Ide Bermain Seru Bersama Anak di Rumah: "Eksperimen Gunung Meletus"


Sudah mulai bingung gak sih buibu anak-anak kelamaan di rumah mau belajar apaan yang seru? Terutama buat balita sekitaran Paud atau TK. Apalagi kalau anaknya belum mau diajari baca tulis, maunya masih mainan. Kudu puter otak mainan apa yang bisa seru tapi juga bisa sambil belajar.

Nah, beberapa hari ini aku dan anak-anak lagi seneng bikin-bikin eksperimen. Karena anaknya seneng banget kalau bikin-bikin eksperimen. Saking senengnya tiap hari nodong emaknya kudu bikin eksperimen, emak sampai bingung mau bebikinan apalagi. 😂

Nah, beberapa waktu lalu anaknya nonton video di youtube tentang eksperimen membuat gunung meletus. Anaknya seneng banget. Yauda deh di eksekusi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat eksperimen gunung meletus pun gampil banget, di warung pasti banyak. Diantaranya:

1. Baking Soda,
2. Deterjen/ sabun cuci piring (untuk menghasilkan busa),
3. Pewarna makanan (warna merah), supaya busa yang keluar berwarna merah persis seperti lava gunung berapi,
4. Cuka, ini yang paling penting untuk membuat letusan. Jadi masukkan cuka paling akhir ya. Ingat jangan masukkan cuka sebelum semuanya siap ya!

Caranya gimana? Tonton video di bawah ini yuk!




Gimana? Gampang kan?

Anak-anak pasti seneng deh main begini. Kalau misalkan malas untuk membuat miniatur gunungnya, bisa gunakan botol bekas saja. Yang penting efek busa berwarna keluarnya itu loh, anak-anak aku seneng banget kalau busa-busanya sudah mulai meleber ke luar botol.

Tapi, harus dengan pengawasan orang tua ya, terutama kalau untuk balita.

Selamat mencoba #BelajarDiRumah ya! 😊


2 comments

  1. wah seru banget
    banyak reaksi kimia terutama reaksi yang menimbulkan gas bisa dicoba dengan aman
    seperti yang ini anak-anak pasti suka

    ReplyDelete
  2. penting banget buat edukasi anak kecil, mau itu anak, adik, keponakan. biar sekalian bisa belajar

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)