Mencari Tahu Obat Alergi di Situs SehatQ.com

Sunday, 25 August 2019


Setiap orang pasti benci dan tidak ingin merasakan sakit. Begitupun dengan saya. Salah satu penyakit yang sering mengganggu saya adalah alergi. Ya, saya mempunyai alergi, yaitu alergi dingin dan alergi debu. Jadi, kalau cuaca dingin atau di ruang berAC harus siap sedia jaket dan minuman yang menghangatkan. Atau ketika saya harus beberes rumah dan menyapu harus pakai masker, buat jaga-jaga. Apalagi kalau habis ngebutin karpet, wah langsung deh gatel-gatel hidung melanda. Saya pun kerap membawa obat alergi sebagai pertolongan pertama kemana-mana.

Gejala alergi yang saya rasakan itu gatal-gatal pada mata dan hidung, kemudian mata dan hidung juga berair disertai bersin-bersin yang tidak berkesudahan. Kalau sudah begini biasanya mau aktifitas pun tidak bisa, karena memang mengganggu banget. Paling cuma tiduran dan minum air hangat. Dulu belum tahu obat apa yang tepat untuk penyakit saya ini. Rasanya mau ke dokter saja males soalnya jauh. Kalau gak lagi kambuh alerginya, ke dokter juga males karena dipikirnya ya udah sembuh ini huhu.

Dulu waktu rumah sebelah masih ditempatin sama dokter yang tugas di puskesmas, saya sering dikasih obat alergi. Tapi gak tahu apa merk-nya soalnya sudah tidak berbungkus lagi. Sampai akhirnya beberapa waktu yang lalu pas alergi saya kambuh saudara saya ngasih obat. Katanya, "Coba deh minum obatku. Ini dikasih dari dokter, aku juga sering bersin-bersin flu gitu minum ini sembuh". Pas dilihat kemasannya, tertulis nama obatnya Cetirizine. Dan iya loh, pas sebelum tidur saya minum obat ini semaleman tidur pulas dan paginya sembuh. HORAY!

Terus browsing informasi mengenai Cetirizine ini, nemu infonya di situs SehatQ.com. Ternyata Cetirizine ini memang obat untuk alergi, dengan gejala seperti yang saya alami.

Kalau dikutip dari situs SehatQ.com:
Cetirizine adalah obat antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi seperti mata berair, hidung berair, gatal pada mata/hidung, dan gatal-gatal.
Cetirizine memblokir zat histamin yang diproduksi oleh tubuh selama alergi, sehingga obat ini dapat meredakan reaksi alergi yang muncul. Cetirizine tidak dapat mencegah atau mengobati reaksi alergi yang serius seperti anafilaksis.
Sumber: https://www.sehatq.com/obat/cetirizine
Saya biasanya minum hanya sekali sehari saja, kemudian ternyata obat ini juga memiliki efek samping mengantuk. Pantesan tidur saya pules ya. 😂

Kemudian penasaran dong, saya pun bertanya kepada dokter di SehatQ tentang penggunaan obat Cetirizine ini dan aman tidaknya dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dan begini jawabannya...



Kalau dilihat dari jawaban dokternya sih masih bisa ya saya konsumsi walaupun sedang menyusui, toh anak saya juga sudah 1,5 tahun sudah tidak begitu intens menyusui seperti bayi baru lahir.

Dan rada sebel nih, masa harus mengurangi produk susu sapi dan cokelat. Itu kan favorit banget doooook, please atulaaaah. 😓

HAHAHA...
Ngeyel!

Nah, selain tanya dokter dan informasi obat ada juga informasi kesehatan dan tips sehat di situs kesehatan online seperti SehatQ ini. Sebenarnya bisa sangat membantu kita untuk mencari tahu jenis penyakit dan jenis obatnya lebih dini sebelum mendatangi dokter. Bahkan kalau di rasa perlu kita bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter secara gratis di situs tersebut. Gak perlu report mengantri sih kelebihannya kalau begini, dijawabnya pun cukup cepat kok.

Bisa juga kepoin sosial medianya mereka di :

Instagram: @sehatq_id
Twitter: @sehatq 
Facebook: SehatQ 

Jadi gampang deh sekarang mah ya, cari tahu apa saja tentang kesehatan tanpa ragu lagi valid atau enggaknya. Karena kalau ragu langsung saja buka forum pertanyaan untuk dokter atau chat langsung dengan dokternya.

Mantap deh.

Semoga alergi saya gak kambuh lagi ya, yang penting selalu sedia payung sebelum hujan. Selalu bawa cetirizine kemanapunlah HAHAHA.

Semoga kita semua selalu sehat ya.


Salam sehat,

Handriati




3 comments:

  1. Sekarang sudah nggak perlu bingung lagi nih ya Mbak. Soalnya sudah ada website yang sangat membantu ini

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata bisa juga langsung bertanya kepada dokternya nih ya. Memudahkan banget nih

    ReplyDelete
  3. Sekarang memang semuanya serba mudah nih ya Mbak. Bisa memantau kesehatan hanya lewat smartphone atau laptop saja

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)