Cara Mengajarkan Sikat Gigi Pada Anak

Monday, 21 January 2019


Cara Mengajarkan Sikat Gigi Pada Anak - Memang tidak mudah ya mengajarkan sikat gigi kepada anak, bagi sebagian anak mungkin ada yang butuh sounding dulu berbulan-bulan. Seperti anak saya Abimanyu, sudah berbagai cara dilakukan tapi tetap saja susah. Tapi, Alhamdulillah di usianya yang ke 27 bulan sekarang anaknya sudah bisa sikat gigi sendiri.

Caranya bagaimana?

OK, sebelum lanjut cerita ke cara saya mengajari sikat gigi pada Abimanyu. Berikut cara-cara yang diantaranya pernah saya coba terapkan tapi gatot son HAHAHA.

1| Dimulai sejak dini
Yang pasti mengajari sikat gigi pada anak itu memang lebih bagus dimulai sejak dini, baik pakai kain kasa yang dibasahi dengan air hangat ataupun sikat khusus untuk sikat gigi bayi yang dipasangin dijari. Coba cari di Alfamart atau Indomaret juga ada biasanya.

2| Beri contoh cara menyikat gigi
Kata orang-orang beri contoh pada saat mengajarkan sikat gigi pada anak, dengan cara mamanya juga ikutan sikat gigi di depan anaknya. Sambil bilang, "Begini loh nak sikat gigi".

3| Biarkan anak memilih sendiri jenis sikat dan pasta gigi yang dia suka
Sebelum memulai sikat gigi, ajak anak memilih sendiri perlengkapan sikat gigi yang disukainya. Tujuannya sih supaya si anak antusias dan merasa senang bakal gosok gigi dengan sikat dan pasta gigi yang mereka pilih sendiri.

4| Beri pengertian akan pentingnya sikat gigi
Selalu sounding kepada anak akan pentingnya sikat gigi dan ini gak sebentar, lamaaaa banget baru bisa kayak sekarang ini. Kalau saya biasanya dengan menonton video animasi gosok gigi untuk anak di Youtube yang berjudul "Gigi dan Kuman" dan ini nempel banget di otaknya Abimanyu. Kalau gak sikat gigi nanti giginya diambil raja kuman dan giginya copot-copot kayak eyang, coz eyangnya pakai gigi palsu yang bisa dicopot-copot HAHAHA.

5| Menonton video animasi sikat gigi untuk anak
Nah, diantara video di Youtube yang saya kasih lihat sama Abimanyu diantaranya berjudul "Sikat gigi bulat-bulat Upin Ipin", kemudian video sikat gigi dari chanel Cocomelon dan yang manjur nempel di otak Abimanyu sampai sekarang yaitu video animasi Indonesia berjudul "Gigi dan Kuman" soalnya disitu ada cerita raja kuman yang bakal ngambil gigi anak-anak kalau tidak mau gosok gigi. Jadi si Abim ketakutan giginya bakalan hilang diambil raja kuman juga. 😂

Dari ke-5 cara yang saya sebutkan di atas ya cuma mempan yang video Gigi dan Kuman itu sih, tapi itu juga terus mogok lagi gak mau sikat gigi. Dan cara terakhir ini mempan banget yang tadinya gak mau pun jadi mau. 

6| Dijegal atau dipaksa biar mau
Kedengarannya memang kasar ya terlalu memaksa anak tidak baik nanti bakalan bla bla bla... Tapi, ini gak wajib ditiru kok kalau kalian memang tidak mau memaksa anaknya. Kalau saya pribadi cara ini berhasil, dan memang dari beberapa teman yang saya tanya juga cara ini berhasil setelah sebelumnya mencoba cara ini dan itu seperti yang saya sebutkan.

