Review Kamera ASUS Zenfone 4 Selfie Pro, Smartphone Selfie 24MP !


Review Kamera ASUS Zenfone 4 Selfie Pro, Smartphone Dengan Kamera Depan Sampai 24MP ! - Akhirnya setelah kurang lebih satu bulan saya menggunakan smartphone selfie ini, kesampaian juga buat nulis pengalaman menggunakan kamera-nya. Iya, kali ini reviewnya hanya sebatas pengalaman menggunakan kamera ya terutama kamera selfie-nya yang menurut saya cetar membahana hihihi...

Sebelum kita mulai membahas kameranya, saya mau kasih lihat dulu paket penjualan beserta spesifikasi apa aja sih yang ada di dalamnya.

Paket Penjualan

Untuk paket penjualannya sendiri terdiri dari (urut dari kiri ke kanan - ke bawah):
  1. Jelly Case,
  2. ASUS Zenfone 4 Selfie Pro,
  3. Kartu Garansi,
  4. Buku Panduan,
  5. SIMCard Ejector,
  6. Kabel USB,
  7. Adaptor,
  8. Earphone.

Spesifikasi

Model
ZenFone 4 Selfie Pro (ZD552KL)
Display, Resolution
5.5-inch Full HD (1920 by 1080) AMOLED display, 76.7% screen-to-body ratio, 500nits brightness, Over 100% NTSC high color gamut display, 2.5D Corning® Gorilla® Glass for best screen protection, 1.7mm slim bezel, Bluelight filter for eye care, Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)
SoC Processor
CPU
Qualcomm Snapdragon 625 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor FinFET LPP (Low Power Plus), Powersaving Technology
GPU
Qualcomm Adreno 506
Memory
RAM / Storage
LPDDR3 4GB RAM / eMCP 4GB
Camera System
Front
Camera 1 (main)
Resolution: 24MP DuoPixel
Sensor: Sony Exmor RS IMX362 / 1.4μm pixel
Aperture: f/1.8
Focal length / field of view: 25mm/83°
Front
Camera 2 (wide-angle)
Resolution: 5MP
Sensor: Omnivision 5670 / 1.12μm pixel size
Aperture: f/2.2
Focal length / field of view: 12mm/120°
Rear camera
Resolution: 16MP
Sensor: Sony Exmor IMX 351 / 1.0μm pixel
Aperture: f/2.2
Focal length / field of view: 26mm/80°
Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode:
Auto mode with HDR Pro features / Pro mode / Beauty mode / Portrait / Super Resolution / Panorama / GIF Animation / Time Lapse / Slow Motion
SelfieMaster: Photo beautification / Video beautification / BeautyLive / Collage / Slideshow
Wireless
Integrated 802.11b/g/n 2.4Ghz; WiFi-direct CAT 7 LTE – up to 300Mbps download (carrier dependent)
Connectivity
Bluetooth 4.2, Micro USB 2.0 (support OTG), 0.3s ultrafast fingerprint unlock, support 5 fingers 360 degree recognition
SIM card and SD slot
Dual slots, dual SIM dual standby (4G+3G)
Slot1: nano SIM (2G / 3G / 4G)
Slot2: nano SIM (2G / 3G / 4G) or microSD card (supports up to 2TB)
GPS
GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS
Android 7.0 (Nougat) with ZenUI 4.0 new skin and features:
smart gallery, wallpaper slideshow, page maker, ZenUI safeguardBeautyLive
Battery
3000mAh non removable battery with fast charging capability
Audio / Microphone
Hi-Res Audio 192kHz/24-bit support (4x CD quality), New 5 Magnet Structure Speaker for louder sound and less distortion, DTS HeadPhoneX: 7.1 Virtual surround, Microphone x 2 (one for noise reduction)
Size / Weight
154.02x74.83x6.85 mm / 147g
Color
Rogue Red, Sunlight Gold, Deepsea Black
Price
Rp4.999.000


Nah, beberapa waktu yang lalu kebetulan saya sudah pernah me-review untuk Zenfone 4 Selfie. Iya, yang gak ada "Pro"-nya kalau yang sekarang ada "Pro"-nya. Lalu apa bedanya? Sebenarnya sama-sama smartphone selfie sih, tapi kalau yang Selfie Pro ini menurut saya lebih expert lagi untuk kamu yang pecinta selfie hihihi...

Baca Juga: Review Kamera ASUS Zenfone 4 Selfie

Desain Body
Desain body-nya kurang lebih sama seperti Zenfone 4 Selfie, untuk finger print scanner-nya berada di bagian depan menjadi satu dengan menu home. Menurut saya jika dibandingkan dengan Zenfone 4 Selfie, selfie pro ini cenderung lebih berat dan anteb (apa ya Indonesianya? 😅) untuk di genggam. Layarnya 5,5inch dan di desain Full HD.


