Jogja dan Semua Kenangannya Yang Menjadikannya Cerita

Sunday, 30 September 2018



Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja


Itulah penggalan lagu Yogyakarta-nya KLA-Project yang selalu menjadikanku merindu akan Jogja.

Sebenarnya hari ini saya iseng membuka-buka kembali album foto yang ada di Facebook, rupanya Facebook masih menyimpan dengan rapi foto-foto saya di Yogyakarta.

Ya, Yogyakarta! Kota kecil yang lekat dengan budayanya yang istimewa menyimpan banyak kenangan tentangku, tentangmu dan tentang dirinya. Uhuk!

Walaupun bukan kali pertama saya ke Jogja, tapi masih tergambar dengan jelas dimana pertama kalinya saya menjadi warga Jogja saat itu tahun 2005. Anak kampung yang tak terbiasa dengan hingar bingar kota ini masih bingung untuk beradaptasi. Untungnya memang kakak saya semuanya mengenyam pendidikan mereka sampai Sarjana di Jogja, apalagi kakak saya yang sulung memang sudah resmi mengantongi KTP Kota Yogyakarta kala itu.

Jogja dan kenangannya yang menjadikannya cerita!

Kenangan Semasa SMA
Tujuan saya ke Jogja kali itu berbeda, tidak hanya untuk liburan tapi untuk sekolah demi sebuah harapan mendapatkan pendidikan dan pengalaman hidup yang mungkin lebih baik. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang akhirnya menjadi pelabuhan masa-masa SMA saya.

Anak sekolah dengan jilbab berponi nge-hits pada jamannya, kalau sekarang yang berponi bukan lagi anak sekolah berjilbab tetapi smartphone juga sekarang mah ikut-ikutan berponi. 😅 Jaman dimana saya pun ikut-ikutan melakukannya. Tapi, sayang nanggung! Demi citra anak alim dan baik-baik saya hanya menyimpan poni saya dalam jilbab itu.😂

Sayang, waktu itu tidak begitu banyak momen menarik yang bisa terabadikan dengan baik. Dahulu kamera Handphone hanya dipenuhi foto selfie sok imut saja. Fiuh! 😥

Tebak saya yang mana? 😂

Dan, hanya foto inilah yang masih tersisa menyimpan kenangan masa SMA saya di Kota Pelajar itu. Foto yang didapatkan harus dengan bersusah payah ke studio foto. Ya, karena kamera Handphone belum secanggih dan smart seperti saat ini yang bisa mengabadikan momen-momen kebersamaan. Momen dimana akan diingat selamanya dan menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan yang bisa saya ceritakan kepada anak-anak saya nanti.


Kenangan Sebagai Anak Kuliahan
Sampai akhirnya di Tahun 2008 saya lulus SMA dan harus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun sayang, harapan saya untuk bisa berkuliah di kampus biru (UGM) harus pupus begitu saja. Padahal tidak hanya sekali saya mengikuti tes masuk UGM, mungkin bukan jodohnya untuk berkuliah disitu ya. Atau otak saya yang pas-pasan sehingga kurang fasih mengerjakan soal-soal tes masuk perguruan tinggi negeri. 😅

STMIK Amikom Yogyakarta yang akhirnya menjadi dermaga saya kali itu untuk berlabuh. Kampus yang bagai sarang penyamun ini yang akhirnya membimbing saya untuk menemukan masa depan saya saat ini.

Yakin tahu saya yang mana? 😂

Kenapa saya bilang sarang penyamun? Karena pada saat itu, anak perempuan yang berkuliah di bidang IT rasanya belum se-menjamur saat ini. Bisa dilihatlah dari foto saya di atas. Dari 40 orang hanya 10 orang perempuan saja dalam kelas saya. Begitupun dengan kelas-kelas yang lainnya.

Nah, sambil menyelam minum air. Saya yang dari lahir jomblo pada saat itu selain menimba ilmu baru saya juga diam-diam mencari jodoh. 😆 Nah loh, ketahuan kan!

