Cara Mengobati Diare Secara Alami Dengan Buah Sawo Mentah

Tuesday, 21 August 2018


Cara Mengobati Diare Secara Alami Dengan Buah Sawo Mentah - Ini adalah resep di keluarga saya dari dulu, kalau ada yang diare suruh metik sawo mentah di belakang rumah kemudian diminum sarinya. Bisa kebayangkan pahit dan kesed nya seperti apa? 🙊

Tapi, inilah salah satu alternatif yang selalu saya lakukan kalau terkena diare, daripada minum obat mending pakai cara alami seperti ini dan hasilnya pun mujarab langsung cespleng. Ini beneran soalnya saya sering buktiin, 2 hari diare minum perasan sawo mentah sekali aja langsung mampet. MANTAP!

Kemudian setelah baca-baca artikel ternyata memang ada sih yang melakukan penelitian akan hal ini, jadi ini bukan semata-mata resep nenek moyangku yang seorang pelaut itu ya. Tapi ternyata sudah ada penelitian yang membuktian apa dan bagaimana si buah sawo ini dapat menyembuhkan diare.

Yang perlu diingat adalah yang digunakan adalah buah sawo mentah, bukan buah sawo matang yang manis legit itu. 😂

Kebetulan dikebun belakang rumah saya punya sekitar 3 pohon sawo, yang tiap bulannya bisa dipanen. Tapi tahukah kamu harganya amat sangat miriiiis sekali, masa satu kilo sawo hanya dihargai Rp 1.200,- sampai Rp 1.500,- saja. Padahal mah ya kalau beli di pasar apa supermarket harga sekilonya bisa Rp 5.000,-, kan? 😩

Lalu, bagaimana bisa sawo mentah bisa mengobati diare?

Menurut penelitian air perasan sawo mentah yang mengandung senyawa astringen, berfungsi melemahkan bakteri penyebab diare. Bila diminum, air senyawa sawo akan mengurangi frekuensi dan durasi penyakit diare karena mampu memperlambat gerakan usus dalam mencerna makanan. Berarti frekuensi diarenya otomatis berkurang. Dan dari percobaan di laboratorium maupun manusia, mendeteksi frekuensi pengurangan percepatan diare kecepatannya bisa dua jam lebih cepat dibanding mengatasi dengan obat lain dari jenis kimiawi. (Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2010/05/21/114033/air-sawo-mentah-dapat-mengobati-diare)

Nah, cara membuat ramuannya sendiri juga gampang banget yaitu:
  • 1 Buah sawo mentah cuci sampai bersih, kalau saya biasanya dikupas kulitnya,
  • Buah sawo diparut kemudian disaring, tambahkan sedikit air matang. Pokoknya minum 1 sendok makan saja juga sudah cukup.
Biasanya sih saya satu kali minum saja sudah sembuh, tapi kalau belum bisa dicoba 2 kali sehari. Tapi yang harus diingat adalah kalau sakit berlanjut segera hubungi dokter ya, soalnya saya bukan dokter jadi tidak bisa memberikan dosis yang pasti. Yaeyalah. 😝

OK deh, segitu dulu sharing nya soalnya mumpung inget ngepas banget si mamah kemarin habis diare minum perasan sawo mentah langsung mampet HAHA.

Semoga bermanfaat ya. 😇



51 comments:

  1. Oiya, saya bener - bener baru tau sawo mentah bisa mengobati diare nih, makasih informasinya yah.

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu nih tapi saya kurang suka sawo hihi tfs mba

    ReplyDelete
  3. makasih infonya, baru tahu selama ini tahunya daun jambu biji

    ReplyDelete
  4. Beberapa hari yg lalu suami kena diare. Nggak tahu kalau ternyata sawo bisa mengobati diare, padahal di belakang rumah ada pohonnya. Makasih ya mba, next time bisa dicoba.

    ReplyDelete
  5. Dulu waktu saya kena diare, saya dikasih ibu sama rebusan daun jambu biji. Ga enak, tapi ya namanya biar sembuh, harus diminum :D

    ReplyDelete
  6. Permasalahannya, aku ga pernah nemu penjual buah yg jual sawo mentah wkwkwkwk. Enak banget dirimu punya pohonnya. . Tp lumayan dpt ilmu baru. Mungkin kalo nanti ada ketemu sawo mentah, bisa dipraktekin :)

    ReplyDelete
  7. Ternyata bisa ya untuk obat diare.
    bermanfaat banget nih infonya.
    thank

    ReplyDelete
  8. Saya baru tahu kalau sawo bisa dijadikan obat untuk mengobati diare.

