Thursday, 21 July 2016

Beberapa Hal Yang Dialami Ibu Hamil 7 Bulan

Beberapa Hal Yang Dialami Ibu Hamil 7 Bulan

Beberapa Hal Yang Dialami Ibu Hamil 7 Bulan - Sebenarnya apa saja sih yang mulai dirasakan oleh ibu hamil diusia kehamilan 7 bulan? Nah, kali ini saya mau bercerita beberapa hal yang saya alami pada usia kehamilan 7 bulan. Jadi, memasuki trisemester ketiga ini (sekarang usia kehamilan saya 31 minggu) memang hal yang saya rasakan rasanya semakin bertambah. Seiring dengan semakin berubahnya bentuk fisik saya terutama perut, berikut juga beberapa hal yang saya rasakan pada usia kehamilan 7 bulan.

1| Kehamilan 7 bulan perut terkadang terasa kencang.
Iya, terutama ketika habis makan terus kekenyangan. Ugh, rasanya gak enak banget kenceng sesak dan penuh rasanya. Jadi, sekarang saya baru makan sedikit aja rasanya sudah kenyang banget padahal mulut masih pengen makan. Dan apa daya akhirnya harus berhenti, karena kalau enggak dan lanjut makan terus percaya deh perut rasanya kayak ketarik kenceng penuh dan sesak. Well, dinikmati saja :).

2| Kehamilan 7 bulan beser (lagi?).
Setelah satu bulan terakhir saya merasa gak beser lagi, memasuki kehamilan 7 bulan saya mulai beser lagi. Sedikit-sedikit pengen pipis dan kadangan kalau pagi suka gak enak diperut kalau mau pipis kayak keteken gitu. Tapi, itu gak selalu sih kadangan aja dan habis itu biasa lagi. Walaupun beser tapi tetep minum air putih juga harus tetap dibanyakin.

3| Kehamilan 7 bulan pergerakan bayi semakin terasa.
Nah, pergerakan bayi mulai kerasa banget tambah gede badannya. Tonjokannya tambah besar sepertinya, ini seiring dengan pertumbuhan bayi juga sih ya. Walaupun begitu, perut saya masih terlihat kecil gak yang gede banget kayak orang-orang lagi hamil 7 bulan. Bahkan, kalau ada yang nanya "Berapa bulan?", terus saya jawab "7 bulan" dan mereka pasti bilang "Masa 7 bulan? Kok perutnya kecil?". Emang harusnya segede apa ya? Hahaha... Padahal BB saya naik sudah 8kg kurang lebih loh. Kurang gede apa coba? XD. Bayi saya juga waktu di USG 6 bulan bobotnya sudah 1,5kg dan kata dokter normal.

4| Kehamilan 7 bulan tidak bisa lagi berlama-lama duduk.
Sekarang kalau duduk kelamaan perut rasanya gak enak, kaki juga terkadang sedikit kesemutan. Makannya, sekarang saya jarang update karena ya itu tadi mengurangi duduk berlama-lama terutama di depan leptop. Seringnya sih jalan-jalan geje aja kalau capek di dalam rumah, kalau enggak ya bobok cantik gitu. Pokoknya melakukan hal-hal yang bikin enak di badan lah hihi...

5| Kehamilan 7 bulan terkadang suka nyeri pinggang.
Ada yang suka nyeri pinggang juga kayak saya? Sebenarnya ini saya rasakan dari mulai hamil 6 bulan sih, tapi gak sesering pas 7 bulan ini. Nyeri pinggang terutama kalau habis duduk ma tidur, jadi pas bangun dan berdiri pinggang rada nyeri. Tapi, setelah itu sembuh gak nyeri lagi.

6| Kehamilan 7 bulan mulai kesulitan tidur.
Mulai sulit tidur, terutama kalau tidur malam. Kalau tidur siang mah biasa ya gampang-gampang aja kalau sudah ngantuk. Tapi, kalau mau tidur pas malam gak begitu enak rasanya. Miring kanan gak enak, miring kiri ga enak begitupun dengan terlentang. Mungkin karena kalau malam perut saya sudah penuh alias kekenyangan ya jadi berasa begah hohoho... Tapi, kalau sudah tertidur ya nyenyak-nyenyak aja sih hahaha...

7| Kehamilan 7 bulan pernah tidak teratur BAB.
Pas bulan puasa kemarin BAB saya sempat tidak teratur. Saya itu tipe orang yang tiap hari pasti BAB setidaknya 1 kali sehari. Nah, pas puasa kemarin terkadang saya 3 hari gak BAB. Terus pas tanya ke dokter jawabannya saya jarang gerak ya? Iya sih, pas puasa kemarin saya jarang gerak jadi kerjaannya cuma tidur trus menghabiskan waktu depan leptop. *jangan ditiru* Alhamdulillah, kalau sekarang mah sudah lancar.

