Tips Memilih Mesin Cuci Terbaik

Wednesday, 27 June 2018


Tips Memilih Mesin Cuci Terbaik - Semakin majunya teknologi tentu membuat berbagai pekerjaan lebih mudah dilakukan. Seperti contohnya mencuci. Adanya inovasi berupa mesin cuci yang praktis dan efisien tentu sangat membantu para ibu dalam menyelesaikan salah satu pekerjaan rumah mereka secara lebih cepat tanpa menguras energi. Apalagi emak-emak yang punya dua balita macam saya, tanpa mesin cuci nyerah deh kalau suruh ngucuek. Keburu pada nangis 😕. Oleh sebab itu, mesin cuci menjadi salah satu alat yang wajib di rumah saat ini. Dengan adanya mesin cuci, kegiatan mencuci menjadi terasa lebih ringan, tanpa harus menghadapi drama tangan menjadi kasar terkena deterjen ataupun kelelahan karena mencuci pakaian yang seabrek-abrek huhu.

Nah, buat kamu yang ingin membeli mesin cuci saya punya sedikit tips nih agar kamu bisa memilih mesin cuci terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

1| Periksa daya listrik mesin cuci
Semakin besar daya listrik yang digunakan oleh mesin cuci tentu akan memberatkan tagihan listrik setiap bulannya. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memperhatikan daya listrik mesin cuci pilihanmu. Pilihlah mesin cuci dengan daya listrik yang sesuai dan relatif rendah sehingga bisa lebih hemat saat digunakan. Dan yang terpenting adalah sesuaikan dengan daya listrik rumahmu, kalau terlalu tinggi takutnya bisa membuat listrik anjlok jika digunakan berbarengan dengan elektronik lain. Untuk memastikan daya listrik dari mesin cuci, kamu bisa langsung mengecek spesifikasi lengkapnya atau menanyakannya kepada penjual.

2| Perhatikan kapasitas mesin cuci
Setiap mesin cuci tentunya memiliki kapasitas yang berbeda satu sama lainnya. Pastikan kamu mengetahui berapa banyak pakaian yang harus dicuci setiap harinya agar bisa memperkirakan kapasitas yang sesuai. Soalnya kalau sekalinya mencuci melebihi kapasitas maka bisa cepat rusak. Semakin besar kapasitas, tentu akan semakin mahal pula harganya dan konsumsi daya listriknya pun terbilang cukup tinggi. Apabila kamu tinggal sendiri, atau pasangan yang baru saja menikah, tentu kamu tak membutuhkan mesin cuci berkapasitas besar. Lain halnya bila kamu memiliki keluarga dengan jumlah anggota yang cukup banyak, akan lebih efisien dan hemat apabila kamu memilih mesin cuci dengan kapasitas yang besar. 

3| Front load atau top load
Ada dua jenis bukaan mesin cuci, yaitu bukaan depan atau yang biasa disebut front load dan bukaan atas atau top load. Masing-masing jenis bukaan mesin cuci ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Mesin cuci jenis top load memiliki kelebihan di sisi harga yang relatif lebih murah. Namun kekurangannya, mesin cuci jenis ini cenderung tidak praktis terutama jenis top load yang memiliki dua tabung yang terpisah sehingga kita harus memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung lainnya.

Apabila memilih jenis top load yang memiliki satu tabung, maka resikonya adalah penggunaan air yang lebih banyak. Dan perlu diperhatikan juga kecepatan air mengalirnya, jika air mengalirnya terlalu sedikit dan lama dapat mempercepat kerusakan. Punya saya bahkan sampai saluran airnya terbakar dikarenakan air yang mengalir terlalu kecil. Sementara dari segi konsumsi listrik, keduanya terbilang relatif hemat listrik. Sedangkan mesin cuci jenis front load memiliki kelebihan berupa praktis, konsumsi air yang relatif hemat, namun dari segi harga lebih tinggi dibanding jenis top load. Selain itu, konsumsi listriknya-pun jauh lebih besar.


4| Sesuaikan dengan budget
Ini merupakan hal yang cukup penting untuk diperhatikan saat memilih mesin cuci. Maksimalkan budget yang kamu miliki dengan memilih mesin cuci terbaik yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan dan juga memiliki kualitas serta after sales yang baik. Untuk mesin satu tabung, kisaran budget yang kamu butuhkan adalah sekitar 2,5 juta rupiah ke atas.

Itu dia beberapa tips yang bisa saya share supaya kamu bisa memilih mesin cuci terbaik sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat ya 😇.





2 comments:

  1. Semakin kesini pilihan mesin cuci semakin banyak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)