Perlengkapan Untuk Ibu Menyusui Agar Tetap Nyaman Saat Bepergian

Wednesday, 20 June 2018


Perlengkapan Untuk Ibu Menyusui Agar Tetap Nyaman Saat Bepergian - Bagi saya, rumah adalah tempat yang nyaman untuk menyusui dengan leluasa. Karena tidak perlu repot memikirkan dimana sudut yang tepat untuk menyusui, bagaimana model baju untuk menyusui, soalnya semua bajunya sama hanya satu model yaitu daster! 😆

Namun, yang namanya menyusui tidak harus menghambat aktifitas kita diluar rumah. Misalkan, seperti silaturahmi ke rumah saudara ataupun sekedar menghirup udara segar di mall 😂. (jaela menghirup udara segar aja ke emol 😆Nah, kalau sudah bepergian seperti ini biasanya baru deh ribet urusan pakaian yang nyaman untuk menyusui, bagaimana nanti menyusui ditempat yang kita kunjungi, bagaimana membawa barang-barang si bayi supaya gak rempong, dsb. Apalagi kalau pergi sendirian, kerasa banget rempongnya. Maka dari itu pokoknya kalau mau pergi-pergi saya harus sama suami, coz anak sudah 2 shaaay 😅.

Maka dari itu, demi kenyamanan bersama terutama demi kenyamanan kita sebagai busui, perlu nih beberapa perlengkapan untuk menyusui agar tetap nyaman saat bepergian. Sepele sih, tapi kadang kalau gak diperhatiin suka bikin ribet sendiri hihi.


1| Baju Menyusui
Baju menyusui ini sebenarnya hal sepele ya, tapi percayalah kalau kita tidak memakai baju yang busui friendly maka proses menyusui pun niscaya akan ribet. Ribet angkat-angkat baju, ribet nyari tutup biar perut dan payudara gak keliatan. Beda halnya kalau kita memakai baju yang mempunyai resleting depan ataupun kancing depan, apalagi jika memang bajunya dirancang untuk ibu menyusui, itu akan mempermudah banget.

Yang namanya baju menyusui itu tidak melulu daster loh ya, saya adalah penggemar daster garis keras. Tapi itu kalau dirumah. Masa iya kita mau bepergian pakai daster juga? Gak kan? Maka dari itu sebagai ibu menyusui setidaknya harus mempunyai baju dengan kriteria yang saya sebutkan: baju dengan resleting, berkancing depan atau bahkan baju yang didesain untuk menyusui sekalian.

Baca Juga: Review Baju dan Celana Hamil Mooimom

Saya punya beberapa baju menyusui yang desainnya cakep, trendy dan fashionable. Pokoknya gak kelihatan seperti baju menyusui. Dan yang paling penting nyaman untuk bergerak dan saat menggendong bayi sekalipun.


(Klik gambar untuk memperbesar)

Yang saya pakai ini adalah koleksi baju menyusui dari MOOIMOM, namanya Striped Vest Long-Sleeved Nursing Shirt with Collar. Desainnya fashionable bahkan tak terlihat seperti baju menyusui. Jadi baju menyusui itu gak melulu ada resleting dan kancing depan. Bahannya juga bagus dan nyaman saat dikenakan, sehingga proses menyusui pun gak pakai ribet. Yang saya suka dari beberapa baju menyusui MOOIMOM adalah desainnya simple dan fashionable.
Proses menyusui pun mudah, tinggal tarik ke atas bagian yang terlihat seperti rompi (striped biru) dan didalamnya ada bukaan untuk menyusui.

2| Bra Menyusui
Nah, selain baju menyusui bra menyusui juga salah satu item pendukung agar tercipta kondisi yang nyaman saat menyusui hihi. Bahkan semua bra yang saya punya itu bra menyusui dan yang paling menyebalkan adalah model bra menyusui kenapa kebanyakan seperti bra nini-nini, lepek! 😅

Kebetulan saya juga punya satu bra menyusui dari MOOIMOM, ini bra saya suka banget sih. Disayang-sayang cuci kering pakai kadangan 😅. Soalnya selain desainnya yang bagus alias gak kayak nini-nini, juga nyaman digunakan.



