Niat sih Pakai Dress Batik, Tapi Malah Dibilang Kayak Pakai Daster. Pernah?

Thursday, 1 February 2018

Sumber: http://ourindonesia.com/lifestyle/the-allure-of-batik-and-ikat/

Niat sih Pakai Dress Batik, Tapi Malah Dibilang Kayak Pakai Daster. Pernah? - PERNAH BANGET 😂! Dulu waktu jaman saya masih kerja, saya lagi seneng-senengnya pakai batik. Nah, tiba suatu hari saya memakai batik model dress terusan di bawah lutut gitu. Bentuk dress-nya biasa banget gak ada model apapun cuma lurus aja, saya juga memakainya polosan saja tanpa sabuk ataupun aksesoris lainnya.

Eh tiba-tiba teman saya nyeletuk, "Kamu pakai daster ya?".

Oh My...
HAHAHA...
Ini dress batik cuy!

Nah, semenjak saat itulah saya sering menyiasati penggunaan dress batik yang saya punya dengan penampakan yang se-modern mungkin. Supaya terlihat seperti dress batik modern.

Tahukah kamu kalau sebenarnya penampakan batik saat ini sudah luar biasa berkembang? Bahkan sampai modelnya pun gak itu lagi itu lagi. Dan kali ini saya mau sedikit kasih tahu nih, gimana caranya menyiasati dress batik supaya terlihat lebih modern dan kekinian.

1| Batik juga bisa banget dimodel jadi jumpsuit lho

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/529665606153779260/

Yes, bener banget. Jaman sekarang batik itu bisa dimodel menjadi bentuk apa saja, termasuk model jumpsuit. Ini bisa banget untuk menyiasati supaya penampilan kita ketika menggunakan batik gak terlihat kuno lagi.

Untuk yang berhijab gampang saja, kalau jumpsuitnya lengan panjang ya tinggal pakai jilbab toh? Tapi walaupun lengan pendek juga tidak masalah, tinggal pakai saja inner atau kardigan supaya lebih menutupi lengan kamu. As simple as that shaaay hihihi...

2| Pakai dress batik dengan corak yang lebih mencolok

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/536772849322181190/

Batik memang sekarang telah berkembang pesat dari segi motif dan warnanya. Bisa dilihat kalau batik yang beredar di pasaran ataupun yang banyak diusung oleh fashion desainer seperti Dian Pelangi adalah motif batik yang mentereng alias gonjreng. Cerah gitu, gak lagi gelap dan melulu warna cokelat atau hitam putih.

Tapi, dominan warna merah, hijau ataupun kuning malah lebih seru dan lebih kelihatan play full. Bahkan bisa juga kok batik-batik dengan motif yang mencolok ini dipakai untuk acara formal, tinggal disesuaikan saja untuk modelnya.

3| Batik dengan gabungan dua motif
Sekarang banyak banget ya yang menggabungkan dua motif batik dalam satu baju. Tapi modifikasi seperti ini juga gak melulu kedua motifnya batik sih, biasanya ada juga batik yang dimodif dengan kain polos. Seperti dress batik modern yang satu ini, terlihat lebih manis dan cantik dipadukan dengan kain polos.

Sumber: https://www.mataharimall.com/asana-liris-bunga-woman-dress-biru-4704054.html

Motif batik dan kain polos sebagai kombinasi menambah cantik dress batik ini sehingga berkesan lebih modern dan gak monoton.

4| Kaftan batik bisa membuat yang berhijab terlihat lebih sopan

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/122019471129467754/

Selain model-model yang saya sebutkan di atas, untuk kita-kita yang berhijab ini kain batik juga bisa banget lho dimodel seperti kaftan. Ini bisa banget buat dipakai ke acara-acara formal maupun semi formal. Gak usah mikirin bakalan terlihat aneh atau enggak, yang penting pilih motif kain batik yang cantik dan terlihat lebih cerah. Supaya kaftan batik kita pun terlihat seperti dress batik modern.

5| Rok batik dan celana batik bisa menjadi pilihan untuk sekedar kongkow di cafe dengan teman

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/476396466825791696/

Ingat! Karena jaman semakin modern dan fashion semakin cetar membahana, maka model baju batik juga gak lagi sebatas dress atau baju yang formal saja. Tapi bisa juga dibuat menjadi model rok ataupun celana untuk dipakai sehari-hari, baik untuk sekedar kongkow di cafe ataupun untuk kuliah.

Nah, biasanya untuk menyiasati pemakaian rok dan celana batik ini kita bisa memadu padankan dengan atasan yang polos. Kemudian pakaikan kalung atau aksesoris lainnya supaya terlihat lebih cantik.

