Belitung dan Wisata Pantai Dengan Bebatuannya Yang Indah

Saturday, 20 April 2019


Belitung dan Wisata Pantai Dengan Bebatuannya Yang Indah - Jujur, saya mengenal Belitung itu awalnya karena novel Laskar Pelangi. 😅 Hingga kemudian booming-lah film Laskar Pelangi yang menampilkan keindahan alam Belitung termasuk pantainya. Yang saya soroti soal pantainya adalah Belitung yang memiliki pantai dengan bentuk bebatuannya yang indah.

Saya belum pernah sih ke Belitung, tapi mimpi saya adalah kalau suatu hari nanti ada umur, rezeki, dan kesempatan untuk singgah di Belitung, saya pengen banget nih mengunjungi beberapa pantai disana. Diantara pantai-pantai yang ingin saya kunjungi adalah:

1| Pantai Tanjung Kalayang


Yang bikin tertarik dengan film Laskar Pelangi salah satunya adalah saya langsung takjub dengan penampakan batu granit raksasa yang indah banget dalam salah satu scene-nya, dan ternyata itu sudah menjadi ikon dari setiap pantai-pantai di Belitung. Begitupun dengan Pantai Tanjung Kalayang ini. Konon kabarnya juga, karena Laskar Pelangilah wisata pantai di Belitung jadi melonjak drastis, salah satu diantaranya adalah Pantai Tanjung Kalayang ini. Selain itu, Tanjung Kalayang ini juga merupakan salah satu wisata yang menjanjikan di Indonesia, selain Borobudur. Sebab event internasional seperti Sail Wakatobi Belitong pernah diselenggarakan di pantai ini.

Selain itu, konon kabarnya batu granit yang terdapat di Pantai Tanjung Kalayang ini selalu menjaga Pulau Belitung. Hal ini ditandai dengan posisi batu yang seolah sedang berendam sambil menghadap ke arah kiblat. Legenda lain mengatakan bahwa batu tersebut merupakan wujud kesetiaan seorang pemuda bernama Bujang yang bersumpah akan senantiasa menanti kekasihnya, Dayang. Meskipun sang kekasih telah menikah dengan pemuda lain atas paksaan orang tuanya.

Wallahualam ya hehe


2| Pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu ikon pariwisata Kabupaten Belitung, pernah dipakai untuk shooting film Laskar Pelangi. Menariknya kekuatan dari Tanjung Tinggi ini adalah tidak hanya pada pemandangan yang memesona saja,  tetapi di kedua sisi pantai terdapat ratusan batu granit dengan ukuran besar hingga kecil yang indah.


3| Danau Kaolin


Kali ini bukan pantai sih, tapi danau. Gak kalah indah dari pantai, Danau Kaolin ini juga menyuguhkan pemandangan yang cantik. Sebelum booming Laskar Pelangi dan Belitung, Belitung terkenal sebagai pusat penambangan timah. Danau Kaolin adalah saksi bisu kekayaan tambang di Belitung. Danau itu terbentuk dari ceruk besar bekas penggalian kaolin yang dieksploitasi besar-besaran di kawasan tersebut.

Yang unik dari Danau Kaolin adalah airnya berwarna biru muda dan dikelilingi daratan berwarna putih, mengingatkan kita pada Kawah Putih, Ciwidey, Bandung. Katanya sih Danau Kaolin ini tidak dibuka untuk umum, tetapi ada beberapa tour & travel yang menawarkan paket include dengan mengunjungi Danau Kaolin ini.


4| Pulau Lengkuas


Pulau Lengkuas merupakan satu dari sekian banyak pulau kecil yang mengelilingi Belitung. Daya tarik utama dari pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Sepanjang perairan yang dilewati terhampar batu granit yang merupakan bebatuan endemik khas Belitung. Selain itu, pasir putih dan air laut yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lengkuas ini.

Pengunjung yang berkunjung ke Pulau Lengkuas ini biasanya tidak akan melewatkan kesempatan menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling ataupun diving. Selain terdapat spot-spot diving yang bagus terdapat pula wreck indomarine disini. Kalau menurut saya Pulau Lengkuas ini juga merupakan spot menarik untuk dijadikan tempat foto prewedding ala-ala bawah laut yang lagi nge-trend ataupun tempat menikmati pemandangan ketika bulan madu ke belitung hihi. 😁

Baca Juga: 6 Ide Travelling Irit Namun Romantis Bersama Pasangan Halalmu

***

Nah, jadi batuan granit besar yang memang kerap ditemukan di setiap pantai di Belitung ini memang hasil dari keajaiban alam semesta. Batu granit yang ada di Pulau Belitung ini sebenarnya adalah bagian dari batuan dasar Indonesia bagian barat yang disebut sebagai Batolit. Selain di Bangka Belitung bebatuan ini juga tersebar di Kepulauan Riau hingga Semenanjung Malaysia, Kepulauan Natuna, Selat Karimata hingga Laut Cina Selatan, serta sebagian Kalimantan Barat.

