Kamu Sering Mainan Handphone? Hati-hati Terkena De Quervain Syndrome!

Thursday, 6 July 2017

De Quervain Syndrome

Kamu Sering Mainan Handphone? Hati-hati Terkena De Quervain Syndrome! - Beberapa waktu yang lalu setelah melahirkan Abimanyu, pergelangan tangan saya terasa sakit terutama pada bagian pergelangan yang berhubungan langsung dengan ibu jari. Saya fikir hanya terkilir biasa dan nanti juga sembuh. Tapi ternyata lama-kelamaan sakitnya semakin menjadi, seperti tulang pergelangan tangan saya itu posisinya tidak pada tempatnya. Atau kalau orang Sunda bilang "misalah".

Sudah dipijit ke tukang urut sampai 5x pun belum kunjung sembuh nyerinya. Akhirnya saya memutuskan untuk ke Dokter Ahli Saraf. Dan oleh dokter, saya didiagnosa menderita De Quervain Syndrome. Nah loh, apa itu De Quervain Syndrome?

Jadi, kalau menurut Dokter Ahli Saraf yang saya datangi, De Quervain Syndrome adalah peradangan yang disertai rasa nyeri pada tendon dan penutup tendon ibu jari tangan. Sehingga akan terasa nyeri bila kita menggerakan ibu jari tangan ataupun jika memegang atau mengangkat sesuatu.

Kalau digambarkan, letak nyerinya adalah seperti gambar di bawah ini.

http://www.terapisehat.com/2010/08/de-quervain-syndrome-nyeri-dan-radang.html

Jadi, awal saya merasakan nyeri sebenarnya sepele jadi seperti pegal-pegal seperti habis nulis atau mengetik lama. Sering saya pijat dan kasih counterpain awalnya, tapi lama kelamaan nyerinya bertambah sampai pada akhirnya jika saya menggerakan ibu jari tangan kanan saya rasanya seperti mau patah.

Kalau saya browsing-browsing sih, gejala dan tanda bahwa kita terkena syndrome ini macem-macem ya. Dan ini diantara beberapa gejala yang saya alami:

πŸ‘‰ Nyeri di dasar ibu jari. Dan ini saya alami.

πŸ‘‰ Tulang di bagian bawah ibu jari yang berada dipergelangan tangan serasa membesar.

πŸ‘‰ Sulit untuk menggerakan ibu jari, bahkan ruang geraknya pun terbatas dan cenderung gak bisa di puter-puter gitu ibu jarinya. Dan saya mau ngangkat panci aja syusah cyiiin 😭.

πŸ‘‰Suara seperti gesekan saat tendon ibu jari digerakan ke depan dan ke belakang, bunyinya kletuk kletuk gitu.

Nah, selain diakibatkan karena seringnya main handphone, penyebab De Quervain Syndrome ini pun ternyata banyak pemicunya. Sebenarnya De Quervain Syndrome ini dapat menyerang siapa saja, tapi kebanyakan memang menyerang orang-orang yang sering melakukan kegiatan berulang yang bertumpu pada pergelangan tangan . Seperti diantaranya:

✋Seseorang yang sering menggunakan pergelangan tangannya dalam bekerja, seperti: mengetik, menulis, tukang kayu, orang yang sering memainkan alat musik, mencuci piring/ baju, sering mainan handphone ataupun ibu baru melahirkan yang sering menggendong anaknya juga dapat memicu terkenanya De Quervain Syndrome.

Nah, mungkin beberapa diantaranya penyebab yang saya alami adalah karena saya kebanyakan mainan handphone, mengetik dan ibu baru yang sering menggendong anaknya yang bertumpu pada tangan.

✋ Selain itu luka langsung pada pergelangan tangan atau tendon yang dapat membatasi gerak tendon.

✋ Penyakit reumatoid arthritis, asam urat, diabetes dan skleroderma.

✋ Cendera saat sedang berolah raga.

Nah, konon katanya syndrome ini lebih banyak dialami oleh wanita daripada laki-laki. Dengan perbandingan 8 : 1.

Oiya, untuk memastikan saya terkena De Quervain Syndrome atau bukan baik dokter atau fisioterapis saya melakukan tes yang disebut Finkelstain Tes, yaitu menekuk ibu jari yang terkena sindrom ke dalam telapak tangan dan mengepalkan jari-jari di atas ibu jari. Kemudian gerakkan pergelangan tangan. Dan jika gerakan ini menimbulkan rasa sakit maka sudah dipastikan saya terkena sindrom De Quervain. 

Kurang lebih seperti ini gambarannya.
http://www.flexfreeclinic.com/mobile/index.php/detail-artikelx/33-DE-QUERVAIN-TENDINOSIS-TENOSYNOVITIS

Setelah dokter mendiagnosa saya terkena De Quervain Syndrome, akhirnya saya dirujuk untuk melakukan fisioterapi. Dan memberikan beberapa obat penghilang rasa sakit dan obat untuk sendi, tentunya saya minta yang aman untuk ibu menyusui.