Namanya Soft Cup Stripe Nursing Bra. Ini bra bukan sembarang bra menyusui, karena beda banget dengan bra-bra menyusui yang lainnya. Saya bukan pecinta bra berkawat, jadi ini pas banget di saya. Yang paling cakep adalah bra ini didesain berkancing depan, sehingga tidak perlu repot dengan pengait di belakang seperti bra-bra yang lainnya. Kemudian juga removable pad yaitu busa bra yang dapat dilepas pasang sesuai dengan keinginan. Dan juga tali bra dilengkapi dengan strap bukaan menyusui yang praktis. Pokoknya dijamin gak kayak nini-nini dah HAHAHA. Laff banget pokoknya sama ini bra 😍.





3| Apron Menyusui
Kalau apron menyusui sih perlu gak perlu ya, pada dasarnya kalau kita sudah memakai baju dan bra menyusui maka apron menyusui pun jarang digunakan. Tapi, kalau saya pribadi apron menyusui itu lebih dibutuhkan pada saat saya tidak memakai baju yang busui friendly, karena harus angkat-angkat baju. Ini fungsinya untuk menutupi perut dan payudara biar gak kelihatan orang 😎, terutama untuk ditempat umum ya.

Source: www.mooimom.id

Nah, sedikit tips dari saya adalah pilih apron menyusui dengan bahan yang lembut dan tidak panas sehingga nyaman dipakai pada saat menyusui. Kasian anaknya kalau kepanasan.

4| Gendongan Yang Nyaman
Jadi ibu itu kadang juga punya kemampuan-kemampuan baru yang lumayan ajaib. Selain tiba-tiba bisa jadi pencipta lagu dadakan, juga bisa menyusui sambil berjalan-jalan. Udah kayak kanguru aja yeee 😆. Maka dari itu, kalau pergi-pergi saya selalu membawa gendongan yang nyaman untuk menyusui.

Saya tergolong jarang sih menyusui sambil menggendong, saya lebih baik mencari tempat duduk ataupun duduk lesehan dilantai untuk menyusui. Tapi, untuk berjaga-jaga gendongan yang nyaman untuk kita menyusui jangan ketinggalan saat bepergian.

Baca Juga: Review HipSeat Carrier Mooimom

5| Diaper Bag
Yang terakhir adalah diaper bag, yaitu tas yang digunakan untuk membawa perlengkapan bayi termasuk perlengkapan ibu menyusui seperti apron ataupun jarit ataupun baby sling (gendongan bayi).

Sama halnya seperti baju menyusui, diaper bag yang juga harus terlihat fashionable dong. Pokoknya yang gak melulu gambar binatang atau boneka lucu-lucu, biar bisa dibawa emaknya buat jalan-jalan hihi.

Ngomongin soal diaper bag, saya punya diaper bag yang modelnya cantik dan bisa muat banyak. Diaper bag ini merknya lagi-lagi MOOIMOM, habisnya keren banget sih MOOIMOM. Barang-barangnya cakep-cakep, jadi ingin memiliki semuanya 😁.

Baca Juga: Review Korset Mooimom Bamboo Belly Band




Namanya Mooimom Lady Diaper Bag bahannya cotton canvas, selain desainnya yang cantik ini tas udah kayak kantong doraemon alias bisa muat banyak barang hihi. Terdapat 13 kantong saku (banyak amat yeee 😄), satu saku belakang yang besar ini bisa untuk nyimpen barang yang dimensinya cukup besar seperti buku ataupun smartphone. Dua kantong samping yang digunakan untuk menaruh botol minum ataupun botol susu supaya aksesnya cepat. Enam kantong dibagian dalam tas bisa digunakan untuk menaruh popok, pakaian bayi, tisu, maupun perlengkapan perawatan bayi lainnya. Kemudian juga terdapat kantong pada bagian dalam yang dilengkapi dengan resleting untuk menaruh barang bawaan emak-emak seperti dompet maupun barang berharga lainnya ataupun beberapa keperluan touch up seperti bedak dan lipstik 💋.