Ini adalah foto pacar saya ketika wisuda 😇

Pacar saya ini (sekarang suami) adalah senior saya di kampus. Awal kenal karena saya mengikuti salah satu komunitas multimedia atau yang biasa disebut KOMA (Komunitas Multimedia Amikom). Nah, si aa cakep yang dulu kurus mirip oppa korea (dikiiiit) ini adalah ketua Divisi Broadcasting. Ya, saya dulu anak broadcasting yang rajin bikin video. Apa tuh After Effect? Apa tuh Premier? Dulu mah keciiiil itu semua. Sekarang? Duuuuh, lupa shaaaay cuma nyangkut dikit dikepala. Padahal mah bekal penting jadi Youtuber ya kalau sekarang. 😂

Sebenarnya banyak sekali momen-momen menarik yang kami abadikan semasa kuliah, tapi sayang tidak banyak yang tersimpan karena keterbatasan memori Handphone di jamannya. Sehingga, kalau kelupaan untuk menyimpannya di komputer ya wassalam.

Pada saat itu smartphone belum se-hits saat ini dengan berbagai spesifikasinya yang mumpuni termasuk memori dan kamera. Mereka belum balance keberadaannya dalam sebuah smartphone.

Terima kasih Amikom dan terima kasih Jogja dan semua kenangannya yang menjadikan cerita kami berdua ini ada. Jogja memang benar-benar mengubah masa depan kami. Jogja adalah tempat saya mendapatkan jodoh. 😅😘


Kenangan Sebagai Manusia Kantoran
Setelah wisuda saya pun menjadi anak magang di perpustakaan kampus, tidak lama berselang setelah itu saya bekerja di salah satu Software House yaitu Gamatechno salah satu anak perusahaan milik UGM.

Awal-awal kerja sebagai buruh perusahaan IT, bersama Pak Bos dan para senior.

Yang bikin asyik bekerja disini yaitu sering banget dinas keluar kota. Kalau saya kebagian kliennya area Jakarta terus, kalau teman-teman saya dari divisi sebelah bahkan sampai bisa keliling Indonesia karena klien kami tersebar di pulau-pulau seberang.

Ah, kangen jadi manusia kantoran lagi nih jadinya. 😓

Selain itu semua yang bikin kangen dengan Jogja adalah banyak tempat-tempat asyik yang bisa dikunjungi di kala penat, kotanya kecil jadi nggak perlu mikirin macet berjam-jam kayak di Ibu Kota. Kulineran juga enak-enak dan harganya masih terjangkau. Mungkin berbeda dengan sekarang ya, ketika kaum urban sekarang banyak berkumpul di Jogja. Jogja sudah tak lagi seperti dulu. Kalau teman saya bilang, sekarang Jogja bukan lagi kota pelajar melainkan kota hotel. Karena banyak sekali hotel bertebaran dan saling berdekatan di sana dan di sini. 😄

Nah, itulah beberapa foto yang saya ambil dari Facebook yang ternyata banyak sekali menyimpan kenangan tentang Jogja, kalau di ceritakan bisa tidak selesai-selesai. 😁


Nostalgia Mengenang Cerita Masa Lalu Dengan Smartphone Idaman
Banyak kenangan dan harapan terukir di kota ini, kota berhati nyaman yang menyimpan berjuta cerita yang akan selalu menjadi kenangan bagi kami sampai kapanpun. Throwback pada masa-masa itu, membuat saya ingin secepatnya bernostalgia kembali ke tempat-tempat yang menyimpan banyak kenangan dan mengabadikannya dalam sebuah foto bersama suami dan anak-anak.

