Pengalaman Service Mesin Cuci Samsung Top Loading Tipe WA70V4

Thursday, 3 August 2017


Pengalaman Service Mesin Cuci Samsung Top Loading Tipe WA70V4 - Jadi, beberapa waktu yang lalu tepatnya sekitar 1 minggu sebelum puasa tiba-tiba mesin cuci saya mati. Mati tiba-tiba pas lagi nyuci dan gak bisa dinyalain lagi 😓. Padahal itu cucian menggunung terus terpaksa dong harus dikucek jadinya 😭.

Mesin cuci yang saya punya saat ini adalah mesin cuci otomatis merk Samsung Top Loading Tipe WA70V4. Sudah menemani mencuci sekitar 4 tahunan. Alasan beli dulu karena mesin cuci yang lama sudah udzur karena sudah 20 tahun dipakai merk National, sekarang mah gak ada yah merk itu HAHAHA... Yang kedua kenapa pilih tipe tersebut karena dibanding mesin cuci serupa merk lain Mesin Cuci Samsung Top Loading Tipe WA70V4 harganya waktu itu paling murah di toko tersebut yaitu sekita Rp 2.300.000,- 😋. Ya, maklumlah emak irit tapi pengen praktis dan gak mau ribet kayak saya mah milihnya yang murce ya cyin 😅. Toh fungsinya mah sama MENCUCI 😎.

Nah, setelah kejadian mesin cuci mati bingung dong mau gimana. Alhasil manggil tukang reparasi elektronik yang biasanya juga suka reparasi mesin cuci, kebetulan deket rumah ada. Bilangnya sih sanggup dong, terus minta uang buat beli komponen-komponen yang rusaknya. Eh kok lama lama lama sekali hampir 2 minggu lebih gak kunjung jadi.

Ternyata, katanya komponen Samsung itu susah didapat tidak seperti merk LG dan lain sebagainya. Apalagi ini mesin cuci otomatis, tidak semudah membetulkan mesin cuci yang 2 tabung. Alhasil nyerah itu tukang reparasi, karena bilangnya harus ganti semua modulnya.

Karena saya gak ngerti urusan perelektronikan ditambah lagi tidak ada laki-laki di rumah, yasudah cara terbaik waktu itu adalah dengan menghubungi Call Center Samsung.

Karena saya tinggal di Banjar JABAR maka wilayah Service Center nya masuk ke Tasikmalaya. Disuruh nunggu 1-2 minggu. Etapi ternyata setelah 3 minggu tidak kunjung sampai. Sampai saya telepon Call Center nya 3x coba 😏.

Mana sudah parno ajakan seminggu lagi mau lebaran sodara pada mudik trus kita harus ngucek baju segambreng gitu? Saya mah ogah beneran, capek cyin 😂.

Tapi, akhirnya yang dinanti pun tiba setelah 3x telepon Call Center orang service center nya datang beberapa hari sebelum lebaran tiba.

Ternyata modulnya harus diganti semua dan total biaya sekitar Rp 550.000,-. OK, THR lebaran akhirnya buat bayar service mesin cuci. Alhamdulillah langsung bereeeeeees gak nyampe 10 menit.

***

Nah, untuk beberapa orang dengan kondisi seperti saya tidak ada lelaki di rumah dan bingung mau kemana karena mesin cuci rusak dan tukang reparasi pun nyerah saya punya beberapa tips. Jaelaa tips segala 😇😆.

📌 Segera telepon Call Center Samsung di 0800 1128 888.
📌 Harap diingat tipe mesin cuci yang kamu punya, misal punya saya Samsung Top Loading Tipe WA70V4. Karena pas telepon Call Center pasti disuruh nyebutin tipe.
📌 Jika dalam kurun waktu yang dijanjikan belum juga datang dari service center maka telepon lagi call center nya.

Kurang lebih seperti itu.

Oiya, selain hal-hal di atas saya juga dapat sedikit tips dari orang service center soal gimana cara sederhana merawat mesin cuci otomatis supaya awet. Diantaranya:

📢 Pastikan selalu mencabut colokan listriknya setelah selesai digunakan. Untuk mencegah tegangan listrik yang naik turun, karena itu dapat merusak komponen modul mesin cuci.
📢 Jika mati listrik ditengah proses mencuci, colokan listrik mesin cucinya cabut saja. Nanti gampang untuk dinyalakan kembali dan mengulang proses yang tadi sedang dilakukan, misal mati listrik ketika sedang membilas ya berarti ulang proses membilas.
📢 Usahakan kran/ toren aliran airnya deras, karena kalau aliran airnya kecil maka akan memperlama waktu kerja mesin cuci. Ini pun menjadi salah satu penyebab mesin cuci otomatis cepat rusak.
📢 Berat pakaian yang di cuci jangan melebihi kapasitas mesin cuci, misal kapasitasnya 7kg tapi nyuci bajunya 8kg. Yaeyalah kalau itu mah cepet rusak hihi.

Nah, kurang lebih itulah sedikit cerita Pengalaman Service Mesin Cuci Samsung Top Loading Tipe WA70V4 saya beberapa waktu yang lalu. Walaupun bukan membahas masalah teknis, tapi semoga bisa membantu teman-teman yang kebingungan kalau mesin cuci otomatisnya rusak ya. Terutama yang merk Samsung 😁.

Selamat mencuci! 🙌🙌🙌



7 comments:

  1. Mesin cuciku juga rusak, tapi karena digigit tikus. Hiks... cuma bisa buat ngeringin doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, didapurku juga banyak tikuuusss mba grrr...
      rawan ngrikitin mesin cuci juga :(

      Delete
  2. Tikus memang harus di basmi tpi jga harus jangka lama, kunbal y

    ReplyDelete
  3. Kemudian mikir, mesin cuciku merknya apa yaa.. hahahha kayaknya udah lama banget, alhamdulillah masih bisa dipake sih & karena ditaro dilantai atas jadi insha Allah ngga digigitin tikus XD
    Mesin cuci itu bagusnya berapa tahun sekali ganti apa ganti pas udah rusak aja ya han? #semacamnanyakesalesgini hahahh XD

    ReplyDelete
  4. wah kalau berat pakaian itu sering kulanggar hahha, yang penting muat aja

    ReplyDelete
  5. Ternyata bisa gitu juga ya..

    ReplyDelete
  6. mesin cuci kalau rusak bkin susah aja. Nyuci pakaian hrs pakai tangan T_T

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)