Setiap hari setelah selesai mandi Abimanyu saya paksa sikat gigi, walaupun anaknya gak mau saya tetap paksa. Kalau gak mempan dengan omongan yang jegal aja anaknya, nangis nangis biarin. Tega? Ya gak papa sih, saya mah cuma mikir daripada gupis entar juga pasti bakal mau lama kelamaan. Kalau gak gitu gak bakal mau terus sikat gigi. Dan ya ketegaan saya membuahkan hasil HAHAHA. Umur 1,5 tahun Abimanyu sudah mau sikat gigi rutin setelah mandi. Bahkan sekarang sehabis makan cokelat pun dia mau sikat gigi.

Baca Juga: Memandikan Bayi Ternyata Dapat Membantu Menstimulasi Otak, Lho!

Kalau dibilang urusan gigi kok begitu banget sampe bikin anaknya nangis entar trauma dan lain lain endebre endebre, entar juga giginya ganti ini bla bla bla. Saya cuma bisa bilang, ya gak papa toh anak juga anak saya demi kebaikan gigi anak saya juga. Titik! 😆✌

***

Jadi, Abimanyu memulai sikat gigi pertamanya ketika tumbuh gigi sekitar umur 8 atau 9 bulan saya lupa pastinya. Nah, awalnya saya cuma kasih pegang dia training toothbrush dari Pigeon tanpa pakai pasta gigi.

Ki-ka : Step 1, step 2, step 3

Awalnya saya kasih yang step 1 untuk dia gigit-gigit gunanya untuk merangsang tumbuhnya gigi, kemudian setelah gigi tumbuh saya kasih Abim yang step 2 untuk menyikat giginya yang baru tumbuh. Nah, ketika giginya sudah mulai agak banyak saya pakai yang step 3.

Belinya dimana? Di Alfamart atau Indomaret juga banyak. Agak mahal sih kalau saya bilang, 1 stepnya sampai 40 ribuan.

Nah, sekarang setelah anaknya sudah mau sikat gigi saya beli sikat gigi yang biasa aja. Saat ini sedang pakai sikat gigi Pepsodent Kids yang ekstra soft. Sikatnya lembut dan enak aja gitu saya pegangnya juga.


Terus untuk pasta giginya saya pakai enzim yang untuk anak, awalnya pigeon tapi kalau saya rasa-rasa kok lebih enak enzim HAHAHA. Abimanyu pakai yang rasa strawberry, lebih manis soalnya daripada yang orange.

Dan terakhir beri pujian pada anak setelah selesai menyikat gigi bahwa dia pintar, giginya akan bagus dan lain-lain.

Baca Juga: Anak Aktif Itu Sehat Jiwa Raganya

Nah, seperti itulah cara saya mengajarkan sikat gigi pada anak. Setiap anak berbeda-beda ya buibu, akan ada yang berhasil dengan mudah ada juga yang perlu effort yang lebih. Jadi, kalau cara saya begini mungkin cara kamu bisa begitu.

Selamat sikat gigi! 😁





45 comments:

  1. Waktu itu sempet hilang ide gimana ngajarin anak sikat gigi. Eh keinget anak punya buku favorit tentang sikat gigi, akhirnya setelah baca buku itu dia jadi suka sikat gigi. Parenting itu emang gampang gampang sulit ya. Ngajarin anak sikat gigi aja bingung hahahaha yang masih PR nih ngajarin kumur-kumur, anakku masih suka nelen airnya, makanya saya masih kasih air matang aja untuk sikat gigi. Ada ide nggak ya mba?

    ReplyDelete
  2. Anak say termasuk yang susah sikat gigi. Memang sering dijegal, dia nangis teriak udah kayak dicubit. Padahal demi kebaikan dia. Tp sering juga nggak tega, alhasil gigi atasnya mulai rusak. Thanks sharingnya mbak, semoga kalau konsisten lama-lama dia suka sikat gigi.