Bicara soal foto, memotret setiap momen nostalgia akan sangat wajib hukumnya. Apalagi dengan kamera yang mumpuni, supaya gambar terlihat lebih bagus, jelas dan tampak hidup. Namun sepertinya akan sangat  repot untuk membawa-bawa kamera pro, pasalnya saya membawa dua anak yang berumur dua tahunan dan satu lagi masih dibawah satu tahun. Sedangkan tahu sendirilah ya, kalau kemana-mana bawa anak itu satu tas besar isinya pasti barang anak semua. 😅 Makannya, mempertimbangkan hal tersebut saya saat ini lebih memilih untuk mengabadikan setiap momen hanya menggunakan kamera smartphone saja karena bentuknya yang lebih simple dan tidak memakan banyak tempat.

Akhir-akhir ini memang banyak sekali bermunculan smartphone dengan kameranya yang mumpuni. Bicara soal smartphone, saya dan suami belakangan lagi tertarik nih dengan salah satu brand yang kami fikir kok kamera dan spesifikasinya bagus juga ya.

Adalah Huawei Nova 3i, smartphone yang dibekali dengan teknologi AI (Artificial Inteligent) atau kecerdasan buatan pada hardware dan software-nya ini rasanya cukup mewakili keinginan kami untuk mengabadikan momen-momen penting kedepannya bersama anak-anak. Ditambah lagi dengan keunggulan-keunggulan lainnya, seperti memory-nya yang besar yaitu 128GB mampu menarik perhatian kami.


Smartphone Dengan 4 Kamera Berteknologi AI (Quad AI Camera)

Smartphone berukuran 6,3 inch FHD+ ini dibekali dengan 4 kamera berteknologi AI 24 MP + 2 MP di bagian depan dan 16 MP + 2 MP di bagian belakang dengan aperture f/2.2 yang dapat menciptakan efek bokeh yang soft. Buat apa sih AI (Artificial Inteligent) dan gunanya ada di smartphone? Ya itu tadi, buat menghasilkan foto bokeh yang lagi kekinianlah demi memenuhi standar gaya hidup masa kini dan biar feed instagram dipenuhi dengan foto diri yang cakep-cakep dalam mengabadikan setiap momen. Buat apa lagi coba?  #laludilemparsendaljepitramerame

HAHAHA... ((songong)) 😂😂😂

Gak hanya itu sih sebenarnya kegunaan AI dalam sebuah smartphone, banyak! Diantaranya adalah:

📱|  Kamera smartphone dapat lebih baik dalam menangkap objek
Karena smartphone yang memiliki teknologi AI dapat meningkatkan kualitas bidikan kamera terhadap objek gambar yang akan diambil. Sehingga gambar lebih detail, tajam dan alami. AI juga mampu meningkatkan kualitas foto bokeh dengan smooth sehingga batas antara background dan objek nampak soft.

📱| Penerjemah yang cerdas dan real-time tanpa koneksi internet
Selain berpengaruh terhadap kamera, teknologi AI juga memiliki kegunaan sebagai translator atau penerjemah yang cerdas dan real time tanpa koneksi internet. Fitur ini berguna apabila kita pergi ke tempat-tempat yang tidak didukung oleh signal internet yang baik atau tidak ada internet sama sekali dan memerlukan penerjemah, misal huruf dalam bahasa yang kita tidak pernah pelajari sebelumnya.

📱| Mempermudah tugas harian
Yang dimaksud mempermudah tugas harian disini adalah fitur AI akan secara otomatis membaca pola pemakaian smartphone si pengguna, untuk kemudian mengaplikasikannya dalam penggunaan sehari-hari.

📱| Pemindai wajah atau facial recognition
Teknologi AI facial recognition juga mulai diterapkan pada smartphone, fungsinya lebih ke keamanan/ security. Kegunaannya samalah kurang lebih seperti teknologi finger print.

📱| Sebagai Voice Assistant
Voice Assistant merupakan teknologi kecerdasan buatan yang digunakan sebagai perintah suara. Ada beberapa aplikasi yang menggunakan teknologi AI yang berfungsi sebagai perintah suara seperti Siri, Cortana, Bixby, Alexa, dan Google Assistant beberapa tahun kebelakang. Aplikasi-aplikasi tersebut mampu melakukan tugas seperti membalas pesan text, pesan suara, membacakan isi berita dan memutarkan lagu.

