Friday, 15 July 2016

Cerita Kamera Ponselku Yang Mempesona


Cerita Kamera Ponselku Yang Mempesona - Bagi saya, tidak memiliki kamera profesional seperti DSLR bukanlah suatu masalah besar yang harus saya ratapi. Bagi saya yang terpenting adalah dengan apa yang saya punya saya bisa memaksimalkan hasil foto yang didapat dari perangkat apapun. Maksimal indahnya dan mempesona hasilnya. Ya, sejauh ini saya adalah salah satu dari sekian banyak individu yang tetap bertahan dengan kamera ponsel.

Alasannya sederhana, pertama karena tabungan saya belum cukup untuk membeli kamera DSLR ataupun mirrorles dan kedua saya merasa cukup puas dengan kualitas kamera ponsel yang saya punya.

Jaman sekarang nampaknya menjadi suatu kewajiban dan keharusan jika suatu kamera ponsel memiliki resolusi yang tinggi. Selain lebih simple, juga travel friendly untuk mengambil foto apapun, kapanpun dan dimanapun. Nah, begitupun dengan saya sebagai seorang blogger dan Instagram addict saya selalu mengambil foto apapun, kapanpun dan dimanapun dengan mudahnya hanya menggunakan kamera ponsel.

Ya, kamera ponsel saya sudah dibekali dengan resolusi kamera yang cukup fantastis yaitu 13MP yang dapat menghasilkan kualitas gambar yang OK. Mulai dari mengambil gambar ala-ala food photographer, mengambil gambar dengan teknik flat lay, foto produk ataupun foto miniatur. Hampir semua foto diblog saya ini ataupun di Instagram (@handdriati) saya menggunakan kamera ponsel.

ASUS Zenfone Selfie adalah smatphone andalan saya selama ini. Dengan resolusi kamera 13 MP, dengan berbagai fitur kamera yang terdapat di dalamnya, ditambah lagi RAM 3GB dan memory internal yang cukup besar yaitu 32GB saya bisa berpuas-puas diri memotret apapun yang saya mau hanya dengan kamera ponsel. Ya, karena ASUS Zenfone sudah dibekali dengan berbagai mode kamera termasuk mode manual seperti settingan kamera DSLR.


Semenjak itu cerita demi cerita tentang kamera ponsel saya yang mempesona ini dimulai. Mulai banyak yang menanyakan kepada saya kamera apa yang saya gunakan, bagaimana cara saya mengambil foto, sampai bertanya kira-kira kamera ponsel seperti apa yang cocok untuk mereka hihihi...

Nah, berikut adalah beberapa teman yang bertanya di Instagram saya yang menanyakan kamera apa yang saya gunakan untuk memotret.





Nah, itulah beberapa capture dari sekian banyak teman-teman di Instagram yang penasaran dengan kamera apa yang saya gunakan. terbukti bukan bahwa kamera ponsel yang saya punya cukup mempesona sehingga bisa membuat orang jatuh cinta dengan hasilnya hihihi...

Beberapa teknik fotography pun saya coba hanya bermodal kamera ponsel. Tidak tanggung-tanggung diantaranya yang sedang saya suka adalah beberapa teknik foto yang memang sedang digandrungi akhir-akhir ini yaitu teknik flat lay, teknik dark moody food photography dan foto ala-ala macro photography.

Dan apakah kamera ponsel saya bisa melakukan semua hal itu? Mari kita simak cerita saya berikut ini!

1| Cerita Membuat Foto Flat Lay
Flat lay Photography memang akhir-akhir ini sedang booming baik di Instagram ataupun Pinterest, bahkan banyak juga dijadikan sebagai foto produk untuk jualan. Lalu apa sih Flat lay Photography? Secara sederhana flat lay photography itu bisa diartikan tren foto objek dari atas di permukaan yang flat/ rata dengan berbagai macam background/ alas foto yang menarik. Daripada tambah penasaran ini dia beberapa foto flat lay yang pernah saya ambil hanya bermodal kamera ponsel ASUS Zenfone Selfie.





