Laptop Baru Untuk Suamiku

Thursday, 30 November 2017

Lagi baca-baca spesifikasi laptop inceran suami 
👨 Suami : Sayang, do'ain ya biar side job-ku tembus! Lumayan hasilnya pengen buat beli laptop.
👩 Saya : Lho, emang laptop yang sekarang kenapa?

👨Suami : Gak kenapa-kenapa sih, cuma gitu deh kadang kalau aku lagi ngerjain sesuatu yang butuh spek gede, agak susah. Karena kinerjanya terbatas, RAM cuma 4GB gak bisa di upgrade pula, processor juga terbatas cuma i3.

👩 Saya : Emang sebegitu beratkah sampai harus ganti laptop?

👨 Suami : Iya, yang paling kerasa banget sih multitasking lambat dan juga suka lagging.

👩Saya : Yauda kalau gitu, itu kata temanku di Jakarta lagi ada event indocomtech. Coba deh kamu cari-cari dan liat referensinya. Siapa tahu ada yang cocok harga dan spesifikasinya.

👨Suami : Iya sayang, rencana besok sama temen mau ke indocomtech mau sekalian lihat-lihat dan bandingin harga.
Itulah sepenggal percakapan saya dengan suami melalui WhatsApp beberapa waktu yang lalu.

Jadi, suami saya itu sedang mendambakan laptop baru untuk menunjang aktifitas pekerjaannya. Suami saya adalah seorang konsultan IT, cukup banyak pekerjaan yang harus dia kerjakan saat ini. Mulai dari menjadi Bussines Analyst sampai terkadang juga harus melakukan Quality Control terhadap sistem secara langsung, untuk mengontrol apakah sistem informasi yang sedang dirancangnya sudah berjalan sesuai yang diinginkan. Kurang lebih seperti itu. Selain itu, karena perkembangan teknologi informasi sekarang cepat sekali, maka banyak hal juga yang harus dia pelajari supaya tetap up to date.

Mendengar dia membutuhkan laptop baru untuk lebih menunjang pekerjaannya, rasanya saya ingin membelikan dia laptop baru. Karena sebentar lagi juga ulang tahun pernikahan kami, kalau tahun lalu dia membelikan saya kamera mirrorless apa salahnya sekarang saya membelikan dia laptop, kan? Ceritanya mah biar dianggap istri pengertian gitu 😂.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu dapat kabar dari teman kalau di Jakarta sedang ada event Indocomtech bertempat di Jakarta Convention Center, Senayan. Indocomtech merupakan pameran teknologi seperti gadget terbaru, komputer terbaru, laptop terbaru dengan berbagai macam produk teknologi kekinian biasanya dipamerkan dan dipromosikan dalam ajang tersebut. Nah, saya suruh suami saya kesana untuk melihat-lihat, mencari referensi dan membandingkan harga laptop karena siapa tahu ada yang cocok.

Ternyata sepulang kerja suami saya dan temannya langsung mampir ke event tersebut. Saya langsung dikirimi foto-foto brosur laptop terbaru dengan spesifikasi yang bermacam-macam. Dia sendiri saja sampai bingung.

Sebagian brosur yang dikumpulkan suami saya 😂

Kemudian suami saya cerita, katanya stand ASUS ramai sekali, dia pun penasaran dan akhirnya ikut nimbrung diantara keramaian tersebut. Suami saya memang sebelumnya sudah mention ASUS untuk jadi pengganti leptop yang dipakai sekarang. Iya, kami pengguna setia ASUS mulai dari smartphone sampai PC dan juga #ASUSLaptopKu. Yang kami suka dari ASUS diantaranya karena dari dulu spesifikasinya bersaing, teknologinya baru, hardware-nya kekinian, dan desainnya yang selalu stylish.

Sampai akhirnya dia bilang tertarik dengan laptop ASUS ZenBook UX410UQ laptop ultra sleek Non Stop Performance. Setelah browsing saya pun setuju dengan apa yang dikatakan suami saya, kalau laptop tersebut memang keren. Katanya, dia jatuh cinta pada pandangan pertama 😂, karena desainnya yang stylish. Dibuat dari alumunium solid serta finishing spun-metal unik serta memiliki ketipisan tidak kurang dari 18.95mm. Selain itu tidak kalah prestige untuk dibawa meeting dengan klien ataupun sekedar nongkrong di cafe, karena beratnya hanya 1.4kg sehingga mudah untuk ditenteng kemanapun.

