Cara Mudah Membuat Blog Untuk Pemula

Tuesday, 10 April 2018

Cara Mudah Membuat Blog Untuk Pemula

Cara Mudah Membuat Blog Untuk Pemula - Dunia blogging kini semakin berkembang, tidak hanya sebagai media curhat tetapi juga media informasi yang dapat menjadi referensi yang efektif untuk orang lain bahkan menghasilkan uang. Maka dari itu, banyak orang juga yang ingin tahu apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas bagaimana cara membuat blog dengan mudah untuk pemula guna melengkapi dan merangkum tutorial-tutorial blogging tips saya yang terdahulu. Yuk, disimak sedikit ulasan saya yang sederhana ini!

1| Menentukan Platform Yang Tepat (Blogger atau Wordpress)
Sebelum memulai membuat sebuah blog, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih platform apa yang akan kita gunakan. Banyak sekali platform blogging, tetapi secara spesifik disini saya hanya menyebutkan Blogger dan Wordpress saja. Karena 2 platform tersebut yang lumayan banyak digunakan. Kalau saran saya sih, sebaiknya gunakan platform blogging sesuai dengan kebutuhan.

Kalau bagi saya sekarang lebih mudah menggunakan blogger.com, karena kebutuhan saya cukup ter-cover dengan platform tersebut. Tapi, bagi kamu yang mempunyai kebutuhan yang lebih kompleks ataupun diperuntukkan untuk bisnis dan pemasangan Ads saya bilang sih lebih baik memilih Wordpress.

Cara membuat blog dengan wordpress ataupun blogger saya bilang sih cukup mudah. Saya pernah menuliskan tutorial cara membuat blog dengan blogger untuk pemula. Untuk yang penasaran dengan cara membuat blog dengan wordpress, kamu juga bisa lihat tutorial WordPress hostinger.co.id ini. 

2| Plus Minus Platform (Blogger dan Wordpress)
Baik Blogger maupun Wordpress masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut diantaranya:

πŸ“ŒBlogger
Kelebihan:
  • Mudah digunakan oleh pemula,
  • Template blog gratisnya banyak,
  • Merupakan platform bawaan google, sehingga tidak perlu hosting tambahan,
  • Mudah dioptimasi,
  • Mudah mendaftar Google Adsense,
  • HTML templatenya bisa diedit,
  • dll.

Kekurangan:
  • Layoutnya sederhana dan susah untuk diubah oleh pemula,
  • Menu dashboardnya dan navigasinya kurang lengkap dan tidak bisa dipasangi plug in tambahan,
  • dll.
πŸ“ŒWordPress
Kelebihan:
  • Tampilan templatenya bisa terlihat profesional,
  • Templatenya bisa dimodifikasi sendiri, karena HTMLnya bisa dengan mudah diubah,
  • Bisa diinstal plug in tambahan yang dapat mempercantik dan memperlengkap kinerja blog,
  • Dashboard dan navigasinya sangat lengkap,
  • Mudah dioptimasi,
  • dll.

Kekurangan:
  • Tidak mudah digunakan oleh pemula, karena menu-menunya yang cenderung rumit,
  • Templatenya mahal,
  • dll.

3| Pilih Nama Domain dan Hosting
Memilih nama domain itu penting, usahakan pilih nama domain yang unik dan sesuai dengan apa yang diusung blog kita. Karena ini yang nantinya akan menjadi salah satu identitas dari blog. Sudah pada tahukan apa itu domain dan hosting?

Jadi,
Menurut id.wikipedia.org, Domain/ Nama Domain/ Domain Name adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal dengan alamat IP. Nama Domain ini juga dikenal sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama Domain kadang-kadang disebut juga dengan istilah URL atau alamat website.
Simplenya sih begini, Domain adalah alamat kita di internet supaya mudah diingat orang, misal "www.handdriati.com".

Baca Juga: Tips Memilih Domain

Lalu, apa itu hosting?
Menurut id.wikipedia.org, Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu hosting berbagi (Shared Hosting), hosting dedikasi (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan server kolokasi (Colocation Server).
Kalau kita menggunakan platform blogger, rasanya nama domain saja sudah cukup tanpa harus membeli hosting. Karena blogger itu punya google, jadi untuk layanan penyimpanannya ya di servernya google. Beda lagi kalau kamu menggunakan wordpress self-hosted, membeli hosting itu perlu.

4| Percantik Tampilan Blog
Nah, setelah menentukan platform, nama domain dan hosting yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tampilan blog. Tampilan blog yang cantik dan menarik bisa membuat pengunjung berlama-lama tinggal di blog kita bahkan bisa menarik pengunjung untuk berkunjung lagi ke blog kita.