Nah, itulah beberapa foto flat lay yang saya hasilkan dari kamera ponsel ASUS Zenfone Selfie. Lalu, bagaimana cara saya bisa menghasilkan foto-foto seperti di atas? Caranya mudah saja, saya senang menggunakan segala sesuatunya yang minimalis budgetnya hahha... Jadi, properti yang dibutuhkan pun hanya alas foto berwarna putih kemudian beberapa aksesoris pelengkap seperti majalah. Sisanya mainkan produk/ objek utama yang akan kamu foto. Kemudian setting kamera ponsel sehingga menghasilkan foto dengan hasil akhir yang pas. Biasanya saya menggunakan model kamera ponsel manual, HDR ataupun auto untuk mengambil foto jenis flat lay ini

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Foto Flat Lay Dengan Smartphone

Properti yang saya gunakan untuk membuat foto flat lay, diantaranya:

  1. Kalender dengan latar belakang berwarna putih sebagai background,
  2. Aksesories sebagai pemanis, seperti: majalah bekas, bunga, kalung ataupun minuman dan atur tata letaknya sesuai kebutuhan,
  3. Objek utama yang akan di foto,
  4. ASUS Zenfone Selfie sebagai alat tempur utama.

2| Cerita Membuat Foto Dark and Moody Food Photography
Selain flat lay, karena sekarang juga sedang menjamur food photography. Jadi, saya juga tidak mau ketinggalan eksis untuk mengabadikan foto makanan. Dark and Moody Food Photography adalah salah satu teknik yang saya coba dengan kamera ponsel. Apa sih Dark and Moody Food Photography? Singkat kata, foto makanan yang lagi in saat ini dengan tone warna yang agak gelap jadi lebih terkesan mistik untuk hasilnya. Dan inilah beberapa foto dark and moody food photography yang saya hasilkan dari kamera ponsel saya.



Gimana? Sudah cukup terkesan mistik kan apel dan tomatnya? Hihi...
Kalau kamu ingin menghasilkan foto seperti gambar di atas caranya juga mudah sekali, saya hanya menggunakan background kain berwarna hitam dan meletakkan objek foto di atas kain tersebut. Dan jadilah hasil foto seperti di atas, saya menggunakan mode kamera ponsel auto atau HDR biasanya. Kemudian saya beri sentuhan akhir dengan di edit menggunakan software editing foto dan itupun dilakukan di ponsel saya.

Properti yang saya gunakan untuk membuat foto dark and moody food photography seperti di atas, diantaranya:

  1. Kain berwarna hitam yang saya letakkan di atas kursi yang memiliki senderan, sehingga dapat dijadikan sebagai background belakang,
  2. Foto makanan sebagai objek utama yang akan difoto,
  3. ASUS Zenfone Selfie sebagai alat tempur utama.

3| Cerita Membuat Foto a la Macro Photography
Eits, selain flat lay dan dark moody food photography saya juga suka sekali mengambil foto bunga ataupun mainan menggunakan kamera ponsel. Ceritanya sih biar mirip foto a la Macro Photography gitu. Nah, berikut beberapa foto yang berhasil saya abadikan dengan kamera ponsel.




Sebenarnya untuk menghasilkan foto seperti di atas sangat mudah sekali menggunakan kamera ASUS Zenfone. Saya hanya menggunakan mode kamera ponsel yang sudah ASUS sediakan di dalamnya yaitu mode kamera dept of field. Dimana dept of field ini dimaksudkan untuk menghasilkan foto a la macro photography.

Simple bukan? Hanya dengan kamera ponsel saja kita bisa menghasilkan hasil foto yang tidak kalah menarik dengan apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

Baca Juga: Tips Memotret Dengan Smartphone

Sebenarnya mengambil foto dengan kamera ponsel itu agak sedikit lebih tricky sih ya, tapi no problemo selama kita mengetahui hal-hal dasar dalam photography. Dalam memotret dengan kamera ponsel saya biasanya selalu memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pencahayaan, sebagus apapun kameranya kalau pencahayaannya jelek menurut saya sama saja tidak akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Jadi, pastikan kamu mendapatkan sumber cahaya yang baik dan atur sesuai dengan kebutuhan.
  2. Stylling (pengaturan tata letak objek), percaya atau tidak pengaturan tata letak objek itu sangat penting. Biasanya yang terkesan messy atau berantakan malah justru lebih menarik.
  3. No Zoom, saran saya sih kalau memakai kamera ponsel jangan sekali-kali untuk melakukan zoom ya. Karena hasilnya pasti pecah, kecuali kalau kamera ponselmu memiliki optical zoom yang luar biasa.
  4. Stabil dalam memegang ponsel, jadi kalau sedang melakukan sesi foto dengan kamera ponsel janganlah sekali-kali tanganmu gemetaran karena hasilnya akan ngeblur hehe...

