Manfaat Anak Bermain di Luar

Friday, 15 March 2019


Manfaat Anak Bermain di Luar - Jujur saya pernah kepikiran kalau bermain dengan anak itu tidak begitu penting, toh masih kecil belum mengerti. Kan kita sudah memberinya ASI, merawatnya, memberinya makan, dsb. Ada yang pernah berfikir demikian? Sampai saya sadar bahwa, oh ternyata bermain bersama anak itu penting dan banyak sekali manfaatnya.

Bermain bersama anak juga tidak harus melulu dengan mainan yang mahal kok. Bisa juga dengan membuatkannya DIY dari barang-barang bekas yang ada. Tapi, karena saya belum serajin itu, saya seringnya sih mengajak anak-anak jalan-jalan saja pagi-pagi, main bola atau sepeda di halaman rumah atau hanya sekedar main ke taman bermain milik playgroup di belakang rumah.

Kenapa saya lebih senang mengajak anak jalan kaki atau bermain di halaman rumah? Karena ternyata banyak sekali manfaatnya anak main di luar. Diantaranya:

1| Membantu Pertumbuhan Tulang
Dengan mengajaknya jalan-jalan atau bermain di luar terutama saat pagi hari, ini menjadi kesempatan untuk anak terpapar sinar matahari, yang mana sinar matahari kan membantu meningkatkan Vitamin D yang bagus untuk tulang. Tapi, gak juga siang bolong mengajaknya main di luar. Panas shaaaay. Mending siang-siang mah tidur siang hehe.

2| Jalan Kaki Merupakan Bagian Dari Olahraga
Olahraga untuk anak jangan disamakan dengan orang dewasa ya? Berjalan kaki, melompat, bersepeda dan berlarian dengan aktif saja sudah merupakan bagian dari olahraga kalau untuk anak. Dan itu semua menyenangkan untuk si anak.

3| Melatih Cara Berfikir dan Problem Solving Untuk Anak
Bermain di luar secara tidak sadar akan membuat anak berimajinasi dan dapat menciptakan tantangan baru. Sehingga ketika anak menghadapi masalah, dia akan berfikir dan mencari cara untuk menyelsaikannya sendiri.

4| Membangun Rasa Percaya Diri
Bermain di luar dengan alam ataupun dengan temannya juga dapat membangun rasa percaya diri, karena si anak bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Jadi, bisa timbul keberanian dan mengenal lingkungan baru yang tidak dia dapatkan dengan bermain di dalam rumah.

5| Memperbaiki Mood
Konon kabarnya kalau bermain di luar itu bisa memperbaiki mood, karena paparan sinar matahari mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak menghasilkan serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi bahagia. Dan ini sih iya banget, jadi kalau Abimanyu sudah jenuh di rumah saya bakal ajak dia main di halaman untuk sekedar lari-larian. Dan memang cranky nya hilang dia jadi ceria lagi, yang tadinya di dalam rumah uda marah-marah atau sudah bosan mainan dilempar-lempar dan cari perhatian.

6| Baik Untuk Penglihatan
Baca-baca beberapa artikel, katanya menurut penelitian yang dilakukan oleh Cambridge University, Inggris, menunjukkan bahwa bermain di luar rumah dapat mencegah anak-anak terkena rabun jauh. Hal ini dikarenakan adanya paparan cahaya alami di luar rumah yang dapat meningkatkan penglihatan mereka. Hasil penelitian tersebut semakin diperkuat dengan temuan bahwa anak-anak yang menderita rabun jauh ternyata tidak banyak beraktivitas di luar ruangan. Nah lho, besok-besok mau sering-sering lagi deh ngajakin anak-anak main di luar hihihi.

Bukan berarti bermain gadget itu tidak baik ya, bermain gadget asal tahu pemanfaatannya dan tidak membuatnya ketergantungan juga no problem. Selama anaknya masih mau bersosialisasi dan main di luar dengan aktif dan riang gembira. Karena anak #AktifItuSehat jiwa dan raganya.




