Thursday, 4 August 2016

Panduan Ngeblog Dengan Blogger.com Lengkap Untuk Pemula


Panduan Ngeblog Dengan Blogger.com Lengkap Untuk Pemula - Akhir-akhir ini beberapa teman dekat saya ada yang tertarik untuk ngeblog juga seperti saya. Mulai dari bertanya bagaimana caranya bikin blog, ajarin ngeblog sampai bagaimana ngotak ngatik blog. Nah, karena alasan itulah maka kali ini saya menuliskan mengenai panduan ngeblog dengan blogger.com lengkap yang memang dikhususkan untuk pemula banget. Mungkin bagi kamu yang memang sudah terbiasa ngeblog sudah tidak asing dengan hal yang akan saya bahas di bawah ini. Semoga berguna ya :).

 Jadi, dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai poin-poin sebagai berikut:
  1. Kenapa blogger.com?
  2. Bagaimana cara membuat blog di blogger.com?
  3. Bagaimana cara memulai posting artikel?
  4. Memahami menu yang ada di blogger.com
  5. Bagaimana cara memasang widget?
  6. Cara membuat pages menu di blogger.com
  7. Bagaimana cara mengganti header blog?
  8. Cara mempercantik template blog blogger.com
Nah, kali ini ini akan ada 8 poin yang akan kita bahas, Jadi jangan bosen ya baca terus sampai habis hihi...


1| Kenapa Blogger.com?

Blogger.com atau bisa juga Blogspot.com adalah salah satu platform blog milik Google yang bisa kita gunakan secara gratis dan user friendly. Di Indonesia sendiri platform blog blogger.com masih menjadi favorit khusunya bagi pemula.

Alasan saya pribadi ngeblog dengan blogger.com adalah:
  • Gratis,
  • Template dapat dimodifikasi sendiri,
  • Mudah digunakan/ User friendly,
  • Bisa dengan mudah di monetize,
  • Konektivitas akun google,


***

2| Bagaimana cara membuat blog di Blogger.com? 

Sesungguhnya jikalau kamu sudah punya email gmail, maka membuat blog itu sangat mudah sekali seperti membalikan telapak tangan hihi... *lebay* Jadi, kalau kamu sudah mempunyai email gmail kamu hanya tinggal login saja di https://www.blogger.com/.

Langkah mudahnya seperti berikut:

a.  Login ke https://www.blogger.com/. 
Kamu hanya tinggal login menggunakan akun/ email gmail yang sudah kamu punya. Kalau belum punya? Ya bikin dulu lah masbro dan mbabro hihi...



b. Jika sudah login biasanya akan ada halaman konfirmasi profile google kamu, biasanya kalau kamu belum membuat profile Google Plus maka kamu harus memilih membuat profile Google Plus terlebih dahulu. Tetapi, kalau sudah membuat profile G+ maka biasanya dilanjutkan saja dengan mengklik Continue to Blogger.


c. Lalu klik "Blog Baru" untuk membuat blog seperti gambar di bawah ini.


d. Isi form detail blog seperti gambar di bawah ini, kemudian klik "Create Blog".


Keterangan:
  1. Judul/ Nama Blog yang akan kamu buat,
  2. Alamat blog yang akan kamu buat yang dapat diakses pada browser,
  3. Template/ Theme blog yang akan kamu gunakan.
e. Blog yang telah kamu buat sudah jadi, lihat gambar di bawah ini.



***

3| Bagaimana Cara Memulai Posting Artikel

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat postingan blog. Karena apalah artinya sebuah blog tanpa satupun konten di dalamnya. Betul? Nah, cara membuat postingan di blogger.com sangat mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Login blogger.com, setelah berhasil login kemudian klik icon pensil seperti gambar di bawah ini.


b. Kemudian akan tertampil halaman editor artikel di blogger.com seperti gambar di bawah ini.


