Pertimbangkan Tentang Sewa Peralatan Bayi Supaya Tetap Hemat

Thursday, 16 January 2020


Pertimbangkan Tentang Sewa Peralatan Bayi Supaya Tetap Hemat - Memang tidak bisa dipungkiri ya, pengeluaran bertambah berkali-kali lipat saat akan melahirkan atau punya bayi. Selain biaya kontrol rutin ke dokter juga biaya pengeluaran untuk belanja kebutuhan bayi. Kebutuhan bayi itu tidak bisa diremehkan loh, bisa sampai jutaan kalau mau dituruti. Dan yang lebih menjengkelkannya lagi, terpakainya cuma sebentar. Kan sayang aja gitu kalau saya sih hehe.

Dulu pas jaman anak pertama, saya tidak terlalu banyak pengeluaran untuk membeli keperluan bayi. Karena selain memanfaatkan apa yang ada alias lungsuran dari kakak, saya juga memanfaatkan kado yang dikasih teman-teman untuk digunakan. Kebanyakan sih kalau ini alat-alat MPASI dan baju-baju anak.

Saya belanja kebutuhan bayi itu dulu tidak sampai satu juta loh, karena sayang aja kepakenya cuma sebentar. Kecuali memang barang-barang yang perlu sekali dan pantas dibanderol dengan harga segitu. Kalau saya sih peralatan seperti pompa asi ini wajib punya, karena ya memang terpakai lama dan terbukti bisa dipakai kembali di anak kedua.

Tau sih ya, kalau anak pertama itu hasrat ingin beli ini itunya pasti besar sekali 😄. Tapi, kalau kita bisa mensiasatinya pasti tidak sebanyak itu kok budget-nya. Nah, agar membeli kebutuhan bayi tidak terlalu membengkak kita harus siasati dengan merencanakan anggaran pengeluaran belanja berbagai kebutuhan bayi sejak awal.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan Bayi dan Ibu Melahirkan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

👶 Jangan Berlebihan Dalam Membeli Pakaian Bayi
Membeli pakaian bayi ini sebenarnya sangat sangat godaan sih, karena lucu-lucu biasanya. Tapi, kadang kita gak sadar bahwa bayi itu cepat sekali pertumbuhannya. Kadang baju baru sebulan aja sudah kekecilan. Atau baru beli kemarin (rasanya), mau dipake kok sudah gak muat. Ya begitu itulah.

Nah, jadi saya kemarin tidak terlalu banyak beli. Paling baju panjang, baju pendek, celana panjang, celana pendek semuanya cuma beli setengah lusin saja. Toh dipake sebulan juga udah gak muat. Kalau mau lebih hemat lagi beli yang diatas usianya. Misal, belilah pakaian bayi untuk 6-12 bulan supaya kepake lama 😁.

👶 Manfaatkan Kado Yang Didapat
Seringnya kado yang didapat itu adalah hal-hal yang standar seperti baju bayi, alat-alat MPASI, satu set bantal ataupun selimut. Jadi, hindari dulu beli-beli hal tersebut dalam jumlah banyak. Bisa nyicil kok kalau memang nanti perlu setelah anaknya lahir hihi.

👶 Sewa Peralatan Bayi Yang Hanya Dipakai Sebentar
Selain membeli, pertimbangkan untuk menyewa perlengkapan bayi yang hanya dipakai sebentar itu bisa jadi solusi. Misalkan seperti, car seat, stroller, bouncer, dll. Bahkan pompa asi pun kalau dirasa hanya dipakai sebentar pun ada yang menyewakannya loh.

Baca Juga: Review Pompa ASI Elektrik

Nah, saat ini kita bisa menemukan tempat sewa peralatan bayi dengan mudah. Bahkan yang disewakan secara online pun banyak. Namun, hati-hati jika akan menyewa peralatan bayi tersebut. Mungkin beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan, diantaranya:

1| Kualitas Jasa Sewa
Kualitas toko sewa sangat penting untuk dipertimbangkan mengingat hubungannya dengan kualitas produk dan kemudahan proses sewa. Kita juga harus mendapatkan jasa sewa yang berkualitas dari segi produk dan layanan. Agar lebih terjamin, pilihlah toko yang sudah banyak direkomendasikan agar proses penyewaan lancar tanpa kendala.

2| Persyaratan Sewa
Setiap jasa sewa pasti memberlakukan persyaratan bagi seluruh calon penyewa produknya. Penentuan syarat ini juga harus dipertimbangkan karena erat kaitannya dengan kelancaran sewa produk. Karenanya, pilihlah pihak jasa yang mempunyai persyaratan sewa mudah dan memang bisa kita penuhi agar berhasil dan lancar dalam menyewa peralatan bayi.