Nanti deh untuk lengkapnya saya review sendiri ya untuk diaper bag mooimom ini.

Lalu kenapa tidak cooler bag? Kalau saya pribadi karena tidak punya stok ASIP jadi tidak pernah membawa cooler bag. Karena cooler bag adalah tas waterproof yang memiliki lapisan thermal di dalamnya yang berfungsi untuk menjaga suhu ASIP supaya tetap hangat ataupun dingin. Jadi, tidak cocok untuk membawa barang-barang bawaan seperti apron menyusui ataupun diaper dan baju bayi.

BTW, produk-produk yang saya punya dan sebutkan di atas kebanyakan merk MOOIMOM, karena menurut saya produknya MOOIMOM memang OK punya. Kalau buibu pengen kepoin produk yang lainnya ataupun tertarik memilikinya bisa langsung aja cek web dan sosial media mereka ya:

Website : www.mooimom.id
Instagram : @mooimom.id
Facebook Fanpage : MOOIMOM Indonesia

Nah, itu dia beberapa perlengkapan untuk ibu menyusui agar tetap nyaman saat bepergian yang biasa saya bawa. Kalau buibu apa aja nih perlengkapan menyusui saat bepergian?


"Happy Breastfeeding!"




31 comments:

  1. Keren ya barang2nya Mooimom, aku naksir tasnya cute gitu

    ReplyDelete
  2. Bagus branya, pake bra biasa emang agak sakit dan gak enak pas nyusuin

    ReplyDelete
  3. Aku naksir diapers bag nya.
    Terus pas liat diapers berjejer aku kira roti tawar.. Wkk

    ReplyDelete
  4. waaah sumpah aku langsung kepengen bra mneyusuinya mba! :D

    ReplyDelete
  5. Wahahahaha lengkap banget produk Mooimomnya dari A-Z emang si Mooimom ini bajunya enakeun dan kualitas produk yg lain jg keren, buat ngadoin ibu yg baru lahiran jg cocok, banyak banget deh pilihannya Mooimom mah :D

    ReplyDelete
  6. Model diaperbagnya stylish yaa mba, nggak malu-maluin kalau ditenteng, dalemnya juga luas dan banyak kantong, jadi bisa tetep rapih, suka deh.. sayang udah lewat masaku nenteng diaperbag hahaa

    ReplyDelete
  7. Hampir semua dari MooiMom ya ceu, mupeng sama bra menyusui itu euy. Keliatannya nyaman dipakee

    ReplyDelete
  8. Diaper bagnya trendy sekali mama Abim, aku punya yg model sling bag begitu to kecil, akhirnya pakai ransel terus. MooiMom mah gede ya, enak jadinya mjat banyak

    ReplyDelete
  9. Mbak, aku naksir bra nya..hehhee. tp bentar lagi mau nyapih malah..

    ReplyDelete
  10. Lengkap banget ya koleksinya!
    Pilihan warnanya juga, aku laff banget.
    Waktu remaja, aku dulu sempat pakai bra kancing depan gitu, praktis memang ya.

    ReplyDelete
  11. Baju menyusui sekarang bagus-bagus ya modelnya, jadi teteup bisa tampil stylish walaupun menyusui

    ReplyDelete
  12. Baju busui nya cakep oy.. dan saya juga tertarik dgn tas baby nya.. keren deh..

    ReplyDelete
  13. Wuih, jd pengen menyusui nih liat bra yang cantik, 🐷🐷🐷 #becanda - my time is over long, long time ago.

