Thursday, 11 December 2014

Yuk ketahui cara berkendara motor dengan aman dan nyaman di musim hujan!

courtesy www.google.com

Buat kita anak muda (jaelaa mudaaa hahaha...) sepeda motor adalah salah satu pilihan alat transportasi yang efisien, cepat, bisa selap sana selip sini, murah dan yang jelas irit BBM. Tetapi bagaimana seharusnya berkendara motor pada saat musim hujan, iyakan? Sekarang musim hujankan? :D Tidak sedikit pengendara motor yang terpeleset karena jalanan yang licin terguyur hujan loh. Contohnya aku wakwaawww hahaha...Pengalaman pada saat mau berangkat kuliah dulu, duluuu loh ya sekarang udah khatam kuliahnya wkwkkw...Bela-belain berangkat kuliah pagi, pake mantol menembus hujan, jalanan macet, dan ckiiiiiiittttt gdubrakkkkk...Jatooooh deh. Gara-garanya ngrem mendadak soalnya motor di depanku berhenti mendadak. Nah, gak mau kejadian kayak aku gitu kan?

Makanya kita dari sekarang harus menerapkan yang namanya defensive drive dan safety drive. Demi kenyamanan dan keamanan kamu berkendara ada baiknya kamu waspada dan meminimalisir resiko kecelakaan berkendara saat musim hujan.

Nyalakan Lampu Utama
Nah ini nih, mau siang mau malam alangkah baiknya kalau hujan itu menyalakan lampu. Karena kalau hujan menjadikan jarak pandang tidak jauh dan lampu juga bisa digunakan sebagai penanda keberadaan kita. Oiya, jangan lupa cek juga lampu sen kamu ya.

Selalu Sedia Jas Hujan
Ini poin yang paling penting, selalu pakailah jas hujan senyaman mungkin untuk melindungi kita dari guyuran air hujan. Jangan pernah malu untuk berhenti sejenak dipinggir jalan untuk mengenakan jas hujan, ini untuk kesehatanmu sendiri loh.

Atur Kecepatan Berkendara
Bila hujan sedang lebat, usahakan kurangi kecepatan kamu ya. Kecepatan saat hujan juga bisa berpengaruh pada jarak pandang kita loh. Nah, kalau terlalu ngebut ketika mau ngerem mendadak bisa mengakibatkan selip trus gdubrak jatuh deh hohohoo...Be Calm ya sis/ bro, demi keluarga yang sedang menunggu dirumah! :D

Tutup Kaca Helm
Nah, kalau berkendara memakai motor baik di saat hujan maupun tidak wajib hukumnya pakai helm. Ingat pakai helm bukan karena kamu takut sama pak polisi loh ya, pakai helm itu buat keamanaan kamu sendiri. Kadang cuma mau ke warung yang jaraknya 100m aku pakai helm hahaa...Dan yang paling penting, ketika hujan usahakan kaca helm selalu di tutup, hal ini untuk melindungi mata dan muka dari guyuran air hujan. Soalnya kadangan kalau gak ditutup mata bisa periihh.

Hindari Genangan Air
Kalau kamu melihat genangan air, pastikan untuk menghindar ya. Jangan ditubruk aja loh hahhaa...

Pakai Sepatu Senyaman Mungkin
Ingat, pakailah sepatu senyaman mungkin ya. Terutama buat kamu ladies, usahakan jangan pake heels ya. Riskan cyiiinttt! Mendingan ganti sendal jepit aje sono hehe...

Nah, berkendara di musim hujan memang diperlukan kewaspadaan ekstra. Karena mungkin saja kita sudah berhati-hati tetapi masih saja ada kendala seperti jalanan yang licin, pengendara lain yang tidak tahu aturan, atau hal-hal lain yang diluar dugaan kita.

Mari Utamakan Keselamatan!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar yang sopan dan membangun. Jangan bosan untuk berkunjung lagi ya. :)