Benarkah ASUS Zenfone 4 Selfie Smartphone Yang Asyik Untuk Selfie? Yuk, Buktikan!

Friday, 10 November 2017


Pengalaman Menggunakan ASUS Zenfone 4 Selfie - Seperti yang sudah-sudah selalu saya katakan dalam setiap postingan saya mengenai smartphone, yaitu smartphone tanpa kamera yang mumpuni adalah bagai sayur tanpa garam hihihi... Bicara mengenai kamera pun sekarang semakin berkembang tidak sebatas hanya pada kamera belakang, namun kamera depan pun sekarang mulai menjadi prioritas utama yang menggoda.

Yes, tren swafoto atau selfie sekarang telah menjamur diberbagai kalangan bahkan penjuru dunia dan salah satunya di Indonesia. Nah, bicara tentang selfie rupanya kini mulai menjadi perhatian para vendor smartphone untuk berlomba-lomba memamerkan teknologi terbarunya. Termasuk ASUS, vendor smartphone kenamaan asal Taiwan ini beberapa waktu yang lalu memboyong 2 ponsel khusus selfie sekaligus ke Indonesia. Dan Alhamdulillah saya berkesempatan hadir untuk menyaksikan ASUS Zenfone 4 Selfie Series Launch yang bertempat di Hotel Pullman Central Park Jakarta.


2 Ponsel selfie yang diboyong ASUS adalah ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Sesuai dengan namanya, 2 ponsel ini memang dikhususkan bagi kita penikmat foto selfie. Untuk penamaannya sendiri sekilas mirip hanya bedanya yang satu terdapat kata Pro.

Lalu, apa bedanya?
Menurut saya pribadi selain desain tampak depan (letak posisi kamera) yang paling kentara adalah pada teknologi kamera di dalamnya. Saya tidak akan mengulas lebih banyak soal ASUS Zenfone 4 Selfie Pro, karena saya belum banyak mengulik device tersebut. Tetapi, kali ini yang akan saya ulas adalah seri yang satunya yaitu ASUS Zenfone 4 Selfie.

Sebelum kita membahas lebih jauh soal kamera, saya mau unboxing dulu nih apa saja yang didapat kalau kamu membelinya dan beberapa keunggulan yang disematkan didalamnya.

1| Paket Penjualan
Ada yang berbeda dari paket penjualan Zenfone 4 Selfie Series kali ini, tidak seperti smartphone ASUS yang sebelum-sebelumnya. Kini terdapat earphone dan jelly case. Nah, lengkapnya bisa dilihat pada foto di bawah ini ya.


(Urut dari kiri ke kanan - ke bawah)
  1. Jelly Case,
  2. Buku Panduan,
  3. ASUS Zenfone 4 Selfie,
  4. Kartu Garansi,
  5. Adapter,
  6. SIMCard Ejector,
  7. Earphone,
  8. Kabel USB.
2| Desain Body
Kali ini yang membuatnya berbeda dari seri sebelumnya yaitu Zenfone 3, salah satu yang bisa kita lihat adalah bahwa fingerprint scanner Zenfone 4 Selfie Series ini tidak lagi berada di bagian belakang, tetapi di bagian depan menjadi satu dengan tombol home.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint di Smartphone ASUS Zenfone


Dengan layar 5,5 inch, desain unibody dan berat 144gr ini saya bisa bilang bahwa Zenfone 4 Selfie cukup nyaman untuk digenggam, tidak terlalu tebal dan enteng. Pada bagian belakang berbahan plastik tapi tidak kalah cantik karena menyerupai metal. Ada 3 varian warna yaitu Deepsea Black, Rose Pink, Sunlight Gold. Kebetulan unit yang saya pakai adalah yang berwarna Deepsea Black. Kesan pertama sungguh maskulin, kalau kamu mau lebih cantik dan feminin bisa pilih Rose Pink.


3| Daya Tahan Baterai
Bicara soal daya tahan baterai menurut saya sih relatif ya. Tapi dengan kapasitas baterai 3000mAh cukuplah bagi saya. Saya membutuhkan waktu pengisian sekitar kurang lebih 2,5 jam dari 15% dalam keadaan hidup.

Kalau saya bilang bagi smartphone yang memang tidak terlalu menonjolkan kapasitas baterai, Zenfone 4 Selfie ini dapat bertahan sekitar kurang lebih 10 jam dalam penggunaan saya. Dalam sehari saya gunakan untuk keperluan internet (berselancar google), chatting dan video call melalui WhatsApp dengan durasi sekitar 10 menit setiap video call (sehari bisa 2-3 kali), bersosial media (facebook dan mostly instagram), foto-foto dan memvideokan kelucuan anak sehari-hari, menonton youtube dengan durasi sehari bisa sampai 1-2 jam. Karena saya tidak terlalu suka main game, jadi saya tidak akan memberikan testimoni untuk performa game di smartphone ini 😋.