    ReplyDelete
  9. Baru tau klo Sawo bisa mengobati Diare. hehehe..

    ReplyDelete
  10. wah mantap nih, saya juga selalu pake home treatment kalau sakit ringan seperti diare, makasih ya sharing nya

    ReplyDelete
  11. Ajaib sekali. Aku pribadi makan sawo matang bisa diare loh mba. Ini sawo mentah bisa ngobatin? Ajaib

    ReplyDelete
  12. Aku suka sawo mateng hahahaha. Ta simpen ah infonya

    ReplyDelete
  13. Mbak Handriati, ini rasanya sepet ya kalau mentah? Dirujak enak nggak? atau dicemil pake garem gitu.... Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin mbak, kalau gak terpaksa gak usah makan sawo mentah... nelennya aja kepaksa :D

      Delete
  14. Owh satu sendok makan saja sudah cukup? Waaah, noted. Makasih sharingnya Mbak

    ReplyDelete
  15. Mba, maksudnya mentah disini yang belum diolah kan? atau sawo yang masih hijau sepet itu? hahaa.. pingin nyoba soalnya. Di rumah mbahku banyak sawo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mentah belum diolah yg super duper sepet mba :D

      Delete
  16. Wah cukup 1 sdm aja udah mampet ya diarenya. Mujarab! Tapi aku nggak punya pohon sawo, penjual sawo matang aja jarang kutemui sekarang.

    ReplyDelete
  17. makasih resepnya, tapi agak susah juga ya cari sawo mentah kalau nggak punya pohonnya, kayaknya mesti nanam pohon sawo nih

    ReplyDelete
  18. Aku suka banget sawo mba, tapi sawo mateng yang manis. Tapi belumpernah lihat ada sawo mentah kebanyakan dijual sudah mateng ya mba

    ReplyDelete
  19. Sawo bukannya banyak getahnya terutama yang masih mentah? Berarti gak apa-apa ya, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikupas terus dicuci bersih dulu, baru diperes... campur air dikit biar gak terlalu pekat kalau aku... coz nelennya aja perjuangan banget mba :D

      Delete
  20. Oooo..aku baru tau cara ini. Selama ini aku taunya makan pisang baranang siang atau minum air rebusan daun jambu biji aja. Ternyata sawo juga bisa

    ReplyDelete
  21. Hmm baru tahu resepnya nih mba pakai buah sawo noted deh.. biasanya klo kena ini aku minum air kelapa ijo lsg sembuh

    ReplyDelete
  22. Baru tau nih Han, selama ini taunya ngobatin diare pake bahan alami ya ngunyah pucuk daun jambu biji, hihi. Dulu pas kecil deket rumah ada pohon sawo gedeee banget. Sering manjat dan makanin sawo di atas. Tapi sekarang udah ditebang, terus di mana kubisa menemukanmu wahai sawo mentah? Hahaha.

    ReplyDelete
  23. Ternyata sawo mentah bisa untuk alternatif obat diare juga, selama ini taunya kalau tradisional pakai daun jambu biji hehe. Thankyou informasinya mbak

    ReplyDelete
  24. Selama ini taunya minum teh pahit, Han. Ternyata sawo mentah bisa juga yaa... Tingkiu lho untuk informasinya ini. Beneran aku baru tau :))

    ReplyDelete
  25. Ga ada rasanya kali yaa...rebusan air sawo mentah ini?
    Kalau kami biasanya pakai teh pait yang kentel banget...tapi memang harus cari bubuk teh itu yang merk cap botol.

    ReplyDelete
  26. Resep baru yg sederhana nih, jaga2 kl bunda ato cucu kena diari bikinin resep ini aja. Kebetulan di rmh tetangga ada pohonnya gampang metiknya bisa dirambet dari lotengnya. Makasih ya resep simpelnya.

