Gak Perlu Bingung Beli AC, di Online Banyak! Yang Penting Harus Rajin Dirawat!

Tuesday, 25 June 2019

Sumber: https://www.indiamart.com/proddetail/split-air-conditioner-1-5-ton-18616782088.html

Gak Perlu Bingung Beli AC, di Online Banyak! Yang Penting Harus Rajin Dirawat! - Di rumah kami yang usianya sudah hampir setengah abad ini, memasang AC adalah hal yang baru saja dilakukan. Alasannya simple sih, karena anak-anak saya tiap hari kerjaannya kepanasan, keringetan dan berujung biang keringat gak usai-usai.

Kan kesian.

Jadi, dengan beberapa pertimbangan termasuk daya listrik dan daya beli juga harus dipikirkan HAHAHA. Akhirnya beli juga tuh AC. 😇

Mau cerita dikit nih...

Setelah membeli AC, saya melupakan satu hal. Bahwa perawatan AC itu sangatlah penting. Karena apa? Karena AC yang tidak di rawat dan dibersihkan secara berkala itu bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya, AC tidak dingin, dapat menyedot daya listrik yang besar yang berakibat bengkaknya tagihan listrik, dan yang paling horor AC yang kotor bisa saja menjadi sumber penyakit.

Pantesan saja beberapa bulan ini anak-anak jadi gampang banget terkena batuk dan pilek. Padahal mereka jarang main ataupun di rumah tidak ada yang sedang sakit. Bisa juga, kan?

Saya ngeyel soalnya. Walaupun saringan di dalam AC sebulan sekali selalu dicuci dan dibersihkan, tapi ternyata exhaust dan AC-nya sendiri juga perlu di cuci dan dibersihkan supaya tidak berdebu dan menghasilkan udara yang kotor. Pantesan beberapa bulan ini kok rasanya AC tidak seger lagi udaranya. Maklum cuy, mamak kurang perhatian ma AC hehe. (ngeles, padahal kurang ngelmu soal perACan)

Akhirnya setelah satu tahun dan saya merasa perlu banget bersihin itu AC, manggilah tukang service AC. Dan saya baru tahu kalau ternyata AC di cuci ya? HAHAHA. Disemprot air aja gitu dibersihin, dan airnya HITAAAAM penuh dosa dan debu 😂. Terus Exhaust-nya pun dicuci dan benar saja sudah kotoooooor banget.

Tukang AC-nya bilang, idealnya sih 6 bulan sekali di bersihkan. Soalnya kalau di kampungkan udaranya masih rada bersih ya, jadi 6 bulan adalah waktu yang tepat kurang lebih. Tapi, kalau udaranya pas lagi kotor banget atau AC-nya sudah berasa gak dingin lagi, segeralah untuk diservice.

Ternyata pas dicek juga freon-nya sudah berkurang, dan harus ditambah.

Ternyata sepenting itu, kalau kalian punya AC. Jangan hanya asal tahu pakai saja, tapi juga harus dirawat hehe.

Biaya pencucian AC, yaitu Rp 75.000,-. Kalau di Jakarta sekitar Rp 50.000,-, katanya. Untuk pengisian freon yang agak pricey, yaitu Rp 100.000,-. Beda kota beda harga biasanya ya. Tapi ya kurang lebih segitulah.

Ngomongin soal AC, gak perlulah bingung beli AC yang bagimana dan harganya berapa. Yang jual online banyak, tinggal kitanya saja yang harus pintar memilih. Termasuk memilih seller ataupun ecommerce yang terpercaya.

Sedikit tips dari saya yang bisa kita lakukan ketika akan membeli AC secara online adalah:

1| Mencari spesifikasi AC yang kita inginkan terlebih dahulu
Sebelum membeli alangkah baiknya mempelajari spesifikasi AC terlebih dahulu, dan pastikan kapasitas AC disesuaikan dengan daya listrik rumah kita. Saya memilih 1/2 PK, karena ya daya listrik di rumah saya belum mampu menopang untuk kapasitas yang lebih besar dari itu. Terlebih lagi untuk kamar yang akan dipasangi AC juga tidak besar.

2| Memilih harga yang wajar
Setelah menemukan spesifikasi AC yang cocok, hal yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa AC tersebut model terbaru. Misalkan AC LG terbaru, karena biasanya lebih hemat daya listriknya daripada AC model lama. Dan pilihlah harga yang paling wajar dari semua barang yang muncul, karena enaknya beli online itu kita bisa cepat membandingkan harga.

3| Pilih dari kota terdekat
Untuk mempermudah pengiriman, pemasangan dan service, lebih baik memilih seller dari kota terdekat dengan kita. Terlebih lagi agar lebih mudah untuk melakukan klaim garansi. 

Misalkan saja kita akan membeli AC LG terbaru di Bukalapak

Di Bukalapak, kita bisa menemukan berbagai tipe AC LG. Semua bisa kita akses dengan mudah dari sekali pencarian. Ketikkan saja merek sesuai dengan merk AC yang akan kita cari dan semua toko yang menawarkan akan muncul. Tinggal pilih deh. Mudah, kan?

Nah, itulah sekilas tentang tips membeli AC secara online, semoga bisa membantu.

Dan jangan lupa ya, kalau sudah punya AC lakukan perawatan secara berkala. Jangan santai-santai, sepele sih tapi ternyata berdampak negatif hihihi.



1 comment:

  1. Iya loh. Kalau beli di toko tu pilihan terbatas karena tempat mereka terbatas. Kalau kelamaan milih atau tanya2, mas2nya suka gimana gitu. Kalau online bisa bebas lihat2 speknya, terutama berapa watt-nya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)