5 Fakta & Mitos Seputar Bayi Baru Lahir

Friday, 30 December 2016

5 Fakta & Mitos Seputar Bayi Baru Lahir

Fakta & Mitos Seputar Bayi Baru Lahir - "Hidungnya ditarik-tarik biar mancung", itulah salah satu dari beberapa perkataan orang-orang dekat saya pada saat Abimanyu baru lahir. Apakah benar hal-hal seperti itu bisa terjadi? Selain itu juga, "Angkat jemurannya sebelum jam5, baju bayi pamali diangkat kesorean". Itulah yang mamah saya katakan kalau saya lupa belum ngangkat jemuran baju Abimanyu kalau sudah sore. Padahal mah saya sengaja, kan belum kering nyucinya aja kadang telat jadi ya uda sore belum kering 😅.

Tapi, beneran gak sih yang dikatakan oleh orang tua tentang hal-hal tersebut? Cuma mitos atau fakta? Karena kebanyakan kalau ditanya balik, kenapa kok gak boleh atau kenapa kok harus seperti itu kebanyakan pada jawab "Nurut aja apa kata orang tua, pamali!". Nah, kadang susah mendapatkan penjelasan yang logis ya tentang hal-hal tersebut, gak kayak semudah mendapatkan informasi harga hp samsung di google 😜. Tapi, karena saya mah anaknya patuh dan taat ya. Yaudah weee nurut aja gitu 😄.

Jadi, saking penasarannya saya akan hal itu saya mencoba menemukan jawaban melalui google. Dan berikut beberapa fakta & mitos seputar bayi baru lahir yang memang beberapa orang terdekat saya sering mengatakannya:

1. Jemuran bayi harus diangkat sebelum jam5 sore, karena bisa jadi penyakit. 

Fakta atau Mitos? Jawabannya adalah FAKTA!

"De, jemurannya angkat udah mau jam5. Ora ilok, banyak penyakit!". Itulah sepenggal kalimat yang ibu saya lontarkan sering kali ketika saya lupa mengangkat jemuran Abimanyu. Kalau ditanya kenapa paling jawabnya sebatas, "Ora ilok". Saya penasaran dong ya, kenapa gitu gak boleh?

Konon katanya setelah saya searching digoogle dan mendapatkan jawaban dari beberapa artikel, hal ini bisa jadi fakta kalau kita menjemur baju bayi diluar ruangan atau dihalaman rumah. Karena kalau terlalu sore atau pergantian siang dan malam biasanya banyak serangga beramai-ramai meninggalkan sarangnya. Sehingga bisa saja menempel ke pakaian bayi tersebut. Nah, jika jemuran bayi kita belum diangkat besar kemungkinannya para serangga yang membawa serbuk sari tersebut menempel pada baju. Hal ini bisa menimbulkan gatal-gatal atau bersin-bersin pada bayi, apalagi pada bayi yang memang memiliki alergi.

See? Jadi buibu, mulai sekarang kalau sudah mau magrib masih jemur pakaian bayi diluar rumah buruan diangkat ya. Taruh dalem rumah gitu diangin-anginin aja hehe...

2. Tarik-tarik hidung bayi kalau ingin mancung.

Fakta atau Mitos? Jawabannya adalah MITOS!

"Tarik-tarik hidungnya biar mancung", iyakah? Bukannya kalau mancung atau tidaknya seseorang itu adalah faktor genetik ya? Tapi saya mah tetep sih usaha, ditarik-tarik aja hidungnya pelan-pelan. Kan siapa tahu bisa semancung artis korea kan ya. Usaha jeung usaha! 😝

3. Bayi jangan diajak ke luar rumah apalagi jalan jauh sebelum berusia 40 hari.

Fakta atau Mitos? Jawabannya adalah FAKTA!

Kalau yang suka baca blog saya pasti tahu ya kalau saya beberapa waktu yang lalu melahirkan Abimanyu di Yogyakarta. Sedangkan saya warga Ciamis Jawa Barat yang super duper manis *huek* 😎. Nah, sebelum Abimanyu berumur satu bulan saya sempat ingin membawanya pulang. Saya sempat sih konsultasi dulu sama dokter, kata dokter lebih baik menunggu satu bulan atau 40 hari dulu. Takutnya bayi-nya kecapean karena perjalanan jauh, karena bayi kan masih rentan virus/ penyakit ya. Bayi yang usianya masih dalam hitungan hari memiliki daya tahan tubuh yang rendah, jadi kemungkinan tertularnya penyakit atau masuknya virus itu mudah sekali.

Tapi, untuk hal ini balik lagi ke gimana ortunya sih ya. Banyak dari teman saya bahkan beberapa orang tua yang sudah mengajak bayinya yang baru berusia satu minggu keluar rumah. Tapi ya gak papa juga. Yang jelas, orang tua tau yang terbaik buat anaknya lah ya 😙.

4. Gurita mencegah perut buncit.

Fakta atau Mitos? Jawabannya adalah MITOS!

Abimanyu saya pakaikan gurita hanya kurang lebih satu minggu. Selebihnya no gurita no kaos dalam, jadi langsung saja pakai baju gitu. Alhamdulillah sih perutnya gak buncit. Bahkan menurut dokter dan suster yang ada di RS tempat saya melahirkan, gausah dipakaikan gurita toh tidak ada manfaatnya. Mungkin membuat hangat tubuh saja, tapi kemungkinan akan membuat bayi kesulitan untuk bernafas.

