Cara Mengobati Diare Secara Alami Dengan Buah Sawo Mentah

Tuesday, 21 August 2018


Cara Mengobati Diare Secara Alami Dengan Buah Sawo Mentah - Ini adalah resep di keluarga saya dari dulu, kalau ada yang diare suruh metik sawo mentah di belakang rumah kemudian diminum sarinya. Bisa kebayangkan pahit dan kesed nya seperti apa? 🙊

Tapi, inilah salah satu alternatif yang selalu saya lakukan kalau terkena diare, daripada minum obat mending pakai cara alami seperti ini dan hasilnya pun mujarab langsung cespleng. Ini beneran soalnya saya sering buktiin, 2 hari diare minum perasan sawo mentah sekali aja langsung mampet. MANTAP!

Kemudian setelah baca-baca artikel ternyata memang ada sih yang melakukan penelitian akan hal ini, jadi ini bukan semata-mata resep nenek moyangku yang seorang pelaut itu ya. Tapi ternyata sudah ada penelitian yang membuktian apa dan bagaimana si buah sawo ini dapat menyembuhkan diare.

Yang perlu diingat adalah yang digunakan adalah buah sawo mentah, bukan buah sawo matang yang manis legit itu. 😂

Kebetulan dikebun belakang rumah saya punya sekitar 3 pohon sawo, yang tiap bulannya bisa dipanen. Tapi tahukah kamu harganya amat sangat miriiiis sekali, masa satu kilo sawo hanya dihargai Rp 1.200,- sampai Rp 1.500,- saja. Padahal mah ya kalau beli di pasar apa supermarket harga sekilonya bisa Rp 5.000,-, kan? 😩

Lalu, bagaimana bisa sawo mentah bisa mengobati diare?

Menurut penelitian air perasan sawo mentah yang mengandung senyawa astringen, berfungsi melemahkan bakteri penyebab diare. Bila diminum, air senyawa sawo akan mengurangi frekuensi dan durasi penyakit diare karena mampu memperlambat gerakan usus dalam mencerna makanan. Berarti frekuensi diarenya otomatis berkurang. Dan dari percobaan di laboratorium maupun manusia, mendeteksi frekuensi pengurangan percepatan diare kecepatannya bisa dua jam lebih cepat dibanding mengatasi dengan obat lain dari jenis kimiawi. (Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2010/05/21/114033/air-sawo-mentah-dapat-mengobati-diare)

Nah, cara membuat ramuannya sendiri juga gampang banget yaitu:
  • 1 Buah sawo mentah cuci sampai bersih, kalau saya biasanya dikupas kulitnya,
  • Buah sawo diparut kemudian disaring, tambahkan sedikit air matang. Pokoknya minum 1 sendok makan saja juga sudah cukup.
Biasanya sih saya satu kali minum saja sudah sembuh, tapi kalau belum bisa dicoba 2 kali sehari. Tapi yang harus diingat adalah kalau sakit berlanjut segera hubungi dokter ya, soalnya saya bukan dokter jadi tidak bisa memberikan dosis yang pasti. Yaeyalah. 😝

OK deh, segitu dulu sharing nya soalnya mumpung inget ngepas banget si mamah kemarin habis diare minum perasan sawo mentah langsung mampet HAHA.

Semoga bermanfaat ya. 😇



8 comments:

  1. Oiya, saya bener - bener baru tau sawo mentah bisa mengobati diare nih, makasih informasinya yah.

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu nih tapi saya kurang suka sawo hihi tfs mba

    ReplyDelete
  3. makasih infonya, baru tahu selama ini tahunya daun jambu biji

    ReplyDelete
  4. Beberapa hari yg lalu suami kena diare. Nggak tahu kalau ternyata sawo bisa mengobati diare, padahal di belakang rumah ada pohonnya. Makasih ya mba, next time bisa dicoba.

    ReplyDelete
  5. Dulu waktu saya kena diare, saya dikasih ibu sama rebusan daun jambu biji. Ga enak, tapi ya namanya biar sembuh, harus diminum :D

    ReplyDelete
  6. Permasalahannya, aku ga pernah nemu penjual buah yg jual sawo mentah wkwkwkwk. Enak banget dirimu punya pohonnya. . Tp lumayan dpt ilmu baru. Mungkin kalo nanti ada ketemu sawo mentah, bisa dipraktekin :)

    ReplyDelete
  7. Ternyata bisa ya untuk obat diare.
    bermanfaat banget nih infonya.
    thank

    ReplyDelete
  8. Saya baru tahu kalau sawo bisa dijadikan obat untuk mengobati diare.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)