Selain dari aktifitas anak, yang terpenting juga kita sebagai orang tua harus selalu memenuhi kebutuhan nutrisi si anak aktif tersebut. Pemenuhan kebutuhan susu juga penting, terutama untuk anak usia 2 tahun seperti Abimanyu. Saya kebetulan emak-emak pro susu sih, jadi memang tiap hari setelah disapih Abimanyu masih tetap lanjut minum susu. Saya juga selalu sedia susu Indomilk UHT Kids Full Cream, karena tidak ada tambahan garam dan gulanya serta nutrisi yang terkandung di dalamnya sudah memenuhi kebutuhan Abimanyu sehari-hari. Selain itu juga tinggi Kalsium, Fosfor dan Vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Kemasannya travel friendly sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Nah, itulah beberapa kegiatan main di luar yang selalu Abimanyu lakukan dan tidak lupa juga selalu minum susu #IndomilkUHTFullCream.

Selain berbagai manfaat bermain di luar bersama anak, ada juga loh manfaat dan pelajaran hidup yang bisa kita petik dengan bermain bersama anak.

Pelajaran hidup? Hmmm...

Mari coba saya sebutkan pelajaran hidup berharga apa yang bisa kita petik dengan bermain bersama anak.


1| Kebahagiaan Tidak Selalu Ditentukan Oleh Materi
Jadi, dibelikan mainan sebagus dan semahal apapun anak pasti akan bahagia jika bermain ditemani oleh orang tuanya. Pokoknya beda, kalau kita bermain bersamanya si anak akan tertawa lepas dan riang gembira.

2| Sabarnya Seorang Ibu Tidak Berbatas
Memang ya, kalau mainan sama anak tuh kita harus ekstra sabaaaaaar. Terutama kalau liat mainan diberantakin semua, ngelus dada HAHAHA.

Belum lagi kalau si anak meminta melakukan permainan yang sama secara berulang-ulang, rasanya sesuatu sekali. 😂 Kalau saya terkadang masih suka emosi juga sih, masih terus belajar untuk lebih bersabar lagi. Do'akan ya biar lebih Lillah. 🙏

3| Tidak Mudah Menyerah
Ini iya banget, jadi kalau mainan sama anak-anak itu kitanya jangan mudah menyerah. Pokoknya kudu sampai bisa sampai selesai, kalau enggak mesti bakal ngambek atau nangis anaknya HAHAHA. Maka dari itu kalau beliin mainan itu jangan yang susah-susah. Yang penting orang tuanya bisa ngajarin dan mainin juga, kalau itu sih saya yah hehe.

4| Lebih Merasa Berharga
Setelah punya anak, hidup itu lebih terasa berharga. Kenapa? Karena akan ada yang selalu menginginkan kita di dekatnya, selalu menanti kedatangan kita, pokoknya apa-apa harus mamah. Ini sebenarnya dilema sih ya, kalau apa-apa harus mamah, jadi emaknya gak bisa ngapa-ngapain dong ah HAHAHA. Emak-emak lyfe. 😂

5| Bahagia Tidak Ditentukan Oleh Materi
Anak kecil kalau bahagia tuh jujur, gak harus dikasih embel-embel materi. Bahagia mah bahagia aja. Mainan sama ortunya aja sudah bahagia banget, ortu pulang kerja atau pulang dari luar bawa mainan aja anaknya sudah senang banget. Betul?

Tapi, kalau sudah gede mah beda. Uda mikirin beban hidup. Eh, emang hidup beban? HAHAHA.

Nah, itulah diantara dari sekian banyak manfaat anak bermain di luar dan pelajaran hidup yang bisa dipetik ketika kita bermain bersama anak. Ada yang mau nambahin? 😁

Selamat bermain dengan si buah hati ya! 😉




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)