Trik Sederhana Untuk Mempercantik Feed Instagram Dengan Menggunakan Smartphone

Tuesday, 12 September 2017


Trik Sederhana Untuk Mempercantik Feed Instagram Dengan Menggunakan Smartphone - Instagram bisa dibilang social media yang sedang kekinian saat ini. Banyak brand yang mulai mengincar Instagram untuk memasarkan berbagai macam produknya. Nah, tentunya yang diincar adalah user yang memiliki feed yang indah dan tertata rapi serta follower yang banyak. 

Nah, sayangnya masih banyak user yang belum paham bagaimana menata feed instagram supaya tertata rapih atau paling tidak memiliki foto yang enak dipandang sehingga orang pun betah berlama-lama untuk scrolling feed kita.

Kalau yang sudah expert seperti selebgram sih biasanya menggunakan kamera DSLR ataupun mirorless untuk membuat feed mereka tampak cantik dengan foto-foto yang indah. Namun, apakah harus selalu dengan kamera mahal untuk menghasilkan foto yang indah?

Oh, tentu tidak dong. Kuncinya adalah asal kita tahu bagaimana triknya supaya feed instagram terlihat keren dan rapi sekalipun sederhana dan menggunakan kamera smartphone.

🌄 Tentukan tema yang akan diusung
Tema jarang sekali di fikirkan oleh user instagram, termasuk saya. Yang terfikir cuma ingin upload foto sebanyak-banyaknya yang dirasa indah dan instagramable. Bahkan kebanyakan hanya foto keseharian atau foto selfie yang membosankan.

Ini PR besar sebenarnya buat saya sebagai user instagram yang ingin maju tapi malah jalan ditempat hiks 😓. Sebaiknya memang mencari tema unik yang kita suka atau sesuai dengan hobi kita, misalkan travelling, food, fashion, parenting, makeup ataupun flatlay.


Dengan tema yang unik kemungkinan besar bisa membuat orang tertarik untuk follow kita, karena lebih menarik dan spesifik. Dan biasanya bisa menjadi referensi untuk mereka.

🌄 Kurangi foto selfie dengan pengambilan gambar yang kurang baik bahkan blur dan banyak noise-nya
Jika kamu bukan seleb ataupun make up artist dan beauty blogger, please kurangi foto selfie kamu yang buram itu di instagram. Terkecuali foto selfie kamu memiliki background yang bagus dan difoto dengan hasil yang bagus dan berkualitas.

Karena orang cenderung akan bosan melihat mukamu lagi yang blur dan banyak noise-nya setiap hari di timeline mereka dan akibat terburuknya akan berhenti untuk follow kamu. Jadi, tahukan kenapa kalau follower kamu segitu-gitu aja? *terus ngaca diri sendiri* 😅

🌄 Pahami kemampuan smartphone kamu
Nah, ini adalah hal yang terpenting. Pahami kemampuan smartphone kamu, gak harus mahal yang penting mempunyai kualitas kamera yang mumpuni. Feed instagram saya kebanyakan difoto menggunakan smartphone dan itu not bad-lah sejauh ini.

Pahami fitur-fitur yang ada pada smartphone kamu, terus eksplore sehingga dapat menghasilkan foto yang indah. Smartphone yang saya gunakan adalah ASUS Zenfone Selfie dan ASUS Zenfone 3 Max kedua kamera smartphone tersebut sudah sangat mumpuni bagi saya dan harganya pun sekarang cukup terjangkau.


Bicara soal kamera smartphone yang menjadi brand favorit saya, baru-baru ini ASUS telah meresmikan varian smartphone terbarunya di Indonesia yaitu ASUS Zenfone 4 Max Pro ZC554KL. Seperti yang sudah-sudah varian Zenfone Max ini merupakan smartphone yang memiliki baterai dengan kapasitas yang maximal yaitu 5000mAh dan smartphone ini juga bisa difungsikan sebagai power bank. Masa aktif 4G hingga 46 hari dan reverse charging hingga 2x lebih cepat.


Karena kita sedang membicarakan kamera, yang harus kamu tahu adalah bahwa kamera Zenfone 4 Max Pro ini menggunakan sistem dual rear-camera dengan kamera utama 16MP PixelMaster dan sebuah kamera kedua dengan wide-angle lens yang mencakup sudut pandang hingga 120 derajat. Kamera tersebut mampu menangkap foto dengan jernih dan tajam. Pengguna juga bisa dengan mudah menggeser opsi ke view yang lebih luas agar lebih banyak objek yang bisa ditangkap dalam frame.


