Kenapa HP Buatan Cina Harganya Lebih Murah?

Thursday, 16 March 2017


Kenapa HP Buatan Cina Harganya Lebih Murah? - Ditengah maraknya persaingan smartphone di era digital ini, maka harga pun biasanya turut berlomba-lomba mengikuti kualitas. Kualitas berbanding lurus lah ya dengan harga. Tapi tiba-tiba ketika saya searching tentang hp murah tapi berkualitas, kebanyakan yang muncul memang hp dengan brand buatan Cina. Iyes, hp Cina se-terkenal itu di mba google harganya lebih murah gaes.

Kebetulan saya sedang mencari hp untuk sodara saya dengan budget sejutaan tapi spesifikasinya lumayan bagus dan kekinian. Salah satunya yang menarik perhatian saya adalah Lenovo. Ya, harga Lenovo di online shop itu kisaran sejutaan dan spesifikasinya cukup OK. Jadi, saya fikir masuklah dengan budget saudara saya itu. Setelah skrol-skrol online shop, kenapa Lenovo kok harganya murah-murah ya? Alhasil saya penasaran terus ngepoin alasannya di mbah google.

Jadi ternyata Lenovo merupakan brand asal Cina, HAH? Lenovo dari Cina toh? 😅 Saya fikir bukan, ah kudet amat saya nih ya 😀. Jadi, emang ternyata selain di Cina Lenovo sendiri punya kantor di Amerika sono. Nah, terus kenapa harga hp lenovo yang notabene-nya hp buatan Cina harganya lebih murah?

Berikut adalah beberapa alasan yang menjadikan mengapa hp buatan negeri Tiongkok ini harganya jauh lebih murah:

1| Tenaga Kerja Murah
Salah satu alasan paling umum kenapa hp buatan Cina lebih murah adalah biaya produksi yang rendah untuk tenaga kerja. Karena upah tenaga kerja di Cina termasuk dalam jajaran yang paling murah di dunia. Nah, upah yang cukup murah inilah yang berdampak pada murahnya harga produk Lenovo yang ditawarkan. Maka, tak heranlah kalau harganya lebih murah.

2| Berteknologi Tinggi Tapi Tidak Revolusioner
Produk Lenovo dan beberapa produk Cina lainnya biasanya dibekali dengan spesifikasi murah namun tetap berkualitas. Misalnya. kalau produk Android dengan pasaran menengah ke atas biasanya dibekali dengan prosesor Exynos tidak demikian dengan produk Cina. Mereka lebih memilih menggunakan prosesor Mediatek yang tentunya lebih murah. Selain itu, Mediatek merupakan perusahaan hardware asal Cina sehingga bisa mensubsidi produsen-produsen hp di Cina tentunya dengan harga yang murah juga.

3| Pemasaran Secara Online
Hal lain yang cukup menentukan mengapa harga hp lenovo asal Cina ini murah adalah pemasarannya yang dilakukan secara online dengan menyasar E-Commerce sehingga cukup menghemat dompet. Jadi, gak perlu over budget untuk membayar iklan di media elektronik. Dan jaman sekarang memang orang-orang lebih senang belanja secara online, karena biasanya harga gadget untuk online itu banyak promo dan diskonnya.

4| Marketing Cost Yang Murah
Karena pemasarannya secara online itulah, maka hp buatan Cina cenderung lebih murah. Mereka tidak butuh model ataupun pembuatan iklan untuk memasarkan produk mereka. Selain E-Commerce memanfaatkan jejaring sosial tentunya menjadi hal yang sangat efektif, karena dapat menjaring konsumen walau dengan biaya yang cukup murah. Jaman sekarang memang branding melalui media sosial lebih ampuh ya.
Nah, itulah beberapa alasan yang saya temukan di google mengenai kenapa HP Lenovo murah. Salah satu alasannya ya karena lenovo ini diproduksi di negeri Tiongkok tersebut. Yang jelas sih kalau memilih hp sesuaikan budget dengan kebutuhan ya, karena kalau kamu cuma pakai hp hanya untuk telpon dan smsan mah ngapain juga keleeeuuus beli hp yang canggih nan mahal yang pakai touch screen segala hahaha...