    ReplyDelete
  14. naksir tas dan bra-nya euy. Saya juga harus mulai siap-siap nih, karena tahun depan insyaallah akan punya baby :)

    ReplyDelete
  15. Perlengkapan ibu menyusuinya bagus banget nih, mba. Tas dan bra menyusuinya tampak fasionable banget dan slalu tampak nyaman sekali untuk digunakan nih ya mba :)

    ReplyDelete
  16. Sekarang baju menyusui cantik-cantik, ya. Zaman saya masih menyusui kayaknya belum ada pilihan. Jadi paling pakai baju yang ada kancing depan aja

    ReplyDelete
  17. Baru tahu kalo ada Mooimom lady diaper bag. Keren ya. Infonya menarik dan cocok banget nih untuk para ibu menyusui.

    ReplyDelete
  18. aku ngincer banget diaper bag mooimom yang itu, tapi warna yang item putih cuman nyari kemana mana ga dapet huhu

    ReplyDelete
  19. Kalau gak dibahas sebelumnya, baju yang Mbak pakai, saya kira bukan untuk menyusui, loh!
    Benar-benar fashionable, ya. Tetap bisa trendi meski lagi menyusui.

    ReplyDelete
  20. Blm ada bayi, jadi blm pengalaman, hahaha. Gak bepergian pun enak tuh paka bra busui. Bajunya juga kece ya

    ReplyDelete
  21. Itu baju dan branya sukaaa deh Mbak, diaper bag nya jugaaa. Aahhh emang yaah, produk2 Mooimom ini bikin lapar mata :D

    Klo apron saya gak pernah pake, cukup mengandalkan jilbab aja. Makanya jilbabnya sengaja dilebarin biar gampang akses menyusunya, dan sekarang udh malas pake bros2 segala klo lagi bawa bocah, cukup pake peniti kecil aja yg disemat dibagian dalam, jd kayak polos aja tu jilbab, hehehh

    ReplyDelete
  22. Aku tidak punya alat penutup saat menyusui itu. Anaknya ga betah. Dan seringnya memang di rumah saja menyusuinya.

    ReplyDelete
  23. Baju busuinya cakep ya Mbak. Dan bener tu, kebanyakan kan baju untuk menyusui modelnya kancing atau resleting depan. Kalau yang ini enggak. Modis banget!

    ReplyDelete
  24. Bra menyusui sekarang modelny alebih banyak dan modis juga ya walaupun dipakainya didalam

    ReplyDelete
  25. Baju menyusuinya emang keliatan nyaman banget ya, dan itu juga behanya kebayang bahannya adem deh.

    ReplyDelete
  26. Motifnya pada garis2 dan chevron. Stylish bgt ya

    ReplyDelete
  27. Perlengkapan busui sekarang tuh cakep cakep dan banyak modelnya yaaa. Suka dengan aksen stripes utk bra menyusui.. diaper bagnya juga cakeep

    ReplyDelete
  28. Modelnya Mooimom ini kebanyakan stripped yaa...
    Jadi merasa gak ketinggalan jaman lagi...kekinian banget deeh..

    Busui juga bisa gaya dimanapun kapanpun.

    ReplyDelete
  29. Iya nih kadang kalau aku naik commuter line masih ada saja ibu-ibu nyusuin anaknya sembarangan sampai kelihatan deh itu payudara, aku yang lihat beneran malu apalagi di kereta yang gerbongnya campur cowok cewek. Ya minimal pakai Apron Menyusui gitu.

    ReplyDelete
  30. Menarik! Tips buat ibu-ibu dan yang mau jadi ibu nih cocok banget, thanks sharingnya mba 😊 jadi semakin semangat menanti waktunya tiba menjadi seorang ibu

    ReplyDelete
  31. Saya juga punya baju menyusui dari Mooimom memang bagus mbak kualitasnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)