    ReplyDelete
  3. Aku seneng bangettt sekarang anakku udah mau mangap kalo disuruh sikat gigi mbak. CUmaaa aku bingung gimana cara ngajarin dia kumur. Ditelen terusss heran. haha

    ReplyDelete
  4. Aku masih pake sikat gigi yg kecil loh kak sampe sekarang. Biar ga bedarah giginyaaa :D

    ReplyDelete
  5. samaaa kita sikat gigi anaknya :D. aku awalnya ngajsrin sikat gigi ke anak sambil memperlihatkan lgs. jd aku gosok gigi dpn dia mba. trus anaknya takjub krn "ada bubble di mulut mami" hahahaha. lama2 dia mau juga sikat gigi. apalagi pas diceritain kalo ga sikat gigi ntr gigi busuk. takut banget dah anaknya :D.

    ReplyDelete
  6. Ngajarin anak sikat gigi emang harus dipakein contoh yaa.. Dengan cara kita sikat giginya bareng, biar dia bisa lihat cara menggosok yang bener.

    ReplyDelete
  7. Aku juga pakai pigeon yang 3 step itu pas shanum 6-12 bulan. Pakainya dalam keadaan kering sih jadi buat latihan menggigit. Trus sekarang pakai merek bagus, lembut juga sikatnya. Dan pasta giginya ku pilih si enzim itu juga hehehe. Kita samaa....toss dulu

    ReplyDelete
  8. Anak saya 29 bulan, udah ngerti sikat gigi. Tapi kadang moody juga, sih. Halah. Blm kasih liat video sikat gigi ke dia, sih. Cuma ngasih contoh sikat gigi depan dia. Dan dia seneng liatnya.
    Btw, sama nih pasta giginya :) Anak saya pake enzym stroberi juga

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat masa-masa aku mengajarkan menyikat gigi untuk anak-anak kala itu.. memang butuh kesabaran dan gemezz haha.. khawatir ketelen lah baik air maupun pasta giginya.. hehe tapi memang menjaga kesehatan gigi harus dimulai sejak dini.. agar kondisi gigi nantinya dalam keadaan baik dan sempurna.. aamiin.. semangat mak

    ReplyDelete
  10. waktu anak-anak masih kecil juga aku beli sikat gigi berstep gitu. Anakku yg pertama malah mau tidur siang aja sikat gigi :-D

    ReplyDelete
  11. kayaknya saya harus coba poin 6 nih hehe. anak yang pertama saya sukses mengajarkan dengan cara mencontohkan tapi ini yang kedua gagal terus. Saya juga pakai enzim soalnya aman buat anak yang kedua :D

    ReplyDelete
  12. Anakku sikat giginya udah cukup lancar, hanya kalo diminta sikat gigi sebelum tidur suka males dan banyak alasannya.

    ReplyDelete
  13. Yup dari anakku setaun dah ku ajarin sikat gigi karena emang penting banget di ajarkan sejak dini biar dia terbiasa ya moms..

    ReplyDelete
  14. Memang harus diajarkan cara sikat gigi yang benar pada anak sejak usia dini ya, biar gigi terawat sehat. Kalo sudah gigi berlubang dan sakit, duh pasti deh anak rewel, belum lagi kalo dibawa ke dokter gigi nggak mau *lah edisi curhat haha :D

    ReplyDelete
  15. Poin 1,2,3 gak mempan di anakku yang pertama. Udah sering dicontohin dan dibairin milih sendiri sikat giginya tetap aja mbulet kalau disuruh sikatan. Setelah dibacain buku dan nonton video baru agak terpengaruh dan jadi lebih gampang bujuknya :)

    ReplyDelete
  16. Wahahaa dijegal. Kirain aku aja yang suka maksain sikat gigi. Pegangin, paksa sampai mau, akhirnya anaknya pasrah, emak menang wkwkwkk. Tapi lama-lama ya nurut sih, mungkin pikirnya yang penting cepet selesai deh :))

    ReplyDelete
  17. Aku setuju banget untuk memperkenalkan anak untuk sikat gigi sejak dini, mba. Jadi anak pun merasa terbiasa ya mb untuk sikat gigi