Umumnya, persyaratan tersebut meliputi fotokopi identitas diri yang masih berlaku yaitu KTP dan KK. Kita juga biasanya harus mengisi formulir penyewaan dan menandatanganinya. Karenanya, jangan lupa untuk memperhatikan aturan sewa menyewa agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari.

3| Kualitas Produk
Menyewa peralatan bayi juga perlu mempertimbangkan kualitas produk. Pastikan untuk memilih jasa sewa peralatan bayi yang sudah banyak direkomendasikan. Setelah itu, pastikan bahwa produk yang disewakan terbukti berkualitas yaitu merupakan barang yang tahan lama dan tidak cacat.

4| Keamanan dan Kebersihan Produk
Keamanan serta kebersihan produk merupakan paket lengkap yang harus dipertimbangkan saat sewa peralatan bayi. Pastikan bahwa peralatan bayi yang disewakan tidak mengalami kerusakan atau terbuat dari bahan yang berbahaya. Pastikan juga bahwa peralatan tersebut aman penggunaannya. Pilih juga produk yang bersih dan layak dipakai, jangan lusuh atau kusam.

5| Jangka Waktu
Jangka waktu penyewaan sangat penting diperhatikan. Hal ini sangat perlu dipertimbangkan karena harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kita harus memperhatikan dengan cermat agar tak salah pilih. Lama penyewaan ini sudah tercantum dalam detail spesifikasi produk karena setiap peralatan bayi pasti mempunyai pilihan jangka waktu sewa yang berbeda.

6| Harga
Harga adalah elemen penting yang pasti dipertimbangkan oleh setiap orang dalam memenuhi kebutuhan. Dalam kebutuhan sewa peralatan untuk bayi, hendaknya Anda mendapatkan jasa sewa dengan penentuan harga sewa produk yang terjangkau.

Pastikan harganya juga sesuai dengan daya beli. Cara memilih harga yang pas adalah dengan menyusun skala prioritas dalam penyewaan peralatan bayi agar harga setiap produk bisa disesuaikan. Sebelumnya kita dapat melakukan survey harga sewa produk di beberapa jasa sewa terlebih dahulu. Kamu juga bisa cek situs biru.id yaitu jasa persewaan peralatan bayi secara online lengkap sebagai referensi.



👶 Manfaatkan Berbagai Promo dan Voucher Diskon
Ada banyak sekali tempat ataupun situs perbelanjaan yang memberikan promo dan voucher diskon untuk kategori keperluan bayi. Nah, manfaatkanlah momen ini untuk membeli kebutuhan bayi yang intensitas pakainya rutin. Misalkan saja diapers, sabun, shampo, dll. Hal seperti ini lumayan banget untuk menekan pengeluaran setiap bulannya.

Baca Juga: Review Diaper atau Popok Sekali Pakai

Nah, kurang lebih seperti itu sih. Pokoknya tahan-tahan deh untuk beli peralatan bayi yang harganya jutaan rupiah, yang mahal itu belum tentu berfaedah juga loh. Jangan tergoda dengan foto-foto selebgram deh pokoknya. Kalau belum urgent banget mendingan pertimbangkan tentang sewa peralatan bayi supaya tetap hemat.

Semoga bermanfaat ya 😘.





24 comments:

  1. Kalau jaman sekarang memang banyaaak banget yaaa mba penyewaan alat or perlengkapan bayi.. jaman anak - anakku kecil kita kebanyakan beli semuaa

    ReplyDelete
  2. Nanti kalau anak kedua mau sewa aja, secara pengalaman anak pertama semua mau dibeli aja hehe

    ReplyDelete
  3. Waktu anak-anak saya masih kecil rasanya belum ada penyewaan begini. Kalau sekarang banyak pilihan, ya. Saya pun setuju. Untuk beberapa barang mendingan nyewa aja

    ReplyDelete
  4. Iya..sekarang sudah banyak jasa sewa peralatan bayi ya.. Menghemat, tapi setuju bahwa teliti sebelum sewa itu juga penting..

    ReplyDelete
  5. Menyewa peralatan bayi yg memang hanya dipakai dalam waktu2 tertentu, sangat membantu ya. Anggarannya bisa dimanfaatkan utk keperluan lain. Apalagi jika ada tempat sewa yang recomended. ga ragu lagi.

    ReplyDelete
  6. Seneng banget zaman sekarang banyak menjamurnya bisnis sewa peralatan bayi yang bersih, cantik dan lucu.
    Aku dulu ga tau info begini...jadi kalau mau beli, pasti deeh...nabung dulu. Ntar pas uda kebeli, ee...bener, kepakenya cuma sebentar.

    Alhamdulillah,
    Ada anak kedua. Jadi kepake lagi barang bayi-bayinya.