Berbeda dengan Zenfone Max sebelumnya, mode Auto kini sudah dilengkapi dengan teknologi low-light dan sekaligus HDR Pro. Ini memungkinkan pengguna mengambil foto objek dengan jelas meskipun berada di kondisi backlight yang umumnya sulit dilakukan. Adapun mode Super Resolution akan mengambil beberapa foto dalam satu waktu, lalu mengombinasikannya ke dalam sebuah foto resolusi 64MP dengan detail yang sangat tajam. Sehingga kalau kamu benar-benar memahami cara kerja kamera ini saya yakin feed instagram kamu pasti lebih indah dan rapi, maka follower pun akan berdatangan hihi.

Btw, yang ingin tahu spesifikasi detailnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Model
ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 430 64-bit octa-core processor (1,4GHz)
GPU
Adreno 505 450MHz
RAM
3GB RAM
Penyimpanan
32GB + 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)
MicroSD
Yes (up to 256GB)
Konektivitas
WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct
Jaringan
WW version: FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20), TD-LTE (Band 40)
Data rate: LTE Cat4: UL/DL 50Mbps/150Mbps, DC-HSPA+: UL/DL 5.76Mbps/42Mbps
SIM Card
Triple Slots:
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Dual SIM dual standby
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. Only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time
Navigasi
GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display
5.5-inch IPS display, Bluelight filter for eye care, 10-finger capacitive touch
Video
Full HD at 30fps video recording, Electronic Image Stabilization for shake-free videos, Take still photo while recording video, 120˚ wide angle video
Baterai
5000mAh (non-removable), 2x faster reverse charging (1A)
Up to 46 days 4G standby
Up to 40 hours 3G talk time
Up to 22 hours video playback
Up to 26 hours Wi-Fi web browsing
Kamera Belakang
16 megapixels, F2.0 aperture, Focal length 26mm, 79° field of view, Electronic Image Stabilization for shake-free videos, LED flash, Up to 0.03 seconds phase detection auto-focus
5 megapixels, 120˚ wide angle fits more scenery and people in the frame
Focal length 12mm
Kamera Depan
16 megapixels, F2.0 aperture, Focal length 26mm, 76° field of view, Softlight LED flash
Sensor
Fingerprint, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
OS
Android™ 7 with new ASUS ZenUI 4.0
Dimensi
154mm x 76.9mm x 8.9mm
Bobot
181g
Warna
Deepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink
Harga
Rp2.999.000

🌄 Memilih tone yang senada untuk setiap foto
Sesuai tema yang kamu ambil untuk foto-foto di Instagram kamu, maka lebih baik setiap fotonya memiliki tone yang senada supaya lebih keren, rapi dan enak dipandang. Contohnya seperti beberapa selebgram berikut, maka tak ayal followernya pun sampai tak terhitung jari.




Keterangan:
Gambar 1 : @_foodstories_ - food photography
Gambar 2 : @amrazing - traveller
Gambar 3 : @irkham - flatlay
Gambar 4 : @itscamilleco - fashion blogger

(klik pada gambar untuk memperbesar)

Poin ini yang sering sekali saya dan beberapa teman blogger perbincangkan di grup, kira-kira tone apa yang harus ditonjolkan. Apakah clear and bright, warm, moody atau lebih ke colorfull. Saya sendiri masih suka-suka sih, tapi saat ini sedang menatanya menjadi lebih ke clear and bright dan sedikit warm yang diselingi dengan beberapa foto flatlay. Duh, gimana tuh ribet dah ya? Iya, idup aku jadi tambah ribet gara-gara mikirin feed instagram bahahaha...

Untuk editingnya pun kalau gak mau ribet pakai saja smartphone, banyak aplikasi editing yang sudah mumpuni seperti snapseed, vsco, beauty plus bahkan instagram sendiri sudah menyediakan fitur editing lengkap dengan berbagai macam tone yang bagus. Dan semuanya free, terkecuali kamu ingin membeli filter tambahan di vsco.

🌄 Buatlah jadwal untuk update foto di Instagram
Sebaiknya sih jangan random posting foto di instagram, sebisa mungkin di jadwalkan setiap harinya. Tapi jangan sekaligus juga sehari upload foto sampai puluhan, ya maksimal 2-3 foto. Dan sisanya di upload untuk besoknya lagi supaya akun kita terlihat aktif.

