Pregnancy 101: Tips Kehamilan Trimester Pertama

Wednesday, 13 September 2017


Tips Kehamilan Trimester Pertama - Kalau ditanya apa sih yang harus dipersiapkan pada trimester pertama kehamilan? Jawaban saya pasti remeh temeh seperti rajin makan, rajin googling soal kehamilan dan mempersiapkan baju hamil bahahaha... Soalnya kalau hamil sudah besar yang dipikirkan pasti sudah beda lagi dan lebih ke urusan finansial dan anak. Betul?

Pada kehamilan kedua ini saya cenderung santai sih, apalagi ini sudah melewati trimester pertama. Dulu waktu hamil Abimanyu, saya malah kebalik waktu itu mempersiapkan dulu baju anak padahal kan katanya pamali ya kalau belum 7 bulan? Hoho.
Nah, berdasarkan pengalaman saya terdahulu (jaela pengalaman hahaha 😄) kali ini saya mau berbagi tips apa saja sih yang harus dipersiapkan pada kehamilan trimester pertama terutama buat ibu yang baru hamil.

Cekidot 😎!

📚 Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang kehamilan
Ini penting nih buat ibu muda yang baru hamil pertama kalinya, carilah informasi mengenai kehamilan sebanyak-banyaknya. Supaya tahu, gak kagok dan gak panik. Informasi ini bisa didapatkan dari mana saja baik dari internet, buku, orang yang lebih berpengalaman ataupun ahlinya.

Walaupun terkadang antara teori dengan realita sukanya berbeda, tetapi setidaknya kita tahu pertolongan pertama apa yang harus dilakukan jika mengalami sesuatu hal. 

💉 Carilah obgyn yang sesuai di hati
Mulailah untuk mencari dokter kandungan yang sesuai. Kenapa saya bilang sesuai? Karena memang terkadang ada dokter yang kurang pas di hati kan? Jadi, carilah yang sesuai yang sekiranya kamu cocok dan mau melahirkan dengannya.

Sedikit cerita nih, di daerah saya ada seorang dokter yang komersil banget saya tidak mual atau muntah diresepkan obat mual dan muntah. Nah, pas saya bilang tidak mengalami mual muntah terus diganti resepnya obat mual muntahnya dengan obat penguat, lah pan gak banget itu maksa-maksa suruh beli obat 😏. Kemudian bulan depannya saya pergi ke dokter yang dulu langganan saya waktu hamil Abimanyu dan cuma dikasih vitamin kehamilan seperti pada umumnya, ya karena saya sehat dan tidak mengalami mual muntah ataupun ngeflek yang harus minum obat penguat.

Pokoknya kalau dokter meresepkan obat, tanya ya obat apa saja yang diresepkan. Jadi, pastikan datang ke dokter yang tepat dan sesuai di hati ya hihi 😁.

💁 Carilah bidan terdekat
Untuk pertolongan pertama jika urgent atau kamu prepare untuk melahirkan di bidan, carilah bidan terdekat dengan rumah. Dan pastikan kalau bidan tersebut memang berpengalaman ya.

Baca Juga: Apa saja sih tanda-tanda melahirkan sudah dekat?

👗 Mulailah memakai baju yang longgar
Walaupun perut belum kelihatan besar, mulailah untuk memakai baju yang longgar demi kesehatan kandungan kamu. Soal baju hamil saya gak ribet sih ya, yang penting longgar nyaman dan gak panas.

Btw, ngomongin baju melahirkan saya ada rekomendasi online shop yang menjual segala keperluan ibu hamil dan menyusui nih, namanya MOOIMOM. Baju dan celana hamil yang dijual disana tuh enakeun pisan, terus lagi modelnya gak kayak baju hamil atau baju menyusui tapi modis banget. Nih contohnya baju yang saya kenakan.

Gak kayak baju hamil dan menyusui ya? Jadi, bisa tetap dipakai walaupun gak hamil dan menyusui lagi.


Kayak bukan baju hamil kan ya?
Enaknya lagi baju hamil ini sekaligus juga baju menyusui karena dibalik kain hitamnya di desain untuk ibu menyusui, jadi masih bisa tetap terpakai sehabis melahirkan.

Terus ada yang tahu gak kalau jeans yang saya pakai ini jeans buat ibu hamil? Jadi, buat ibu hamil yang pengen tetap pakai jeans daripada dress bisa banget nih. Karena bahan jeansnya cuma sampai bawah pinggang dan sisanya kain lembut untuk membungkus perut kita yang besar.

Numpang foto di halaman rumah orang aja banyak gaya, bumil mah bebas yeee 😆.

Daaaan masih banyak lagi baju menyusui, celana, legging, bra ataupun korset yang dapat dipergunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Dan yang bikin mupeng adalah desainnya modis 😍.

Oiya, lebih lengkapnya bisa langsung cek and ricek ke websitenya Mooimom atau IGnya @mooimom.id atau bisa juga kunjungi facebooknya Mooimom. Saya jadi pengen beli leggingnya lagi nih, soalnya kalau hamil gini enak banget kalau pakai legging enteeeng hahaha 😁.

🍚 Makan dan minum air putih yang banyak
Ibu hamil itu kudu banyak makan atau setidaknya sedikit-sedikit tapi sering, karena makanan yang kita makan tidak hanya untuk kita tapi untuk si jabang bayi juga. Pada trimester pertama merupakan masa pembentukan dari organ-organ penting janin, jadi usahakan jangan malas makan. Kalau misal tidak selera makan, maka perbanyaklah makan sayur dan buah. Dan iya banget semenjak hamil Abimanyu ataupun hamil yang kedua ini saya emang doyan makan, kalau makannya dikit pasti lemes.