    ReplyDelete
  18. Setuju. Setiap orang tua pasti punya cara masing-masing. Kalaupun sesekali harus tega, ya gak apa-apa. Demi kebaikan anak

    ReplyDelete
  19. Sikat gigi buat anak-anak tuh gemes-gemes banget ya bentuknya. Inget banget waktu adik sepupu kecil aku juga udah sering bantuin sikat gigi. Dari jaman yang bentuk singa sampai yang kodok gitu gemes banget hahaha

    ReplyDelete
  20. Hahahaha saya ketawa sekaligus setuju banget bagian cueknya si emak satu ini dengan apa kata orang. Bagoooosss lanjutkan maaak! :D Kalau nurutin anaknya nggak mau, khawatir keterusan nggak maunya. Mending kalo sekali dua kali aja nggak mau, abis itu mau.

    Saya juga pakai enzim. Memang bagus dan nggak ada detergennya (busa), lebih sehat. Tapi itu yang enzim khusus anak, kalau ketelan gapapa kah?

    ReplyDelete
  21. Saya juga peer banget nih membiasakan gosok gigi sama anak. Saya nya mesti konsisten dan komitmen, biar anak bisa terus terbiasa gosok gigi sebelum tidur

    ReplyDelete
  22. Aku pernah lihat adikku ngajarin anaknya sikat gigi, memang nggak mudah karena ponakanmalah senang nelan odolnya hihi tapi lama-kelamaan udah pintar sih.

    ReplyDelete
  23. Hehe...sama Mbaa. Aku juga biasain anakku sikat gigi sejak tumbuh dua gigi pertamanya. Aku juga maksa, tapi dengan cara bilang kalo gak sikat gigi ntar datang ulet gigi, dan giginya abis dimakan ulet. Biasanya sih dia langsung mau. Anak cewek sih yaa, kayaknya lebih mudah diaturnya wekeke

    ReplyDelete
  24. Anak-anak memang harus dikenalkan sejak dini untuk rajin membersihkan gigi.

    Nah urusan memilih pasta gigi ataupun sikat gigi sendiri saat belanja, bikin stok pasta gigi jadi banyak. Kalo belanja milihnya pasti 2 macam. Duhhh kenangan yang enggak mungkin terulang nih.

    ReplyDelete
  25. Memang penting ya..ngajarin anak utk sikat gigi dari sejak dini kalau sdh besar sdh mulai susah mendisiplinkannya juga..

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah setelah selama ini sounding. Anakku mau sikat gigi menjelang usianya yang ke 2 tahun, mba. Sama pula pake pepsodent.

    ReplyDelete
  27. Aku mulai membiasakan anak ku sikat gigi sejak bayi supaya dia terbiasa da
    terlatih . Gigiku jelek, ada yang bolong beberapa suka malas sikat gigi soalnya waktu kecil hehe dan ga mau itu terulang ke anakku .

    ReplyDelete
  28. Nah... dulu akupun mikirnya anak diminta pilih sendiri aikat giginya kalau pas diajak ke toko. Lha kok ndilalah yang dipilih berdasarkan hadiah sama gambar kemasannya. Sementara sikat giginya kurang bagus buat anak. Jadilah kalau ngebeliin sekarang diam-diam aja akunya. Hahaha...

    ReplyDelete
  29. Tipsnya membantu bangeet.. anak-anakku seneng sikat gigi karena memang enak dan suka! Mereka pilih their own brush

    ReplyDelete
  30. Sejak dini itu sebetulnya usia berapa, ya? Pas baru lahir banget atau setelah tumbuh gigi pertama? Pernah lihat yang dari lahir. Tapi ini dari usia 8 bulanan pun udah bisa sikat gigi sendiri sekarang, ya. Kayaknya tergantung sih, ya.