4| User Interface
ASUS ZenFone 4 Selfie hadir dengan sistem operasi Android Nougat 7.1.1 (kabarnya akan diupdate ke sistem Android terbaru yaitu Oreo) yang dilengkapi dengan antarmuka ZenUI 4.0. Dibanding sebelumnya, ZenUI 4.0 kini sudah semakin ringan, ringkas dan responsif.



Oiya, Zenfone 4 Selfie menggunakan triple slot SIM tray yang terletak di bagian kiri. Fitur triple slot ini memungkinkan pengguna memasang dua kartu SIM dan sekaligus slot MicroSD di dalamnya, tanpa harus mengorbankan salah satu di antaranya seperti layaknya slot berjenis hybrid. Kedua slot kartu SIM juga mendukung konektivitas 4G LTE sehingga pengguna tidak perlu melepas pasang dan memindahkan posisi SIM card.



***

Nah, saya tidak akan terlalu banyak membahas tentang performa yang lainnya. Karena sesuai namanya yaitu Selfie maka mari kita lihat performa kameranya untuk selfie dan untuk berfoto.

Benarkah ASUS Zenfone 4 Selfie Smartphone Yang Asyik Untuk Selfie? Yuk, Buktikan!
Fitur utama pada smartphone ini jelas berfokus pada kamera depan, seperti namanya yaitu "Selfie".  Smartphone ini menawarkan pengalaman yang berbeda dari yang sebelumnya, yaitu terdapat 3 kamera. Yaitu, dua kamera depan dan satu kamera belakang.


📷| 20MP Main Selfie Camera
Dengan resolusi 20MP kamera depan smartphone ini sangat bisa membahagiakan saya si kaum pecinta selfie 😅. Apalagi kalau sudah selfie pakai fitur beautification, sudahlah itu mah lengkap saya bisa mirip Tatjana Saphira 😎. (Minta dilempar selfie pro nih, please! 😂)

Dan berikut beberapa foto selfie yang berhasil saya ambil. (siap-siap saya bom dengan selfie ya 😎)

Beautification level 5

Beautification dengan pencerahan kulit level 0

Beautification level 2

Untuk selfie dengan mode beautification sendiri memang masih jadi idola dimanapun berada ya HAHA... Tapi yang masuk di saya cuma sampai level 5, lebih dari itu muka saya datar gak ada lekukannya hohoho... Level 5 saja saya sudah hampir gak punya alis tuh, hilang setengah! 😂

Foto low light dengan beautification level 3

Untuk foto low light atau foto ditempat yang minim cahaya juga bagus kok, masih kelihatan terang. Foto di atas saya ambil jam6 sore dengan cahaya remang-remang depan pintu.

📷| Softlight LED Flash dan Potrait Mode
Nah, untuk main selfie camera ini dilengkapi juga dengan yang namanya softlight LED Flash dan Potrait Mode.

Softlight LED Flash
Zenfone 4 Selfie dilengkapi dengan yang namanya Softlight LED Flash yang berfungsi untuk menopang kamera depan. Bukan hanya sekadar LED flash biasa, tetapi teknologi Softlight LED flash yang digunakan akan memancarkan cahaya dengan intensitas yang cukup pada objek. Saat digunakan untuk melakukan foto selfie, Softlight LED flash akan membuat tekstur kulit pengguna tampak lebih halus dan hasil foto akan memberikan skin tone yang pas.


Awalnya saya kira hasilnya akan jelek dan membuat kulit muka terkesan berminyak gitu, tapi syukurlah tidak seperti itu karena terbantu sama fitur beautification juga tapi dengan catatan level kemulusannya jangan terlalu besar 😂. Tapi memang kalau saya pribadi kurang nyaman saja sih kalau harus selfie dengan fitur ini, terlalu terang aja 😁.

Potrait Mode
Portrait mode kini sedang populer, termasuk di Indonesia. Pada ZenFone 4 Selfie, ASUS juga menyediakan fitur tersebut. Dengan Portrait mode, efek depth-of-field semakin terasa karena background bisa tampak lebih blur dan membuat subjek menjadi titik fokus dalam hasil fotonya.