8| Kehamilan 7 bulan mulai merasa gerah.
Kalau mulai merasa kegerahan pasti semua ibu hamil mengalaminya ya? Begitupun dengan saya, rasanya everytime itu panas cyiiin gerah dan keringetan. Jadi, saya selalu bawa-bawa kipas kemana-mana hihi...

Alhamdulillah untungnya saya tidak sampai kaki bengkak-bengkak. Pernah sih waktu kemarin tiba-tiba kaki saya penyok gitu karena kelamaan duduk depan leptop sekitar satu jam. Jadi, sekarang saya mulai mengurangi aktifitas didepan leptop atau berlama-lama duduk. Saya harus selingi dengan berjalan-jalan dan melakukan aktifitas lain hihi...

Nah, itulah beberapa hal yang saya alami menginjak usia kehamilan 7 bulan. Kalau bunda apa? Share juga yuk! :)



25 comments:

  1. Wuaaah lagi hamil ya bun? Sehat selalu ya.
    Kalau aku sih yg pasti wkt aku hamil di 7 bulan lg enak2nya jalan, shopping, makan enak. Pokoknya lagi hepi2lah :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba oline, 7 bulan kudu banyak dibawa hepi hihihi...

      Delete
  2. Perutnya makin sering gerak-gerak mbak. Hihi karena si baby makin aktif :D

    ReplyDelete
  3. Whaaa udah 7 bulan aja si. Ya Allah
    ..aku mau gini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bantu Aminkan ya mba nurul, Amin Ya Allah :)

      Delete
  4. ihiyyyy udah belanjaaa bajuu. paling enak ini bulan2nya
    happy healthy pregnancy :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. uda dikit aja sih hihihi...
      lucu2 jadi pgen beli semuaaa hehe...

      Delete
  5. Selain ke 8 point di atas, tujuh bulan aku mulai muncul strechmark ... rrrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah aku gak muncul strechmark mba :)

      Delete
  6. Udah 7 bulan aja yaa :) dulu anak pertama kaki bengkak banget.. alhamdulillah yah han ngga bengkak :) sehat terus yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba cepet banget yaaa hihi... makasih ya mba mohon doanya :)

      Delete
  7. Aku jg 32 minggu sekarang.Kalau malam gak bisa tidur.Bisa tidur jam satu malam.Dan abis itu tiap jam pipis sampai pagi.Gak enak banget.Serasa gak tidur....Sakit pinggang dah gak.Pas awal awal 30 minggu aja.Tapi dedeknya sekarang usil banget.Jalan ngos ngosan.Mungkin karena dah 38 ya.Kehamilan sebumnya 28 dan 29 tahun tidak seberat ini...Ini anak ketiga.Rasanya perjuangan banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah samaanlah ya kita mba nunung :)
      semangat mba hihihi...sebentar lagiiii :D

      Delete
  8. Selamat ya bun n selalu jaga kesehatan dan makanan biar nanti lancar ketika melahirkan

    ReplyDelete
  9. wah , setiap anak selalu beda , kalau anak keduaku aktif sekali di perut sedang anak pertamaku gak. dan besarnay terlihat anak ekdau lebih aktif dan banayk biacara, anak pertamaku pengamat dan banyak diam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya toh mba tira? jadi ada ngaruhnya juga ya ketika aktif atau enggaknya diperut ke sifat anaknya :)

      Delete
  10. semoga sehat selalu ya mba dan makasi dah sharing cerita kehamilan 7 bulannnya

    ReplyDelete
  11. waktu hamil dulu, sepanjang kehamilan saya beser Mba, hampir setiap jam selalu ke kamar mandi.

    sehat terus yah bumil dan baby-nya, amin..

    ReplyDelete
  12. Waaah pengalaman yang ibu alami hampir sama dengan ibu saya. Sebagai anak (yang belum nikah dan masih kuliah) saya suka megang perut ibu dan merasakan tendangan bayi dalam perut. hehehe

    ReplyDelete
  13. sekarang kehamilan saya memasuki usia 6 bulan dan kemarin sempat shock karena tiba tiba kaki tangan pada bengkak-bengkak. Postingan ini menambah pengetahuan baru bagi saya utk memasuki 7 bulan nanti, thanks for sharing ya mba

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. istri saya hamil dua bulan saja bikin panik, maklum ini yang pertama :)

    apalagi kalo 7 bulan masa kehamilan yak... bikin saya tambah pusing ini sepertinya :D

    ReplyDelete
  16. Pas awal hamil justru aku juga sudah mengalami sulit tidur. Malam2 kebangun, merasa pengap, trus pindah ke ruang tamu/TV, selonjoran di kursi, syukur-syukur bisa tidur lagi. Untungnya sih sekarang nggak. Tapi biasanya 3mester akhir memang suka sulit tidur macam hamil pertama dulu. Kalau sakit pinggang, sekarang juga sudah mulai kerasa. Makanya saya diwanti-wanti dokter nggak boleh nggak minum susu + minum suplemen kalsium. Btw, sehat2 terus yaaaa.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)