Tapi, ini lagi-lagi PR banget buat saya. Karena seringnya saya absen dari instagram berhari-hari karena gak ada stok foto bagus yang bisa di upload kraaay 😭😭. Please ini mah user yang gak teladan ya bahaha... Makannya follower saya segitu-gitu aja susah nambahnya kraaaay lagiiii 😭😭.

Tapi beneran deh, belum tentu dengan kamera bagus kamu juga bisa menghasilkan gambar yang bagus. Ini semua tergantung skill dan jam terbang (jaela emang burung haha). Jadi, seperti yang saya bilang tidak harus menggunakan kamera mahal untuk menghasilkan foto yang bagus untuk mempercantik feed instagram, manfaatkanlah kamera smartphone kamu dengan memahami kemampuan kameranya.
Nah, itulah beberapa trik sederhana untuk mempercantik feed instagram. Gimana udah tertarik belum nih buat ngebagusin feed biar keren dan rapi? Biar jangan baper kayak saya yang tiap lihat foto orang lain kok bagus-bagus hahaha 😂. Biar follower-nya bisa buat beli es krim magnum gak cuma buat bayar gorengan tempe doang yang cuma dapet sebiji 😄. KABOOOOOR kemudian ngliat follower saya yang juga ngenes 😅.

Last but not least, ayo sih follow Instagram saya @HANDDRIATI ya jangan lupa loh hihi 😘.



16 comments:

  1. Quote yang terakhir kena banget Mbak :D anw, thanks for sharing.. brb benerin IG sendiri :D

    ReplyDelete
  2. Saya setuju Mba, sama pernyataan selfie yang membosankan. Walau orangnya cantik/ganteng, entah mengapa saya males kalau melihat isi ig nya selfie melulu. Apalagi jika hanya foto selfie yang literally selfie. Kan ada tuh, yang selfie, tapi backgroundnya cantik dengan kamera widelens nya. Btw saya suka sama feednya itscamilleco. Inspiratif.

    ReplyDelete
  3. Setuju banget, kamera bagus ga jaminan hasil foto bagus. Skill is the most. Aku uda follow IG nya loh. Follback dongs @dianpus ��

    ReplyDelete
  4. Kokoh amrazing fav akuh 😅😅😅

    ReplyDelete
  5. wah mantep ini kak, bisa di aplikasikan langsung ini hehe

    www yukgas id

    ReplyDelete
  6. Akuuu,pake tablet asus ZenPad....fotonya gitu2 aja. Makasih trik2 kecenyaaaa.....

    ReplyDelete
  7. waaah sayangnya aku belom punya hape sendiri
    juga belom punya instagram

    ReplyDelete
  8. Aku masih belum memaksimalkan instagram. Hiks.
    Moga setelah baca posting ini, aku makin belajar memaksimalkan IG dan follower makin bantak. Aamiin :)

    ReplyDelete
  9. Aku masih bingung cara ngatur feed di Instagram seperti apa soalnya aku masih amatir dalam main Instagram. Udah followers nya lumayan banyak tapi like nya masih sedikit. Apa foto yang di Instagram perlu dihapus?

    ReplyDelete
  10. samaaaaa, aku juga kesel kalo ada feeds temen yang isinya selfie burem terus. mau selfie gapapa yang penting tertata, ada storynya. kalo 20 foto isinya dia senyam senyum cuma beda sudut dan derajat pengambilan foto sih kurang ajar namanya wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Saya juga sedang mengatur theme Instagram dengan filter dari VSCO C1, biar jadi nuansa pink. Foto-foto sebelumnya saya biarkan aja sih. Karena sayang juga kalau mau dihapus. Selain itu juga sekarang, saya pakai schedule. Jadi tidak akan otomatis ambil foto trus upload.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak estheeer, sharing dong mbaakk boleh nggaa, skejulnya pake apaa..
      thanks before dan salam kenal juga yaaaaa :)

      Delete
  12. haaiii mbak handriatiii... iya banget! untuk urusan waktu yang tepat buat posting udah sedikit kebantu sama instagram insight, bagi yang instagram business profil. ketauan hari dan jam yang banyak follower aktifnya.

    ReplyDelete
  13. Makasih banyak ilmunya mba. Duuu ... aku masih harus banyak belajar lagi nih.

    ReplyDelete
  14. Feed IG-ku berantakan bangettt. Rasa-rasanya pengen mulai dari nol hahahha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)