Monday, 17 October 2016

Beberapa Hal Kecil Yang Harus Diperhatikan Saat Akan Travelling


Kalau ditanya spontan kemana kamu akan berlibur? Pasti saya menjawab agak lama soalnya pakai loading mikir dulu hihihi... Apalagi saat ini, duh rasanya masih mimpi deh mau liburan hore-hore. Pasalnya baru punya baby kan shaay, jadinya masih repot sana-sini hoho... Apalagi kalau liburan kan harus dipersiapkan sematang mungkin ya biar gak galau karena biaya gak galau juga liburan itu mau ngapain aja, paling enggak rundown acara liburan sudah tersusun rapih.

Nah, masalahnya mungkin kamu akan berpikir: saya harus ke mana? Tapi, gak usahlah khawatir. Di jaman internet sudah menjadi bagian dari setiap hembusan nafasmu tentu saja mencari sebuah destinasi dengan informasi yang lengkap tidaklah sulit dilakukan. Tinggal buka smartphone, laptop, desktop, apa saja yang kamu punya. Voila! Semua yang kamu inginkan akan muncul. Betul? Tinggal klik klik aja jaman sekarang mah.

dailymail.co.uk
Lalu hal apa sajakah yang harus diperhatikan saat akan travelling? Berikut diantaranya ala saya hihihi...


Pilih Jenis Akomodasi
Indonesia adalah negara yang memilliki sumber daya alam yang sangat kaya. Rasanya memang aneh ya kalau kita tidak memiliki satu referensi pun akan tempat wisata yang indah di Indonesia. Laut? Hutan? Gunung? Lengkap. Berarti sayanya yang kudet nyampe harus mikir kalau mau ditanya mau liburan kemana hahaha... Merencanakan liburan sebenarnya bisa dimulai dengan langkah awal memilih bagaimana akomodasi terbaik untuk liburan kita. Mau ala backpacker atau wisatawan banyak duit? Mau bergaya seadanya atau hipster semua terserah kamu.

Gunakan Online Travel Agent
Saat kamu browsing tempat wisata jangan lupa juga browsing hotel melalui online travel agent. Lalu apa sih online travel agent itu? Online travel agent (OTA) itu semacam travel agen yang sudah kamu ketahui hanya bedanya OTA meyediakan layanan dengan basis digital atau virtual yang semua prosesnya seperti pencarian informasi hotel tertentu hingga proses transaksinya dilakukan di dunia maya. Asyik nggak, sih?

Online travel agencies memiliki tiga fokus yakni yang pertama adalah booking online yang menyediakan layanan pemesanan akomodasi (bisa tiket, bisa hotel). Yang kedua adalah travel review yang berisi pengalaman dan ulasan para traveller saat menggunakan akomodasi tertentu. Dan terakhir adalah online aggregator yakni sebagai pihak yang menggabungkan dua fokus sebelumnya untuk mampu menjadi agen travel virtual yang baik.

Cari Harga Promo
Kamu ngga mau kan selama berwisata harus tidur di jalanan? Nah, berapapun uang yang kamu miliki, kamu akan menemukan harga yang sesuai jika kamu melakukan pencarian hotel melalui online travel agencies. Untungnya kalau pas mereka lagi memiliki harga promo, kamu makin bisa menghemat, bukan? Tapi biasanya kalau kamu pesan pakai OTA bertebaran tuh yang namanya promo, tinggal pilih saja mana yang sesuai di hati hihi...

disparda.baliprov.go.id


Sayang dong kalau informasi mengenai hotel dan tiket terbaik lengkap dan harga dan fasilitasnya sudah kamu dapatkan dari online travel agent tapi kamu belum memiliki tujuan berlibur yang indah?