Tapi, biasanya kan kalau penyakit sendi seperti ini sembuh kalau minum obat tapi setelah obatnya habis sakitnya datang lagi.

Saya ogah dong kalau kayak gitu mah, terus saya protes sama dokternya. "Dok, nanti kalau obatnya habis apa gak sakitnya datang lagi?". Terus dokternya bilang kalau dosis yang bakal dia kasih adalah dosis rendah dan akan diturunkan secara bertahap.

Saya pun dikasih obat untuk 4 hari dan setelah habis saya harus kontrol kembali.

Alhamdulillah sih setelah melakukan fisioterapi dan meminum obat dari dokter nyerinya sudah tidak terlalu terasa. Tapi memang terkadang, masih sedikit nyeri disaat-saat tertentu.

Nah, bentuk fisioterapi yang saya lakukan adalah infrared yaitu penyinaran menggunakan sinar infrared. Setelah itu pemijatan dengan menggunakan alat khusus saya kurang tahu namanya, waktu itu lupa tanya πŸ˜“. Yang pasti dioles-oles salep semacam counterpain gitu kemudian dipijat-pijat menggunakan alat tersebut. Padahal fisioterapisnya pelan-pelan tapi sakitnya menusuk sampai ke dalam 😒.

Selain fisioterapi, pengobatan yang mungkin dilakukan di rumah dan mudah adalah sering diolesi salep/ balsam seperti counterpain atau semacamnya, direndam di air hangat.

Selain itu, dokter saya bilang kalau sampai nanti tidak kunjung sembuh walaupun sudah diterapi ataupun minum obat maka jalan lain adalah dengan menyuntikkan cairan yang-saya-lupa-tanya-apa-namanya ke dalam tendon. Bahkan jika diperlukan bisa saja dilakukan operasi.

Aih, ngeri kali ya huhuhu.

Tapi, saya mah bandel anaknya. Mainan handphone ya masih jalan, ngetik ya masih jalan, ngangkat-ngangkat Abimanyu ya tetep HAHAHA... Gimana lagi atulaaaah, punya bayi tapi gak angkat-angkat mah siapa yang mau mandiin cobi? 😭

Saran saya ya, buat kamu yang kalau habis ngetik atau mainan HP suka nyeri pergelangan tangannya. Maka, sebisa mungkin sering-seringlah istirahat dan diberi balsam atau yang hangat-hangat. Sebisa mungkin sih kalau memungkinkan berhenti beraktifitas yang memang memerlukan pergerakan tangan yang sering. Supaya sakitnya tidak berlanjut.

***

Alhamdulillah sih, sekarang tangan saya sudah agak mendingan. Walaupun terkadang masih terasa nyeri kalau melakukan gerakan tangan yang refleks karena kaget, ataupun mengangkat Abimanyu yang mulai berat sekarang.

Semoga kita selalu diberi kesehatan ya, biar jalan terus hapean ma ngeblognya HAHAHA... Amin Ya Allah.


Sumber:
https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/tenosynovitis-de-quervain
http://www.flexfreeclinic.com/mobile/index.php/detail-artikelx/33-DE-QUERVAIN-TENDINOSIS-TENOSYNOVITIS



32 comments:

  1. aku pernah...trsu bener2 ngurangin main hape pke tangan kanan wkwkkw pke kiri deh. kalau problem skrg sering nyeri tulang belikat kanan, efek pegang mouse kayaknya

    ReplyDelete
  2. wahh.. serem ya.. thanks alot for the article! Ini great reminder.. harus kurangin main HP nih.. mnurutku bkn mslh takut kena de quervain aja sih.. tp jg radiasinya itu loh..


    Gracia
    http://www.blossomshine.com

    ReplyDelete
  3. Kayaknya aku kena quervain itu deh mba Han.. Entah bener apa gak, tapi cirinya mirip.. Pernah nyeri juga di antara jempol sama pergelangan tangan, posisinya jg kayak gak pas gitu.. Tapi lama2 ilang sendiri.. Tangan memang butuh istirahat ya, tapi aku pun masih bandel sih hihi..

    ReplyDelete
  4. Aduh, tangan kiri saya gak bisa ditekuk mbak pas ngikutin Finkelstain testnya..tapi awalnya gaada keluhan apa-apa sih, apa cuma asam urat aja kali ya? huhu
    tapi takut euy

    ReplyDelete
  5. Kayaknya semua yang baca artikel ini langsung deh ikutan coba tes Finkelstain Testnya, hehe

    ReplyDelete
  6. Baru tau lho ada sindrom yang begini..kalo belum baca artikel mbak, kayaknya saya bakalan mikir asam urat doang deh, atau misalah, dan malah diurut..hicks

    ReplyDelete
  7. Hikss ngerii. . Aku uda mulai nyeri juga mbak kadang kalau kelamaan chatting ataupun scroll ig dan bw nha mbaak. . :" Makasih sharingnyaaa mbak. Semoga mbak segera sembuh totaal ya. Aamiin. .