Potrait Mode 4:3

Potrait Mode 16:9

Nah, ternyata memang agak sedikit kurang pas sih blurnya. Jujur saya lebih suka dengan efek depth-of-field yang ada di kamera Zenfone 2 Selfie, soalnya ada pengaturan mau segimana level bokehnya. Jadi lebih terlihat natural. Kalau yang ini masih ada yang terlihat seperti editan gitu pinggiran objeknya, tapi no problemo-lah ya toh tidak begitu kentara kok. Tinggal kitanya aja pinter-pinter cari angle yang pas biar hasilnya terlihat lebih OK. Tapi, untuk kedepannya mudah-mudahan ASUS bisa lebih memperbaiki untuk fitur Potrait Mode ini 😊.

Baca Juga: Review ASUS Zenfone 2 Selfie

📷| 8MP 120° Wide Angle Camera 
Kemudian yang satu lagi adalah wide angle kamera dengan kelebaran 120 derajat beresolusi 8MP. Nah, fitur ini asyik banget buat kita yang pengen foto rame-rame, sepertinya 5-7 orang berjejer di depan masih muat untuk masuk dalam 1 frame kamera ya. Selain itu juga untuk selfie dengan background pemandangan yang luas juga bisa banget.

Wide angle 4:3 8MP

Wide angle 16:9 6MP 

Wefie dengan mode wide angle 16:9

Ternyata untuk mode wide angle ini kalau kita mengubah aspek ratio-nya akan berubah juga megapixel-nya. Jadi, ketika kita menggunakan ratio 4:3 maka besaran kamera 8MP dan ketika kita menggunakan ratio 16:9 maka besaran kamera menjadi 6MP.

Nah, karena hanya beresolusi 8MP dan 6MP jadi selfie dengan wide angle kamera memang tidak semulus main selfie kamera yang 20MP ya. Agak sedikit noise, terutama kalau foto ditempat yang gelap.

📷| 16MP Kamera Belakang
Kamera belakang tersebut memiliki resolusi 16MP yang memiliki sudut pandang cukup luas, hingga 80o. Kamera belakangnya juga bisa memberikan hasil foto sempurna pada kondisi low-light dengan adanya sebuah LED RealTone Flash yang memberikan pencahayaan dengan intensitas yang pas.

Potrait Mode

kamera belakang 16MP

Mode HDR

Mode Auto

Selain pilihan mode yang tersedia di kamera depan maupun belakang, ada juga 9 pilihan filter foto yang kamu bisa akses dengan cara menggeser (swipe) layar ke sebelah kanan.


Tak hanya itu, kamera belakang ini juga dilengkapi oleh kemampuan penstabil video secara elektronik saat merekam dalam resolusi Full HD (1920 x 1080).

Kalau menurut saya pribadi, kamera belakangnya not bad ya. Tapi memang lebih menonjol di kamera depan mengingat ini memang smartphone khusus selfie seperti namanya. Semoga nanti ASUS bisa mengembangkan juga kamera belakangnya untuk si selfie ini, sehingga depan belakang bisa seimbang hihihi 😘.

Kesimpulan
Jadi, asyik apa gak nih selfie pakai ASUS Zenfone 4 Selfie? So far, menurut saya pribadi "Sangat Asyik untuk selfie dengan prosentase 89,99%" 😘. Bisa dilihat sendiri dari hasil kamera yang sudah saya sertakan ya. Apalagi ditambah selfie di kamera depan dengan mode beautification. MANTAP! 😎

Kemudian mulai dari paket penjualan, desain, baterai, user interface, performa sampai kamera memang ASUS semakin kesini semakin menyesuaikan dengan zaman ya. Zaman NOW banget gitu loh 😅. Nah, jadi buat kamu yang memang menginginkan smartphone selfie dengan kemampuan yang cukup baik dan harga yang cukup friendly bolehlah Zenfone 4 Selfie ini menjadi pertimbangan.

Yang mau lihat video hands on ASUS Zenfone 4 Selfie dari saya, supaya bisa lihat dengan lebih jelas bagaimana bentuk dan rupanya bisa dilihat langsung dalam video di bawah ini ya.


Untuk spesifikasi detailnya juga bisa dilihat pada tabel di bawah ini ya.

