ASUS EeeBook E202, Laptop Yang Saya Butuhkan Saat Ini!

Tuesday, 20 June 2017


ASUS EeeBook E202, Laptop Yang Saya Butuhkan Saat Ini! - Semenjak mempunyai anak, saya jadi jarang sekali bisa berlama-lama di depan komputer. Saya harus selalu mengawasi anak saya yang aktif kesana kemari ataupun menemani waktu anak saya sedang tidur. Sebagai seorang blogger dan aktif di media sosial, tentu saja saya pun harus melek akan teknologi. Sedangkan terkadang tidak semua hal bisa dilakukan dan dikerjakan dengan smartphone, saya tetap saja butuh laptop untuk sekedar menyimpan data, menulis artikel ataupun mengedit gambar. Walaupun semua sekarang bisa saja dilakukan melalui smartphone, tapi bagi saya kepuasan tersendiri apabila bisa mengerjakannya melalui layar desktop.

Walaupun bukan seorang pekerja yang mobile, sebagai ibu rumah tangga saya juga terkadang bisa dibilang harus siap untuk menyelesaikan tugas postingan blog ataupun editing foto dengan cepat dan tepat kapan pun dan dimanapun.

Apalagi mata saya silindris, berlama-lama menatap layar smartphone dengan dimensi 5,5 inch bisa membuat perih dan kurang nyaman rasanya. Maka dari itu saat ini saya ingin sekali memiliki laptop yang compact dan mudah untuk dibawa kemanapun yang dapat mendampingi saya bekerja disela menemani anak bermain.

Alhasil saya berdiskusi dengan suami, kira-kira laptop seperti apa yang pas untuk saya. Tentu saja dengan budget yang terjangkau pula. Karena saat ini saya menggunakan Mini PC Desktop ASUS D320SF, yang sudah bisa mengcover segala macam pekerjaan yang saya dan suami lakukan. Maka suamipun menyarankan kenapa tidak untuk membeli ASUS lagi saja. Laptop terdahulu saya juga ASUS, dengan seri Vivo Book S200E dan sekarang sedang dipakai suami untuk pekerjaannya yang mobile. Dan so far so good.

Setelah searching laptop ASUS dengan spesifikasi yang saya butuhkan, maka suami saya pun menyarankan saya untuk melihat-lihat review ASUS EeeBook E202. Karena selain harganya yang cukup terjangkau, desain, teknologi dan baterainya pun memenuhi kriteria apa yang saya mau. Yang nantinya bisa dipakai bergantian untuk di bawa kerja suami saat dinas. Ya, karena dimensinya yang ramping sehingga ringan untuk dibawa-bawa.

Setelah saya telusuri, ternyata lumayan juga spesifikasinya. Dengan harga yang terjangkau ASUS EeeBook E202 ini mempunyai spesifikasi melebihi ekspektasi saya. Sekilas saya coba gambarkan melalui gambar di bawah ini.


Bisa dibilang dengan harga tiga jutaan dan teknologi yang disematkan, ASUS EeeBook E202 worth it to buy ya. Sebenarnya tidak hanya bagi saya yang seorang ibu rumah tangga, bagi seorang pelajar ataupun mahasiswa bahkan pekerja sekalipun ini sudah lebih dari cukup. Asal pekerjaannya tidak untuk render video atau vlog yang berjam-jam saja ya hihihi 😁.

⇀ Desain yang compact. Dengan bobot 1,21 kg dan dimensi 193 x 297 mm dengan layar 11,6 inch, ASUS EeeBook E202 ini tidak lebih besar dari kertas A4. Ini salah satu faktor yang saya suka, karena saya bisa menentengnya kemanapun. Selain itu bisalah untuk masuk tas saya yang saat ini sudah di dominasi oleh barang keperluan anak 😅.

Tidak dipungkiri juga ya, sebagai wanita mempunyai gadget yang fashionable merupakan kepuasan tersendiri. Terutama dari segi warna, sepele sih tapi kadang sensitif lho. Terkadang juga gadget dengan warna yang cantik bisa menambah tingkat percaya diri kita beberapa persen 😂. Karena bisa jadi properti foto untuk keperluan update feed Instagram 😍. Notebook yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS ini tersedia dalam pilihan warna Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge.

Selain tampilan, inti dari keinginan saya ingin memiliki laptop seperti yang sudah saya sebutkan di atas adalah supaya saya bisa bekerja sembari mobile mengawasi anak saya yang beranjak besar. Sehingga dibutuhkan laptop dengan daya tahan baterai dan performa yang baik pula. Supaya tidak terlalu sering mengisi daya dan efektif saat digunakan.