Nah, kalau di Huawei Nova 3i ini, teknologi AI selain untuk menunjang teknologi di kamera juga bisa digunakan untuk gaming, smart shopping, Qmoji (fitur Huawei yang dapat menganimasikan ekspresi wajah, gerakan dan suara) serta meningkatkan konektivitas.


Memori Internal Berkapasitas 128GB
Bisa dipastikan kalau dari dulu saya punya HP dengan memori sebesar ini, foto-foto liburan, foto selfie, foto bareng temen, gebetan dan mantan pun rasanya masih tersimpan dengan rapih sampai sekarang. 😂

Kalau dipikir-pikir ya, nggak rugi sih beli nih smartphone secara smartphone termurah dikelasnya dengan storage 128GB seharga 4 juta-an aja dong. Nggak makin uring-uringan aja tuh suami saya dari kemarin pengen beli smartphone ini. Masalahnya storage segitu buat gaming itu powerfull banget dong cuy. 😱

Powerfull Performance
Huawei Nova 3i ini ditenagai chipset HiSilicon Kirin 710 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 2,2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,7GHz dan dengan memori RAM berkapasitas 4GB. Kemudian juga memiliki performa gaming yang dilengkapi dengan teknologi GPU Turbo.


Apa itu GPU Turbo?
GPU Turbo merupakan teknologi untuk mempercepat pemrosesan grafis dan integrasi hardware dan software. Teknologi ini mendesain ulang bagaimana grafis diproses di level sistem, supaya secara revolusioner dapat meningkatkan performa dan efisiensi.

Ini sebenarnya yang diincar suami, smartphone gaming disertai dengan memori gede. Makin antusias aja dia kalau begini.

Yang jelas sih kalau memang performa untuk gaming-nya OK, pasti OK juga performanya untuk kebutuhan yang lainnya.


Desain Body-nya Yang Aduhai Seperti Kelas Premium
Saya lagi pengen smartphone dengan desain yang aduhai anti-mainstream nih, biar kalau lagi nongkrong mainan HP diluaran orang-orang pada bertanya-tanya, "Wih HP apaan tuh? Kok keren gitu desainnya". HAHAHA... Anaknya kebanyakan gaya emang nih. 😂

Model Warna Irish Purple
Kebetulan selain teknologi dan performanya yang bikin naksir, ada salah satu varian desainnya yang juga bikin jatuh hati. Yaitu Irish Purple, ciri khas yang tidak dimiliki oleh smartphone dari brand lain. Karena pada body belakang dibalut dengan lapisan kaca khusus yang memiliki gradasi antara warna ungu dan biru yang sangat cantik dan unik seperti kakaknya yaitu Huawei P20 Pro si smartphone premium itu.

Nah, sebagai smartphone kelas menengah Huawei Nova 3i ini pada bagian depannya juga dilengkapi dengan corning gorilla glass yang sudah pasti anti gores. Jadi, babay deh ya smartphone dengan tampang pas-pasan. Ini ada yang lebih ganteng nih. HAHAHA... 😍

Mudah-mudahan ya ada rezeki, jadi di Tahun 2018 yang tersisa ini bisa kesampaian memiliki Huawei Nova 3i dengan model warna Irish Purple. Sehingga kalau jalan-jalan ke Jogja besok, ke tempat-tempat kenangan kami, kami bisa dengan santai tanpa ribet berfoto-foto mengabadikan momen bersama anak-anak.

***

Itulah Jogja dan semua kenangannya yang menjadikannya cerita dalam hidup saya. Andai nanti anak-anak sudah bisa mengerti dan bisa diceritani, banyak cerita yang bisa saya sampaikan ke mereka tentang  kenangan masa muda mamah dan papahnya di Yogyakarta.

Dan kami pun masih berharap dengan Jogja, berharap siapa tahu bisa menjadi bagian dari masa depan anak-anak kami kedepannya untuk mengukir kenangan di Jogja.