Tapi lagi-lagi soal ini, ambil positifnya saja sih ya. Mungkin kalau bayinya kedinginan ya pakaikan saja gurita, asalkan tidak terlalu kencang soalnya kan kasian juga kalau kekencengan nanti kesuliatan untuk bernafas.

5. Tempel uang logam pada pusar bayi supaya tidak bodong.

Fakta atau Mitos? Jawabannya adalah MITOS!

Alhamdulillah pusar Abimanyu tidak bodong walaupun tidak ditempelin uang logam. Sah-sah saja sih untuk melakukan semua itu, toh juga gak ada salahnya kan? Tapi, konon katanya gak ada hubungannya antara bodong dan ditempelin uang logam. Karena pusar bayi menonjol atau sering disebut bodong karena bayi sering menangis atau "ngulet" (Apa bahasa indonesia yang baik dan benar untuk ngulet? 😄). Karena otot dinding perut bayi masih lemah sehingga bisa mempengaruhi bentuk pusar, nah seiring aktifnya bayi ngulet-ngulet maka bentuk pusar pun juga akan mengalami perubahan. Konon katanya begitu ya buibu.

Kalau menurut saya pribadi sih ya baik mitos maupun fakta ya ambil positifnya saja. Kalau memang baik buat si bayi walaupun itu mitos ya kenapa enggak, kan? Lihat juga sih kondisi si bayinya bagaimana, sekali lagi dikondisikan lah ya. Toh tiap anak beda-beda bawaannya.

Jadi buibu, ada yang mau nambahin fakta atau mitos yang beredar dilingkungan buibu gak nih? Ayo dong sharing! Tulis di kolom komentar ya 😘.



29 comments:

  1. Mitos no. 4 nya. 😂😂😂 kayanya mahmud udah pada tau ya kalo ga jamannya lagi pake gurita. Tapi mama papaku pas keponakan lahir tetep kekeuh nyuruh kakak pakein gurita. 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, mamaku juga. Tapi untung gak maksain hehe...

      Delete
  2. Mitos no 2, emang bisa jadi mancung kalau di tarikin gitu? hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah hahhaa... kan bukannya faktor genetik ya mancung apa enggaknya xD

      Delete
  3. aku malah g pake gurita :v :v lupa makein wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma semingguan pake, trus lepas... Untung gurita lungsuran, soalnya ga niat pakein gurita jadi gak beli wkwkkw

      Delete
  4. Cuma satu bulan si Michan kupakaikan gurita. Kalau dia dingin, aku pakaian baju tebal. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, kalau dingin tak pakein baju panjang xD

      Delete
  5. Ada satu mitos lagi, taro bangle atau bawang putih di deket bayi. Konon katanya wangi bayi dan ibu hamil itu mengeluarkan harum yg menggoda bagi makhluk halus.

    Allahualam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya itu mba, sampe anakku dikasih dingoblenge namanya sm omanya...ya buat mencegah sihir2 gitu... Allahualam, cm tak pakein sebulan trus tak lepas kasian anakknya risih soalnya bentuk gelang gt hahaha...

      Delete
  6. Kalau ini gimana, Mbak? Taruh gunting di sekitar bayi biar gak diganggu makhluk halus. :'D Mbah ku dulu malah selalu gantung samurai di dinding kamar cucunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gtw juga mba, tapi emang ada yang kek gitu ditempetku. Mamaku malah harus naruh sapu lidi dibawah tempat tidur hohoho...

      Delete
  7. Aku juga suka narikin hidung anakku biar jadi mancung. :'D

    ReplyDelete
  8. Belum punya bayi, jadi pas baca ini manggut-manggut aja mbak. hehehe :D

    ReplyDelete
  9. bodong pake uang logam itu ga boleh katanya kan ga steril mba uangnya malah ntar jadi infeksi xixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeum mba, takutnya uang logamnya itu banyak kumannya jadi gak steril deh hehe...

      Delete
  10. Ngulet=merenggangkan badan? Hahaha

    ReplyDelete
  11. dan amsih banyak mitos lain ya hahhaa. kayak makek gunting kuku dicantolin di baju ibunya

    ReplyDelete
  12. Hahahah aku ngga percaya semua mitos diatas, kecuali narik2 hidung XD
    Sampe sekarang sih aku suka narik2 idung Raya biar mancungan.. malah tergoda buat ngejepit pake jepitan jemuran huakakakka XD

    ReplyDelete
  13. Anakku dulu dipakein grita mulu, katanya kalau gak dipakein perutnya bakal gede terus. Padahal sih enggak ya? Aku pakein cuma pas cuaca dingin supaya anget doang, itu juga gak seret.

    ReplyDelete
  14. Masalah pakai gurita sih saya dulu ketika Marwah bayi pake, tp longgar. alasannya biar ga cepet masuk angin hehe

    ReplyDelete
  15. Wow, saya jadi banyak belajar tentang dunia perbayian :D Yang mitos memang sebisa mungkin ditinggalkan aja ya :D

    ReplyDelete
  16. kepala bayi dilurusin kl dia boboknya nengok terus. fakta. gara-gara kePDan anak nyaman dg satu posisi tidur; sulung saya peyang mbak. duuh...untung sekarang udah ga tll kelihatan lagi.

    ReplyDelete
  17. wkwkwkwk, bisa jadi referensi nih bila suatu saat nanti punya anak... :D makasih kakak

    ReplyDelete
  18. Tempelkan kunyit yang sudah ditusuk dengan peniti pada baju bayi. Konon katanya cara ini bisa menjauhkan roh jahat. Kata mamaku yang aslinya orang minang. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)