Nyamannya Naik Kereta Api Jaman Sekarang

Saturday, 28 September 2019


Sejak dulu Kereta Api adalah moda transportasi andalan saya kalau bepergian jarak jauh, selama masih di Pulau Jawa. Rute saya paling ke Yogyakarta, Balapan, Bandung ataupun Jakarta. Ya sekitaran situlah. Mainnya gak jauh emang HAHAHA. Terus sekarang juga kalau mau beli tiket atau cek jadwal kereta gak mesti ribet, misalkan saja cek jadwal kereta dari Jakarta ke Stasiun Solo Balapan gak pake ribet tinggal klak klik dari HP. Jadi!

Jaman now naik Kereta Api udah nyaman banget, gak ada yang namanya calo-calo nakal. Semua tinggal terserah kita mau apa dan gimana gak pakai ribet.

Makannya saya bilang Kereta Api jaman sekarang tuh udah paling nyaman banget dibanding dengan jaman dulu. Fyi, saya naik kereta dari balita soalnya. Dari yang jamannya masih naik-naik ke atas badan kereta sampe berdesak-desakan hingga sesak nafas berdiri di dalam kereta, pernah.

Kalau dibandingkan dulu dan sekarang, apa saja sih yang berubah? BANYAK. Diantaranya:

🚈| Sistem Ticketing
Seperti yang saya bilang, kalau sekarang naik Kereta Api gak perlu ribet, tanpa calo dan yang penting gak perlu antri. Beli tiket tinggal sekedipan mata melalui smartphone. Sekarang banyak juga Online Travel Agent terpercaya kok, salah satunya yaitu Traveloka. Yang penting siapkan ID Card kita seperti KTP atau SIM.

Kalau dulu, saya seringnya gak beli tiket. Tapi bayar di atas kereta ke kondektur. Karena ya terkadang suka gak kebagian tiket walaupun sudah antri panjang, kalau beli di calo mahal beneeerrr.


🚈| Tempat Duduk Sesuai Tiket
Kalau yang naik kereta jaman dulu pasti tahu nih, kalau jaman dulu naik kereta punya tiket kadangan cuma formalitas doang. Soalnya di dalam kereta kalau penuh yang punya tiket dan tidak punya tiket sama aja berdiri.

Tapi, jaman sekarang beda. Tempat duduk di sesuaikan dengan nomor tempat duduk yang tertera di dalam tiket. Bahkan kalau kita memesan tiket secara online, kita bisa memilih sendiri tempat duduk yang kita inginkan bahkan untuk jadwal keberangkatannya.


🚈| Semua Jenis Kereta Pakai AC
Kereta jaman sekarang tanpa terkecuali semua pakai AC, bahkan untuk kereta Kelas Ekonomi sekalipun. Sering di juluki Ekonomi AC. Bahkan untuk kereta ekonomi jaman sekarang, fasilitasnya hampir sama seperti bisnis.

Gak perlu lagi deh kepanasan seperti dulu harus buka tutup jendela dan pintu kereta yang mengakibatkan rawan copet.


🚈| Pakai Boarding Pass
Sekarang kalau mau masuk ke dalam stasiun tidak bisa sembarangan lagi. Yang dapat masuk ke stasiun untuk menunggu di peron hanyalah penumpang yang memiliki boarding pass. Karena di setiap pintu masuk peron akan diperiksa dan disesuaikan dengan ID Card yang kita daftarkan di tiket. Jadi, penting banget untuk bawa KTP kemana-mana.

Naik Kereta Api jaman now sudah 'naik kelas' seperti naik pesawat terbang. Keren kan?



🚈| Fasilitas Di dalam Gerbong Yang OK
Gak perlu lagi takut kehabisan baterai HP ataupun laptop di dalam kereta, karena sekarang disediakan tempat untuk mengisi daya gadget kita. Ini tersedia di dekat jendela setiap tempat duduk yang kita duduki. Jadi, gak bakal mati gaya lagi deh di dalam kereta hihi.

Kemudian, untuk kamar mandinya sendiri sekarang sudah sangat jauh lebih bersih dan wangi. Gak seperti dulu yang kotor dan bau pesing.


🚈| Tidak Ada Lagi Pedagang Asongan 
Pedangang Asongan di dalam kereta ataupun di stasiun sekarang sudah tidak ada lagi. Sekarang di dalam kereta ada yang namanya Pramugari ataupun Pramugara. Yang siap sedia membantu untuk menyiapkan pesanan kita kalau kita lapar. Bahkan setiap beberapa jam sekali akan menjajakan makanan untuk di tawarkan ke penumpang.

Bahkan ada namanya kereta makan, jadi satu gerbong kereta di khususkan untuk tempat pemesanan makanan bahkan sudah plus tempat duduknya. Kalau puasa jadwalnya sahur, gak perlu bingung lagi deh mau sahur apa dan di mana. Setiap jadwal sahur pasti pramugari/ pramugaranya siap keliling.

Nah, itulah sedikit pengetahuan saya selama bertahun-tahun naik Kereta Api. Ngalamin banget perbedaannya dari yang dulu bobrok sampe yang sekarang sudah nyaman.

Gimana? Naik kereta jaman sekarang lebih nyaman kan?



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)