Jadi gaes, apakah kamu penyuka hp Cina dengan spesifikasi mumpuni tapi murah juga? 😄



16 comments:

  1. Untuk hp pun, produsen Cina membuat barang di harga yang murah ya. Rupanya image mereka sebagai negara produsen barang barang murah juga diberlakukan untuk mobile phone dan barang warna elektronik lainnya.

    ReplyDelete
  2. Murah tapi nggak murahan :D

    ReplyDelete
  3. Saya pakai Oppo mba, gak kalah tuh sama iphone kamera dan performanya. :D

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  4. Iyes! Harga lenovo memang bikin greget mbak..

    Tapi skrg gk boleh disangkal jg ya.. Ada copasser iphone yang punya spek keren tapi harganya murmer gila... Dan dia adalahhhh... Jeng jeng jeng! Xiaomi.. Hahahhaha..

    Oh iya, untuk antisipasi, mungkin sebentar lg Indo akan kembali diserbu smarrphone China mbak.. Keren keren hapenya.. Sebagian dari perusahaan baru, ada Geotel, Ulephone, dana Elephone.. Kita lihat saja... Jheheh

    ReplyDelete
  5. suka! aku pakai xiaomi kok hehehe ga kalah sama hp ku satu lagi yang samsung :D

    ReplyDelete
  6. Sebenernya tertarik banget buat mencoba pakai hp cina. Tapi aku rewel ke tampilan sih. Apa ya, interface (sok tau mode: on)? Sampe sekarang belum menemukan hp cina yang pas di hati.

    ReplyDelete
  7. OH ternyata itu ya alasannya. Pernah pakai HP Cina tapi cuma bertahan sebentar ^^

    ReplyDelete
  8. Oooalah iya juga ya, udah gitu kalau jualnya selundupan,,,makin murah

    ReplyDelete
  9. Skr sih aku memang lg pake hp china jg mba :p ama korea :D. Dan ampe skr bgs2 aja.. Udh ga masanya lagi skr hp hrs iphone kalo aku :p.. Toh 2-3 thn aku biasanya udh bosen dan ganti yg baru.. Jd ngapain beli yg mahal2 :D

    ReplyDelete
  10. Sekali pake lenovo,pinjen punya ponakan...kameranya ok,hasil bagus.

    ReplyDelete
  11. Aku pakai hp Cina juga tp namanya rasa jowo, pas ditanya hpnya merk apa, malah balik nanya Oppo? Ditanya lagi, masih aja nanya balik oppo?
    Yo wes lah. Tp betewe aku baru tau, lenovo merk Cina ternyata.

    ReplyDelete
  12. aslinya dari dulu jatuh cinta sama hp Sony, tapi setelah nggak terdengar lagi kabarnya ya uda ke cina dech :)

    ReplyDelete
  13. Aku pake hape China jg nih mba Han.. Xiaomi Hihi.. Udah mau setahun ini. Semogaaa awet.. Oke juga harganya gak terlalu mahal kualitasnya bagus.. :) Btw aku kok yo baru tauuu kalo Lenovo pun hape China, aah kudet pun akuuu..

    ReplyDelete
  14. Hape cina udah sering dipake kebanyakan orang memang. Apalagi karena harganya yang murah trus ada pula yang keren kualitasnya. Jadi yaaa mau buatan manapun kalau cocok sama kebutuhan dan dana, nggak apa apa lah ya.

    ReplyDelete
  15. Hp akuh lenovo, tapi alhamdulillah tahan banting udah jatoh berapa kali padahal, iya tenaga kerja di china emang murah bgt, jd produknya bisa murah jg, sampe ada yg bilang kalau produk china itu suka merusak pasar, wkwkwk

    ReplyDelete
  16. hp china sudah hampir dipakai oleh seluruh orang, apalagi semenjak kemunculan xiaomi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)