Kemudian kalau semisal mabok nih di trimester pertama, usahakan untuk menghindari jenis aneka macam bau-bauan yang menyengat untuk menghindari rasa mual dan muntah.

Apalagi kalau misal mengalami mual dan muntah, perbanyaklah minum air putih ataupun jus buah supaya tidak dehidrasi dan juga dapat mencegah sembelit.

Baca Juga: Menginjak Kehamilan 3 Bulan. Ini Yang Saya Alami!

👯 Bergabunglah dengan komunitas
Bergabunglah dengan komunitas yang membahas mengenai masalah kehamilan, agar dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman dengan ibu-ibu yang lainnya. Nah, dalam komunitas-komunitas ini juga kita harus berhati-hati sebisa mungkin pahami terlebih dahulu rules dalam komunitas tersebut. Kemudian kalau ingin bertanya atau sharing gunakan kata/ bahasa yang lebih sopan atau enak untuk dirasakan, karena ibu-ibu di dalam komunitas ataupun grup biasanya lebih ganasss cuy bisa jadi bahan perdebatan atau war-war-an nanti kalau tidak sepaham hihihi 😅.

Nah, itulah beberapa poin tentang tips kehamilan trimester pertama yang harus diketahui oleh ibu yang baru hamil. Sepele sih, tapi beneran deh membantu banget. Yasudah deh, dicukupkan sekian dulu postingan kali ini.

Atau ada buibu yang mau menambahi dan sharing tentang kehamilan trimester pertama? Boleh banget loh share dikolom komentar.

Buat bumil dimanapun kalian berada, stay strong ya 😘.



26 comments:

  1. Koleksi baju hamilnya cakep2 mba.. Dulu aku klo pas hamil juga senengnya gitu, pke jeans yang ada katunng diperut☺ kelihatan casual n "nggak hamil"

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeum, apalagi bagi pecinta jeans comfort banget deh hihi...

      Delete
  2. aku pas awal hamil rajin banget juga baca-baca info seputar kehamilan. saking banyaknya baca sampai sempat parno. heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, kalau kebanyakan baca yg rada nyeremin emang jadi parno sendiri hoho...

      Delete
  3. Aku punya gamis menyusui yang model kayak gitu,dapet hadiah dari teman dan langsung jatuh cinta. Tersembunyi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi gak ribet harus angkat-angkat baju atau buka-buka kancing hihi...

      Delete
  4. belum punya ih baju menyusui yang kayak gitu. kalo selama ini sih ngandelin jilbab lebar buat 'ngurung' si bayi pas nenen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang aku juga cuma tak tutupin selimut kl gak jilbab mba...
      ayooo kapan2 beli hihihi...

      Delete
  5. Wah baju hamilny bisa jadi rekomendasi nih kalo nanti hamil, gk melulu harus dress atau daster jadinya meskipun hamil masih bisa tampil stylish.
    Thanks tips2nya ya mom.

    ReplyDelete
  6. yess benebeneran mba. paling suka beli baju hamil yang sepaket sama baju memyusui. jadi meski ga hamil lagi bajunya ga segede gambreng. menyesuaikan sama postur. buat menyusui juga bisa dipakai. dan yang terpenting tetap chic.

    pas sekarang ke mana2 sama arsyad dan anak2 pake baju hamil ga kelihatan. hihii.. Bajunya Mba Handriati cakeppp... casuallll dan ga kelihatan baju hamilnya, bisa dipakai sampai anak gede.. hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeeer banget mba, bahannya juga enak enteng...
      jadi gak mubadzir ya kalau beli baju hamil yg all in one hehe...

      Delete
  7. Wedeh, ga keliatan udah mamah2, ky masih abg ajah ceu

    ReplyDelete
  8. masa ini orang hamil kedua? ah bohoong kamu hahah. itu bocah adik kamu kan? hihii stay cute ya ssisst

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahaha...
      akh km bisa aja sist hehhe...

      Delete
  9. aku juga sukanya pake baju longgar dan klo hamil memang selalu cari yang bisa sekalian menyusui hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeum... biar gak boros beli2 baju terus ya mba hihi...

      Delete
  10. Pas menyusui juga masih suka pake baju hamil, longgar dan nyaman. Awal trimester belum pake baju hamil sih, setelah bulan kelima kayaknya baru pake baju longgar-longgar gitu.

    ReplyDelete
  11. bener tuh, cari dokter kandungan yg pas di hai. dulu pernah ke dokter perempuan yg terkenal, tp kok judes banget n buru2.. trus jadi ga sreg n pindah ke dokter lain. cowok sih, tapi orangnya subhanAllah ramaaah banget. jadilah dua anak dua2nya dibantu lahiran sama beliau ^^

    ReplyDelete
  12. Aku baru tau kalau kamu lagi hamil. Selamat yaa Hand. Semoga sehat terus sampai persalinan :)

    ReplyDelete
  13. Aku nyimak aja ya, Teh, soalnya ini pembahasan tntang hamil..hehe
    Tapi itu foto2nya bagus keren, Teh..

    ReplyDelete
  14. AKu gak pernah pake baju hamil, haha. Gak tahu kenapa gak suka, pake daster aja klo di rumah, klo keluar pake gamis, haha.

    ReplyDelete
  15. foto-fotonya makin keren nih mba. Kalo upload foto biasanya langsung di blog kah mba? Trus pake resolusi compress berapa? aku biasanya pake flickr.

    ReplyDelete
  16. iya emang kalo lagi hamil itu salah satu yang bikin hebring itu saat pilih dokter kandungan, bisa pergi ke 2 atao 3 dokter demi menemukan yang sesuai di hati. hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)