⇀ Baterai yang tahan lama. ASUS EeeBook E202 ternyata mempunyai baterai dengan daya tahan yang cukup lama hingga 8 jam. Sejauh yang saya baca kenapa bisa tahan selama itu kemungkinannya adalah karena komponen prosesor Intel Celeron Dual Core N3060 generasi kelima atau Braswell yang digunakannya, prosesor Intel Intel hemat daya yang menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam, dan memiliki port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu, karena  USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0. Kemudian memiliki nilai Thermal Design Power (TDP) yang kecil, yakni hanya sebesar 6 watt. Rendahnya konsumsi daya itu membuat kapasitas baterai tidak cepat terkuras.
Salah satu yang juga unik adalah ukuran charger yang digunakan oleh ASUS EeeBook E202, tidak lebih besar daripada kartu kredit dengan panjang hanya sekitar 5 mm. Nah, ini saya senang sekali karena bisa ringkas masuk tas saya, sehingga travel friendly sekali.

Sebenarnya yang dituntut untuk kerja cepat tidak hanya pekerja ataupun pegawai kantoran saja, tetapi ibu rumah tangga juga sebenarnya lebih dituntut untuk bisa mengerjakan apa saja dengan cepat dan tepat sehingga bisa memanfaatkan waktu se-efektif mungkin.

⇀ Menggunakan USB 3.1 Type-C. Bicara soal USB 3.1 Type-C yang memiliki bentuk simetris sehingga mudah digunakan, ASUS EeeBook E202 juga dilengkapi dengan USB 3.1 Type-C yang diketahui dapat mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 5Gbps, sehingga proses pemindahan berjalan lebih cepat.  Fitur ini juga membuat E202 menjadi notebook 11,6 inci pertama di dunia yang menggunakan teknologi USB 3.1 Type-C di dalamnya.


Sedangkan pekerjaan saya kebanyakan adalah online dan koneksi sehari-hari saya di rumah menggunakan Wi-Fi, maka dari itu kecepatan sebuah koneksi juga tidak lepas dari kemampuan gadgetnya itu sendiri. Saya sih masih tidak habis fikir saja, kalau dengan harga 3 jutaan ASUS EeeBook E202 dibekali dengan kemampuan yang anti mainstream yaitu menggunakan teknologi jaringan nirkabel berstandar 802.11ac dan Bluetooth 4.0.

ASUS mengimplementasikan teknologi terbaru lewat hadirnya WiFi 802.11ac ini artinya user dapat merasakan kecepatan transfer data yang lebih cepat hingga 2.8x lipat dibanding dengan laptop lainnya yang masih menggunakan standar Wi-Fi lama.

⇀ Chiclet Keyboard & Touchpad Multitouch. Selain dari teknologi pendukung seperti yang saya sebutkan di atas, saya juga memperhatikan kecepatan dalam pengetikkan. Terlebih untuk pekerjaan saya yang kebanyakan menulis di blog. Saya terbiasa mengetik dengan 10 jari aktif semua bahkan saya jarang memperhatikan keyboard jika mengetik. Saya fokus terhadap layar monitor, sedangkan jari-jari saya sudah lihai dengan huruf, angka dan simbol-simbol di keyboard. Tetapi, semua itu akan terasa nyaman jika di dukung dengan keyboard yang nyaman pula.


Dan ternyata setelah saya perhatikan ASUS EeeBook E202 memiliki desain keyboard yang nyaman, karena dirancang dengan fitur chiclet. Jarak antar tombolnya adalah 1,66mm sementara luasnya secara keseluruhan yakni 268mm. Dengan spesifikasi tersebut, membuat pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman dan akurat. Dan ini cukup untuk membuat jari-jari saya menari dengan indah (tsaaah 💃). Bahkan katanya bisa tahan sampai 10 juta kali pengetikan.

Disamping keyboardnya yang di desain supaya nyaman untuk digunakan, ASUS EeeBook E202 juga diklaim mempunyai desain touchpad yang tingkat sensifitas dengan akurasi yang tinggi mirip dengan layar smartphone dan ditambah lagi memiliki fitur teknologi smart gesture yang memiliki banyak fungsi selayaknya layar smartphone. Diantaranya, zoom in/ out, drag, page scrolling, execute cortana. Selain itu laptop ini juga memiliki ukuran touchpad yang 36% lebih besar dibandingan laptop sejenis yang berukuran 11,6 inch.