    ReplyDelete
  27. Waduh, sawo mentah ya? Tapi deket rumahku ga ada pohon sawo, huhuh. Waktu agi musim sawo aja kau beli sekilo anak2 pada ga doyan, katanya kemanisan. Wkkwkwkwk duh anak jaman sekarang mah, ga kenal buah2an kampung. :D

    ReplyDelete
  28. 3 hari yang lalu aku diare mba hikks sampe sampe gak masuk kerja sehari, dan badan demam setelah itu, alhamdulillah nemu resep obat herbal ini, tapi sayang lagi di kota gak ad pohonnya mba 😭

    ReplyDelete
  29. Wuihhh aku baru tau kalau sawo mentah bisa jadi obat yang aku tau sih kalau diare pakai teh pahit sama bejekan daun pucuk jambu batu.

    ReplyDelete
  30. Mbaa..rasanya seperti apa tuh? Pahit kah? TFS mba, jadi tahu tentang manfaat lain dari buah kesukaanku ini..

    ReplyDelete
  31. Wah baru tau sawo mentah bisa untuk diare. Dulu di rumah bumer ada pohon sawonya. Tapi aku sukanya sawo matang wkwk

    ReplyDelete
  32. Wah baru tau sawo mentah bisa untuk diare. Dulu di rumah bumer ada pohon sawonya. Tapi aku sukanya sawo matang wkwk

    ReplyDelete
  33. Aku baru tahu kalau buah sawo mentah bisa untuk mengatasi diare setelah baca postingan ini. Biasanya kalau diare gitu aku langsung mengunyah daun jambu biji yang masih muda. Kalau sawo sih aku suka yang matang karena rasanya enak.

    ReplyDelete
  34. Catet deh infonya, kalo sawo mentah sih aku ada tanamannya Tapi ditanam di pot, karena gak ada lahan tanah tersisa. Tapi kalo diare, selama ini aku minum teh kental tanpa gula. Atau makan pucuk daun jambu biji kasih garam. Itu aja rasanya sepet gak enak, wkwkwkkk

    ReplyDelete
  35. Mba sawo matang saya nggak suka apa lagi yg mentah kebayan getirnya

    ReplyDelete
  36. Baru denger kalo sawo bisa mengobati diare, soalnya kalo saya biasanya jambu biji. Btw jadi tau kalo ada cara lain buat ngobatin diare, thanks Mba :)

    ReplyDelete
  37. Saya baru tahu kalau sawo mentah bisa mengobati diare, biasanya keluarga saya menggunakan air rebusan daun baju biji.

    ReplyDelete
  38. Alternatif baru ini untuk mengatasi diare. Di belakang rumah mama ada pohon sawo dengan buah yang selalu lebat. Jadi kalau diare nanti mau coba ramuannya.

    ReplyDelete
  39. Wah, bisa juga ya pake buah sawo. Baru tahu nih. Boleh-boleh deh dicoba lain kali. Aku biasanya pake daun jambu batu. Lumayan manjur juga.

    ReplyDelete
  40. baru tahu aku kalau bisa pakai sawo mentah. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  41. Baru tahu Sawo bermanfaat untuk diare. Patut dicoba nih buat aku yang sering mengalami diare, karena kondisi perut yang nggak sanggup makan yang pedas-pedas.

    ReplyDelete
  42. Anakku pas lagi diare nih mbak, tapi sayang semenjak pindah Jkt (coret) rasa2nya aku jarang malah hampir gak pernah makan sawo hiks. Tp skrng udah tau nih khasiatnya TFS ya mbak...

    ReplyDelete
  43. Waaah pengetahuan baru nih mba.. aku belum pernah coba sawo mentah. Mungkin susah yaa carinya di Jakarta

    ReplyDelete
  44. Baru tau kalau sawo metah bisa buat obat diare, biasanya makan sawo matang yang manis banget

    ReplyDelete
  45. Obat diare pakai Sawo? Baru tahu saya. Makasih infonya Mbak. Kebetulan memang suka sama Sawo

    ReplyDelete
  46. wah sawo mentah ini kan kelat banget mbak karena bergetah, kalau ibuku biasanya kalau kami diare kasi daun jambu muda mbak :)

    ReplyDelete
  47. Kalau sawo mentah berarti rasanya sepat/pahit gitu ya Mbak? Baru tahu saya nih Mbak tips mengatasi diare pakai cara ini...

    ReplyDelete
  48. Thanks mbaa untuk infonyaaaa, btw sawo mentah tu kan banyak getahnya ya, itu gapapa ya? kayaknya bakal ga enak aja buat tenggorokan getahnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)