Suami saya bilang kalau ASUS ZenBook UX410UQ ini merupakan pilihan laptop yang sangat powerfull baginya saat ini. Kenapa powerfull? Karena saat ini suami saya ingin menggali lagi skill programming untuk menunjang pekerjaannya, simple-nya sih seperti itu. Tapi, detail alasannya sih seperti ini:

Berbicara mengenai programming, kalau kita ingin nyaman dan tidak ingin terganggu dengan berbagai hal yang menghambat seperti loading lambat dan lagging, paling tidak harus menggunakan processor dengan core yang besar. Seperti Core i7 dan minimal RAM untuk melakukan hal tersebut adalah 8GB RAM. Itu sudah sangat standar untuk devices programmer supaya dapat melakukan coding yang berbasis dengan sistem operasi Windows.

Sebagai contoh, tools untuk seorang Developer yang saya tahu diantaranya Microsoft Visual Studio, Android Studio, Java Netbeens, Oracle Developer dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam pekerjaan suami saya saat ini, tools tersebut memang sudah digunakan. Yang menjadi problem adalah karena software-software tersebut apabila digunakan di laptop suami saya sudah sangat lambat sekali kinerjanya. Karena laptop yang sekarang hanya ber-processor Core i3 dan RAM hanya 4GB saja. Belum lagi kalau harus coding atau compile suatu project, multitab dan multitasking. Akan sangat memakan waktu, mungkin ditinggal masak indomie dulu juga belum selesai hihihi 😁. *lebay

Nah, oleh karena itulah kenapa suami saya naksir berat dengan ASUS ZenBook UX410UQ laptop ultra sleek Non Stop Performance ini. Benar sekali kalau suami saya bilang bahwa laptop ini selain powerfull juga worth to buy. Kenapa bisa begitu? Hayuklah, saya jabarin satu-satu secara detail kemampuan apa yang dimiliki si ZenBook UX410UQ sehingga suami saya bisa naksir berat seperti itu 😄.


Hal pertama yang menjadi pertimbangan saya adalah karena ASUS ZenBook UX410UQ ini dibekali dengan processor Intel® Core™ i7 7500U, yang mana ini termasuk keluaran seri processor Core i7 Generation U-Series Kaby Lake.  Processor ini diluncurkan pada akhir Agustus tahun 2016 yang lalu. Dengan memiliki tingkat daya TDP (Thermal Design  Power) 15 watts saja. [Sumber: http://www.jagatreview.com/2017/01/teknologi-intel-core-i-7th-generation-kaby-lake/3/]

Fitur baru yang ada di Kaby Lake ini akan mendukung secara default USB 3.1 yang kecepatan transfer datanya bisa mencapai 10 Gbps. Kemudian Kaby Lake juga mendukung HDCP 2.2 (High-Bandwith Digital Copy Protection). HDCP ini berperan dalam memberikan proteksi terhadap data digital seperti music, video yang kita dapatkan dari iTunes maupun dari tempat lainnya.

Nah, pasti pada bingung kan Kaby Lake itu makanan apaan sih? Sama, saya juga bingung kok 😂, tapi kata suami saya kurang lebihnya seperti ini: Kaby Lake ini adalah istilah / nama pengkodean Generasi Processor yang dibuat oleh #Intel yang artinya adalah Code Name Kaby Lake. Ini adalah kode processor Intel untuk generasi ke-7, penerus dari processor generasi sebelumnya (Generasi ke-6) yaitu Sky Lake. Yang mana teknologinya sudah lebih maju dari yang sebelumnya, terutama dalam konsumsi daya. Karena di generasi ke-7 ini jumlah Pin yang ada di Prosesornya lebih sedikit dari generasi ke-6. Kira-kira seprti itulah gambaran singkat mengenai prosesor generasi ke-7 ini.

Gak salah lah kalau saya bilang #ASUSxIntel itu memang keren. Setuju?


RAM berfungsi sebagai cache yang tepat untuk CPU dan sebagai penyimpanan data yang sangat sedikit dibandingkan HDD atau SSD. Nah, laptop ASUS ini sudah menggunakan DDR4 dengan jumlah kapasitas 8GB dengan kecepatan 2133 MHz SDRAM. Apa itu SDRAM ? SDRAM atau Synhronous Dynamyc RAM adalah sebuah jenis dynamic random access memory (DRAM). Dibuat untuk mengoptimalkan kinerja microprocessor, memberitahukan seberapa cepat processor dapat melakukan tugasnya.