Keterangan:
  1. Judul Postingan yang akan kamu buat,
  2. Format postingan, kalau saran saya sih pilih Compose saja sudah paling enak. Karena kalau pilih HTML itu formatnya kode-kode gitu. Kalau saya pribadi format HTML hanya digunakan untuk menyisipkan kode-kode tertentu saja seperti menyisipkan video dari youtube atau foto dari instagram.
  3. Berbagai menu yang dapat digunakan untuk mengatur font maupun foto mulai dari format font (Bold, Italic dan Underline) sampai menyisipkan link.
  4. Tempat untuk menuliskan postingan kamu.
  5. Untuk mem-publish postingan kamu jika dirasa sudah OK.
  6. Untuk menyimpan postingan ke Draft.
  7. Untuk melihat/ mem-preview postingan sebelum dipublikasikan.
  8. Untuk keluar dari halaman form editor.
  9. Label postingan yang dapat berguna untuk mengelompokkan postingan menjadi label/ kategori tertentu. Semisal kecantikan, kesehatan dll.
  10. Mengetahui informasi tanggal kapan postingan ditulis, bisa juga untuk menjadwalkan postingan untuk di publish pada waktu tertentu sesuai dengan yang kita inginkan.
  11. Tautan permanen yang akan menjadi link/ URL dari postingan kita.
  12. Lokasi kita pada saat menulis artikel. Saran saya sih gak usahlah ya diisi, karena jaman sekarang kan suka was-was kalau orang lain bisa nge-track lokasi kita hehe...
  13. Banyak opsi yang bisa dipilih, diantaranya memoderasi komentar dll.

c. Jika sudah menulis artikel yang diinginkan dan sudah OK untuk di publish maka klik tombol "Publish". Kemudian buka blog kamu atau bisa ketikkan alamat URL blog kamu di browser lalu kamu bisa lihat bahwa tulisan yang telah kamu buat sudah terpublish. Lihat gambar di bawah ini.



***

4| Memahami menu yang ada di blogger.com

Jadi, di blogger.com itu ada beberapa menu yang perlu kamu tahu supaya tidak bingung. Sebenarnya simple sih, tapi terkadang saya pribadi juga bingung ini diperuntukkan buat apa. Tapi, jika kamu sudah paham akan menu-menu yang ada di blogger.com kamu akan lebih mudah untuk mengatur blog kamu kedepannya. Berikut adalah menu-menu yang terdapat di blogger.com.



Keterangan:

Kalau tombol "Entri Baru" sudah tahukan ya? Ini digunakan untuk membuat postingan baru. Lalu menu-menu yang lain diperuntukkan untuk apa?
  1. Overview, dalam menu ini kita bisa melihat overview dari blog kita seperti pageview, jumlah komen yang telah terpublish, follower, jumlah postingan, dll.
  2. Posts, dalam menu ini kita bisa melihat jumlah post yang telah kamu posting ataupun masih dalam bentuk draft.
  3. Pages, ini digunakan untuk membuat menu halaman (about me, contact, dll) yang nantinya bisa ditampilkan pada tampilan blog kamu.
  4. Comments, untuk melihat komen yang masuk ke blog kamu.
  5. Stats, untuk melihat statistik pageview blog perhari/ bulan, postingan terpopuler, sumber trafik, dan negara pengakses blog kamu.
  6. Earnings, ini biasanya digunakan sebagai langkah awal kita untuk mendaftar google adsense atau jika sudah mendaftar bisa login ke akun adsense kamu melalui menu ini.
  7. Campaigns, digunakan untuk mengiklankan blog kita melalui Google AdWords sepertinya sih berbayar. Saya belum pernah menggunakan ini hihi...
  8. Layout, disini kita bisa mengatur tata letak tampilan halaman utama blog kita. Mulai dari pengaturan widget, menambahkan widget dan mempercantik tampilan blog kita.
  9. Template, jika kita bosan dengan tampilan blog kita maka kita bisa mengganti template blog kita melalui menu ini. Template ini bisa berbayar atau mendownload free template. Nah, jika kamu terbiasa dengan CSS ataupun HTML kamu bisa melakukan penambahan atau pengeditan kode untuk mempercantik tampilan blog kamu melalui menu ini.
  10. Setting, tempat pengaturan blog mulai dari menyetting judul blog, tanggal, alamat blog sampai insert ID Google Analytic ada di menu setting.