Pilih Tempat Liburan Yang Diinginkan
Kalau kamu menyukai pantai, kamu bisa mempertimbangkan untuk pergi ke Bali. Semua pantainya indah. Betul? Mungkin tidak selalu eksotis tapi pemandangan dan tawaran hiburannya banyak. Tapi kalau kamu merasa Bali sudah terlalu mainstream, kamu bisa mengunjungi Lombok, atau bahkan Raja Ampat dan Danau Sentani di Papua. Danau Sentani sendiri bukan laut, tapi ia adalah sebuah danau yang sangat luas. Keindahan dan keautentikannya ngga usah diragukan lagi! Bahkan Raja Ampat adalah primadona dari Indonesia untuk dunia yang menawarkan pemandangan bawah lautnya yang luar biasa. (Jadi inget artis yang mau nikah underwater di Raja Ampat, you know-lah hahah...) Selain itu Taman laut Bunaken di Sulawesi Utara juga bisa menjadi referensi yang keren. Ugh, bejibun banget ya wisata Indonesia kita tercinta ini.

gunung-bromo.com


Berwisata menelusuri sejarah Indonesia juga bisa dilakukan jika kamu lebih menyukai mengunjungi situs-situs bersejarah seperti candi. Yang paling terkenal sudah pasti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Bahkan sekarang Candi Ratu Boko yang letaknya berdekatan dengan Candi Prambanan menjadi primadona baru, karena tempatnya yang cantik untuk si penggila foto. Bagaimana kalau selain candi, kamu juga mempertimbangkan berwisata ke Gunung Bromo, Gunung Ijen, Danau Kelimutu, dan lain-lainnya yang intinya sih kamu akan menikmati pemandangan kawah yang sangat cantik.

Duduk berselancar berjam-jam mungkin harus dilakukan meskipun itu hanya untuk mencari informasi tempat-tempat wisata terbaik di Indonesia. Sama seperti duduk berjam-jam berselancar nyari baju di olshop haha... Belum lagi budaya yang ditawarkan oleh Indonesia yang tentu saja merupakan bagian dari komoditas pariwisata itu sendiri.

Tapi, kali ini saya punya tips yang lebih hemat buat kamu yang pengen keliling Indonesia sekali jalan dengan biaya yang sangat murah. Kamu bisa langsung mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Hehe. BTW, selamat merencanakan liburan ya.

Kalau kamu mau liburan kemana?


16 comments:

  1. Kalok aku sik tempat yg dituju lagi gimana keadaannya gitu, Han. Peak season atau low season, atau lagi aman atau enggak.

    Etapi yg paling penting tiketnya murah. Hahah :D

    ReplyDelete
  2. Hahaha, bener juga ya kalau ke TMII semua langsung dapat dari ujung barat ke ujung timur :D

    ReplyDelete
  3. Aku mau ke rumah orang tua aja liburannya hehhe.

    Dufan yooo

    ReplyDelete
  4. Aku pengguna setia OTA mbak :D habisnya mudah, cepat, banyak promo juga. Ealah bisa sambi ini itu pun kalo pake OTA hehehe
    Penginnya sih mau liburan keluarga dekat-dekat ini mbak, ke daerah seputaran Jateng aja. Dari kemarin juga udah searching tempatnya pakai OTA, kali aja dapat harga promo untuk hotel.

    ReplyDelete
  5. liburan ke pantai mbak.... klw gk ke gunung lebih seru heheee
    mungpung belum ada yang ngebuntutin :D

    salam kenal mbak :D

    ReplyDelete
  6. Pilih tempat yg cocok emang penting deh apalagi kalau udah punya anak. Biar gak rempong

    ReplyDelete
  7. Postingannya selalu keren.
    coba berkunjung ke tempat saya. semoga ada yang suka.
    https://goo.gl/IMMiFb
    thanks.

    ReplyDelete
  8. Jadi pingiiiin naik kereta gantung di TMII mba.. Hihi.. :D Semua anjungan di datengin yaa jd berasa keliling Indonesia.. :D

    ReplyDelete
  9. Raja Ampat menjadi next destination tahun 2017 hehehe

    Aku juga sering pake OTA, so far saat ini aman banget :D

    ReplyDelete
  10. nah itu yang penting, pilih tempat liburan yang diinginkan hehhe
    apa ya? bromo deh hehhe

    ReplyDelete
  11. Pake OTA memang lebih enak dan nyaman, pilih tempat travelling jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  12. boleh juga nih dicoba di indonesia nanti, hehe
    buat mbak handriati ditunggu ya travellingnya ke Jepang. nanti saya kasih tahu tempat2 yg bagus di sini

    ReplyDelete
  13. so good informasinya terimakasih banyak :-)

    ReplyDelete
  14. Kalau Traveling yang diperhatikan adalah kecukupan dana langsung berangkat. :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)