi tetap sangat dan sangat berlaku bagi kami berdua hehehe.

Saya jadi teringat kutipan dari PCMag.com yang pernah saya baca yaitu “If you want a Windows desktop PC, ASUS is the best choice”. Karena memang ASUS adalah Most Recommended Windows Desktop Brand pilihan pembaca PCMag.com.


Saya pun kemudian mengusulkan beberapa brand ternama, termasuk salah satunya ASUS. Kami berdua memang pengguna ASUS sejak lama. Ya, memang ASUS bisa dikatakan sebagai pemain lama dalam dunia komputasi maupun hardware, jadi bisa dibilang sudah mumpuni untuk memenuhi kebutuhan kami akan hardware. Suami saya pun setuju untuk menggunakan hardware ASUS.

Karena menurut rencana suami saya, bahwa kami akan menggunakan metode client server nantinya yang mana akan ada host sebagai server yang digunakan untuk menyimpan data. Database tersebut diantaranya database customer, suplier, item, transaksi pembelian, penjualan, pembayaran dan lain-lain. Sistem ERP yang akan kami bangun tidak begitu membutuhkan spesifikasi hardware yang terlalu besar sebagai server, tetapi kami juga sangat memperhatikan akan nilai ekonomis dan masa penggunaan serta performa yang powerfull sehingga dapat digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Karena persiapan harus dimatangkan sedari dini, maka suami saya pun mulai mencari referensi beberapa hardware ASUS. Dia mulai menandai beberapa yang dianggapnya cukup powerfull dan sesuai dengan apa yang kami butuhkan. Salah satu diantaranya adalah ASUS M32CD dengan prosesor Intel Core i7.



Karena kami berpikir bahwa bisnis yang kami jalankan ini adalah bisnis tradisional, yang artinya sudah banyak pemain lama yang lebih dahulu terjun ke bisnis ini. Contohnya saja adalah kakak saya sendiri sudah lebih dahulu menggeluti bisnis ini. Tetapi perbedaannya adalah pembukuan, pencatatan masih dilakukan secara tradisional. Yang mana kami akan mengubah hirarki tersebut.

ASUS M32CD yang dibekali dengan Windows 10 Home akan kami gunakan sebagai database server untuk menyimpan data-data perusahaan. Karena sistem ERP yang kami gunakan ini tidak terlalu besar dan masih sederhana, tapi sudah mencakup seluruh proses dari Purchasing, Inventory, Sales serta Finance dan Accounting. Untuk start awal kami juga hanya menghubungkan dengan 5 PC komputer klien yang akan terhubung dengan Komputer server ASUS M32CD.

Dalam skala bisnis yang kami rencanakan saat ini, komputer database server ASUS M32CD sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kami. Beberapa diantara kelebihannya dalam hal spesifikasi adalah :

Bisa dilihat dari gambar di bawah ini dan penjelasan di bawah gambar!



  • Menggunakan Prosesor Generasi ke 6 dari Intel yaitu Intel Core i7.
Dimana Prosesor Intel Core i7 menghadirkan komputasi kelas baru dengan serangkaian fitur baru untuk mendukung dektop, laptop, PC 2 in 1 generasi mendatang. Kita bisa mengharapkan kecepatan sangat tinggi dan kinerja puncak bahkan untuk tugas dan game paling berat sekalipun.
  • Dengan memory 4 GB yang bisa diupgrade mencapai 16 GB RAM DDR3 atau DDR4.
  • Kapasitas Storage yang bisa di upgrade hingga 3 TB SATA Hard Drive (7200Rpm) dan Up To 256 GB Solid State Drive (SSD).
  • Dilengkapi juga dengan fitur SuperSpeed USB 3.1 Transmission yang dapat melakukan transfer data 20 kali lebih cepat dari USB 2.0 dan 2 kali lebih cepat dari USB 3.0.











Selain spesifikasi tersebut di atas dari segi entertainment pun ASUS M32CD juga telah support Ultra-Realistic 4K/ UHD Visuals (3840 x 2160) dengan NVIDIA atau AMD grafis yang konon katanya kita dapat menikmati berbagai macam entertaintment seperti melihat film, browsing web ataupun melihat foto dengan kualitas visual yang lebih jernih dari Full HD. Kemudian juga dari segi audio juga dilengkapi dengan SonicMaster yang mana kita tahu dapat menghasilkan suara yang jernih.