***

5| Bagaimana Cara Memasang Widget

Setelah memahami menu-menu di blogger.com, saatnya kita mulai mempercantik tampilan blog kita. Dimulai dengan memasang widget atau biasa disebut juga dengan gadget. Widget atau gadget ini adalah sebuah menu yang akan muncul di halaman blog kita biasanya di bagian sidebar, header maupun footer. Seperti contohnya labels/ kategori postingan, jumlah pageview blog, popular post, recent post, about me, dll.

Contohnya seperti gambar di atas, widget tersebut dapat kita tambahkan, hapus maupun dipindah-pindahkan untuk tata letaknya. Dan berikut adalah cara untuk menyetting tampilan widget yang akan tampil pada halaman blog kita.

a. Masuk ke menu Layout/ Tata Letak. Kemudian akan tertampil halaman seperti gambar di bawah ini.


b. Kemudian untuk menambahkan widget klik +Add a Gadget yang diinginkan baik di bawah header, di sidebar ataupun pada footer. Berikut adalah beberapa widget yang tersedia di blogger.com.


Katanya sih, semakin sedikit widget yang terpasang pada blog itu semakin bagus. Alasannya saya pribadi terkadang suka membikin bingung pengunjung karena terlalu ramai dan membuat loading juga menjadi lebih berat. Tapi ini sih tergantung selera masing-masing blogger ya.

Berikut beberapa widget yang saya rekomendasikan untuk tampil di halaman blog, karena fungsinya yang memang penting. Diantaranya:
  1. Profile/ About Me,
  2. Popular Post,
  3. Label/ Kategori,
  4. Search Box/ Fitur Pencarian, dan
  5. Arsip Blog.

***

6| Cara Membuat Pages Menu di Blogger.com

Pages Menu atau Laman pada dasarnya hampir sama seperti pos, tetapi memang memiliki beberapa perbedaan. Biasanya pages menu atau laman ini digunakan untuk membuat halaman about me, kontak, disclaimer, disclousur dll. Lalu apa perbedaan mendasar dari keduanya? Diantaranya yang bisa saya simpulkan untuk perbedaan pages menu dan pos adalah:

Pages Menu
  1. Tidak ditampilkan di halaman utama blog,
  2. Tidak memiliki label dan tanggal publish,
  3. Tidak masuk ke dalam arsip blog,
  4. Biasanya dikhususkan untuk about me, contact, disclaimer, disclousure, dll.
  5. Menggunakan format URL yang tidak memiliki tanggal, contoh: http://www.namablog.com/p/nama-pages.html
Post
  1. Postingan terbaru selalu tampil di halaman depan blog,
  2. Diarsipkan berdasarkan tanggal publish dan dikelompokkan ke label-label tertentu,
  3. Menggunakan format URL yang memiliki tanggal publish, contoh: http://www.namablog.com/tahun/bulan/judul-pos.html

Lalu bagaimana cara membuat pages menu? Berikut langkah-langkahnya:

a. Masuk ke menu Pages.
b. Kemudian klik New Pages seperti gambar di bawah ini.


c. Pada dasarnya cara penulisan untuk pages ini hampir sama seperti membuat postingan baru di blog, tetapi tidak akan langsung muncul di halaman blog. Lalu bagaimana cara menampilkannya di halaman blog? Yuk, baca terus sampai habis postingan saya kali ini hihi...