    ReplyDelete
  31. Ponakanku zaman belajar sikat gigi eh minta sikat sampai beberapa biji. Sekarang kalau aku beli sikat ya dia minta. Tapi kadang dia agak malas gosok gigi kalau mau tidur

    ReplyDelete
  32. Anak-anakku sudad kenal sigat gigi sejak bayi, awalnya pakai washlap, sikat gigi jari dan terus berlanjut sesuai usia. Namun perkembangannya kalau Ayahnya yang mandiin sering banget terlupa gosok gigi, dan setelah besar Mas Pijar yang paling susah gosok gigi, yang lain rajin

    ReplyDelete
  33. Wah, si adek udah belajar sikat gigi ya. Hebat. Anak2ku dulu belajarnya pake sikat gigi lucu kayak gitu. Jadinya mau.

    ReplyDelete
  34. Anak sulungku susah banget disuruh sikat gigi. Mungkin gara2nya telat tak kenalin buat pakai sikat gigi juga sih. Soalnya giginya dia baru tumbuh usia satu tahunan. Dan baru full menjelang 2 tahun. Mungkin cara video mau tak tiru nih, siapa tahu berhasil. Soalnya dia suka nonton youtube.

    ReplyDelete
  35. Aku heran deh, anak2ku padahal dari kecil udah diajarin sikat gigi. DUlu mah nurut, setiap sisi 8-10x hitungan. Sekarang mereka udah pada SD kls 2 & 4, kalau sikat gigi itu ga sampe setengah menit dah kelar. ---_____--- Kayaknya aku ada yg salah deh di tahapan2nya. :(

    ReplyDelete
  36. Kalau saya sendiri pertama beli sikat gigj yang lucu-lucu buat anak biar mereka semangat menyikat giginya lalu tak ajarkan lah cara menyikat gigi yang benar.

    ReplyDelete
  37. Razqa juga pakai Pigeon. Sekarang sih udah terbiasa dengan sikat gigi. Di awal2 memang kadang ada drama drama sikit hihi

    ReplyDelete
  38. Bhahahaa...jegal aja, gw suka gaya loe ibuuuu... :))

    Anakku dari kecil belajarnya ya pake yang semacam plastik ditaruh di jari itu. Menikmati banget sambil geyal geyol gusinya. Pelan-pelan aja sih ngajarinnya biar enggak trauma dia.

    ReplyDelete
  39. Anak saya sampe sekarang masih suka nelen pasta gigi mba �� jadi kudu agak selektif pilih pasta giginya. Udah mendingan mau sikat gigi, maknya udah kawatir karena giginya udah mulai ada bolong2nya hahah

    ReplyDelete
  40. Duuh..memang butuh usaha keras untuk ngajarin anak sikat gigi. Waktu kecil suka pada gak mau sikat gigi, akhirnya disiasati dengan menggunakan pasta gigi rasa buah-buahan. Alhamdulillah akhirnya mereka mau.

    ReplyDelete
  41. Saya awalnya tuh takut tapi beruntung karena Salfa anaknya cepat belajar jadi sekali diajari sudah bisa kumur dan buang. Jadi ga dimakan pasta giginya haha.

    ReplyDelete
  42. Aku dulu waktu anak2 giginya baru2 tumbuh bersihinnya ga pake sikat gigi tapi kaos dalam hahahahaha. Emaknya minta dijambak ini

    ReplyDelete
  43. Hihi gemessss.
    Setiap ibu mau ga mau harus dituntut kreatif dalam mengajarkan anak banyak hal ya mba. Sharing seperti ini nih yang bikin ibu jadi makin kreatif. Makasih ya

    ReplyDelete
  44. informasi yang sangat berguna untuk banyak orang yang akan mempunyai anak. supaya gigi mereka bisa lebih terawat.
    Would you like to follow each other? If the answer is yes, please follow me on my blog & I'll follow you back.

    http://www.okcheori.com

    ReplyDelete
  45. meski belum punya anak, baru beberapa bulan menikah, baca artikel renyah ini gak papa lah buat belajar belajar nanti klau sudah punya kan siap. makasih sharing nya kak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)