Dari sisi spesifikasi kami rasa sudah mumpuni dan sudah lebih dari cukup untuk digunakan sebagai Komputer Database Server dengan bisnis skala sedang. Lalu apa saja sih hal lain yang akhirnya membuat kami terpincut dengan ASUS M32CD? Selain dari sisi spesifikasi, ternyata suami saya pun juga terkesan dengan fitur yang dimiliki oleh ASUS sendiri. Beberapa diantaranya adalah :


  • ASUS Business Manager: Manajemen dan pengumpulan data di satu tempat
ASUS Business Manager adalah kumpulan utilitas untuk menjalankan pemeliharaan dan optimalisasi sistem. Aplikasi ini menyediakan antarmuka tunggal untuk mengakses pengaturan sistem, update BIOS, pengaturan keamanan akses USB dan kendali penghemat daya. Dan PC Desktop ASUS memiliki fitur ASUS Business Manager untuk manajemen dan keamanan sistem yang lebih baik dan beberapa tipe juga memiliki desain tool-less untuk perawatan dan upgrade lebih mudah.
  • AI Security: Membuat proteksi dengan pasword untuk mencegah akses ilegal
Perangkat lunak manajemen AI Security melindungi data kita dari akses yang tidak berizin, termasuk virus komputer. Ia membatasi pengguna saat mengakses data penting, termasuk menghidup-matikan akses USB Eksternal atau Optical Drive. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan serangan virus.
  • ASUS Secure Delete
Fitur ini memiliki antar muka “Drag and Drop” untuk memudahkan pengguna menghapus semua data penting dengan aman.
  • Hemat Energi (Energy Saving)
ASUS Energy Processing Unit (EPU) adalah chip penghemat daya PC pertama di dunia yang mampu mengoptimalkan efisiensi sistem dengan mendeteksi beban CPU secara realtime untuk menjaga stabilitas dan memperpanjang umur komponen.
  • Ramah Lingkungan Sekaligus Menekan Biaya Operasional
Desktop komersial ASUS PRO yang hemat daya membuatnya ramah lingkungan dan membantu bisnis menekan beban biaya operasional. Stasiun kerja ini menerima spesifikasi tertinggi dibidang lingkungan hidup termasuk ENERGY STAR dan EPEAT GOLD.

Kami rasa spesifikasi yang dimiliki M32CD ini sudah sangat cukup membuat bisnis kami berjalan dengan baik karena ditopang oleh produk yang luar biasa. Selain itu PC Desktop M32CD ini juga ringkas dan hemat energi sehingga mudah ditempatkan di lingkungan kantor manapun, sehingga menjadi solusi yang ideal untuk bisnis kami.

Maka sekarang yang harus kami lakukan adalah menabung untuk mengumpulkan pundi-pudi rezeki untuk modal usaha serta modal pembiayaan perangkat yang kami rencanakan tersebut. Saya dan suami berharap bisnis kami ini dapat terwujud sesegera mungkin dan kami dapat berkumpul bersama dan tidak menjalani Long Distance Marriage lagi. Amin.

Source:
https://www.asus.com/Tower-PCs/VivoPC-M32CD/overview/
http://www.intel.co.id/content/www/id/id/processors/core/core-i7-processor.html
https://www.asus.com/id/Commercial-Desktop/D510MT/



38 comments:

  1. Amien semoga lancar dan tercapai cita2nya

    ReplyDelete
  2. Aamiin. Semoga lancar usaha dan bisa kumpul/tidak LDM lagi ya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Demi apaaaa ini tulisan sesuatu banget sih Deeee. Amiin amiin semoga segera menyudahi keadaan LDM-nya. Semangaaat yaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sesuatu banget ya jadi inget kerjaan lama jeng hehehe...
      Makasih ajeng, Amin :)

      Delete
  4. sayapun ldm-an sama suami Mba :)
    semoga lancar usahanya yah, amin..

    ReplyDelete
  5. wuih mantep... saya br tau nih tentang erp...
    asusnya jg bikin kabita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...iya mba...asusnya mantep hehe...

      Delete
  6. Semoga bisnisnya sukses dan ga LDM lagi

    ReplyDelete
  7. tekhnologi semakin canggih
    sekarang semua melek tekhnologi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba avy, sekarang toko-toko kecil juga sudah terkomputerisasi :)

      Delete
  8. Duh LDM ga kuat saya mahhh hihi, semoga cepet tercapai mba usahanya biar engga LDM aku yg ngebayangin aja engga kuku dehhh :D

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... iya nih mba lee via...makasih ya :)

      Delete
  9. Ini mh kalo aku main udah ada pc baru nih kayaknya drumah..

    ReplyDelete
  10. Ini mh kalo aku main udah ada pc baru nih kayaknya drumah..

    ReplyDelete
  11. Duh, jadi tertarik nih, padahal baru beli laptop Asus minggu lalu. :D

    ReplyDelete
  12. Aku ldr aja gag kuat apalagi klo ud married �� semangat mbak!^^

    ReplyDelete
  13. Barokalloh ya prepare usahanya mba. Semoga berhasil juga lombanya

    ReplyDelete
  14. ttg konsep erp nya aku nangkep.. tp pas disodorin ttg asusnya, gaptek mode on lgs ;p .. apapun, semoga sukses mempersiapkan semuanya mbak, biar ga ldr lg ;)

    ReplyDelete
  15. Waaah, selamat mba, tulisannya menjadi pemenang

    ReplyDelete
  16. Selamat mba, mantap banget tulisannya

    ReplyDelete
  17. Memang pantas jadi juara 1, selamat ya mbak

    ReplyDelete
  18. mantap ulasannya, bisa aja nyambungin ceritanya..keren dah

    ReplyDelete
  19. emaang kereeen tulisannya, selamaat2 yaa!!

    ReplyDelete
  20. idenya brilliant mbaak. selamat yaa menang

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)