Tampilan cantik yang saya maksud disini adalah informasi yang lengkap (terutama informasi kita sebagai blogger, seperti halaman about me dan contact me), loading yang ringan dan desain template yang tepat agar mudah untuk dioptimasi.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mempercantik Tampilan Blog

5| Optimasi Blog
Penting sekali untuk melakukan optimasi blog atau biasa disebut SEO (Search Engine Optimization), hal ini dimaksudkan agar mesin pencari seperti Google menyukai blog kita. Nah, jadi seorang blogger juga harus tahu ya apa saja sih dasar-dasar SEO. Gak harus ekspert kok, cukup langkah-langkah dasarnya saja juga sudah cukup bisa membantu. Lalu apa saja SEO basic untuk blogger yang bisa dilakukan? Diantaranya:

πŸ“ Judul Postingan
Pastikan setiap judul postingan yang kita buat dapat ditemukan dengan mudah oleh mesin pencari. Misal:
- Buat Blog (not search engine friendly),
- Cara Membuat Blog Dengan Mudah (search engine friendly).

Dan pastikan setiap judul yang kamu buat banyak dicari oleh orang.

πŸ“ Keyword Dalam Postingan
Jangan lupa juga memasukkan keyword dalam postingan, misal kita akan membuat artikel tentang service mesin cuci samsung. Maka, jangan lupa untuk menyisipkan keyword "service mesin cuci samsung" didalam judul dan postingan blog. Paling tidak ada keyword tersebut di awal, tengah dan akhir artikel.

πŸ“ Image
Sederhananya sih, kalau kamu memasukkan gambar dalam setiap postingan kamu, maka jangan lupa untuk me-rename gambar tersebut sebelum di publish. Misal, ubah nama "IMG_001.jpg" menjadi "Cara mudah membuat blog".

πŸ“ Postingan Organic
Buat lebih banyak postingan organic atau tulisan yang banyak dicari orang sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari/ Google.

6| Posting dan Konsisten
Yang terakhir adalah tulislah artikel yang bermanfaat bagi orang lain dan informasinya banyak dicari secara konsisten, sehingga dapat menggiring kunjungan organic dari Google. Sehingga blog kita akan bernilai baik di mata mesin pencari dalam hal ini Google.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana bagaimana cara membuat blog atau lebih tepatnya cara membangun blog dengan mudah untuk pemula. Ga usah ribet-ribetlah yang penting 6 hal yang saya sebutkan sudah terpenuhi, maka blogging itu saya bisa bilang mudah. 😘


Image from www.pexels.com




5 comments:

  1. No. 6 masih saya usahakan, Mbak. Masih ngos2an bagi waktu, nih. Makasih udah diingatkan

    ReplyDelete
  2. Selamat malam Handriati, maaf bunda panggil nama aja, ya, karena tahun kelahiran Cucu Bunda yang tertua lebih dulu dari tahun kelahiran Handriati, hehe... Bunda sudah memiliki blog, katakanlah blog abal-abal sejak tahun 2009 dan sejak itu hanya rajin bikin postingan thok tanpa mempelajari apa yang tersebut dalam points di atas. Ternyata setelah banyak blog yang Bunda kunjungi, terutama yang memiliki tampilan memukau, rata-rata ternyata memiliki background Lulusan S1 Sistim Informasi. No wonder. Bunda, bahkan membuat foto yang memiliki texts aja belum bisa, hiks... Tapi bunda tak bosan untuk belajar. Semakin bunda belajar, koq semakin Bunda merasa tak tau apa-apa di dunia perbloggingan ini, lagi-lagi hiks, hiks... Your personal blog ini, In Shaa Allah HARUS sering bunda kunjungi, karena banyak ilmu-ilmu yang harus Bunda pelajari. Bunda mengganti template tanpa rencana yang matang sehingga ketika menggantinya dengan tampilan yang sekarang, tanpa back-up template, hilanglah icon followers Bunda yang sudah lebih dari seratusan itu. Jumlah sebanyak buat Bunda adalah sesuatu. Hingga sekarang masih mencari-cari sendiri di Google bagaimana caranya mengembalikan icon follower yang hilang itu. Tapi karena tak pernah bisa mengikuti arahannya, let it be aja deh. Terima kasih, banyak pelajaran yang bisa diambil dari blog ini. Saluut. Salam hangat dari Bunda.

    ReplyDelete
  3. template ngaruh banget dengan kualitas blog ya, mba. jadi pengin uprek2 template blog lagi, hehe

    ReplyDelete
  4. Hahahah xD

    Ya Allah, ajdi keinget dulu gimana pusingnya mau milih wordpress/blogspot untuk blogging (agak) profesional. Emang bener sih, secara mendasar beda wp/bs itu tampilan dan plugin2. Kalau wp tampilannya lebih modern, dan juga lebih luwes penggunaan untuk makeover tampilan.

    Tapi sayang storage media nya cuma 3GB :') da lah langsung ke blogspot deh xD

    ReplyDelete
  5. mba gmna caranya ya buat biasa posting konten yg teratur, awal2nya semangat tpi nntinya suka males

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)