Nah, jika sudah berhasil membuat pages. Yuk, kita mulai untuk menampilkan pages tersebut dihalaman blog. Caranya gampang banget, jika kamu sudah mengerti di tutorial saya yang nomor 5 di atas yaitu cara memasang widget pasti kamu langsung bisa.

Cara Memasang Widget Pages di Blogger.com

a. Masuk ke menu Layout/ Tata Letak, kemudian pilih +Add Widget dan pilih Pages.



b. Maka akan tertampil halaman jendela pages seperti gambar di bawah ini.


c. Kemudian centang pages yang ingin kamu tampilkan seperti gambar di atas, misal Home dan About Me. Lalu klik Save.



***

7| Cara Mengganti Header Blog dengan Gambar

Jika biasanya tampilan deafult header blog hanya terdiri dari tulisan saja, lalu bagaimana agar tampilan header blog menjadi lebih cantik dengan gambar yang cantik pula misalnya. Sebagai contoh header blog dari blog ini yaitu Tulisan dengan format gambar bertuliskan One Taste Millions Story. Lagi-lagi, jika kamu sudah mengerti cara memasang widget pada tutorial yang saya tuliskan di poin ke 5, maka kamu akan dengan mudah mengganti header blog dengan gambar atau tulisan apapun yang kamu suka.

Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengganti judul blog dengan gambar atau tulisan yang kamu sukai:

a. Masuk ke menu Layout/ Tata Letak. Kemudian pada bagian Header kamu klik edit.



b. Maka akan tertampil jendela pengaturan header seperti gambar di bawah ini.



Keterangan:
  1. Untuk mengambil gambar header dari PC kamu.
  2. Pilih "Instead of title and description".
c. Lalu tekan tombol Save.


***

8| Cara Mempercantik Tampilan Blog Blogger.com

Sebenarnya dalam beberapa postingan saya sebelumnya saya sering juga membahas bagaimana cara mempercantik tampilan blog untuk blogger.com. Nah, diantaranya yang bisa kamu ikuti adalah beberapa tutorial di bawah ini. Silakan dicermati dan diterapkan di blog kamu ya, tentunya jika memang kamu perlukan.

OK deh, mungkin segitu dulu panduan ngeblog dengan Blogger.com Untuk Pemula yang dapat saya tuliskan kali ini. Semoga bermanfaat ya :).



48 comments:

  1. Rada terganggu dgn post yang "Handriati kece "
    Abis ini gk diajarin lagi ngblog.. *Peace* 😄

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget Mbaaaak :D

    Aku juga pake blogger.com karena gampang banget dipakenya buat pemula. Costumize nya juga ga ribet dan banyak pilihan buat mempercantik :D

    ReplyDelete
  3. Makasi mba sangat bermanfaat :) langsung praktek ^^

    ReplyDelete
  4. Lengkap banget. Makasih, Mbak. Sy share buat teman yang mau belajar ngeblog ya, Mbak :-)

    ReplyDelete
  5. wwah kap lengkap...aku share yaa...banyak yg tanya aku gimana caranya negblog *terutama temen2 kantor, dan waktu aku bilang bla bla bla...mereka bingung. dan saya merasa ga sanggup bikin tutorialnya hehehe.
    alhamdulillah ada pakarnya yg bikin tutorialnya...aku share ya jeng! nuhun

    ReplyDelete
  6. Dan setelah jago pakai blogspot banyak yg pindah ke wordpress karena katanya lbh SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaa... Dan aku tetep setia pk blogspot wkwkwk...

      Delete
  7. kak, bikin tutorial #topnav-wrapper dongss.. Pliiiiissss!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pernah nyoba modif navbar hahaha...