Model
ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)
Display, Resolution
5.5-inch IPS display, 400nits brightness, Front 2.5D curved glass display, 1.65mm slim bezel, Bluelight filter for eye care, capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)
SoC Processor
CPU
Qualcomm Snapdragon 430 Mobile Platform with 64-bit Octa-core 1,4GHz Processor
GPU
Qualcomm Adreno 505
Memory
RAM / Storage
LPDDR3 4GB / eMCP 64GB, microSD card up to 2TB, 100GB Google Drive free for 1 year
Camera System
Front
Camera 1 (main)
Resolution: 20MP
Sensor: Omnivision 20880 / 1.0Ξm pixel
Aperture: f/2.0
Focal length / field of view: 31mm/69°
Front
Camera 2 (wide-angle)
Resolution: 8MP
Sensor: Omnivision 8856 / 1.12Ξm pixel size
Aperture: f/2.4
Focal length / field of view: 12mm/120°
Rear camera
Resolution: 16MP
Sensor: Omnivision 16880 / 1.0Ξm pixel size
Aperture: f/2.2
Focal length / field of view: 12mm/80°
Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode:
Auto mode with HDR Pro features / Pro mode / Beauty mode / Portrait / Super Resolution / Panorama / GIF Animation / Time Lapse / Slow Motion
SelfieMaster: Photo beautification / Video beautification / BeautyLive / Collage / Slideshow
Wireless
WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct
Sensor
Front fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
SIM card and SD slot
Triple Slots: Dual SIM + MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time.
Slot 3: Supports up to 2TB MicroSD card
Network
GSM Band 2, 3, 5, 8, WCDMA Bands 1, 5, 8, FDD-LTE Band 1, 3, 5, 7, 8, 20, TD-LTE Band 40. LTE Cat4: UL/DL 50/150Mbps, DC-HSPA+: UL/DL 5.76/42Mbps
GPS
GPS, AGPS, GLO, BDS
OS
Android Nougat 7.1.1 with new ASUS ZenUI 4.0
Battery
Non-removable 3.000mAh capacity
Audio / Microphone
5-magnet speaker for louder sound and less distortion, Audio CODEC integrated into PMIC, Dual internal mic with ASUS Noise Reduction Technology, FM radio
Size / Weight
155.66 x 75.9 x 7.85mm / 144 gram
Color
Deepsea Black, Rose Pink, Sunlight Gold
Price
Rp3.499.000


Oiya, sebelum kelupaan kamu juga bisa mendapatkan ASUS Zenfone 4 Selfie Series di ASUS Official Store di Lazada (👈 klik aja langsung biar lebih cepat). Oiya, sekedar bisik-bisik nih ya ASUS Zenfone 4 Selfie Pro yang ada kata Pro-nya itu lebih mantep loh hihihi... Mulai dari kamera selfienya yang lebih tajam sampai perekaman video selfie dengan resolusi 4K lewat kamera depan yang disertai teknologi Electronic Image Stabilization (EIS)... Detailnya kepoin juga gih di Official Store di Lazada!

Semoga sedikit cerita pengalaman saya dalam menggunakan ASUS Zenfone 4 Selfie ini bisa membantu dan bermanfaat ya. Dan maapkeun kalau kali ini saya kebanyakan selfie HAHAHA 😋.



27 comments:

  1. dan desain asus makin kesini makin elehan ya ssist

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget sis, makin zaman now lah pokoknya hahaha...

      Delete
  2. Wah, keren sekali hapenya, mau dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak boleh, omboy kan uda punya zoom s ma selfie pro :|

      Delete
  3. Assik tambah kece euy asus selfie, 20mp mh udh kayak kamera aku, ganti aja lah kamerany sm henpon baru.

    ReplyDelete
  4. Namanya jg selfie phone. Fitur jepret2nya ciamik

    ReplyDelete
  5. Buat referensi yang mau beli HP baru dengan spesifikasi baru.. yuklah

    ReplyDelete
  6. jadi pengen beli ya lht hasil fotonya bagus

    ReplyDelete
  7. Wah buat yang suka selfie dan wefie bareng2 pasti suka hape ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget...
      pokoknya yg ngaku doyan selfie pasti ketagihan, soalnya ada fitur beautificationnya yang bikin cakep :D

      Delete
  8. Haduh-haduh, ngiler aku bacanya mbak 😂😂
    ASUS Zenfone makin-makin yess, jadi kepincut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya... desainnya juga makin cakep :D

      Delete
  9. Smartphone inceran anakku nih, secara dia suka banget selfie. Kalau aku beliin, bisa2 selfienya makin rajin ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalau yang doyan selfie pasti nagih banget mba hihihi...

      Delete
  10. Mauuu... Mantep banget kamera depannya, asyik bgt buat selfie...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yg suka selfie2 ini salah satu hp yg bs jd pertimbangan hihi

      Delete
  11. Aku make asus juga..tp belum yang secanggih seri ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... semoga nanti ada rezekinya ya mba buat memiliki yg terbaru... amin :)

      Delete
  12. Aih handri mah ngga pake fitur beautificayion juga kincloong..hihi..syakeep hapenyaa..

    ReplyDelete
  13. Aku juga sukaaaa Zenfone 4 Selfie. Harganya juga pas di kantong ya.
    Tapi aku lebih suka yang Selfie Pro, hasilnya lebih tajam ��

    ReplyDelete
  14. waduuh...bikin mupeng aja Asus ini...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)