    ReplyDelete
  7. Jaman sekarang hampir semuanya serba mudah ya mbak. Punya baby tak perlu belanja kebutuhan baby terlalu banyak, cukup sewa secara online maka kebutuhan itu akan tercukupi. Kalau dulu ketika kita hamil pasti memikirkan dana untuk melahirkan dan beli segala perlengkapan baby. Bahkan, rasanya harus punya tabungan banyak kalau ingin punya baby. Begitu baby semakin besar perlengkapan itu jadi tak terpakai, dijual pun kadang laku murah.....kalau sudah demikian sekarang jadi lebih praktis sewa ya mbak.

    ReplyDelete
  8. Mendingan nyewa yah dibandingkan beli. Soalnya kan. Gk akan dipakai jangka panjang. Kalau masalah nyewa lihat dari segi harga dan kondisinya.

    ReplyDelete
  9. Eh iya mbak, aku ngerasain banget anak pertama apa aja maunya dibeli. Ternyata anak cepet amat gedenya. Banyak yang udah gak bs dipakai lagi, mending sewa aja ya. Trutama mainan anak hehe. Sekarang stoller aja gampang juga mau sewa. Kalo beli menuhin tempat banget huhu

    ReplyDelete
  10. Yups membeli peralatan bayi seperti box baby atau bouncer sih lebih memilih sewa soale terpakainya hanya sebentar, sayang juga kalau beli belum lagi makan tempat kalau sudah tidak terpakai.

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ada penyewaan perlengkapan bayi, jadi lebih menghemat biaya daripada membeli hanya untuk waktu singkat ya sista... Note catat deh

    ReplyDelete
  12. Saya setuju banget mba, setelah saya punya anak pertama, saya udah meng cut dari sekarang apa aja yang harusnya ga usah dibeli tapi memanfaatkan kado yang udah saya dapat, kalau mainan2 gitu ga terlalu urgent utk dibeli bisa sewa.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget kalau beli pakaian itu kudu diperhitungkan. Pengalaman pribadi beli baju banyak banget sehingga cepat banget dipakainya. Kalau sewa saya setuju lihat tempat penyewaannya mbak demi tetap menjaga kesehatan si kecil.

    ReplyDelete
  14. Enak nih buibuk jaman sekarang bisa sewa karena memang kepakenya cuma sebentar sesuai dg umurnya trus ganti lagi. Aku taunya adanya sistem sewa gini karena tetanggaku juga sewa, padahal oma opanya kaya banget di kampungku tapi mikirnya menghindari mubazir.

    ReplyDelete
  15. Haha bener2. Terus terang zaman anak pertama krn msih "norak" pertma kali punya bayi ya maunya dibeli semua kudu lengkap, eh ternyata emang gak semua kepakai gtu sih. Pas udah anak kedua lebih selow aja gtu, ternyata sewa kyknya lbh baik dn lbh hemat. Tapi tetep kudu memperhatikan kredibilitas jasa penyewaanya yaa

    ReplyDelete
  16. Kalau barangnya cuma sebentar dipakai mending sewa aja kali ya lagi pula nanti simpannya juga di mana kalau rumaku kecil

    ReplyDelete
  17. Sebagai pemilik Rental Mainan anak dan kebutuhan Bayi di Batam
    Aku cemburu dengan artikel ini
    Hahahaha
    Detail dan jelas banget !

    Auto kepoin si biru !

    ReplyDelete
  18. Yap perlengkapan bayi kebanyakan cuma dipakai sebentar aja, jadi kalau mau hemat lebih bagus sewa aja ya daripada beli.

    ReplyDelete
  19. Nah ini dia, bayi itu cepet gede. Pertumbuhannya suka ngagetin haha. Jadi dalam beberapa hal memang lebih baik sewa daripada beli, kayak box tempat tidur. Eh kecuali emang masih ada program hamil, masih pengen punya anak banyak. Hehe

    ReplyDelete
  20. Serius mbak gak sampe satu juta buat beli perlengkapan bayi dlu?? Wah pasti manajemen keuangan keluarganya sip bangett ini..

    Berharap dirinci caranya mbak. Hehe

    ReplyDelete
  21. Dulu kakak ipar saya juga memilih untuk menyewa peralatan bayi. Terutama peralatan yang hanya sebentar digunakan. Lebih murah dan praktis

    ReplyDelete
  22. Coba dulu jaman aku masih punya bayik ada persewaan gini ya, tentu bakalan lebih pilih gini deh. Ya kan, kayak box bayi tuh berapa lama palingan pakenya. Beberapa bulan aja baby udah ga betah dan pengin merambat kemana-mana. :)) Paling banter setahun lah.

    ReplyDelete
  23. Kadang kalau mau beli eman-eman masa tenggangnya bentar doang
    ini jadi solusi bijak nih, sewa aja ya Mba. Keren. Makasih rekomnya buat ntar kalo ada anak

    ReplyDelete
  24. wah sama kayak aku selalu memanfaatkan kado yang didapat agar tetap hemat :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)