Batuan granit ini ternyata berasal dari kedalaman puluhan kilometer dari permukaan bumi yang terangkat ke permukaan bumi melalui proses tektonik. Selama proses pengangkatan granit dari bawah Bumi oleh proses tektonik, tubuh granit mengalami pematahan dan peretakan atau deformasi. Proses ini terjadi berulang-ulang selama ratusan hingga ribuan tahun, hingga batu granit yang muncul di permukaan seolah-olah merupakan bongkah batuan yang terpisah-pisah.

Menarik ya?

Itulah kenapa saya pengen banget berkunjung ke pantai-pantai di Belitung setelah melihat film Laskar Pelangi, karena di setiap pantai terhampar bebatuan granit yang indah yang jarang di temui di wilayah lain. Instagramable banget lah ya hahaha. Semoga tiket pesawat domestik harganya semakin bersahabat ya, biar rang orang gak pada ke luar negeri mulu jalan-jalannya hehe. Biar saya juga bisa ikutan nabung beli tiket ke Belitung kalau murah mah hahaha.

Baca Juga: Panduan Anti Bingung Untuk Kamu Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Yang sudah pernah ke Belitung, ayo kasih info kira-kira pantai mana lagi yang wajib dikunjungi nih? Secara ini saya hanya baca-baca dan mengambil fotonya secara random aja nih dari Google, melihat fotonya saja sudah takjub apalagi aslinya, ya? 😇



14 comments:

  1. Pantai-pantai di atas berdekatan, mbak. Jadi kalau berkunjung kesana sewa saja kapal dan bilang mau hoping Island. Nanti diantar ke masing-masing pulau tersebut, durasinya terserah kita mau berapa lama di pulau-pulau tersebut asalkan sebelum senja sudah kembali ke bibir pantai tempat awal menyewa kapal. Ah, kangennya kesana. Memang harus kesana deh mbak, cantik -cantik banget pantainya.

    ReplyDelete
  2. suamiku udah tuh ke belitung, akunya yang belom wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Belitung juga masih dalam bucket list aku juga mba
    Semua destinasi di atas juga, impianku!
    Ternyata semuanya berdekatan ya...
    Ini informasi berharga banget!
    Terimakasih mba Enny...

    ReplyDelete
  4. waaah referensi yang bagus sekali untuk liburan ya mba. saya belum pernah ke belitung. semoga secepatnya ada kesempatan main kesana

    ReplyDelete
  5. Bener banget mbak Han, film Laskar Pelangi itu bener-bener membawa berkah buat Kepulauan Belitung, terutama dari sektor pariwisata.

    Saya jadi pengen juga ke sana rasanya, nikmati alamnya yang indah. Keren pastinya ya buat foto-foto, hehe..

    ReplyDelete
  6. aku ke belitung pas 2016, outing kantor. Berangkat sabtu pagi2, pulang minggu sore. dan lumayan banyak tempat yg bisa diliat. kerumah pak ahok juga di sana :D. trus yg bikin takjub, sepiiiii bgt jalanannya, sampe2 supir bus nya berhenti bbrp menit, hanya krn kami pgn foto2 tengah jalan hahahahahah.dia bilang sih,semua brg yg ditinggalin di belitung itu aman. g bakal ada yg ambil :D.

    pantai2nya juga bguuuus banhet. semua yg di atas aku datangin juga mba.tp yg paling berkesan,sbnrnya kulinernya sih :D.seafood mereka segeeeer dan enak

    ReplyDelete
  7. Samaaaaaa.... Aku juga familiar dengan Belitung karena film Laskar Pelangi, hihihi.... Kalau tetangganya Bangka, tahu karena seorang teman kos dulu asalnya dari Bangka. Duhhhh, lihat foto-fotonya aku jadi pengen ke sana Mbaaaaa Haaand....

    ReplyDelete
  8. Sampe sekarang gak kesampaian traveling ke belitung, kulineran di sana tapi terobati dengan baca review kamu

    ReplyDelete
  9. Kalau dari Bangka ke Belitung, jauh gak?
    Apa ada penerbangan langsung ke Belitung..?

    MashaAllah~
    Pemandangannya indaah..
    Danaunya, pantainya...laaff~

    ReplyDelete
  10. beneran Indah banget destinasi wisata pantai yang ada di Belitung ini..duh, kapan aku bisa menelusuri pulau-pulau selain jawa..banyak surga tersembunyi

    ReplyDelete
  11. Belitung emang indah banget udah lama aku ga wisata kesana... Pengen kesana lagi jadinya

    ReplyDelete
  12. Aduhhh, aku selalu kagum dengan pemandangan satu wilayah Indonesia ini. Bersih dan kelihatannya cukup sejuk kalau pagi - pagi kesana. Trus aku juga ngga ngerti kenapa batuannya bersihhh terus ya? Jenisnya spt itu atau memang ada petugas yang membersihkan ya. Penasaran dehhh

    ReplyDelete
  13. aku juga udah pernah kesana dan paling suka sama Pulau Lengkuas. tapi aku gak berani naik ke mercusuarnya hehehehehe jadi cuman liat pemandangan di bawah pantai dan itupun udah baguuuuuuus banget :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)