Dadakan Menyapih Anak, Syukurlah Tanpa Rewel dan Drama


Menyapih Anak Tanpa Rewel dan Drama - Ini cerita menyapih anak keduaku, Giandra. Waktu itu aku menyapih di usianya yang ke 20 bulan. Mendadak! Karena aku sakit dan anaknya selalu rewel  intens minta ASI sehingga aku gak bisa istirahat. Sebenarnya gak ada niatan untuk menyapih waktu itu, tapi karena kondisi seperti itu jadi tega gak tega sih. Akunya juga mantep aja, pokoknya kudu disapih.

Anak pertama sih Alhamdulillah gak pakai drama tahu-tahu dia menyapih dirinya sendiri di usianya yang ke 10 bulan. Kok bisa? Boleh lah kalau mau baca ceritanya. 👇

Baca Juga: Menyapih Abimanyu

Jadi, awal tahun 2020 kemarin aku sakit dan tidak bisa istirahat karena ya siang malam anak keduaku dikit-dikit pengin nyusu dan durasinya suka lama, terkadang malah gak mau lepas cuma dimainin doang. Sering minta gendong karena rewel. Sedangkan kondisinya aku sakit dan beberapa hari kurang istirahat, jadi gak sembuh-sembuh.

Terus rewang di rumahku bilang, "Teh, ke paraji (dukun bayi) aja kalau mau disapih mah. Minta air biar anaknya gak rewel". Aku nurut aja lagi. Untungnya waktu itu suami lagi di rumah jadi kita pagi-pagi langsung nyamperin ke rumah dukun bayi dan bilang gimana caranya biar si anak mau disapih tapi gak rewel.

Si paraji ini emang langganan aku buat pijat sih, aku setelah melahirkan atau lagi ngerasa capek suka minta dia suruh mijit.

Dan percaya gak percaya sih ya kalau ini mah, si paraji ngasih air sebotol aqua yang sudah dijampi-jampi lah istilahnya tuh 😄. Sebelumnya dia tanya namaku dan anakku gitu. Itu air buat dibasuh di muka anak, diminum ma anak dan diusapin di nenen ibunya.

Dan bim salabim, manjur! 3 hari saja anakku sudah bebas ASI tanpa rewel dan drama HAHAHA. 😂

Jangan lupa yakin dan banyak do'a juga ya. Kadang yang bikin ragu-ragu kan juga emaknya yang melow hihihi.

Beberapa faktor lain juga cukup membantu sih, diantaranya:

💗 Support System
Mamaku gak pernah rewel sih kalau soal ini. Dia malah bilang sejak awal, "Udah sapih aja, kan uda mau dua tahun". Pun dengan suami, dia mah ayo-ayo aja dan Alhamdulillah selalu bantuin gendong pas malam pertama rewel minta nyusu.

💗 Komunikasi Dengan Anak
Memang enaknya kalau mau nyapih itu ketika anak sudah bisa diajak komunikasi 2 arah, jadi dia mengerti. Si kakak juga ajarin untuk sedikit me-lebay-kan kata-kata, jadi si adik juga ketakutan. Contohnya gini:

Hari pertama tidak disusui payudaraku bengkak dan terasa nyeri sekali, kemudian aku merintih-rintih di depan anak-anak. Maksudnya biar si adek tahu kalau mamahnya nenennya sakit jadi gak boleh nyusu.

Trus aku bilang, "Nenennya mamah sakit tuh keras, keluar airnya gak enak jijik, adek jangan nenen dulu ya". Kemudian si kakak otomatis nyautin, "Ih nenennya mamah jijik tuh adek ada kuning-kuningnya (soalnya saya kasih kunir biar kelihatan beneran jijik), adek gausah nenen lagi".

Jadi, si adek ikut-ikutan ngomong, "Ih iya jijik, nenennya mamah sakit ya? Adek gak boleh nenen lagi ya?".

Kurang lebih seperti itulah kira-kira hehe.

💗 Susu Formula
Karena anak pertamaku dari awal memang sudah di kasih sufor, jadi adeknya terkadang juga suka ikut-ikutan minta sufor. Jadi, pas lagi merengek minta ASI ditawarin sufor dia langsung mau dan langsung tenang lagi.

Soal sufor ini mah bebas sih ya buibu, gimana baiknya saja. Kalau memang orang tuanya gak mau ngasih sufor ya gak papa juga. Mungkin dicari cara lain untuk mengalihkan perhatiannya.

Nah, kurang lebih seperti itu caraku menyapih anak keduaku. Alhamdulillah tanpa rewel dan drama. Setiap ibu pasti punya caranya masing-masing ya.

Harus diingat juga, setiap anak berbeda-beda. Terkadang sudah praktekin cara yang sama tapi tetep saja rewel. Ada!

Semangat menyapih mak! 😘


1 comment

  1. wah pengalaman ya, dulu krn aku gak menyusui ya gak punya pengalaamn spt ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)