Overall sih, kalau saya bilang desainnya sama seperti Zenfone 4 Selfie ya, yang membedakan cuma peletakkan kamera depan. Kalau Selfie dual kameranya disebelah kiri speaker, kalau selfie pro disebelah kanan.

Masih dengan desain baterai yang unibody dan kapasitas baterai 3000mAh, smartphone ini juga fast charging. Saya mengisi baterai cukup dengan waktu 1-1,5 jam paling lama, tergantung dari berapa persen sisa baterainya.


***

Karena ini smartphone selfie, jadi mari langsung saja kita bahas hasil kameranya. Terutama bagus gak sih kalau untuk selfie?

Review Kamera
📷| Kamera Selfie Dengan Resolusi Setara 24MP (DuoPixel Camera)
Karena namanya juga smartphone selfie yang ada embel-embelnya Pro, menurut saya pribadi smartphone ini bisa banget di andalkan untuk selfie. Kamera depannya cakep bisa menghasilkan sebuah foto setara dengan resolusi 24MP, kemudian hasil foto atau video dari kamera depannya bisa terang benderang banget walaupun dalam keadaan low light. Ini karena kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan sensor yang dikenal sangat bertenaga, yaitu Sony IMX362.



Apalagi untuk fitur Potrait Mode-nya juga saya bilang cukup OK. Oiya, potrait mode itu yang bisa membuat foto selfie kita jadi blur (bokeh) untuk background belakangnya.

Oiya, kamera selfie pro ini memiliki 3 pilihan ratio yaitu 1:1, 4:3 dan 16:9. Yang harus diperhatikan adalah setiap kita selfie ataupun foto dengan memilih ratio yang berbeda, maka resolusi kamera yang digunakan pun akan berbeda pula. Bisa dilihat gambar di bawah ini!



Keterangan:
- Gambar kiri : Resolusi dan ratio untuk kamera depan (main camera).
- Gambar kanan : Resolusi dan ratio untuk kamera depan wide angle (hanya sampai 5MP).

Dan berikut beberapa foto selfie yang berhasil saya ambil (siap-siap saya bom dengan foto selfie ya 😋)


Menggunakan ratio kamera 16:9 (12MP)
(Klik gambar untuk melihat detail foto!)

Kebanyakan saya menggunakan ratio 16:9 dengan resolusi 12MP, demi kepentingan story instagram. Iya, saya salah satu aktifis instagram euy 😂. Bolehlah follow-follow saya di @handdriati hahaha... (aktifis tapi kok kismin follower ini gimana? HAHAHA....)

Saya akui, memang kalau untuk selfie Zenfone 4 Selfie Pro ini juara karena walaupun menggunakan resolusi 12MP saja sudah cerah. Seperti yang saya bilang sebelumnya, ini karena kamera depannya dilengkapi dengan sensor Sony IMX362 jadi bisa cetar terangnya. Yang paling kerasa itu kalau saya lagi video call, cerah dan terang banget deh walaupun dalam kondisi  low light.




Nah, foto selfie di atas saya ambil pada jam6 sore hari ketika sudah mulai gelap. Bisa dilihat suasana foto yang sebelah kiri, dan hasil foto selfienya pun tetap terang.

Sampai saat tulisan ini di publish seingat saya sudah ada 2 kali system update untuk Zenfone 4 Selfie Pro, terutama dari segi kameranya yang sangat terlihat hasilnya semakin kesini semakin baik.

📷|  5MP 120° Wide Angle Camera
Berbeda dengan Zenfone 4 Selfie yang mempunyai resolusi kamera untuk fitur wide angel sebesar 8MP, Zenfone 4 Selfie Pro justru mengalami penurunan resolusi yaitu hanya 5MP saja. Tapi gak usah khawatir, karena hasil fotonya tetep cakep kok dalam kondisi tertentu (semisal diruangan terbuka dengan cahaya yang mumpuni). Berikut untuk hasil foto-foto dengan fitur wide angle.

Main Camera  16:9 (12MP)

Wide angle 5MP

Main Camera 16:9 (12MP)

Wide Angle 5MP
Nah, dari foto di atas bisa kelihatan kan bedanya untuk latar belakangnya bisa jadi tertangkap kamera dengan lebih luas. Jadi bisa banget buat foto rame-rame.

Wide angle itu selain buat foto pemandangan memang enaknya juga buat foto rame-rame, ya 7-8 orang bahkan lebih kalau berkerumun ke belakang masih masuk frame-lah.

Foto wide angle rame-rame

Tapi, memang ya, kalau kalian perhatikan dengan seksama untuk bokehnya memang masih sedikit rada susah buat ngepasinnya. Tapi, kalau posisi ma momennya pas maka foto bokehnya jadinya bakalan cakep banget. 