Nah dengan spesifikasi tersebut, laptop ini sudah dibekali dengan teknologi terbaru untuk dari sisi memori. RAM DDR4 adalah memori generasi terbaru yang sangat irit daya dari teknologi sebelumnya. Yaitu hanya sebesar 1.2 volt saja. [Sumber : https://winpoin.com/inilah-hal-dasar-yang-harus-kamu-ketahui-tentang-memory-ram/]

Jadi, poin kedua sebagai bahan pertimbangan saya dalam memilih laptop adalah RAM. Pertama ditunjang dengan processor generasi terbaru dengan speed yang sangat cepat, kedua ditambah koordinasi dengan RAM serta manajemen memori menggunakan teknologi terbaru pula. Perpaduan antara Processor dan Memori akan menghasilkan kinerja yang cepat dari sebuah komputer yang berbasis sistem operasi Windows.

Jadi, logikanya seperti ini: kalau prosesornya sudah cepat, tetapi tidak ditunjang dengan RAM/ Memori yang baik kualitas serta teknologinya, maka akan sia-sia kecepatan prosesor tersebut. Karena efeknya tidak akan terlalu berasa.


Nah ini kalau saya belikan suami saya laptop dengan grafisnya yang ciamik, dia pasti akan sangat senang sekali. Kenapa? Dengan ukuran layar 14 inch dan sudah Full HD ditambah lagi didukung dengan grafis yang mumpuni seperti NVDIA GeForce 940MX, ini sudah sangat bagus sekali. Secara suami saya juga doyan main games, dan gak tangung-tanggung games yang dimainkan pun cukup berat bahkan menghabiskan space di HardDisk karena membutuhkan grafis yang mumpuni. Sebagai contoh, suami saya suka sekali bermain game ber-genre FPS (First Person Shooter), TPS (Third Person Shooter) dan Sports. Salah satunya yang saya tahu seperti bermain Crysis 3, Call of Duty, Assassin Creed, Pro Evolution Soccers, dan lain-lain. Saya tidak tahu banyak tentang game, cuma yang pernah saya lihat suami saya pernah main beberapa games tersebut. Saya tahu juga hasil nanya itu game namanya apa 😂.

Kata suami saya grafis 3D nya memang luar biasa yang dihasilkan oleh games tersebut. Maka dari itu kenapa kartu grafis juga menjadi bahan pertimbangan. Dengan spesifikasi grafis tersebut, ASUS juga mengimbanginya dengan yang namanya ASUS Eye Care. ASUS Eye Care ini berfungsi untuk mengurangi emisi lampu biru hingga 30% sehingga mata kita selalu terlindungi saat mode ini digunakan. Ini sebenernya mau kerja apa mau nge-game sih si suami? 😏

Pertimbangan lain adalah karena storage-nya juga sudah cukup keren, yaitu dibekali dengan Hard Drive 1TB 5400 RPM SATA HDD dan Solid State Drives 128GB SATA3 M.2 SSD. Di jaman now ini, teknologi HDD juga berkembang pesat. Salah satu perkembangan pesat ini adalah SSD, Solid State Drive. SSD ini prinsip dasarnya tidak menghiraukan kapasitas tetapi kinerja yang dihasilkan sangat cepat. Bayangkan saja, booting computer kalau kita komparasi antara SSD dan HDD akan jauh sangat cepat sekali booting computer menggunakan SSD. Saya pernah melihat laptop teman suami saya booting komputernya tidak sampai 5 detik menggunakan SSD. Walaupun kapasitasnya kecil hanya 128 GB. Apalagi kalau dengan spesifikasi ZenBook ini, saya tidak perlu khawatir karena mendapatkan tambahan HDD sebesar 1TB. Jadi bila kita menggunakan system operasi windows, maka penyimpanan file OS-nya akan dibebankan ke SSD yang bisa membuat kinerja semakin cepat.

ZenBook UX410UQ memiliki banyak port konektifitas, seperti port USB, micro HDMI, dan slot SD card yang dapat memudahkan berbagai aktifitas. Dilengkapi dengan port USB Type-C yang reversibel yang dapat meminimalisir kesalahan dalam melakukan penyambungan perangkat, USB Type-C ini dapat mengirimkan data transfer speed hingga 10 kali lebih cepat dari koneksi USB 2.0. Yang artinya suami saya yang pekerjaannya mobile dan dituntut kerja cepat dapat melakukan berbagai aktifitas transfer data tanpa harus menunggu lama.