⇀ Desain tanpa kipas, sehingga tidak bising. Kemudian, yang membuat saya tertarik lagi ternyata laptop ini fanless desain sehingga tidak menimbulkan suara bising saat sedang digunakan. Ini adalah salah satu yang saya butuhkan, suara yang sunyi saat bekerja sembari menunggu anak tidur agar tidak menganggu waktu istirahat anak. Alasannya karena rendahnya tingkat TDP tersebut membuat laptop ini tidak menghasilkan panas yang tinggi. Dengan demikian, tidak perlu menggunakan pendinginan berbasis kipas.

⇀ Teknologi ASUS Splendid & SonicMaster. Saya itu anaknya multimedia oriented, jadi segala yang berbau multimedia seperti video, audio dan tampilan layar saya perhatikan sekali. Dan ternyata Selain telah mendukung resolusi HD (1366 x 768), ASUS EeeBook E202 ini juga dilengkapi dengan teknologi ASUS Splendid dengan sistem vivid. Kabarnya teknologi ASUS Splendid ini dapat secara otomatis mengoptimalkan semua gambar dengan akurasi warna yang lebih baik sehingga dapat menghasilkan display yang lebih kaya dan warna yang lebih dalam.


Saya memang dari awal menggunakan ASUS sudah suka dengan audio yang dihasilkannya. Karena ASUS membekali setiap gadgetnya dengan Teknologi SonicMaster yang dikolaborasikan dengan ASUS Golden Ear team sehingga dapat menghasilkan suara yang detail dan jernih tanpa perlu tambahan speaker.

Saya rasa poin-poin spesifikasi yang terdapat pada ASUS EeeBook E202 amat sangat cukup ya untuk kebutuhan saya saat ini. Selain itu juga saya tidak perlu khawatir soal kapasitas penyimpanan data saya, karena laptop ini mempunyai perangkat penyimpanan berbasis Hard Disk Drive (HDD). Ukurannya pun relatif lega, mencapai 500GB. File foto dan video saya untuk keperluan blog cukup aman disimpan di EeeBook E202, gak terlalu khawatir soal kapasitas.

Nah, sekarang yang harus saya lakukan adalah mengumpulkan uang supaya bisa terkumpul dan membeli laptop untuk keperlukan blogging saya ini. Supaya semakin produktif menghasilkan postingan yang bermanfaat untuk para pembaca www.handdriati.com 😘. Biar gak ada alasan lagi  untuk tidak bisa duduk berlama-lama di depan komputer 😅.

Semoga ya bisa terkabul secepatnya, syukur-syukur artikel ini bisa jadi jawara di Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com. Amin 😇. Mohon do'anya ya 😘.


Source:
https://www.asus.com/id/Laptops/E202SA/
http://sobathape.com/2016/11/03/asus-e202-notebook-116-inci-penuh-warna-dengan-baterai-8-jam/



10 comments:

  1. Wah keren juga asus ini, teman saya juga punya, bobotnya ringan sekali, mudah di bawa kemana mana. kangamir dot kom

    ReplyDelete
  2. Untuk urusan ngeblog secara mobile memang notebook ya andalannya. Aku suka sama ukurannya yang tidak terlalu besar.

    ReplyDelete
  3. Aku mupeng sama baterainya yang tahan lama itu lho mba handdriati, kalau seharian di kantor bisa gak perlu bawa carge karena beraat

    ReplyDelete
  4. Pengen banget punya laptop kek gini. Bisa utk mobile, ringan n baterainya tahan lama lagi. Mudah2an bs kecapai deh hasrat utk memilikinya

    ReplyDelete
  5. Mupeng sama bentuknya, yang bisa dibawa kemana-mana.. btw, aku baru tau ada lomba blog ini, jadi kepengin ikutan mak :D

    ReplyDelete
  6. Ini notebook emang kece banget yah Mbak, idaman! :D

    ReplyDelete
  7. Boleh dong netbook nya, gahar untuk blogger, kunbal y

    ReplyDelete
  8. Semangat mbak, semoga berhasil. dan bisa ngeblog happy dengan ASUS

    ReplyDelete
  9. Bener mbak. Cocol nih dobuat kerja sambil nemenin abim maen. Gak berisik soalnya ^^

    ReplyDelete
  10. produk asus emang keren nih, desain minimalis kualitas maximalis harganya juga ekonomis

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)