📷|  Video Selfie Dengan Kualitas 4K
Jujur saya gak begitu sering mencoba video dengan kamera depan, tapi kamu bisa banget kalau lagi bikin vlog menggunakan settingan video dengan kualitas 4K. Jadi, maafkan saya gak bisa memberikan review lebih lanjut soal ini.



📷|  16MP Kamera Belakang
Kamera belakang dibekali dengan resolusi 16MP, cukup baik menurut saya. Tetapi memang kalau disuruh memilih, saya cenderung lebih suka hasil kamera belakang Zenfone 2 Selfie si pendahulunya sang pelopor kamera selfie. Untuk fitur kamera belakangnya pun tidak sebanyak Zenfone 2 Selfie ataupun Zenfone 2 Laser.




Dan berikut beberapa hasil foto yang saya ambil menggunakan kamera belakang.


Untuk foto-foto ala-ala macro photography pun cukup OK sih kalau menurut saya, kedua gambar di atas saya ambil menggunakan mode Pro. Klik gambar untuk melihat detailnya!


Kalau foto ini diambil menggunakan mode auto dan fitur potrait modenya aktif, memang rada gak rata sih ya bokehnya. Bisa dilihat kaki anak saya yang ikut ngeblur sedikit. Nah, memang tantangannya kalau foto model begini nih, gak selalu beruntung untuk dapat bokeh yang pas. Tapi sekalinya dapet bisa bagus.

Kesimpulan
Kesimpulannya, pokoknya saya bisa bilang kalau selfie pakai nih kamera smartphone kece abeeees HAHAHA... Jadi, ini penting banget buat kamu jamaah narsisiyah, smartphone dengan kamera macem beginian itu wajib banget punya. Kamera belakangnya juga gak kalah bagus kok, cuma memang terkadang jadi kelihatan rada gelap pas dilayar, tapi ketika dilihat hasil fotonya cakep juga. Coba saja lihat hasil bidikan saya hihihi... Untuk ketahanan baterainya saya sehari ngecas sekali aja dan fast charging. Pemakaian standarlah ya, social media mostly Instagram dan WhatsApp. Kemudian nonton drama korea sehari sekali lah durasi sejam kurang lebih. Dan terkadang nge-youtube juga buat nontonin baby shark 😆.

Nah, kurang lebih seperti itu ya pengalaman saya menggunakan kamera ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Kalau kamu doyan selfie dan foto-foto untuk mengabadikan momen ini Selfie Pro ini sudah lumayan OK punya menurut saya.

OK deh, semoga review smartphone kali ini dapat membantu ya. Oiya, kalau kamu mau melihat lebih banyak review tentang smartphone ASUS, bisa kamu lihat dilabel ASUS ya.

13 comments

  1. Saya kepincut nih xD Kameranya bening bangeet :D

    ReplyDelete
  2. Aduh... mupeng banget lihat smartphone ASUS kece ini Kak. Itu fotonya tjakep semua lagih...

    ReplyDelete
  3. Kueren deh, ya kameranya ya bloggernya *eh :))

    ReplyDelete
  4. Kameranya bagusss :D
    Kalau videonya gimana? Jernih juga hasilnya?

    ReplyDelete
  5. Ditengah persaingan yg ketat..perusahaan gadget trs berinovasi untk menciptakan sesuatu yg lbh unggul dr ponsel lainnya. Asus skrg resolusi kameranya bisa dipilih lagi..
    Kualitasnya jg gk main2

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama kameranyaa! Bening trus tajem gitu. Tapi hapeku masih normal sih, sayang kalo dilembiru :P

    ReplyDelete
  7. Iyaa, hasil fotonya keceeee.. Bisa wide angle juga ya itu jadi group selfie-nya lebih oke.. Harga 5 juta sebanding sama kualitasnya ya mba..

    ReplyDelete
  8. Asyik bgt ih hasil selfienya...

    ReplyDelete
  9. Hasil fotonya emang ga jauh beda sama zenfone 4 selfie ya, mbak
    Kebetulan ada temen kantor juga pakai hp itu yg hasilnya sering di pamerin di ig :)
    Bisa jadi salah satu pilihan niih, kalau jadi beli hp baruu :)

    ReplyDelete
  10. udh masukin hp ini sih ke dlm wishlist abis baca review dr mba pungky prayitno juga.lgs naksir ama kemampuannya yg bisa motret dlm low light mba.. Secara hpku yg skr kekurangannya jelek pas low light.

    ReplyDelete
  11. Wow, keren ini hpnya penunjang kerjaan blogger banget ya. Mupeng abis deh hehe...semoga bisa punya hp begini

    ReplyDelete
  12. Waini sepakat smartphone idaman banget buat Vlogging. Hargannya cocoklah sama kualitas fotonya, keren-keren hasilnya

    ReplyDelete
  13. bagus desainya, tapi sayang kapasitas batrainya menurud saya kurang besar

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)