Keempat hal di atas adalah beberapa aturan standar yang saya pegang dalam memotret dengan kamera ponsel. Sehingga bisa menghasilkan cerita-cerita hasil kamera yang mempesona.

Nah, itulah cerita kamera ponselku yang mempesona. Yang membuat saya jatuh cinta bertubi-tubi sampai-sampai tidak ingin melewatkan sedikit pun momen bersamanya hihi... Lalu, mana cerita kamera ponselmu?

Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway "Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com"



44 comments:

  1. Skill kamu emang kecee kakaa ditunjanv dengan smartphone nya yg kecee juga. Semoga berhasill

    ReplyDelete
  2. Skill kece..sepakat.
    Skill saya kalah jauh deh kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba lagi foto foto terus mba ety, nanti juga ketemu feelnya. Good luck ya :)

      Delete
  3. Keren... kamera ponsel memang praktis yakkkk

    ReplyDelete
  4. Keren mba :) emang bagus y hasilnya mantappp

    ReplyDelete
  5. Keren banget hasil fotonya...

    ReplyDelete
  6. uda kelas potografer propesional ini mahhh neng

    ReplyDelete
  7. aduuh, kece abis dah foto-fotonya Mbak ini, keren banget..

    ReplyDelete
  8. Pasti sering latihan motret ya mba Han? Hehehe... Kelihatan skill motretnya bukan kaleng-kaleng ini. Top dah ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba kadangan dr sekian banyak foto yg jadi cuma satu... Pokoknya poto2 terus hihi...

      Delete
  9. kalo story didukung sama skill se yahuud ini apa aja bisaaa ya Haaan.
    Duh.. aku jadi nces liat photo2 bidikanmu.
    Kayanya kudu gali ilmu perfotoan lebih dalam nih :)
    Good luck ya GAnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo sering2 aja foto2 mba mer... Ntar juga ketemu feelnya hihi :)

      Delete
  10. Salfok ke komennya Mirnawidyaningtyas.. itu pacarnya temenku dari kalimantan,, bisa nyasar ke IGnya mbak handdriati.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyakah, dunia IG sempit juga ya mba hahaha...

      Delete
  11. Foto-fotomu emang keren-keren dek say...ajarin aku napa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu uda kutulis semua tutorialnya bun hihi...

      Delete
  12. kuakui emang hasil jeprat jepretannya mba Haddriati dri Kamera Ponsel ASUS kece badai. Itu di IG hasilnya pad bening2 smua meski pake kamera ponsel. Apalagi Kameranya ASUS Zenfone heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba khoirur rohmah, apalagi ponselnya ASUS ya hihi...

      Delete
  13. Bagus hpnya, spesifikasinya lumayanlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, spesifikasinya OK... Kameranya yg aku paling demen hihi...

      Delete
  14. Sama2 pake Zenfone Selfie, tapi teteeepp aja aq ga bisa motret secanggih dikau cyint ;)

    Terima kasih sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    ReplyDelete
  15. keren banget.. dapat ilmu baru, thanks for sharing. Selamat atas terpilihnya tulisan ini sebagai pemenang, memang sangat pantas untuk jadi juara, keep inspiring mba, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba baiq rosmala :). Salam kenal juga ya :).

      Delete
  16. Tulisannya keren pantas tuk menang. Selamat ya mba....

    ReplyDelete
  17. Mbak, hasil fotonya bagus2 ih. Suka suka banget ~ Layak jadi juara. Selamat ya.

    ReplyDelete
  18. Selamat ya, tulisanya memang baguuusss

    ReplyDelete
  19. Bagus banget artikelnya. Tipsnya juga keren. Selamat ya, mbak :)

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Makasih mas fajar, salam kenal juga :)

      Delete
  21. Tips fotografi ala smartphone yang sangat inspiratif, selamat yaa :)

    ReplyDelete
  22. selamat mbak, kece badai, banyak belajar :)

    ReplyDelete
  23. Selamat ya mbak, hasil foto nya keren2...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)