      Delete
    2. itu menu di atas yang di pake sama blog kak handriati sekarang. Aku suka :D

      Delete
  8. Waaah tutorialnya lengkap dan komplit banget mbak :D

    ReplyDelete
  9. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  10. Wah keren abizz... mau donk mba bikinin pemula untuk Wordpress

    ReplyDelete
  11. sederhana, tapi manis....
    eh, mengena maksudnya :)

    dagung banget bu :)
    Jadi iri bisa posting kek gitu :)

    BTW, aku jg make blogger.com lho..
    #gak nanya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf ada ralat.. maksudnya, DAGING banget bu :)

      Delete
  12. mba, next postingan tentang cara mempercantik, mengedit Simple themes nya BP dongs.... penasaran banget nih, ngedit ngawur2an tapi hasil belum maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. template Blogspot yang judulnya Simple Theme, klo gak salah theme punya Innayah aslinya dari theme Simple.. nah itu aq penasarn bgt cara modifnya biar cakep.

      Delete
  13. Waah, mantap banget ini.. lengkap lengkip deh pokoknya..

    ReplyDelete
  14. wwaaaah blognya hadriati keceeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...demo doang mba...masih kecean mba echa... :D

      Delete
  15. keren banget...ni blognya... terus kreatif ya.. di tunggu postingan terbarunya...

    ReplyDelete
  16. nah ini dia... cocok buat yg nanya ke aku cara bikin blog. kemaren2 aku kasih link youtube aja haha
    makasih sharenya mbak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba inna, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  17. Lengkap banget ini, mbak. Temanku juga agak gatek ngeblog. Baca artikel ini mungkin bisa membantu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipsip... Silakan di share aja mba, siapa tahu bermanfaat :)

      Delete
  18. Eh iya loh samaan mba, teman dekat juga banyak nih yang japri tanya blog itu apaa ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeum... Karena keseringan update status blog jd pd nanya dan minta ajarin hehe... Jd drpd ngejelasin satu2, ditulis aja biar bs bwt smwnya hihi...

      Delete
  19. Tutorialnya lengkap nih... mantap mbak Hand.

    ReplyDelete
  20. Mbak, ajarin bikin yang about me di bagian kanan (yang ada gambarnya itu lho dan ada medsos2nya) dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di poin no. 8, silakan klik no. 5 ya cara membuat about me keren di blog... Sudah saya bahas sebelumnya :)

      Delete
  21. Mba handriaty..dulu sering main kemari, kesininya agak jarang hehe..mks infonya bermanfaat banget mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah knp jarang mba? :)
      Semoga artikel kali ini bermanfaat ya mba, goodluck :)

      Delete
  22. Selalu kece tulisannya, saya masih belum bisa nulis sesimple dan sepadat ini. Seringnya kalau nulis tutorial pembaca pasti pada kebingungan..wakakakakak, da saya mah bingung mau nulis gimana :D

    ReplyDelete
  23. Aku aku aku mau dong jadi blogger kakak hahahahha. Aku mau belajar biar blognya cakep kayak kakak Handdriati. Btw, seneng banyak yang mau mencoba menulis blog, temen - temenku juga banyak yang mau belajar. Tapi sayangnya cuma mau aja tapi ngga jalan - jalan, mereka lebih seneng sama benefit yg didapat rupanya, tapi ngga mau berjuangnya hihihihi. Ya sudahlah, bai.

    ReplyDelete
  24. Waaah keren. Izin share di pageku yaa :)

    ReplyDelete
  25. Kebetulan yah, pas lagi pengen nyoba pakai blogger.com, eh ada panduannya, lengkap banget lagi.
    Thx Mba.

    ReplyDelete
  26. Halo kak Handriati

    Tips dan tutorialnya cukup komplit..

    Saya mah udah jarang otak atik blogger, tapi rasanya kok pengen ke masa lalu ya untuk menulis tips tipsnya menjadi panduan yang berguna buat pengguna yang butuh.

    Kini saya make wordpress mandiri tidak numpang di rumah orang tuanya (blogger atau wordpress ) hehehe..

    Ternyata hidup di blog mandiri lebih enak hehehe

    Keep Blogging Fun

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)