Suami saya pun bisa browsing ataupun mengakses youtube dengan waktu yang lebih singkat lewat koneksi Wi-Fi 802.11ac. ZenBook ini memiliki tipe Wi-Fi terbaru dengan kecepatan sampai 2,8 kali lebih cepat dari 802.11 b/g/n. Serta menghubungkan perangkat favorit melalui Bluetooth 4.1 tanpa banyak mempengaruhi kinerja baterai. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir boros baterai jika sedang meeting di luar dengan klien.

Aih, mantap banget kan ya?

Nah, lima komponen dasar inilah yang utama bagi saya untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih laptop baru. Karena apabila semua teknologi tersebut dipadukan, hasilnya pasti akan sangat powerfull sekali. Itulah kenapa di awal saya bilang kalau ASUS ZenBook UX410UQ ini powerfull dan worth to buy. Selain lima komponen tersebut, yang menjadi bahan pertimbangan saya yang lain adalah bahwa ada garansi 2 tahun dari ASUS. Jadi, setidaknya terjaminlah ya.

Selain itu juga, bisa mengakomodir semua pekerjaan suami saya sekaligus bisa menjadi hiburan disaat sedang penat kerja, karena suami saya bisa juga memainkan game yang dia suka.

Oiya, yang mau tahu detail dari spesifikasi ASUS ZenBook UX410UQ bisa dilihat pada tabel di bawah ini!

Spesifikasi

CPU
Intel® Core™ i7 7500U Processor (4M Cache, up to 3.50GHz)
Operating System
Windows 10
Memory
8GB DDR4 2133MHz SDRAM + 1 x SO-DIMM socket, up to 16GB RAM
Storage
1TB 5400RPM SATA HDD + 128GB SATA3 M.2 SSD
Display
14” FHD (1920x1080) IPS 178˚ (wide-viewing angle display) Anti-Glare with 72% NTSC
Graphics
NVIDIA GeForce 940MX, with 2GB GDDR3 VRAM
Input/Output
2x USB 2.0, 1x USB 3.0, 1x USB3.1 Type-C (gen 1), 1x Headphone-out & Audio-in Combo Jack, 1x HDMI
Keyboard
Illuminated Chiclet Keyboard
Camera
HD Web Camera
Connectivity
802.11ac+Bluetooth 4.1 (Dual band) 2*2
Audio
Support Windows 10 Cortana, ASUS SonicMaster Technology
Battery
3 Cells 48 Whrs Battery
Dimension
323 x 223 x 18.95 cm (WxDxH)
Weight
1.45Kg with Battery
Colors
Rose Gold, Quartz Grey
Accessories
Sleeve + USB3.0 to RJ45 cable + HDMI to VGA cable
Price
Rp15.799.000
Warranty
2 tahun garansi global

***

Maka, sebelum itu semua terwujud saya harus lebih getol lagi menabung dan menyisihkan uang jajan demi ASUS ZenBook UX410UQ laptop ultra sleek Non Stop Performance yang sangat powerfull dan stylish ini. Pokoknya keukeuh ingin #ASUSAja, agar pekerjaan suami saya tidak lagi terkendala masalah proses loading ataupun lagging. Karena kalau pekerjaannya selesai lebih cepat maka bisa untuk mengerjakan pekerjaan yang lainnya, yang artinya pekerjaan sampingan bisa juga terselesaikan lebih cepat. Yang paling penting sih pemasukan ke istri pun bisa tambah lancar. Kan? 😍

Semoga ya, laptop baru untuk suamiku ini bisa terwujud dalam waktu dekat. Bantu Amin-kan dong! Amin 🙏.



Sumber: https://www.asus.com/id/laptops/asus-zenbook-ux410uq/



12 comments:

  1. Aamiin.. Semoga kesampaian ya ada rejeki laptop baru untuk suaminya ��

    ReplyDelete
  2. Semoga terkabul ya, biar papah abim kerjanya lebih ringan, gak terkendala lagi sm kinerja laptop yg udah gk efektif.

    ReplyDelete
  3. jadi baper nih yang jomblo, semoga suaminya makin produktif dg ASUS ZenBook

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasih mas...
      jangan baper2 dong :D

      Delete
  4. Keren bangeeet hadiahnya. Enak ya kalau bisa kasi hadiah padangan dari uang sendiri..��

    ReplyDelete
  5. ini yang smepet kupegang2 bulan lalu, jadinya beli asus yang biru laut unyu ituuuu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)