    ReplyDelete
  8. Eh, ada juga ya yang kayak gini? Aneh2 aja ya, Mbak, sakit sekarang. Jadi mikir harus benar2 ngurangin pake HP nih sekalipun sebabnya gak itu aja ya.

    ReplyDelete
  9. Apa jangan2 dulu saya juga kena ya? Tulang di bawah jempol mencuat, ciri2nya sih sama. Cuma penyebabnya bukan hape deh rasanya karena gendong si kecil

    ReplyDelete
  10. ternyata sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus, termasauk terlalu banyak mainan hp.. nice info mbak handriati.. salam kenal yaa..

    ReplyDelete
  11. Pernah sih sakit tanganny dlu pas masih kerj berat, berat dalam artian sebenernya pas kerja di pabrik angkat-angkat printer, kalo skrg mh alhmdulillah gk pernah. Semoga cepet sembuh ya sist, syafakillah.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih informasinya mbak. Sangat bermanfaat,karena pasti banyak yg main hape sampe gak kerasa klo mengalami sakit. Termasuk saya. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Saya waktu Hamil kena carpal tunnel syndrome (eh betul tak ya tulisannya), makin menjadi karena pake hp mbak..saya pikir ga bakalan sembuh. Alhamdulillah perjuangan juga, akhirnya sehat kembali

    ReplyDelete
  14. Mainan hp over memang banyak efek sampingnya ya. Pernah ada temen yang jarinya kebas dan kesemutan, tapi lama dan nggak sembuh2.
    Tapi kita kerjanya lewat jari je. Piye dong, wekekek. Moga cepet sembuh ya, Han :*

    ReplyDelete
  15. Duh kebayang ..... ya gimana, ya aktivitas emak-emak kan harus seantiasa menggerakkan pergelangan tangannya, belum lagi aktivitas ngeblog :(

    Moga2 cepat sembuh ya Mbaak.

    ReplyDelete
  16. Saya juga pernah beberapa kali ngerasain jempol jadi pegel2 gak tertahankan gitu. Lalu berhenti main HP dan gak pegang mouse selama 2 hari. Alhamdulillah sembuh

    ReplyDelete
  17. Oalah ini to yang biasanya saya alami kalau baru "manjat" chat WA group yang bisa ribuan chat itu -.-" hehehe. Thanks mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  18. Waaahh... belum pernah ampe ngerasa sakit banget sih, tapi sesekali pegel pasti kerasa, kalo udah gitu didiemin dulu, tapi ntar lanjut lagi karena tergoda notif masuk wkwk.

    ReplyDelete
  19. Aku seharian penuh main handphone sampe kepalaku pusing, tanganku pegal2, dan bikin sakit mata. Apalagi kalo kelamaan berada di layar handphone. Ini aja mataku minus nya semakin parah. Bahkan silinder pun malah nambah. Akibat majn smartphone.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. Wahh ini ak nih ngerasain pegel"tiap hbs main hape dan langsung coba praktek diatas ternyata sakit dikit...yah kena dong aku :(

    ReplyDelete
  21. hiii serem juga ya kalau kena!


    ngeri deh!


    halo ada promo shopee nih

    Gaya untuk main

    https://shopee.co.id/Gaya+Untuk+Main+-col.21359?smtt=1.3098

    ReplyDelete
  22. Ah ga pernah kebayang sih, smoga kt semua ttp sehat, makasi infonya mba^^

    Jika berkenan kunjungi blog saya creatifina.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  23. oh ternyata bahaya juga ya kalao terlalau main hp, harus hati-hati nih

    ReplyDelete
  24. Dapatkan Iphone 6 dengan mengikuti kompetisi blogger Sinyaliti.com
    Info lengkap bisa dilihat di: http://sinyaliti.com/kompetisi-blogger/

    ReplyDelete
  25. Wah bahaya juga nih, musti hati" dan bijak dalam menggunakan handphone . .
    Kunbal y

    ReplyDelete
  26. waduh, jadi ikutan takut terus langsung nyobain fisioterapi kayak yang mbak tulis. Semoga ini cuma parno aja setelah baca artikel ini ya mbak :) *ngeri soalnya baca kata OPERASI* :|

    ReplyDelete
  27. Penasaran, kayanya dulu juga pernah pergelangan tangan sakit banget, cuma belum pernah periksa ke dokter syaraf atau fisioterapis sih, jadi nggak tau masuk kategori ini apa nggak

    ReplyDelete
  28. Saya pernah mengalaminya...baru tahu, terimakasih sekali atas informasinya mbak

    ReplyDelete
  29. Wah... Harus berhati-hati lagi nih... Makasih udah share mba....

    ReplyDelete
  30. Waduh, ada ya De Quervain Syndrome. Terima kasih sudah berbagi. Jadi diingatkan untuk lebih bijak dalam menggunakan handphone :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)