“Tulisan ini diikut sertakan dalam giveaway di blog nurulnoe.com




17 comments:

  1. Aku setuju, smartphone dengan kualitas kamera yang apik ngebuat kenangan atau momen-momen penting terekam jelas ya. Ini ponsel kayaknya lagi booming ya, sering banget liat iklannya di TV :3

    ReplyDelete
  2. Aku juga sukaaa bangett sama kota Jogja mbak, meski gak punya banyak kenangan sama kta itu, soale ga pernah tinggal di sana. hehe

    ReplyDelete
  3. Sehati banget kenangannya tentang Jogja

    ReplyDelete
  4. Iya bener mbak. Sekarang jadi kota hotel. Macet pula. Sedih...

    ReplyDelete
  5. Kalau musim liburan Jogja emang gak nahan macetnya sekarang ya. Tapi menurutku Yogya masih jadi kota yang diharapkan buat tinggal soalnya nyaman aja rasanya.

    Btw, aku juga suka nih liat hp huawei ini, warna birunya itu kece

    ReplyDelete
  6. Wahh impian banget bisa kuliah dengan sdikit prmpuannya mba, huwwehehee
    Jogja menyimpan beribu kenangan yah mbak, tapi sayangnya belum bisa kesana huhuuuhu
    Sukses mama abim ^_^

    ReplyDelete
  7. Aku tuh tdnya mau ganti hp ama merk lain yg kebetulanbsdg aku pake jg skr. Tp stelah baca huawei nova ini, jd galau dooong. Yg bikin suka itu jelas storagenya gede, tp dgn hrg msh terjangkau. Pentiiiing ituuuu. Hpku yg skr, blm lg 2 thn tp udh hampir penuh aja storagenya, jd tiap updating pasti keluar message utk mindain dulu files2 lain. Sebel kan. Makanya utk hp baru wajib storage hrs gede

    ReplyDelete
  8. Hari gini kalo cari HP yang diperhatiin pasti fitur kameranya, soalnya sekarang zamannya cekrek...cekret..aplot! Heehe

    ReplyDelete
  9. Jogjaaaa!
    Ihiy, aku jadi bisa lihat transformasi mba dari waktu ke waktu. Zaman dulu emang hits banget pake poni ya mba. Aku juga berponi. duluuu. Kalo sekarang mah udah nggak, ribet euy jilbaban pake poni xD

    ReplyDelete
  10. Meski nggak tinggal di Jogja, tapi liburan di Jogja memang berkesan banget sih, suasananya nyaman, orangnya ramah2... BTW itu HP Huawei warna Irish Purple cakep banget yaaa diliat2 :D

    ReplyDelete
  11. Kalo aku mah Bandung. Kuliah di sana, ketemu suami di sana, lahiran anak pertama di sana. Pengennya mah tinggal di sana juga, tapi apa daya kudu merantau heula. Mudah2an bisa punya vila lah di Bandung wkwkwk

    ReplyDelete
  12. kenangan manis itu selalu mudah diingat

    ReplyDelete
  13. aku juga ada kenangan di jogja sama suami pas seminggu stlh nikah haha jd kayak bulan madu tp sbnrnya kerjaan haha, aku suka ke angkiringan makan sego kucing romantis gitu suasananya, bagus kali ya di foto pake haape ini , momennya pas

    ReplyDelete
  14. jogja kenanganku sama mantan,,,..ah sudahlahhh sekarang udh punya anak..wkwkkwkw

    ReplyDelete
  15. Dari dulu kala hingga sekarang, jogja emang salah satu destinasi favorit wisata di indonesia. Tapi sayang sampe skrang aku belum pernah kesampean kesanaaaa..

    ReplyDelete
  16. Jogja cuma inget pas Study Tour waktu SMA dan Kuliah. Tapi Jogja istimewa dan selalu ingin berkunjung kesana.

    ReplyDelete
  17. Yuk ajak abim sm gian ke jogja, ku juga kngen jogja


    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)