***

Gimana?
Kalau seperti ini, masih adakah yang bilang kita seperti memakai daster ketika menggunakan dress batik modern?

Kalau masih ada, seperti kata Bang Haji Rhoma Irama. TER-LA-LU! 😆😆😆

Baiklah, segitu dulu deh sedikit tips menyiasati dress/ pakaian batik kita supaya terlihat lebih modern dan kekinian. Dijamin gak akan gak akan ada yang bilang dress batikmu seperti daster, karena modelnya saja sudah berbeda hihihi...

Ada lagi kah yang mau nambahin tips-tips memakai dress batik? Monggo bisa di share di kolom komentar ya! 😘



18 comments:

  1. lucu yang model kaftan aku belum punya kalau yang lainnya udah punya cuman sekrang kok males pake batik karena dikantor sekrang ga ada aturan khsuus dihari tertentu pak batik sedang di kantor lama setiap senin wajib batik :)

    btw itu temannya yang bilang daster dah kayak Rangga mba "jahara" :D

    ReplyDelete
  2. sekarang udah banyak ya model dress batik, bagus2 pula motif sama modelnya
    kalo dulu mah masih jarang, paling atasan aja atau bawahan aja
    emang kalo dulu motifnya gitu2 aja sih, kayak daster, jadi ogah beli >_<

    ReplyDelete
  3. Zaman now mah malahan batik udah jadi trend. Model dan jenisnya udah kekinian, nggak usah malu ya kalau mau pakai batik :D

    ReplyDelete
  4. Bener terlalu Mbak kalau ada yang ngatai pakai batik kayak pakai dater. Modelnya udah kece-kece gini kok :D

    ReplyDelete
  5. fashion cewek itu paling banyak.. kalo cowok jadinya kemeja aja :(

    ReplyDelete
  6. Selain baju, saya juga suka pake batik. Biasanya sih sebisa mungkin berbatik di hari Jumat atau pas lagi ada event kantor. Bahkan batik biasa kami jadikan sebagai dress code :)

    ReplyDelete
  7. Nggak pernah dikira pake daster sih, cuma perasaan saya sendiri kalau pake dress batik serasa pakai daster gitu

    ReplyDelete
  8. Batikku biasanya model atasan, yang mpe bawah nggak punya aku mba.. masalahnya aku pendek..klo bajunya terlalu panjang..kelelep aku mba..

    ReplyDelete
  9. Lagi butuhnya batik untuk pakaian formal, kalo Raboedaya di kampus tiap hari Rabu, disebutnya ibu-ibu PKK *ywdhlah ya xD

    ReplyDelete
  10. Bisa dipakein blazer, atau batik yg dijadiin blazer. Kulot batik lagi in juga. Banyak ya, tergantung kreativitas dan kepedean pemakainya, hehe.. Mesti mulai pede kita mbak, ini kan warisan budaya yg diakui dunia �� Salam

    ReplyDelete
  11. Hihi klo pendek kayak aku disangka dasteran bawa bayi 😂 suka deh ama batik

    ReplyDelete
  12. Naksiiiir yang kaftan mba Hand.. Cakeps ya ituuuu.. Aku belum pernah pakai dress batik, pakai daster pun jarang banget haha.. Tapi pingin juga punya dress batik yg lucu buat acara formal..

    ReplyDelete
  13. Aku pernaaaaah.
    Pas lagi hamil gede ke kantor pake dress batik macem gamis gitu lah. Eh temen-temen bilang "Dian kamu pake batik?!"
    Sejak saat itu ga mau lagi pake dress batik. Mending atasan batik aja trus celananya polos.

    ReplyDelete
  14. Hahahha, aku pernah, jadi aku emang suka pake dress batik ke kantor, ada satu model dressku yg motifnya kaya daster, semua orang ngira aku pake daster, astaga, ngakak, sejak saat itu aku udh ga mau lagi pake dress itu.


    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  15. Biasanya dress baik yang disebut daster itu motifnya abstrak, soalnya saya punya. Jadi bisa disiasati dengan motif yang sudah terkenal biar lebih modern ya

    ReplyDelete
  16. Iyaaa aku suka banget pake dress. Untung belum pernah dikatain pake dress. Hihihi.
    Aku punya beberapa dress batik, aku padupadanin dengan legging, Soalnya aku lumayan pecicilan hehehe.

    ReplyDelete
  17. Iya pernah... Lagi ngajar, trus muridnya pada kasak-kusuk dibilangnya saya pakai daster. Bajunya longdress dan ada aksesori di bagian dada. Sayanya pakai jilbab lebar. Walhasil jadilah kayak orang pakai daster. *nyesek

    ReplyDelete
  18. wahh rasa percaya dirinya pasti ilang tuh mbak :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)